Bukit Asah Karangasem, Pesona Alam Eksotis Nan Menyejukkan di Bali

Ide Wisata161 Dilihat


Pesona alam yang eksotik dan menyejukkan, Bukit Asah Karangasem di Bali menawarkan keindahan matahari terbit dan terbenam yang menakjubkan.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Kecamatan Sengkidu. Manggis, Kab. Karangasem, Bali; Map: Periksa lokasi

Bukit Asah merupakan salah satu tempat wisata berbentuk dataran tinggi di Kabupaten Karangasem, Pulau Dewata Bali yang menawarkan pemandangan yang mempesona.

Ditumbuhi rumput hijau, bukit ini menjadi objek wisata populer yang banyak dinikmati wisatawan. Tak hanya wisatawan lokal saja, namun banyak juga wisatawan dari daerah lain.

Dari ketinggian bukit, wisatawan bisa menyaksikan keindahan birunya air laut, suasana hijau perbukitan, dan udara segar. Tak heran jika wisata ini menjadi salah satu tempat untuk melepas penat dari rutinitas pekerjaan sehari-hari. Oleh karena itu, pada hari libur atau akhir pekan, Bukit Asah sangat ramai dikunjungi pengunjung.

Wisatawan yang ingin berkunjung ke bukit cantik ini bisa datang kapan saja tanpa batasan. Sebab, tidak ada jam buka khusus. Namun jika ingin merasakan suasana yang lebih eksotis, sebaiknya berkunjung pada sore hari, menjelang matahari terbenam.

Objek Wisata Bukit Asa

Bukit Karangasem Asah
Foto oleh Vayan Sueta di Google Maps

1. Pemandangan dari atas bukit

Bukit Asah menawarkan pemandangan alam berupa perpaduan hijaunya barisan pegunungan dan hamparan laut biru. Dari puncak bukit cantik ini wisatawan bisa menikmati pemandangan sepuasnya.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Dikelilingi dua tebing tinggi dan bebatuan karang yang kuat membuat pemandangan laut semakin memukau. Tak heran jika tempat ini menjadi destinasi favorit bagi mereka yang ingin merasakan keindahan alam dengan cara baru.

Tak sampai disitu saja, sesampainya di puncak bukit, wisatawan juga bisa melakukan beberapa aktivitas seperti melukis keindahan alam atau berjalan-jalan di atas bukit. Sejauh mata memandang, kamu pasti akan terkagum-kagum hingga tak henti-hentinya mengungkapkan kekagumanmu.

2. Suasana alam yang sejuk

Tempat wisata Bukit Asah ini mempunyai suasana alam yang masih asri. Banyaknya pepohonan yang tumbuh di kedua sisi perbukitan, hamparan rumput hijau, dan birunya air laut seakan menambah kesejukan.

Apalagi jika Anda datang di pagi hari. Udara akan menjadi lebih sejuk dan segar. Aroma air laut dan angin sepoi-sepoi menenangkan jiwa. Semua rasa lelah akan hilang begitu saja.

3. Ada tempat untuk tenda.

Bukit menawan ini memiliki tempat tenda yang biasa digunakan wisatawan untuk bermalam. Nikmati suasana malam hari dengan beberapa aktivitas seru yang akan membuat liburan Anda semakin seru.

Saat musim liburan, tempat camping ini akan ramai dikunjungi pengunjung yang ingin bermalam. Tenda warna-warni memenuhi lokasi perkemahan, menambah keindahan pemandangan perbukitan.

Baca Juga  Indahnya Pantai Yeh Leh, Tempat Pertemuan Antara Laut dengan Sungai di Bali

4. Cocok sebagai tempat berlibur

Wisata Bukit Asah Karangasem mempunyai suasana pemandangan yang tiada tara. Oleh karena itu, tempat ini sangat direkomendasikan untuk liburan keluarga.

Selain pemandangan alamnya yang indah, suasana di bukit ini juga berhasil memberikan rasa ketenangan. Jika anda ingin mencari destinasi wisata yang mampu memberikan kenyamanan, kesejukan dan pemandangan yang indah, maka tidak salah jika anda mengunjungi bukit ini sendiri.

5. Pesona matahari terbit dan terbenam yang menakjubkan.

Wisatawan yang berkemah di kawasan perbukitan ini bisa menyaksikan indahnya matahari terbit dari ufuk timur. Pesona cahaya jingga perlahan mulai memenuhi langit yang tak berujung. Matahari semakin terlihat bulat sempurna hingga akhirnya bersinar menyinari setiap sudut langit.

Begitu pula pada sore hari. Saat cuaca mulai memburuk, ada harapan wisatawan tidak langsung mudik. Momen romantis bisa disaksikan dari atas bukit, yakni saat matahari terbenam setelah seharian menyinari permukaan tanah.

Perlahan-lahan cahaya keemasan itu tenggelam di atas lautan hingga menyinari permukaan laut. Suasana cerah perlahan menjadi gelap. Matahari tampak seperti sedang beristirahat, tersembunyi di balik lautan.

6. Ciptakan ruang untuk foto Instagram

Keindahan Bukit Asa memang tiada habisnya. Wisatawan bisa menemukan spot foto Instagrammable di setiap tempat wisata. Diantaranya latar laut luas dengan air berwarna kebiruan, bukit tinggi, ayunan pohon dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jadi sebaiknya persiapkan kamera terbaik dan fotografer handal untuk mengabadikan momen di setiap sudut bukit dengan gaya yang keren.

Alamat dan rute menuju lokasi

Objek Wisata Bukit Asa
Foto I Made Sudarma di Google Maps

Bukit Asah terletak di Desa Bagbag, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali. Dari kota Denpasar dapat ditempuh sekitar 2 jam dengan menggunakan mobil atau mobil.

Adapun rute yang bisa Anda tempuh, jika Anda berangkat dari Denpasar, Bali, menuju ke Jalan Raya Bagbug atau Desa Bagbug yang akan membawa Anda melintasi Jembatan Karangasem-Klungkung. Sekitar 200 meter dari jembatan terdapat pertigaan.

Ambil jalur kanan dan lurus mengikuti Jalan Raya Bukit Asah. Sekitar 15 menit berkendara Anda akan menemukan bukit menawan ini terletak di sisi kanan jalan.

Biaya masuk dan jam buka

Menikmati keindahan Bukit Asaha yang mempesona tidak memerlukan biaya yang mahal. Wisatawan yang berkunjung hanya perlu membayar tiket saat memasuki gerbang dengan biaya Rp 5.000 per orang.

Tidak ada perbedaan ketentuan retribusi yang ditetapkan bagi wisatawan pada hari libur dan hari kerja. Jadi Anda bisa mengunjunginya kapan saja tanpa perlu khawatir harus mengunjungi hari apa.

Baca Juga  Pantai Klayar, Permata Tersembunyi di Pacitan dengan Panorama Alam yang Memesona

Untuk biaya tambahan lainnya seperti tiket parkir, Anda hanya perlu membayar antara Rp 2.000 hingga Rp 5.000. Wisatawan dapat memarkir kendaraannya di tempat-tempat yang mudah dijangkau.

Kegiatan yang menarik

Harga tiket tour Bukit Asah
Foto oleh Ivani Fega di Google Maps

Bersantai di rumput hijau

Jika biasanya Anda menikmati birunya laut dari kawasan berpasir, kini ada cara lain untuk menikmati birunya laut, yaitu dari atas bukit.

Wisatawan bisa duduk santai di rerumputan atau spot foto menikmati sejuknya suasana alam. Dari puncak Bukit Asah wisatawan bisa melihat dengan jelas pesona lautan yang sejuk.

Selain duduk di atas rerumputan, wisatawan juga bisa menggelar tikar yang dibawanya untuk duduk. Atau bahkan duduk di batang pohon. Semua itu bisa dilakukan sesuai keinginan pribadi Anda sebagai cara unik menikmati keindahan ciptaan Tuhan.

Nikmati keindahan matahari terbit dan terbenam yang eksotis

Pesona matahari terbit dan terbenam selalu menarik perhatian. Begitu pula dengan eksotisme matahari terbit dan terbenam yang bisa disaksikan dari puncak Bukit Asah.

Anda dapat menikmati dua momen berharga ini saat Anda mendirikan kemah. Pagi hari, saat kabut masih menyelimuti, Anda siap menyaksikan matahari terbit dari ufuk timur.

Sebaliknya pada siang hari, menjelang senja, wisatawan bisa menikmati indahnya matahari terbenam di sebelah barat. Cahaya oranye dapat memberikan efek romantis dan layak untuk diabadikan.

Berburu Foto Instagenic di Bukit Asah

Para pecinta fotografi, khususnya wisatawan yang suka mengoleksi foto-foto liburan pasti akan menyukai tempat wisata ini. Setiap sudutnya memberikan kesan unik dan memiliki nilai seni tinggi yang patut diabadikan.

Oleh karena itu, banyak wisatawan yang terpikat dengan keindahan Bukit Asah Kangasem ketika melihat foto-foto yang diunggah di beberapa platform media sosial. Setelah dikunjungi, ternyata keindahan alamnya memang unggul.

Mendirikan tenda kemah

Bagi Anda yang ingin lebih menikmati suasana alam Bukit Asaha khususnya pada malam hari, Anda bisa langsung menyewa tenda untuk bermalam. Udara malam yang sejuk dan suasana yang jauh dari hiruk pikuk kota membuat perasaan jauh lebih tenang.

Saat cuaca cerah, Anda bisa menikmati bintang-bintang di langit dan melakukan aktivitas-aktivitas kecil yang akan membuat pendakian Anda semakin menyenangkan. Di antaranya membakar jagung sambil bernyanyi diiringi suara gitar. Ini akan menjadi momen yang tak terlupakan.

Permainan ayunan

Bermain ayunan tidak selalu menyenangkan sambil berjalan. Namun di Bukit Asa juga terdapat ayunan yang dibuat khusus untuk menambah keindahan.

Baca Juga  HeHa Sky View, Destinasi Wisata Unik di Gunung Kidul Jogja

Ayunan tersebut ditopang oleh dahan pohon yang kuat. Anda bisa memanfaatkannya untuk sekadar bersantai sambil menikmati alam yang memanjakan mata, atau sebagai spot foto unik.

Anda bisa mendapatkan latar belakang laut yang luas dengan duduk di ayunan dengan punggung menghadap laut. Apalagi saat menjelang senja. Daya pikat cahaya matahari terbenam mampu memberikan nilai seni yang tinggi, sehingga Anda bisa bergaya layaknya model untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Berjalan di atas bukit

Pada pagi atau sore hari, wisatawan yang berkunjung dapat berjalan-jalan di sekitar Bukit Asah. Melihat pepohonan dan rerumputan hijau dapat memberikan perasaan segar dan pikiran menjadi segar kembali.

Menikmati suasana pantai yang eksotik ditambah dengan hembusan angin pegunungan seakan memberikan rasa kesejukan yang menusuk hingga ke tulang. Anda bisa leluasa menghirup udara segar dan bersih.

Apalagi jika Anda menikmatinya bersama keluarga atau orang tercinta. Waktu sepertinya tidak berjalan cepat. Momen ini bisa meningkatkan rasa kedekatan satu sama lain. Apalagi jika Anda mengajak anak-anak Anda. Anda bisa mengenal alam.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Hal menarik yang bisa dilakukan di Bukit Asah
Foto Prayoga Maturanga di Google Maps

1. Tempat parkir

Tempat parkir di tempat wisata populer ini cukup luas. Kendaraan roda empat dan roda dua bisa terparkir dengan rapi. Biaya parkir juga sangat terjangkau.

2. Kamar mandi

Kehadiran kamar mandi/toilet di kawasan Bukit Asah dapat dimanfaatkan wisatawan untuk keperluan toilet. Kondisi toiletnya cukup bersih, airnya juga jernih. Wisatawan diimbau menjaga kebersihan, meski ada layanan kebersihan.

3. Berkemah

Untuk menambah keseruan liburan dan menikmati suasana kehidupan malam Bukit Asaha, wisatawan dapat menyewa tenda untuk berkemah di area yang telah disediakan. Cukup membayar sekitar Rp 80.000 per malam untuk sewa tenda dan Anda sudah bisa menikmati sensasi sejuknya udara malam di bukit cantik ini.

4. Ayunan titik

Salah satu tempat yang memberikan kesan unik dan menarik jika difoto adalah ayunan yang ditopang dahan pohon yang kokoh. Tempat ini berlatar belakang laut biru. Saat matahari terbenam, pemandangan yang sangat eksotis akan muncul di tempat ini, mirip siluet di bawah sinar matahari terbenam.

Demikian rangkuman dari Bukit Asah Karangasem. Biar kamu makin penasaran, yuk segera buat jadwal untuk melihat langsung keindahan bukit-bukit ini. Momen bersantai di bukit cantik ini bersama keluarga akan membuat suasana semakin romantis.


databaru.my.id