Pulau Panjang, Pulau Eksotis di Jepara yang Menawarkan Sejuta Pesona

Ide Wisata83 Dilihat


Pulau Panjang merupakan pulau eksotis di Jepara yang menawarkan pesona alam menakjubkan dengan mercusuar bersejarah, hutan hujan lebat, wisata religi, dan pengalaman budaya lokal yang unik.

Harga tiket: 8.000 rupee Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Ujungbatu I, Ujungbatu, Kecamatan. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah; Map: Periksa lokasi

Jepara di Jawa Tengah memiliki Pulau Panjang, sebuah pulau kecil yang kini berkembang menjadi destinasi wisata. Pulau ini terletak sekitar 2,4 km dari Pulau Kartini dan terkenal dengan mercusuar di sisi barat pulau.

Di sisi timur Anda dapat menemukan penduduk setempat, dermaga dan masjid. Menariknya, bagian tengah pulau masih tetap mempertahankan keindahannya berkat hutan tropis yang memberikan udara segar bagi pengunjung yang berkunjung.

Ada fakta unik dari pulau ini, yaitu sejak tahun 1987 pulau ini disewakan kepada pihak swasta untuk jangka waktu 30 tahun.

Artinya kontraknya akan berakhir pada tahun 2017, dan sejak saat itu pulau tersebut dikembalikan kepada pengelolaan Kabupaten Jepara, Kabupaten Jepara.

Objek Wisata Pulau Panjang

Objek Wisata Pulau Panjang
Foto Aldian di Instagram

Setiap orang bisa menikmati petualangan yang menyenangkan meski di tengah kesibukan rutinitas sehari-hari. Tempat wisata ini menawarkan berbagai keindahan yang bisa dinikmati ketika berkunjung ke Pulau Jepara antara lain:

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

1. Pesona bawah air

Indonesia merupakan negara dengan lautan luas dan beragam panorama biota laut yang eksotis. Namun di kota sebesar Jakarta, sulit menemukan lautan yang menawarkan pesona bawah laut yang eksotis.

Jepara merupakan salah satu tempat dimana anda bisa menikmati keindahan bawah laut tanpa harus menyelam ke dalamnya, hal ini bisa anda alami di kawasan wisata Pulau Panjang.

Dengan mengapresiasi keindahan bawah laut, Anda bisa mengapresiasi dan mengapresiasi sumber daya alam yang dimiliki Indonesia.

Baca Juga  Pesona Embung Kledung, Destinasi Wisata Alam di Temanggung yang Instagramable

2. Ada wisata religi.

Di kawasan tersebut, Anda juga bisa menikmati wisata religi dengan mengunjungi makam bersejarah. Karena pulau ini merupakan tempat pemakaman Waliullah yang bernama Al Habib Abubakar bin Ahmad bin Syekh bin Yahya Ba’alawi.

Salah satu penyebab peningkatan jumlah pengunjung ke tempat ini adalah dengan adanya zona wisata religi ini.

Perpaduan antara keindahan alam dan peluang ziarah nampaknya menjadi faktor yang menarik banyak pengunjung dari jauh ke Jepara.

3. Udara segar hutan hujan

Pulau yang berada di tengah ini dikelilingi oleh hutan tropis, sehingga Anda bisa menikmati segarnya udara yang berasal dari ekosistem alaminya. Salah satu yang menarik dari pulau ini adalah jumlah penduduknya yang sangat sedikit, hanya 8 orang saja.

Kelompok kecil ini terdiri dari 5 orang penjaga mercusuar, 2 orang penjaga makam dan seorang wanita yang sudah lama tinggal di sana. Keindahan pulau ini tetap terjaga karena minimnya kehadiran manusia.

Beragamnya kelezatan Pulau Jepara Panjang menjadikannya destinasi pantai terpopuler di kawasan Jepara. Dan liburan sekolah adalah saat yang tepat untuk mengajak seluruh keluarga ke tempat ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau Panjang
foto Wisata Jepara di Twitter

Ada dua jalur yang bisa Anda tempuh untuk mencapai kawasan wisata Long Island Jawa Tengah: dari Pantai Kartini atau dari Pantai Bandengan. Jika Anda memutuskan untuk pergi dari Pantai Bandengan, Anda bisa menyewa perahu nelayan dengan biaya sekitar Rp 15k per orang.

Namun jika bepergian bersama rombongan, kami sarankan untuk menyewa perahu utuh yang bisa disewa dengan harga sekitar Rp 100-200 ribu. Namun masa sewa ini hanya berlaku selama satu jam di lokasi.

Apabila pengunjung ingin menginap, maka akan dijemput kembali dengan kapal yang sama keesokan harinya. Untuk berjaga-jaga, Anda bisa menanyakan nomor supir perahu agar bisa berkomunikasi kapan saja.

Baca Juga  Pantai Kasap, Pantai Eksotis di Pacitan yang Pesonanya Mirip Raja Ampat

Biaya masuk dan jam buka

Setelah pengelolaan Pulau Jepara di Panjang berpindah dari tangan swasta ke pemerintah daerah, maka ditetapkan kebijakan baru mengenai harga tiket masuk pengunjung. Pada hari-hari biasa, mengunjungi tempat ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Namun pada akhir pekan atau hari libur dikenakan biaya masuk sebesar Rp 8 ribu. Sedangkan pada hari libur nasional dan masa libur panjang seperti sekarang, harga tiket naik hingga Rp 15.000, hampir dua kali lipat dari harga normal.

Kegiatan yang menarik

Hiburan di Pulau Panjang
Foto Fikri di Google Maps

Saat mengunjungi salah satu tempat wisata bahari di Jepara ini, Anda bisa menikmati berbagai aktivitas seru. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Berenang di pantai

Pengunjung bisa berenang di pinggir Pantai Pulau Panjang Jepara, tentunya dengan memperhatikan kondisi ombak saat berkunjung. Jangan terlalu jauh ke tengah pantai karena pantai laut bukanlah sebuah kolam yang berbatas.

Meski hanya sekedar berenang di pinggir pantai, akan lebih baik jika menggunakan perlengkapan renang yang lengkap. Perhatikan juga tempat berenang anak-anak jika Anda mengunjungi tempat ini bersama seluruh keluarga.

Scuba diving lengkap di Pulau Panjang

Anda juga bisa melakukan snorkeling dengan menyewa peralatan di Pulau Panjang. Jika Anda membutuhkan pemandu profesional, Anda dapat memintanya dari pejabat setempat. Destinasi wisata ini cocok untuk memacu adrenalin, tentunya dengan pengawasan profesional.

Anda tidak perlu membawa alat khusus dari kampung halaman, karena semuanya disediakan secara lokal. Namun, jika Anda sengaja ingin membawa peralatan sendiri, hal itu juga bisa diterima.

Tantang diri Anda dengan menyelam

Menyelam merupakan aktivitas yang lebih menantang dibandingkan berenang atau scuba diving. Saat snorkeling atau berenang, sebagian tubuh masih berada di permukaan air.

Baca Juga  Wisata Cipaniis, Objek Wisata Alam Eksotis Nan Menawan di Kuningan

Namun saat menyelam di pantai, seluruh tubuh tenggelam lebih dalam. Selama acara ini, pengunjung akan dibekali peralatan menyelam yang lengkap, termasuk selang dan tangki oksigen.

Pemandu Pulau Panjang biasanya memberikan petunjuk mengenai durasi penyelaman dan mengingatkan pengunjung untuk kembali ke permukaan air pada waktu yang ditentukan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pulau Panjang
Foto oleh Kam Ael di Instagram

Lokasi ini memberikan pengalaman unik karena pengunjung bisa bermalam dengan menyewa tenda dibandingkan di dalam gedung. Anda bisa mendirikan tenda di pinggir Pantai Bandengan atau Pantai Kartini.

Meski jumlah penduduknya terbatas, namun terdapat penjual makanan yang tersedia pada jam-jam tertentu yang mudah ditemukan. Pengunjung diperbolehkan membawa perbekalan makanan sendiri, namun tidak perlu khawatir mati kelaparan selama berada di lokasi.

Terakhir, jika Anda ingin menikmati keindahan alam sekitar sambil bersepeda, terdapat toko persewaan khusus. Ada banyak aspek menarik dari keberadaan Pulau Panjang di Jepara yang akan menarik pengunjung dari berbagai daerah.




databaru.my.id