Air Terjun Lubuk Hitam, Air Terjun dengan Tiga Tingkatan yang Memukau di Padang

Ide Wisata11 Dilihat


Air Terjun Lubuk Hitam di Padang, air terjun dengan tiga tingkat yang menakjubkan, menawarkan suasana alam pegunungan yang menenangkan.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 09.00–17.00 WIB, Alamat: Kabupaten Kabung Utara. Teluk Bungus. Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat; Map: Periksa lokasi

Air Terjun Lubuk Hitam merupakan salah satu objek wisata alam berupa air yang mengalir dari ketinggian di kota Padang, Sumatera Barat. Wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini bisa melihat air terjun tiga tingkat dalam satu lokasi.

Untuk menuju air terjun pertama dan kedua cukup mudah. Masing-masing memiliki ketinggian yang wajar yakni 2 meter dan 10 meter.

Anda bisa sampai di sana dalam 10 menit dari tempat parkir. Namun untuk mencapai air terjun ketiga memerlukan tenaga tambahan. Anda harus mengatasi medan dengan kemiringan 45 derajat.

Namun kepopuleran Air Terjun Lubuk Hitam berhasil digapai baik oleh wisatawan lokal maupun wisatawan luar daerah. Oleh karena itu, tak heran jika air terjun cantik ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Apalagi saat musim liburan atau akhir pekan.

Objek wisata Air Terjun Lubuk Hitam

Objek wisata Air Terjun Lubuk Hitam
Foto Abu Salma di Google Maps

1. Kondisi air bersih.

Aliran air terjun ini berasal dari mata air pegunungan alami, tidak tercemar oleh aktivitas manusia. Keadaan airnya jernih, sensasi airnya cukup dingin.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Wisatawan bisa menikmatinya dengan mencuci muka, mencelupkan kaki atau berenang di kolam renang yang tersedia.

2. Memiliki tiga level

Keunikan air terjun Lubuk Hitam adalah terdiri dari tiga tingkat. Hal inilah yang membuat pelepasan tumpahan air terjun menjadi lebih mudah. Pemandangan eksotik ini menarik wisatawan untuk melihatnya secara langsung.

Mencapai level ketiga membutuhkan lebih banyak fisik dan energi tambahan. Waktu tempuh dari tingkat kedua kurang lebih 40 menit. Medannya cukup terjal dan licin. Oleh karena itu Anda harus berhati-hati.

3. Udaranya segar, diselimuti kehijauan pepohonan.

Jika Anda datang di pagi hari, tentu udaranya akan lebih segar. Apalagi jika sedang hujan. Udara akan menjadi lebih sejuk. Daunnya masih basah karena tetesan air hujan.

Selain udaranya yang segar, wisatawan juga bisa menikmati rindangnya pepohonan. Pohon-pohon ini memberikan penghalang terhadap panasnya sinar matahari di siang hari. Cahayanya tidak menembus langsung ke tengah hutan, melainkan hanya menembus celah-celah dedaunan pepohonan yang lebat. Jadi suasana sejuk masih terasa.

Baca Juga  Goa Cerme, Destinasi Wisata Sejarah Favorit di Bantul Jogja

4. Suasana alam pegunungan

Selama berwisata menuju lokasi air terjun Lubuk Hitam, wisatawan akan bisa merasakan kesegaran suasana alam khas pegunungan. Mulai dari udara segar, suasana sejuk dan cukup dingin hingga pemandangan alam penuh pepohonan hijau.

Bahkan suara khas air mengalir mampu menyegarkan pikiran Anda kembali. Jika Anda disibukkan dengan banyak hal setiap harinya, maka bersantai di air terjun ini akan menjadi momen yang menyegarkan. Rasa penat akibat bekerja seolah hilang begitu saja berkat pesona pemandangan dan alam yang menenangkan jiwa.

5. Banyak tumbuhan langka

Air terjun ini terletak di kawasan hutan tropis. Oleh karena itu, banyak pohon dan tanaman langka yang tumbuh di sekitar air terjun Lubuk Hitam.

Anda bisa melihatnya sepanjang perjalanan hingga mencapai lokasi air terjun. Selain itu, hewan liar juga hidup di kawasan air terjun.

6. Tempat yang asyik untuk foto

Selain pemandangan alamnya yang indah, wisatawan juga bisa menemukan beberapa spot foto menarik.

Seperti pemandangan air terjun yang mengalir jernih, dihiasi tanaman hijau khas hutan. Anda dapat menggunakan lokasi bergaya untuk mendapatkan gambar berkualitas tinggi.

Oleh karena itu, sebelum mengunjungi objek wisata penuh keindahan ini, disarankan untuk mempersiapkan kamera terbaik. Sebab sesampainya di tempat tersebut, Anda akan dibuat terpana dengan keindahan alamnya. Hal ini membuat Anda ingin mengambil foto dan mengabadikan setiap momen kenangan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Lubuk Hitam
Foto oleh Air_Terjunlubuk Hitam di Instagram

Terletak di Padang yaitu Teluk Kabung Utara Teluk Bungus Kabung tempat ini masih cukup mudah dijangkau. Dari Kota Padang dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dengan angkutan darat: sepeda motor atau mobil. Lokasinya dekat dengan pusat kota Padang, hanya berjarak sekitar 25 km.

Wisatawan tidak akan menemukan tanda khusus bagaimana menuju lokasi air terjun Lubuk-Hitam. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati saat mencari petunjuk jalan menggunakan Google Maps atau bertanya kepada penduduk setempat. Sebagai ilustrasi, Anda akan berjalan menyusuri jalan kecil yang terletak di jalan Painan-Padang.

Baca Juga  Pantai Bondo Jepara, Pantai Pasir Putih yang Dikelilingi Vegetasi Hijau

Sepanjang perjalanan Anda akan melewati kawasan perkampungan dengan lebar jalan 2m. Setelah sampai di tempat parkir, wisatawan harus melanjutkan berjalan kaki menyusuri jalur menanjak dan menurun.

Biaya masuk dan jam buka

Biaya masuk untuk mengunjungi objek wisata alam indah ini adalah Rp 5.000 per orang. Dengan harga tiket yang relatif murah, wisatawan bisa menikmati keindahan tiga air terjun sekaligus. Meski medannya berbeda.

Biaya parkir kendaraan sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan bermotor. Namun parkir untuk kendaraan roda empat atau mobil penumpang akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 per kendaraan.

Jam buka mengunjungi Air Terjun Lubuk Hitam dibuka mulai pukul 09.00 hingga 18.00 WIB. Namun pada hari kerja Senin hingga Kamis terdapat jam khusus yaitu buka hanya pada pukul 14.00 hingga 18.00.

Tidak ada jam berkunjung air terjun ini pada hari Jumat. Dengan kata lain, dekat. Oleh karena itu, jika ingin mengunjungi objek wisata menawan ini, perhatikan terlebih dahulu hari operasionalnya. Dan jangan berkunjung pada hari Jumat karena tutup.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas menarik di air terjun Lubuk Hitam
Foto Abu Salma di Google Maps

Lompat dari ketinggian

Kegiatan ini cukup ekstrim. Hanya wisatawan dengan keberanian dan adrenalin tinggi yang melakukan hal ini.

Anda bisa melompat dari ketinggian lalu terjun ke kolam air terjun yang mengalir. Sensasi serunya akan terbayar saat Anda terjun ke airnya yang dingin dan jernih.

Berenang

Di sekitar lokasi wisata air terjun ini terdapat kolam renang dengan air yang bersih dan jernih. Air di kolam ini berasal dari sumber Air Terjun Lubuk Hitam.

Pihak pengelola sengaja menyediakan kolam bersih ini sebagai alternatif jika wisatawan tidak bisa mencapai air terjun.

Namun wisatawan bisa mengobati kekecewaannya dengan terus bermain air di kolam renang. Dimana airnya juga berasal dari aliran air terjun sasaran.

Trekking ke air terjun Lubuk Khitam

Sebelum menikmati keindahan air terjun, wisatawan pasti harus menikmati suasana trekking yang cukup panjang. Pemandangan selama perjalanan juga sangat memukau. Deretan pepohonan hijau subur dan kicauan burung menemani perjalanan Anda menuju air terjun.

Ini adalah momen yang sangat populer bagi para pendaki. Meski merasa sedikit lelah dan kurang tenaga, hiking tetap menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Baca Juga  Embung Kleco, Spot Terbaik Menikmati Panorama Sunset & Sunrise yang Mempesona di Kulon Progo

Piknik

Berkunjung ke Air Terjun Lubuk Hitam yang memiliki tiga tingkat air juga bisa dimanfaatkan untuk piknik. Sesampainya di lokasi, Anda dan rombongan bisa bersantai menikmati bekal yang dibawa. Tentu saja nuansa alam yang indah membuat momen kebersamaan ini semakin berkesan.

Bersantai dan nikmati pemandangan alam

Pemandangan di sekitar air terjun ini sangat indah karena banyak pepohonan hijau yang tumbuh di sekitar air terjun.

Apalagi Anda juga bisa menikmati pemandangan burung-burung khas hutan yang terbang kesana-kemari. Suara kicaunya yang merdu menenangkan jiwa.

Suara gemericik air terjun yang diiringi binatang khas hutan seperti jangkrik seakan menjadi cara alami untuk bersantai. Pikiran kembali segar dan hati terasa lebih nyaman.

Difoto

Fotografi adalah sesuatu yang tidak boleh dilewatkan. Wisatawan bisa berfoto di tempat-tempat yang Instagrammable. Salah satunya berlatar belakang air terjun yang bersih dan sejuk.

Selain itu, masih ada beberapa sudut lain di sekitar air terjun Lubuk-Hitam yang pemandangannya tak kalah menarik. Ibarat duduk di atas bebatuan di tepi air terjun dengan latar belakang hijau alami.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Struktur air terjun Lubuk-Hitam
Foto oleh Tomi Nakiva di Google Maps

1. Tempat parkir

Tempat parkir di objek wisata Air Terjun Lubuk Hitam ini cukup luas sehingga wisatawan dapat memarkir mobilnya dengan nyaman.

2. Ruang sholat

Wisatawan Muslim dapat menggunakan bangunan ini untuk berdoa.

3. Warung makan

Aneka kuliner bisa dibeli di warung-warung sekitar air terjun. Mulai dari makanan ringan, makanan atau minuman kemasan, dan beberapa menu khas Padang.

4. Toilet

Terdapat beberapa toilet di kaki bukit yang bisa digunakan wisatawan untuk keperluan toilet.

5. Kolam renang

Terdapatnya kolam renang pada wisata air terjun menjadi salah satu alternatif bagi wisatawan yang berhalangan untuk mengunjungi lokasi air terjun.

Demikian ulasan singkat tentang Air Terjun Lubuk Hitam di Kota Padang. Jika Anda memiliki waktu luang untuk berlibur, jangan lupa untuk mengunjungi objek wisata alam populer ini. Ajak keluarga anda agar suasana liburan semakin berkesan.




databaru.my.id