Bali Countryside Sidemen, Menikmati Panorama dengan Hamparan Sawah Nan Hijau

Ide Wisata4 Dilihat


Sidemen Pedesaan Bali, tempat di mana Anda bisa menikmati panorama persawahan hijau menampilkan hamparan hijau persawahan bertingkat yang mempesona.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 08.00–16.00 WIB, Alamat: Lokasari, Kecamatan. Sideman, Kab. Karangasem, Bali; Map: Periksa lokasi

Desa Sidemen Bali merupakan objek wisata alam yang mencerminkan suasana pedesaan Sidemen, Karangasem, Bali. Pengunjung Pedesaan dapat menikmati pemandangan alam hamparan hijau sawah bertingkat dan aktivitas masyarakat setempat. Suasana alamnya masih sangat alami.

Pengunjung dapat memilih beberapa paket wisata. Diantaranya adalah proses keluar dari pembuatan benih padi hingga pengolahan padi menjadi beras. Pengunjung bisa langsung melihat bahkan mengikuti acara tersebut.

Tentu akan berbeda suasananya jika Anda memilih Bali sebagai tujuan liburan Anda. Jika selama ini Bali identik dengan keindahan pantai dan pegunungannya, ternyata Bali juga punya liburan wisata alam pedesaan yang menawan. Kesegaran alam bisa Anda rasakan sambil belajar budidaya padi.

Tur Safari Pedesaan Bali VW (Volkswagen)

Pemandangan pedesaan Bali

penduduk desa Bali
Foto Vijay di Google Maps

1. Hamparan hijau sawah bertingkat

Wisatawan yang berkunjung ke Desa Sidemen Bali akan disambut dengan indahnya hamparan sawah yang hijau. Uniknya, sawah di Bali ini memiliki desain yang menarik, yaitu undakan yang bentuknya seperti tangga. Penduduk setempat menyebutnya terasering.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Dari persawahan ini pengunjung juga bisa menyaksikan keindahan Gunung Agung yang menjulang tinggi di antara perbukitan. Oleh karena itu, suasana di objek wisata cantik ini sangat sejuk.

2. Perasaan alam pedesaan

Kunjungan ke Pedesaan Sidemen seperti menjelajahi pedesaan – pemandangannya memanjakan mata dan keramahan penduduk setempat membuat Anda merasa diterima. Suasana meriah ini akan memberikan Anda pengalaman yang tak terlupakan.

Apalagi Anda juga bisa mendapatkan suasana tenang jauh dari hiruk pikuk kota. Mengenal kearifan lokal yang kaya akan eksotika. Tentunya sangat cocok untuk liburan keluarga.

3. Tiket wisata yang terjangkau.

Salah satu daya tarik wisata alam di Sidemen adalah biayanya yang tidak terlalu mahal. Wisatawan hanya membutuhkan uang untuk jalan-jalan, menyiapkan bekal dan keperluan pribadi lainnya.

Sebab, wisata ini tidak dipungut biaya masuk. Dengan begitu, pengunjung bisa menikmati alam pedesaan Sidemen secara gratis hingga puas. Ini termasuk menikmati pemandangan untuk difoto.

4. Spot foto kekinian

Berwisata ke pedesaan untuk mengabadikan keindahan alamnya tentu memberikan nilai seni tersendiri pada gambar fotografi yang dihasilkan. Termasuk sideman asal pedesaan Bali ini. Wisatawan bisa menikmati spot foto tak terlupakan dengan pemandangan alam terbuka, khususnya persawahan bertingkat.

Pengunjung bahkan mungkin menemukan rumah atau gubuk di tengah persawahan. Biasanya para petani memanfaatkan gubuk sebagai tempat beristirahat atau mencari makan setelah lelah beraktivitas bertani.

Baca Juga  Pantai Bagedur, Pantai Mempesona dengan Festival Budaya yang Menarik di Lebak

5. Udara segar tanpa polusi.

Saat Anda berwisata ke pedesaan, khususnya ke persawahan yang hijau, Anda bisa langsung menikmati kesegaran udara.

Banyaknya pepohonan dan nuansa alam yang jauh dari hiruk pikuk kota membuat wisata di pedesaan Sidemen semakin asri. Anda juga bisa melihat burung di sawah.

Anda bisa menghirup udara segar sebanyak yang Anda mau. Tarik napas dalam-dalam untuk benar-benar mengagumi ciptaan-Nya dan juga untuk bisa bersantai. Segala rasa penat seakan tersapu begitu saja oleh alam yang menenangkan.

6. Paket keluar tersedia

Wisatawan yang berkunjung ke Desa Sidemen Bali tidak hanya bisa menikmati keindahan alamnya saja, namun juga bisa memanfaatkan wisata di luar lokasi. Misalnya bermain di wahana seru, trekking bersama pemandu, dan lain sebagainya.

Paket outbound biasanya digunakan oleh wisatawan yang membawa rombongan besar, misalnya dalam rombongan perusahaan. Sebab keseruan jalan-jalan akan semakin menyenangkan jika dilakukan bersama lebih banyak teman. Selain itu, terdapat atraksi permainan yang unik.

7. Bepergian sambil belajar

Tak hanya sebagai sarana hiburan di Karangasem, Bali. Namun mengunjungi objek wisata ini juga bisa dijadikan sebagai sarana pembelajaran. Diantaranya menjelajahi sawah bertingkat, mengamati dan berpartisipasi dalam kegiatan penanaman padi petani, atau mengunjungi desa-desa setempat yang penuh dengan kekayaan budaya.

8. Dekat dengan sejumlah tempat wisata populer.

Tempat wisata alam yang satu ini terletak di kawasan Bali Timur yang juga memiliki beberapa tempat wisata populer. Anda juga bisa merencanakan kunjungan ke tempat ini.

Diantaranya adalah Wisata Taman Ujung, Water Park Tirtaganga, Pantai Pasir Putih Perasi, Blue Langon, Wisata Desa Tua Bali Aga Tenganan, Pantai Labuhan Amuk, Bias Tugel dan masih banyak lagi wisata dengan penginapan terjangkau.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Sidemen Pedesaan Bali
Foto Vijay di Google Maps

Desa Sidemen Bali terletak di Pulau Dewata Bali, Kabupaten Karangasem, Kecamatan Sidemen, Desa Sidemen. Jam buka objek wisata alam indah ini dibuka mulai pukul 08:00 WITA pada hari Senin hingga Minggu. Oleh karena itu, wisatawan dapat leluasa mengunjungi Sidemen kapan saja untuk menikmati pesona keindahan alam Sidemen.

Bandara Ngurah Rai dapat ditempuh kurang lebih 1,5 jam dengan mobil. Lokasinya masih cukup mudah diakses. Sedangkan untuk rute perjalanan, dari bandara menuju ke arah Jalan Bipas Ngurah Rai. Pergilah ke Jalan Pulau Batanta melewati Tamara Bali Textiles.

Kemudian menuju ke Jalan Diponegoro hingga menemukan Bali Mall. Lanjutkan di jalan Semarapura-Karangasem. Lokasi Pedesaan Bali Sidemen akan anda temukan di Jalan Raya Satria Sidemen Banjar Kebon Sukahet, Lokasari, Sidemen, Karangasem, posisinya berada di sisi kanan jalan.

Baca Juga  Pantai Pasir Putih Parbaba, Pantai Indah dengan Bukit Hijau Eksotis di Samosir

Jika Anda masih ragu dengan rute atau petunjuk arah yang diberikan, Anda bisa menggunakan Google Maps. Masukkan alamat tujuan Anda dan Anda akan diarahkan ke rute yang lebih mudah dijangkau.

Biaya masuk dan jam buka

Wisatawan yang ingin menikmati alam pedesaan di Sidemen, Karangasem, Bali tidak dipungut biaya masuk. Dalam hal ini, manajemen memberikan paket gratis. Meskipun ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu.

Anda hanya perlu menyiapkan biaya transportasi, membeli makanan/perlengkapan memasak dan memarkir kendaraan pribadi Anda di tempat yang mudah dijangkau.

Tur Safari Pedesaan Bali VW (Volkswagen)

Kegiatan yang menarik

Hal yang dapat dilakukan di pedesaan Bali
Foto oleh Ketut Budiastha Dharmamurti Jaya di Google Maps

Bersantai dan nikmati pemandangan sawah bertingkat.

Anda bisa menikmati pemandangan sawah bertingkat sambil bersantai di tengah sawah. Istirahat di gubuk-gubuk yang ada.

Sesekali terlihat hamparan sawah hijau yang tertiup angin hingga bergoyang. Ibarat gelombang air laut yang tersapu ombak.

Menjelajahi Area Sawah

Aktivitas utama yang biasa dilakukan wisatawan adalah berjalan-jalan melintasi persawahan. Akan lebih menyenangkan jika dilakukan saat tanaman padi belum terlalu tinggi. Sehingga tampilan yang didapat terkesan lebih eksotis.

Bagi wisatawan kota maupun wisatawan mancanegara, berjalan melewati persawahan merupakan sesuatu yang sangat menakjubkan. Telapak kaki Anda akan kotor dan tanaman padi akan bergoyang di tubuh Anda dari waktu ke waktu. Tentu saja hal ini membuat suasana semakin sejuk.

Pelajari cara bertani

Untuk benar-benar membuat pengalaman bersantai di persawahan semakin nyata, wisatawan bisa ikut bercocok tanam bersama masyarakat setempat. Apalagi jika datang saat musim tanam atau panen. Kedua poin ini menjadi hal yang paling menarik untuk dicoba.

Ambil foto di tempat alam terbuka.

Para pecinta fotografi yang gemar mengabadikan momen liburan pasti akan merasakan sesuatu yang baru saat menjumpai lokasi alam yang indah. Termasuk di sawah.

Oleh karena itu, momen memotret di tengah sawah yang luas mempunyai nilai seni yang tinggi. Bahkan ada pula wisatawan yang rela bermain kotor di lumpur bak petani sungguhan demi berfoto di Instagram.

Berwisata ke kawasan Pedesaan Sidemen Bali.

Setelah puas menjelajahi persawahan bertingkat, Anda bisa melanjutkan perjalanan merasakan suasana pedesaan bersama penduduk setempat.

Berwisata ke pedesaan untuk berinteraksi dengan penduduk setempat memang menyenangkan. Selain itu, warga Desa Sidemen terkenal dengan keramahannya. Agar Anda tidak merasa malu atau bahkan dikucilkan.

Namun yang utama adalah tetap sopan. Meski disambut baik oleh penduduk setempat, namun sebagai newbie Anda tidak boleh merasa sombong. Bahkan berperilaku sesuka hatinya.

Baca Juga  Pantai Cijeruk, Pantai Indah dengan Panorama Memukau di Garut

Kunjungi penenun

Selain bertani, masyarakat Desa Sidemen juga bergerak di bidang tenun, menghasilkan tekstil khas Endeka. Anda bisa melihat proses menenun yang terlihat alami.

Kegiatan ini tidak hanya menambah nilai keunikan daerah, namun juga memberikan rasa cinta tanah air dan budaya yang masih terpelihara dengan baik meski di zaman modern.

Selain belajar proses menenun, wisatawan juga bisa membeli tekstil khas Bali sebagai oleh-oleh. Apalagi jika Anda terlibat langsung dalam proses produksinya. Tentu saja akan memiliki nilai lebih berkesan.

Membeli oleh-oleh di Pedesaan Sidemen Bali

Nah, setelah beraktivitas di pedesaan Sidemen inilah momen yang paling ditunggu yaitu berburu oleh-oleh khas Bali. Di kawasan Kabupaten Karangasem Anda bisa membeli berbagai oleh-oleh.

Anda bisa membeli berbagai oleh-oleh dengan harga standar. Mulai dari makanan, aksesoris, baju, sepatu, gantungan kunci, lukisan dan masih banyak lagi. Sedikit tips: Jika membeli dalam jumlah banyak, jangan ragu untuk meminta harga khusus kepada penjual.

Mengenal budaya tradisional setempat

Bali terkenal dengan nilai-nilai budayanya yang masih dilestarikan hingga saat ini. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda lebih mengenal budaya setempat. Tidak hanya menambah aktivitas, namun belajar tentang budaya akan memperluas pengetahuan Anda tentang Bali. Pulau yang indah dengan segudang keindahan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di pedesaan Bali
Foto Sidemen Pedesaan Bali di Google Maps

1. Parkir

Berkunjung ke Desa Sidemen Bali tak perlu bingung saat parkir. Tempat wisata pedesaan ini mempunyai tempat parkir yang cukup luas. Biaya parkir juga rendah.

2. Akomodasi

Terdapat beberapa hotel atau villa di sekitar objek wisata pedesaan Sidemen, dengan harga yang bervariasi. Ada dari kelas reguler hingga eksekutif. Pengunjung bebas memesan sesuai budget yang diinginkan.

3. TPA

Banyak warga sekitar yang menjual berbagai kuliner khas Bali di warung-warung yang ada. Dengan cara ini Anda juga bisa mencoba kuliner khas Bali. Soal harga tidak perlu ditanyakan lagi, pedagang lokal menjual kuliner dengan harga terjangkau. Dan cita rasa kulinernya pasti jadi pemenangnya.

Demikian ulasan singkat mengenai Pedesaan Bali Sidemen di Karangasem. Jika Anda memiliki waktu luang di sela-sela pekerjaan, datanglah dan luangkan waktu untuk berkunjung dan menikmati keindahan alam pedesaan.

Mereka yang biasa berlibur mengasosiasikan dengan pantai, gunung, mall, dan lain-lain. Kini saatnya berlibur menikmati pemandangan alam pedesaan yang hijau. Sawah bertingkat merupakan tempat yang istimewa.


databaru.my.id