Pesona Pasir Timbul Pulau Siburu, Surga Bahari Tersembunyi Nan Eksotis

Ide Wisata81 Dilihat


Pesona Pulau Pasir Timbul Siburu, surga laut yang tersembunyi dan eksotik, menawarkan keunikan tersendiri karena hadirnya pasir bertekstur sehingga semakin diminati pengunjung yang ingin menjelajahi keindahan alam bawah laut yang menakjubkan.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Tuapeyat, Kecamatan. Zipora Utara, Kab. Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat; Map: Periksa lokasi

Dari sekian banyak gugusan pulau Mentawai, Pulau Shiburu menjadi pusat perhatian. Tak heran keindahan di sana tak bisa digambarkan dengan kata-kata.

Ada salah satu objek wisata yang memiliki pesona alam yang indah dan unik, yaitu Pasir Timbul, Pulau Shiburu. Nama ini diambil karena pasir sebagai keunikan utamanya kadang terlihat dan kadang hilang, sehingga diberi istilah “Emboss”.

Pulau Shiburu secara geografis terletak di lautan lepas Samudera Hindia dan sangat dekat dengan Pulau Sumatera, lebih tepatnya di sebelah barat. Shiburu sendiri berarti “sudah lama ditemukan” dalam bahasa setempat.

Arti kata ini ada dua versi, yang pertama ditemukan sejak lama, namun tidak banyak mendapat perhatian. Sedangkan yang kedua adalah pencarian pulau tersebut membutuhkan waktu yang lama.

Terlepas dari arti nama yang digunakan, nyatanya objek wisata cantik ini menawarkan panorama alam yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Secara umum pulau ini dihiasi dengan pepohonan tinggi yang didominasi oleh pohon kelapa. Selain itu, semak tumbuh hampir di setiap titik di pulau itu.

Objek Wisata Pasir Timbul di Pulau Shiburu

Daya tarik relief pasir Pulau Shiburu
Foto Darto Dart0 di Google Maps

Perlu diketahui: Pulau Shiburu merupakan salah satu pulau di Sumatera Barat yang saat ini tidak berpenghuni. Oleh karena itu pulau ini masih alami dan memiliki nuansa eksotik. Bentuknya memanjang dengan pantai landai dihiasi pasir putih lembut. Secara keseluruhan, berikut beberapa tempat wisata di Pasir Timbul di Pulau Shiburu yang perlu kamu ketahui!

Keunikan relief pasir Pulau Shiburu

Salah satu alasan pengunjung datang ke tempat wisata pantai ini adalah ingin melihat keunikan pasir putihnya yang terkadang terlihat dan terkadang tidak terlihat.

Keunikan ini didapat ketika aktivitas air laut naik atau turun. Kalau air laut sedang tinggi, pasirnya tidak terlihat. Sebaliknya jika air laut surut, lambat laun pasir akan muncul dan menampakkan keindahannya.

Sinar matahari semakin mempercantik tampilan pasir putihnya yang lembut. Bagaimana tidak, saat cahaya terang dipancarkan, Anda bisa melihat kilauan mirip kilauan. Fenomena ini terjadi karena garam yang terkandung dalam air laut masih menempel di pasir.

Baca Juga  Curug Payung, Menikmati Panorama Air Terjun dengan Bebatuan yang Mempesona di Kuningan

Air laut yang jernih

Banyak pengunjung yang datang ke Pasir Timbul di Pulau Siburu tidak hanya untuk menikmati pasirnya, tetapi juga untuk menikmati air bersihnya. Bahkan, saking jelasnya, Anda bisa melihat dasar laut yang dipenuhi bebatuan dan terumbu karang. Cukup banyak ikan yang berenang di sekitar terumbu karang juga terlihat jelas.

Ada dua jenis cat air di objek wisata cantik ini. Air jernih yang pertama berwarna biru kehijauan, dan yang kedua berwarna biru tua. Kedua warna tersebut mewakili kedalaman air yang berbeda, hal ini perlu anda ketahui. Air laut yang berwarna biru kehijauan berarti perairan dangkal, sedangkan air yang berwarna biru tua berarti sebaliknya.

Pemandangan indah di sekitar tempat itu

Daya tarik Pasir Timbula di Pulau Shiburu selanjutnya adalah pemandangan alamnya yang sangat memukau. Birunya air laut dan pasir putihnya seakan serasi dengan birunya langit di hari cerah. Yang ada hanya laut lepas yang terlihat sejauh mata memandang, dan gugusan pulaunya terlihat kecil dan tidak begitu jelas.

Terdapat berbagai pepohonan dan semak belukar yang tumbuh di sekitar lokasi, sehingga selalu membuatnya terlihat sejuk. Pohon-pohon kelapa yang mendominasi pepohonan di tempat ini terlihat semakin indah saat ditiup angin. Relief yang berkelok-kelok tidak merata membuatnya semakin indah dan eksotik.

Salah satu pulau yang masih alami

Tidak ada seorang pun yang menghuni Pulau Shiburu. Hal ini sebenarnya menarik karena masih terlihat alami tanpa adanya campur tangan manusia. Hampir tidak ada bangunan di pulau ini; bahkan telapak kaki Anda pun tidak meninggalkan kesan di pasir putih saat naik.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat: Pasir Timbul, Pulau Sibulu
Foto Darto Dart0 di Google Maps

Secara administratif, Pulau Pasir Timbul Siburu terletak di Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Karena merupakan pulau yang terletak di Samudera Hindia, Anda harus datang ke Sipora terlebih dahulu untuk mencapai objek wisata ini.

Dari Zipora Anda harus menggunakan transportasi laut untuk sampai ke kapal feri. Ada beberapa pelabuhan dengan perahu yang bisa membawa Anda ke pulau itu.

Baca Juga  Kalisuci Cave Tubing, Objek Wisata Susur Gua yang Menakjubkan di Gunung Kidul

Jika anda berangkat dari Pelabuhan Teluk Bungus waktu yang dibutuhkan sekitar 11 jam. Sedangkan jika berangkat dari pelabuhan Muaro akan sampai di lokasi hanya dalam waktu 3 jam karena akan menggunakan speedboat.

Biaya masuk dan jam buka

Pulau Shiburu tidak berpenghuni, artinya belum ada yang menguasai wilayah tersebut. Oleh karena itu, tiket masuk tidak berlaku jika ingin menikmati keindahan Pasir Timbul di Pulau Shiburu. Namun, bepergian ke lokasi tersebut tetap membutuhkan biaya.

Biaya-biaya tersebut tidak lain hanyalah biaya perjalanan dengan menggunakan kapal laut sebagai angkutan transit. Harganya tergantung pada jenis kapal yang Anda tumpangi. Faktor perbedaan harga juga tergantung pada kelas yang Anda pilih. Harga termahal adalah speedboat yang hanya memakan waktu 3 jam saja.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Pasir Timbul, Pulau Shiburu
Foto Darto Dart0 di Google Maps

Adapun aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pasir Timbul di Pulau Shiburu tentunya tidak jauh berbeda dengan mengunjungi pantai.

Pada dasarnya objek wisata yang kita bahas kali ini adalah pantai yang berpotensi indah. Buat kamu yang belum pernah ke pantai, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan!

1. Menikmati keindahan Pulau Shiburu.

Tak ada salahnya jika Anda datang karena ingin menikmati keindahan objek wisata tepi pantai ini. Apalagi jika ada banyak hal menarik yang patut disimak dan menyejukkan pandangan.

Perpaduan air jernih, langit biru, dan pasir putih tentu terlihat menawan. Jangan lupa hijaunya pepohonan yang mengelilingi pulau membuatnya semakin indah.

2. Berenang

Arus di Pasir Timbul di Pulau Shiburu tidak terlalu kuat sehingga cocok untuk berenang. Kegiatan ini sepertinya menjadi suatu keharusan ketika mengunjungi tempat wisata seperti pantai. Tentu saja, saat Anda berenang di kolam, semuanya berbeda. Ada sensasi yang Anda alami saat berenang di laut.

Ombaknya tidak terlalu besar dan angin sepoi-sepoi. Namun hati-hati karena pada suatu saat kedalaman air laut bisa mengakibatkan tenggelam. Bagi yang tidak bisa berenang, lebih baik berada di pinggir daripada terlalu jauh di tengah.

3. Bermain pasir

Apakah Anda takut berenang karena tidak bisa, atau takut tenggelam? Silakan bermain di pasir luas yang membentang di sepanjang Pasir Timbul di Pulau Shiburu.

Anak-anak biasanya menyukai kegiatan ini: mereka membangun gedung atau sekadar menyelam ke dalam pasir. Namun, karena anak kecil jarang mengunjunginya, Anda mungkin ingin menggantinya.

Baca Juga  Curug Jagapati, Pesona Air Terjun Cantik Nan Memesona di Garut

4. Snorkeling

Air bersih tidak hanya bisa dinikmati keindahannya saja, tapi juga bisa digunakan untuk scuba diving. Untuk melihat dasar laut tidak diperlukan peralatan tambahan karena cukup jernih karena kejernihan airnya. Yang Anda butuhkan hanyalah kacamata renang agar mata Anda tidak sakit saat menyelam.

Menyaksikan indahnya terumbu karang dengan ikan-ikan kecil yang berenang disekitarnya tentu menarik. Pasir Timbul di Pulau Shiburu hampir tidak memiliki batuan karang sehingga aktivitas Anda akan aman dan tidak terganggu. Kalaupun ada, ukurannya tidak terlalu besar dan biasanya letaknya di tengah.

5. Aktivitas fotografi

Fotografi merupakan kegiatan yang tidak boleh dilewatkan saat berlibur. Tujuan utamanya adalah untuk menyorot momen, namun ada juga yang digunakan untuk konten media sosial. Selain foto, juga cocok untuk video yang biasanya melengkapi foto.

Hampir semua titik menyuguhkan pemandangan indah sebagai latar belakang foto dan video. Sebut saja laut lepas yang indah dengan panorama air laut yang biru dan terkadang ombaknya terlihat dari jauh.

Spot foto lain yang patut diwaspadai adalah pasir putihnya yang terkadang menimbulkan gradasi warna jika bersentuhan dengan birunya air laut.

6. Memancing

Aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Pasir Timbul di Pulau Shiburu adalah memancing. Tidak banyak ikan-ikan besar di kawasan pinggir pantai ini.

Ikan besar dapat ditemukan agak dekat ke tengah. Namun, jika Anda sekadar ingin menikmati suasana saat berlibur, tak ada salahnya Anda pergi memancing.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pasir Timbul di Pulau Shiburu
Foto Darto Dart0 di Google Maps

Tidak berpenghuni dan tidak dikelola, dua hal yang secara tidak langsung membuat kondisi Pasir Timbul di Pulau Shiburu tidak memadai.

Anda tidak akan menemukan musala atau toilet di tempat wisata eksotik ini. Juga tidak mungkin menemukan kios yang biasanya dibutuhkan di setiap lokasi wisata. Hanya ada perahu yang akan mengantarkan Anda ke tempat tujuan.

Oleh karena itu, disarankan untuk menyiapkan segala sesuatunya di rumah, seperti makanan dan minuman, perlengkapan memancing, serta perlengkapan menyelam.

Namun keindahan yang ditawarkan Pasir Timbul di Pulau Shiburu tidak bisa dianggap remeh atau dianggap remeh hanya karena minimnya fasilitas yang memadai.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *