Savana Tianyar, Pesona Padang Rumput Eksotis di Kaki Gunung Agung Karangasem

Ide Wisata142 Dilihat


Savana Tianyar di Karangasem, padang rumput eksotik yang mempesona di kaki Gunung Agung, menawarkan spot foto yang memukau.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 07.15–06.00 WIB, Alamat: Tynyar, Kec. Kubu, Kab. Karangasem, Bali; Map: Periksa lokasi

Kata-kata memukau sekaligus mempesona terngiang-ngiang saat Anda berada di objek wisata alam ini. Pesona dan keindahan alam Savana Tianyar Karangasem yang terletak di Pulau Dewata Bali membuat siapapun yang mengunjunginya terpesona. Pemandangan padang rumput yang luas menjadi salah satu kelebihannya.

Pemandangan alam saat matahari sedang aktif menjadi salah satu daya tarik wisata di Karangasem. Letaknya yang dekat dengan Gunung Agung semakin menambah pesona Savana Tianyar.

Banyak orang menyukai tempat ini karena tampilan alami padang rumputnya mengingatkan kita pada padang rumput di Afrika. Hal ini terlihat sangat jelas ketika hamparan padang rumput berwarna kuning muncul saat musim kemarau.

Daya Tarik Savannah Tianyar

Savana Tianyar, Karangasem
Foto oleh Leo Kim di Google Maps

Panorama

Keindahan alamnya didominasi oleh hamparan padang rumput yang sangat menawan dan mirip dengan padang rumput di Afrika. Meski tergolong baru, namun pesonanya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Saat musim panas, objek wisata alam Savana Tianyar menampilkan hamparan padang rumput gersang dan tandus berpadu dengan hamparan rumput berwarna kuning kecoklatan sehingga menciptakan keindahan alam yang sungguh memukau.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Setiap musim berbeda-beda, pesona alam yang tercipta memiliki keunikan tersendiri dan menciptakan oase yang menakjubkan.

Saat musim kemarau tiba, biasanya di bulan Agustus, keindahan alam yang tercipta sungguh memukau. Saat musim hujan mulai mendekat, keindahan alam yang dihadirkan pun tak kalah indahnya.

Rerumputan berwarna hijau dan perlahan mulai tumbuh, yang tadinya rerumputan berwarna coklat dan kering, menghadirkan keindahan alam saat musim hujan.

Udara pedesaan yang sejuk, hijaunya perbukitan, dipercantik dengan kehadiran kuda-kuda yang sedang merumput, semakin menambah eksotisme hijaunya sabana di Pulau Dewata ini.

Hal inilah yang akan membuat siapa pun yang pernah mengunjunginya selalu teringat akan keindahan alam yang begitu memanjakan mata.

Tempat-tempat menarik untuk foto

Pesona alam yang tercipta memberikan pemandangan alam yang begitu indah. Menggoda siapapun yang mengunjungi Savana Tianyar untuk mengabadikannya. Anda bisa menemukan berbagai tempat menarik untuk berfoto. Perpaduan alam yang menawan ini pasti akan menghasilkan foto yang indah.

Saat musim hujan tiba, kehadiran beberapa ekor kuda yang sedang merumput ditambah dengan pemandangan rerumputan hijau menjadi salah satu tempat favorit untuk berfoto.

Baca Juga  Telogo Sewu Pandaan, Kolam Air Pengunungan Alami di Pasuruan yang Dikelilingi Danau Eksotis

Saat musim kemarau akan terlihat sepetak rumput berwarna kuning, suasana yang tercipta sangat mirip dengan padang rumput di Afrika dan mewakili keindahan alam yang tiada habisnya.

Hamparan savana Tianyar Karangasem yang terhampar luas di kaki Gunung Agung menjadi pengalaman eksotik alam yang pasti berbeda dengan kawasan wisata alam lainnya. Spot foto lainnya adalah Bukit Mangun, pengunjung harus mendaki bukit tersebut.

Ratusan anak tangga dibangun untuk membawa pengunjung ke puncak bukit ini. Kepenatan perjalanan tiba-tiba menguap saat kita melihat indahnya pemandangan alam dari puncak bukit tersebut.

Dari puncak bukit ini, pengunjung tentunya bisa mengabadikan keindahan alam yang terpahat indah. Objek wisata alam ini merupakan tempat yang tepat untuk mencari beberapa spot foto yang indah. Foto-foto indah bisa tercipta kapan pun kita berada di sini. Pemandangan alam padang rumput di tempat ini memang unik.

Latar belakang Gunung Agung yang terletak di dekat Kafan Tianyar membuatnya banyak dikenal baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Beberapa ekor kuda yang sedang merumput menambah keindahan foto yang diambil. Letaknya yang strategis dari pusat kota Denpasar membuat semua orang bisa berkunjung ke sini.

Bagi pasangan yang ingin mengambil foto prewedding cantik bisa memanfaatkan eksotisme Gunung Agung sebagai backdrop fotonya. Hamparan rerumputan hijau membuat foto prewedding ini semakin indah.

Lokasi Savana yang strategis

Letaknya yang dekat dengan pusat kota dan tentunya dapat diakses dengan kendaraan pribadi maupun umum, membuat objek wisata alam ini menjadi salah satu tempat favorit untuk dikunjungi di Bali. Berbagai pilihan rute memudahkan pengunjung untuk mengakses objek wisata alam ini.

Alamat, lokasi Rute dan biaya masuk

Savana Tianyar, pesona padang rumput eksotis di kaki Gunung Agung Karangasem.
Foto oleh Leo Kim di Google Maps

Desa Tyanyar adalah nama desa wisata alam yang indah ini. Lebih tepatnya terletak di Kecamatan Tubu, Kabupaten Karaganyar, Provinsi Bali, Indonesia. Pengunjung hanya perlu menghabiskan waktu 150 menit atau sekitar 2 jam 30 menit untuk mencapai Savana Tyanyar.

Jika pengunjung memulai rute dari kota Denpasar maka jarak menuju tempat ini adalah 77 km, namun jika melalui kota Amlapura akan menempuh jarak 40 km. Jalur lain yang bisa Anda tempuh melewati objek wisata Tulamben dengan jarak sekitar 16 km.

Pengunjung tentunya bisa mengakses pilihan rute ini melalui Google Maps, atau jika pengunjung belum terbiasa menggunakan aplikasi Android ini, maka tersedia juga petunjuk arah menuju lokasi tersebut.

Untuk menikmati keindahan alam yang tersaji, ternyata pengunjung tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Tidak adanya panduan di sini membuat tempat ini dapat diakses oleh siapa saja yang ingin berlibur menikmati keindahan alam padang rumput tersebut.

Baca Juga  Jurang Tembelan Kanigoro, Menikmati Panorama Indah dari Ketinggian di Bantul

Kegiatan yang menarik

Hal menarik yang bisa dilakukan di Tianyar Sawan
Foto oleh Leo Kim di Google Maps

1. Berburu foto di Kafan Tianyar.

Berburu foto dan menambah koleksi foto-foto indah merupakan hal yang perlu Anda lakukan jika sedang berlibur ke tempat wisata yang begitu indah. Salah satunya adalah Savanah Tianyar yang memiliki pesona alam yang memukau dan mempesona.

Pemandangan alam khas padang rumput yang dihiasi rumput hijau di musim hujan dan rumput kuning di musim panas menjadi fenomena alam yang sayang untuk dilewatkan selama berada di sini.

Kehadiran kuda dan padang rumput yang dipadukan dengan suasana alam khas pedesaan menjadi salah satu tempat favorit pengunjung untuk berfoto. Pengunjung juga bisa berfoto sambil mengagumi kuda-kuda tersebut. Keindahan alam Gunung Agung juga semakin menonjolkan keberadaan padang savana yang hijau ini.

Pemandangan alam saat matahari terbenam dan matahari terbit juga menjadi incaran para pemburu foto cantik ketika datang ke tempat indah ini.

Aktivitas matahari tentunya masih menjadi fenomena alam yang sayang untuk dilewatkan saat berada di Savana Tianyar Karangasem. Pikiran akan terasa lebih rileks jika menyaksikan eksotismenya.

Pengunjung yang menyukai spot fotografi puncak bukit bisa mencoba mengabadikan keindahan alam melalui Bukit Mangun. Letaknya di atas bukit dan memiliki ratusan anak tangga. Tentu saja dari puncak bukit ini keindahan alamnya semakin sempurna dan eksotis.

2. Menikmati keindahan alam

Sejauh mata memandang, hamparan padang rumput yang luas membuat mata tak bosan-bosan melihatnya. Saking eksotiknya savana Tianyar, setiap pergantian musim memiliki keunikan tersendiri.

Jika kita datang saat musim hujan maka hamparan rumput hijau dan padang savana yang luas akan tampak begitu indah dihadapan kita. Namun jika kita datang saat musim kemarau, padang rumput yang menguning dan kering akan menyambut kita dengan pesona alam yang tak kalah indahnya.

Latar belakang Gunung Agung yang terletak di dekat objek wisata ini membuatnya banyak dikenal baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Beberapa ekor kuda yang sedang merumput menambah pesona keindahan alam yang tercipta. Berjalan melintasi hamparan padang rumput hijau yang luas merupakan kegiatan yang sangat mengasyikkan.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pagi dan sore hari. Di pagi hari tentunya sinar matahari akan menyapa kulit kita dengan kehangatannya. Pada siang hari kita akan melihat hewan ternak yang sedang merumput di tempat ini, seperti sapi atau kuda milik warga sekitar.

Baca Juga  Curug Cikaso, Air Terjun di Sukabumi yang Pesonanya Memiliki Tiga Air Terjun Eksotis

Pengunjung tidak disarankan untuk datang ke sini pada siang hari karena panas yang sangat terik dan suasana padang rumput yang berdebu. Dengan demikian, pengunjung bisa memilih waktu mengunjungi tempat ini pada pagi atau sore hari dibandingkan pada siang hari.

3. Bersantai dan berlibur

Padang rumput yang luas dan indah membuat pengunjung betah berlama-lama berada di tempat ini. Sinar matahari yang menyapa di pagi hari semakin menambah aura keindahan alam yang tercipta. Jika pengunjung datang pada sore hari, keindahan alamnya pun tak kalah indahnya.

Pengunjung bisa duduk-duduk di hamparan rumput hijau sambil menyaksikan kuda-kuda merumput. Menghilangkan kepenatan sesaat dengan meluruskan kaki dan melakukan peregangan merupakan aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan semua orang di objek wisata alam indah ini.

Pengunjung juga dipersilakan membawa makanan dan minuman dari rumah. Menikmati keindahan alam ditemani makanan dan minuman ringan, pengunjung tentunya akan semakin merasa nyaman hanya sekedar bersantai di Savana Tianyar.

4. Berkemah

Kegiatan ini sangat menyenangkan untuk dilakukan, hamparan rumput hijau yang luas menyambut setiap pengunjung yang berkemah di objek wisata alam ini. Pengunjung dapat mendirikan tenda-tenda kecil sebagai tempat beristirahat dan bersantai menikmati keindahan alam.

Suasana alam khas pegunungan berpadu dengan eksotisme Gunung Agung sangat mengesankan bagi wisatawan.

Tentunya wisatawan harus mempersiapkan sendiri perlengkapan campingnya, karena tidak ada persewaan camping ground di tempat ini. Ada juga persyaratan logistik lain yang perlu dipertimbangkan ketika memilih tempat perkemahan di sini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Hal yang dapat dilakukan di Savana Tianyar
foto Saya Gede Arya Wisnu di Twitter

Pemerintah setempat belum memberikan pengelolaan wisata alam di Sawan Tianyar secara optimal. Fasilitas yang ada masih sangat terbatas, tidak ada toilet umum dan tidak ada warung kecil disekitarnya.

Oleh karena itu, pengunjung yang ingin datang ke sini disarankan untuk menyiapkan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi setibanya di sini.

Di sekitar tempat wisata alam ini terdapat beberapa hotel atau akomodasi bagi pengunjung yang pulang sore hari, tentunya dengan harga terjangkau dan fasilitas standar.

Savana Tianyar Karangasem merupakan salah satu objek wisata alam dengan eksotisme yang memukau. Padang rumput yang luas berpadu dengan keindahan Gunung Agung membuat pesona alam tercipta begitu indah. Lokasinya yang strategis ini tentu sayang jika dilewatkan.




databaru.my.id