Bukit Tengah Klungkung, Pesona Alam Eksotis Nan Menawan di Bali

Ide Wisata16 Dilihat


Pesona alam yang eksotik dan mempesona, Bukit Tengah Klungkung di Bali menawarkan keindahan matahari terbenam dan matahari terbit yang menakjubkan.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Pesinggahan, Kets. Davan, Kab. Klungkung, Bali; Map: Periksa lokasi

Bali memang mempunyai pesona yang menarik. Ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di Klungkung. Beberapa destinasi sudah dikenal dan familiar bagi sebagian orang, namun hanya sedikit orang yang mengunjunginya. Kali ini destinasi yang dimaksud adalah Bukit Tengah Klungkung.

Bukit ini disebut sebagai surga tersembunyi di Bali karena masih jarang wisatawan yang menyentuhnya. Padahal keindahan dan panoramanya sangat menarik untuk disaksikan. Lokasi di atas bukit agak jauh dari pusat kota dengan kondisi jalan yang buruk.

Namun keindahan bukit ini pasti akan membuat siapapun terpesona. Keindahan bukit dengan panoramanya mampu memanjakan mata.

Suasana perbukitan yang tenang dan damai cocok untuk Anda melepas kepenatan bekerja. Berikut beberapa ulasan penting kenapa kamu harus berkunjung ke Bukit Tengah, yuk disimak!

Daya Tarik Bukit Tengah

Daya Tarik Bukit Tengah
Foto oleh Trisna Vidnyana di Google Maps

1. Pemandangan alam perbukitan

Bukit Tengah mempunyai pesona alam. Sesampainya di bukit kamu akan melihat pemandangan yang sejuk. Di depan mataku ada hamparan rumput hijau beserta ilalang yang tersebar di bukit. Gulma ini memiliki warna kecoklatan muda. Titik pandang yang luar biasa.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Bukit ini juga menawarkan keindahan pepohonan yang tumbuh alami. Pepohonan hijau membentang.

Beberapa pohon tersebut ada yang buahnya bisa dipanen seperti pohon mangga dan pohon lainnya. Pengunjung bisa memetik buah-buahan. Sebelum memasuki kawasan, Anda akan melewati pepohonan yang rimbun.

Pohonnya tumbuh lebat dan lebat, sehingga sejuk dan rindang. Bukit Tengah Klungkung menampilkan kesejukan alami sehingga tidak terjadi polusi udara di atas bukit. Anda juga bisa memanjat salah satu pohon dan beristirahat di pohon tersebut. Beberapa pohon sangat kuat dan berdiri kokoh.

Pengunjung juga bisa menaiki Rumah Joglo. Rumah panggung dengan tiang-tiang kuat dan dinding kayu dengan ukiran khas kuno ini berdiri sendiri di atas bukit. Rumah yang menghadap ke hamparan laut dan perbukitan ini terbengkalai, seolah ditinggalkan pemiliknya.

2. Bukit Berlapis

Menariknya, Bukit Tengah terletak di belakang Gunung Agung. Bagian bukit ini tidak hanya menampilkan lautan air berwarna biru saja, namun juga menampilkan beberapa bukit yang tampak membentuk lapisan. Itulah sebabnya bukit ini diberi julukan Bukit Lapis.

Baca Juga  Sawah Lukis, Objek Wisata Hits dengan Hamparan Persawahan Nan Hijau di Binjai

Bukit berlapis ini dipenuhi dengan warna hijau yang khas. Di sini banyak terdapat tanaman hijau subur dan besar. Pohon-pohon besar terlihat jelas. Bukit berlapis ini masih sangat asri dan alami serta belum pernah dikunjungi manusia.

Bukit-bukit berlapis ini pun bisa kita lihat dengan mata telanjang, karena letaknya yang sangat jauh dari Bukit Klungkung Tengah yang hanya berjarak beberapa kilometer. Beberapa hewan gunung terlihat seperti sedang bergelantungan di pohon atau menari di pepohonan.

3. Pesona Sunset dan Sunrise

Bukit Tengah merupakan aset pembangunan yang menarik bagi pemerintah daerah. Tak hanya menampilkan keindahan khas perbukitan hijau dengan hamparan air laut di bawahnya dan perbukitan berlapis, namun juga memiliki pesona matahari terbenam dan matahari terbit yang sangat indah.

Pengunjung bahkan berkemah atau berkemah di atas perbukitan untuk menyaksikan keindahan matahari terbit di pagi hari dan matahari terbenam di senja hari. Perlengkapan berkemah bisa kamu bawa dari rumah! Karena tempat ini belum menyediakan persewaan perlengkapan camping secara lengkap.

Pesona matahari terbenam di atas bukit memang menarik. Bagaikan menyaksikan pemandangan langit jingga yang dihiasi lapisan perbukitan.

Tak hanya itu, awan putih yang datang pun semakin indah. Ada pula hamparan laut dengan deburan ombak yang menghantam bebatuan, menciptakan irama melodi yang dipadukan dengan kicauan burung.

Pengunjung juga bisa berkemah menikmati panorama malam hari bukit yang tertutup seiring terbitnya matahari. Suasana matahari terbit tak kalah dengan suasana matahari terbenam. Waktu pagi sekitar jam 6 adalah hal yang kita nantikan. Kita menyambut matahari terbit dengan sapaan awan cerah. Warna langit dan awan di pagi hari sungguh indah.

Memang waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke bukit tersebut adalah pada pagi atau sore hari karena saat ini selain menikmati pesona langit yang berbeda, suasana bukit juga menjadi lebih sejuk karena cuaca dingin dan hembusan angin kencang. Berbeda dengan siang hari, sinar matahari sangat terik dan dapat membakar kulit.

Baca Juga  Pantai Nglambor, Wisata Pantai yang Menawan di Gunung Kidul Jogja

4. Bukit Tenang

Lokasi Bukit Tengah memang tersembunyi, selain jalanan yang masih terjal dan licin, Anda juga tidak bisa mencapai lokasi tersebut dengan mobil karena akses jalan hanya untuk sepeda motor. Namun segala kesulitan sepanjang perjalanan akan terbayar dengan pesona yang diberikan oleh bukit itu sendiri.

Suasana tenang dan damai di bukit ini akan menenangkan pikiran Anda. Khususnya bagi pengunjung yang menginginkan ketenangan. Ada solusi di bukit ini.

Karena pengunjungnya masih sedikit, sesampainya di bukit, Anda hanya akan mendengar suara ombak, kicau burung, atau hembusan angin.

Alamat dan rute menuju lokasi

Harga tiket masuk Central Hill
Foto Luh Eva di Google Maps

Bukit Tengah yang menarik ini terletak di Bali, tepatnya di Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. Jalannya cukup terjal dan bergunung-gunung. Rute dari kota Denpasar memakan waktu 45 menit, jarak tempuh sekitar 33 kilometer.

Anda hanya bisa mencapai lokasi tersebut dengan menggunakan sepeda motor di atas aspal putih. Tidak disarankan menggunakan aplikasi Google Maps karena lokasi kawasan tidak akurat. Disarankan agar Anda menghubungi langsung komunitas lokal Anda.

Biaya masuk dan jam buka

Bukit Tengah sangat menarik karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk tiket masuknya. Dengan tiket gratis, pengunjung bisa melihat panorama bukit secara keseluruhan. Berjalan-jalanlah untuk melihat keindahan alam yang indah.

Mengenai jam bukanya, bukit ini masih belum berada di bawah kendali pemerintah setempat, sehingga untuk saat ini bukit tersebut dibuka dari hari Senin hingga Minggu selama 24 jam. Disarankan untuk membawa kantong sampah berukuran besar karena tidak ada tempat sampah di atas bukit.

Kegiatan yang menarik

Hal menarik yang bisa dilakukan di Bukit Tengah
Foto oleh Yoshua Sinugroho di Google Maps

Santai

Panorama perbukitan yang menarik sangat ideal untuk relaksasi. Duduklah di rumput dan nikmati keindahannya. Rasakan hembusan angin yang berasal dari gesekan rumput liar yang diterpa angin sana sini. Suasana ini sangat cocok untuk bersantai dan melepas penat dari aktivitas sehari-hari.

Kamp

Kegiatan lainnya adalah berkemah. Pengunjung bisa berkemah di sepanjang bukit. Perkemahan ini gratis, tetapi Anda harus selalu menjaga keamanan bukit! Disarankan untuk membawa perlengkapan mendaki sendiri dari rumah karena tidak ada fasilitas penyewaan perlengkapan di atas bukit.

Baca Juga  Pulau Panjang, Pulau Eksotis di Jepara yang Menawarkan Sejuta Pesona

Setelah bermalam menikmati indahnya pemandangan pusat perbukitan Klungkung, Anda bisa membawa kompor portable untuk memasak seperti menggoreng ikan atau masakan lainnya. Makan sambil mengagumi langit berbintang. Jangan lupa anda akan diiringi nyanyian jangkrik yang nyaring.

Sepanjang pusat perbukitan Klungkung

Pengunjung bebas berjalan menuruni bukit. Bukit ini menyuguhkan panorama rerumputan dengan ilalang berwarna kecoklatan. Anda bisa berjalan-jalan di antara ilalang sambil menikmati udara pegunungan. Gulma ini terlihat sangat indah, apalagi saat angin bertiup di atasnya.

Selfie

Kegiatan lainnya adalah fotografi. Ada banyak tempat menarik untuk dikenang di Bukit Tengah. Seperti beberapa di antaranya, Anda bisa berfoto di rumah joglo, satu-satunya yang ada di atas bukit.

Rumah ini merupakan bangunan tempat tinggal yang sudah tidak berfungsi lagi. Daripada menimbulkan kesan seram, spot foto menarik bisa diabadikan di rumah.

Seperti halnya ukiran pada dinding kayu rumah, menambah keindahan pemandangan. Selain di rumah, Anda juga bisa memotret di hamparan rumput yang luas. Gulma ini menghiasi daerah perbukitan. Selain itu, Anda juga bisa mengambil foto menghadap lautan biru dan perbukitan yang tumpang tindih.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Objek Bukit Tengah
Foto oleh Denxx di Google Maps

Bukit ini masih minim fasilitas. Mungkin kedepannya pemerintah daerah bisa memperluas pilihannya semaksimal mungkin agar pengunjung merasa lebih nyaman saat berkunjung.

Di kawasan bukit belum terdapat toilet, sehingga bila perlu bisa menginap di rumah warga, namun agak jauh dari bukit.

Selain itu, di kawasan Bukit Tengah juga belum terdapat warung makan dan minuman. Oleh karena itu, Anda harus membawa perbekalan sendiri dari rumah untuk makan di atas bukit.

Selain itu, tidak ada tempat parkir khusus bagi wisatawan di bukit ini. Dengan cara ini Anda dapat parkir tepat di area yang dapat diakses di atas bukit. Tidak ada keamanan yang ketat. Anda juga disarankan untuk membawa kantong sampah saat tiba di bukit.

Demikian sekilas gambaran tentang Bukit Tengah Klungkung. Meski fasilitasnya masih minim, namun bisa dibayar dengan pemandangan yang Anda terima. Anda bisa mengunjungi tempat ini di akhir pekan bersama seluruh keluarga!


databaru.my.id