Pantai Petitenget, Wisata Bahari di Badung yang Kaya Akan Adat & Tradisi Bali

Ide Wisata29 Dilihat


Pantai Petitenget di Badung merupakan destinasi wisata tepi laut yang kaya akan adat dan tradisi Bali, menawarkan pengalaman budaya yang otentik.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Seminyak, Kec Kuta, Kab. Badung, Bali; Map: Periksa lokasi

Pantai Petitenget merupakan salah satu dari sekian banyak pantai indah yang ada di Badung, Bali. Lokasinya yang dekat dengan Pantai Seminyak memiliki keunggulan karena mudah dikenali oleh wisatawan. Apalagi aksesnya tidak terlalu sulit dan jarak dari pusat kota juga tidak terlalu jauh.

Dulunya pantai ini sepi karena diyakini dihuni oleh Buto Ijaw. Namun hal tersebut tidak lagi terjadi karena sudah menjadi legenda rakyat yang diwariskan secara turun temurun.

Terlepas dari cerita yang diyakini sebelumnya, destinasi wisata bahari ini menawarkan pesona lautan yang menakjubkan. Hamparan pasir berwarna coklat terhampar luas seakan tiada habisnya, airnya bening kebiruan.

Objek Wisata Pantai Petitenget

Objek Wisata Pantai Petitenget
Foto oleh Taewon Kim di Google Maps

Daya tarik wisata pantai ini tidak lain adalah pesona pantainya yang sangat indah. Namun intinya tentu bukan hanya itu saja, karena masih banyak lagi alasan mengapa warga lokal dan non-residen berduyun-duyun ke sini. Di bawah ini kami telah mengumpulkan informasi lengkapnya!

1. Pantai bersih dengan air jernih

Secara umum tidak jauh berbeda dengan pantai-pantai eksotis di Bali, yang menjadi daya tarik utama di sini adalah air lautnya yang sangat bersih. Warnanya yang kebiruan, seolah menggoda siapa pun untuk melompat.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Namun karena ombaknya besar, berenang tidak disarankan. Kawasan wisata Pantai Petitenget juga terlihat sangat bersih meski sampah berserakan.

2. Hamparan pasir coklat yang luas

Garis pantai Petitenget-Badung sangat luas dan lebar, jika dilihat dari ujung yang satu maka ujung yang lain tidak terlihat. Seolah tak ada batasnya, semuanya dihiasi pasir lembut berwarna kecoklatan yang membentang ke bawah.

Baca Juga  Pantai Bali Lestari, Pantai Pasir Putih di Serdang Bedagai yang Pesonanya Mirip Pulau Bali

Absennya bebatuan dan pepohonan menambah kesan pantai ini. Vegetasi hijau hanya terdapat di belakang pantai, jumlahnya juga tidak banyak.

3. Masih kuat pada adat dan tradisi.

Selain sebagai tempat wisata, pantai cantik ini masih sering digunakan untuk acara-acara yang berkaitan dengan adat, tradisi, dan agama. Contohnya adalah upacara Melasti yang bertujuan mengumpulkan air suci dari laut.

Jika beruntung, Anda berkesempatan menyaksikan Festival Petitenget yang menampilkan hiburan tradisional Bali.

4. Tempat terbaik untuk melihat matahari terbenam

Daya tarik pantai Petitenget selanjutnya tidak jauh berbeda dengan pantai pada umumnya. Di sini Anda bisa menyaksikan keindahan matahari terbenam.

Sungguh luar biasa karena pesonanya bisa disaksikan tanpa hambatan apa pun. Cahaya jingga itu perlahan memudar dan menghilang di balik ufuk atau garis ufuk barat.

Alamat, lokasi, rute dan biaya masuk

Alamat pantai Petitenget
Foto oleh Mark Adams di Google Maps

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pantai di Bali ini memiliki lokasi yang sangat strategis. Tak jauh dari pusat kota, Anda bisa mencapainya dari Denpasar atau Bandara Ngurah Rai. Jika Anda datang dari Denpasar, objek wisata tepi pantai ini membutuhkan waktu 15 menit untuk mencapainya.

Sedangkan perjalanan dengan mobil dari Bandara Ngurah Rai memakan waktu sekitar 30 menit. Silakan menuju Kawasan Wisata Pantai Petitenget di Desa Kerobokan Kelod, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali.

Akses jalan sangat nyaman dan bahkan banyak angkutan umum. Letaknya dekat Pantai Kuta yang terkenal, hanya berjarak 8 kilometer, waktu tempuh sekitar 20 menit.

Sesampainya di resor tepi laut ini, silakan cari tempat parkir yang nyaman. Tak perlu khawatir penuh karena cukup luas untuk menampung berbagai jenis kendaraan.

Pantai ini terbuka untuk umum dan masih gratis. Hanya wisatawan yang membawa kendaraan pribadi saja yang diwajibkan membayar biaya yaitu untuk parkir.

Baca Juga  Telaga Pancar, Objek Wisata Alam dengan Panorama Hutan Pinus di Majalengka

Kegiatan yang menarik

Aktivitas pantai di Petitenget
Foto oleh Jeremy B. di Google Maps

Tentu saja ada banyak dan beragam aktivitas menarik di pantai eksotis ini. Anda tinggal memilih aktivitas apa yang Anda minati: bermain air, pasir, bersantai, menunggu matahari terbenam dan masih banyak lagi lainnya.

Menikmati keindahan pantai

Keindahannya membuat siapapun yang melihatnya pasti langsung menikmatinya. Pantai Petitenget di Badung memiliki air jernih kebiruan berhiaskan pasir berwarna coklat yang sungguh memanjakan mata.

Kelihatannya kontras, namun justru terlihat menawan. Apalagi saat cuaca cerah, awan putih yang menggantung menjadi hiasan alam yang menakjubkan.

Menunggang kuda menyusuri pantai Petitenget

Usai menikmati keindahan pantai Petitenget, tidak ada salahnya untuk melakukan aktivitas menunggang kuda. Hamparan garis pantai yang panjang rasanya melelahkan jika harus menyisirnya dengan berjalan kaki.

Tidak perlu takut, karena kuda-kuda di sini sudah terlatih dengan baik. Selama berkuda, Anda akan selalu ditemani oleh seorang pemandu yang memandu kuda Anda.

Menyaksikan momen matahari terbenam

Selain dua aktivitas di atas, menyaksikan matahari terbenam juga tak kalah menariknya. Untuk menghindari menunggu terlalu lama, ada baiknya datang pada sore hari.

Keindahan matahari terbenam di sini sudah tidak bisa dipungkiri lagi, karena tidak ada kendala sama sekali. Arah pantai ke barat memungkinkan Anda melihat fenomena ini dengan sempurna.

Berburu foto

Spot foto di Pantai Petitenget-Badung tidak banyak. Namun, Anda bisa memanfaatkan keindahan alam laut sebagai backdrop.

Di tepi pantai ada ayunan dengan dua bangku. Tempat ini cocok jika Anda datang bersama pasangan. Saat matahari terbenam di atas lautan, itu adalah latar belakang fotografi yang sangat indah.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Petitenget
Foto oleh Andrey Vikhrev di Google Maps

Liburan di pantai populer Bali ini semakin seru karena fasilitas yang tersedia di sini. Tempat parkirnya luas dan aman, serta terdapat toilet dan ruang ganti.

Baca Juga  Indahnya Grojogan Sewu, Air Terjun Eksotis di Kulon Progo Jogja

Di sekitar kawasan wisata juga terdapat persewaan payung dan kursi. Jika ingin berwisata kuliner, cobalah mengunjungi café, restoran, atau warung yang menjual makanan dan minuman.

Sepertinya hanya itu saja yang bisa kami sampaikan tentang pantai Petitenget. Berdasarkan hal di atas, sayang sekali jika Anda tidak mengunjungi tempat wisata di Bali ini jika kebetulan berada di dekatnya.

Bisa jadi, harga tiketnya gratis sehingga tidak mengeluarkan banyak biaya. Selain itu, terdapat banyak atraksi dan segala fasilitas yang diperlukan.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *