Stone Garden, Mengintip Pesona Taman Batu Purba di Padalarang Bandung

Ide Wisata15 Dilihat


Rock Garden, tempat wisata alam menghadap bebatuan di Padalarang Bandung. Tempat liburan alternatif bisa berupa taman batu kuno yang unik dan menakjubkan.

Harga tiket: 3000 rupee Indonesia, Jam kerja: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Gunung Masigit, Kecamatan Sitata. Tsipatat, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Map: Periksa lokasi

Wisata ini sangat bercirikan bebatuan kuno di padang rumput yang luas dan nuansa alam purba yang penuh dengan kekayaan alam. Ya, apalagi kalau bukan Stone Garden.

Destinasi wisata yang terletak di Padalarang Bandung ini memang menarik banget apalagi bagi yang ingin memamerkannya di media sosial.

Anda bisa menikmati suasana alam yang langka dan unik di Indonesia. Selain unitnya, Padalarang Bandung juga menjadi saksi sejarah kehidupan zaman dahulu. Di sini, pengunjung bisa menyaksikan bebatuan kokoh yang menjulang di tengah lapangan luas.

Bagi Anda yang menyukai suasana alam, mengunjungi tempat ini akan menjadi pilihan yang tepat. Selain untuk berwisata, tempat ini juga bisa menjadi tempat yang cocok untuk berkumpul bersama keluarga, teman atau rekan kerja untuk melepas kepenatan.

Cek tiket Fairy Garden Bandung

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Atraksi Taman Padalarang Batu

Shutterstock Daya Tarik Taman Batu
Foto oleh DetoxDigital di Shutterstock

1. Fosil Manusia

Kedengarannya menakutkan, tapi itu benar. Setiap pengunjung dapat menemukan fosil manusia di situs ini. Letaknya di pintu masuk gua Pavon. Di sini pengunjung bisa melihat fosil manusia dengan mata telanjang.

2. Pesona alam yang unik

Bagi Anda yang sangat tertarik dengan wisata alam yang unik, Padalarang Rock Garden merupakan destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi. Anda dapat menikmati tebing-tebing besar yang menjulang dari padang rumput yang luas.

Tempat wisata ini merupakan tempat dengan pemandangan yang cukup indah. Banyak pengunjung yang datang ke sini membandingkan Batu Garden ini dengan Pulau Christmas di Australia.

3. Danau di tengah perbukitan

Wisatawan yang berkunjung ke Taman Batu juga bisa melihat danau menganga dari atas. Pengunjung bahkan bisa menikmati situs bersejarah ini dari atas. Namun pengunjung tidak disarankan untuk turun di dekat danau. Jadi Anda hanya bisa menikmatinya dari atas saja.

4. Suasana tenang

Suasana yang tenang memang menjadi salah satu pereda stres yang bisa diandalkan. Jadi, tempat ini bisa jadi pilihan jika ingin bersantai. Anda bisa menikmati suasana alam tanpa khawatir akan keramaian.

Anda juga bisa menikmati kopi atau minuman panas dari atas. Hal ini tentu akan menambah kenikmatan liburan Anda. Namun, jangan membuang sampah sembarangan ya.

5. Suasana sejuk

Layaknya tempat wisata di kawasan Bandung, Batu Park juga menawarkan suasana sejuk yang tidak akan Anda temukan di pusat kota. Pemandangan indah dari atas bukit berpadu dengan kesejukan alam sekitar. Jadi sayang sekali jika tidak mengunjungi tempat wisata ini.

Baca Juga  Pantai Bidara, Mengenal Pantai Sakral Dimana Sultan Hamengkubuwono IX Pernah Bertapa di Kulon Progo

Lihat tiket Hore Paris Van Java

Alamat, lokasi Rute dan biaya masuk

Destinasi wisata ini terletak di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat yaitu Gunungmasigit. Pertama, Anda harus berhati-hati saat menuju tempat ini. Pasalnya, untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan kebugaran jasmani yang prima. Untuk mencapai puncak Anda harus melakukannya dengan berjalan kaki.

Untuk menuju lokasi, pengunjung harus menempuh jarak minimal 8 km. Jika menggunakan kendaraan bermotor, Anda bisa mencapai tempat tersebut dalam waktu sekitar 20 menit. Namun jika Anda datang dari kawasan Padalarang, perjalanan menuju lokasi tersebut hanya memakan waktu sekitar 10-15 menit karena jaraknya hanya 5 km.

Bagi yang berasal dari Jakarta, bisa masuk ke Padalarang melalui Tol Padalarang. Sedangkan dari Bandung, Anda bisa langsung berkendara menuju Tol Qipularang hingga mencapai Tol Padalarang. Jadi, Anda tinggal melanjutkan perjalanan menuju Kota Parahyangan.

Untuk memasuki kawasan taman Batu Padalarang Bandung, Anda hanya perlu membayar sebesar Rp 3 ribu saja. Sangat mudah diakses, bukan? Namun biaya tersebut belum termasuk biaya masuk Gua Pavon.

Jika ingin menikmati sensasi memasuki Gua Pawon, Anda perlu membayar Rp 6.000 ditambah biaya parkir mobil.

Biasanya tarif parkir di kawasan Taman Batu Padalarang mulai dari Rp3.000 hingga Rp10.000 tergantung mobil yang Anda bawa. Namun harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim liburan.

Akomodasi Murah di Padalarang Bandung

Kegiatan yang menarik

Acara Taman Batu Shutterstock
Foto oleh Isti Rahayu di Shutterstock

1. Menikmati pemandangan matahari terbenam

Aktivitas yang menarik bagi wisatawan di Taman Batu Padalarang adalah menikmati matahari terbenam atau matahari terbenam. Anda bisa duduk di antara bebatuan bersama teman-teman dan menyaksikan matahari. Sinar matahari sore yang hangat akan memanjakan kulit Anda.

Namun perlu diketahui pengunjung objek wisata alam yang indah ini tidak akan bisa menikmatinya. matahari terbenam saat langit mendung. Jadi periksa cuaca sebelum Anda menonton. matahari terbenam.

2. Mendaki ke Taman Batu Padalarang.

Mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan. Hal ini bisa Anda coba saat ke Taman Batu Padalarang Bandung. Pasalnya, untuk mencapai puncak harus berjalan kaki. Oleh karena itu, tidak heran jika tempat ini sangat cocok bagi pecinta hiking.

Medan yang dilalui jalur ini juga cukup bergunung-gunung sehingga diperlukan daya tahan yang prima agar bisa sampai dengan selamat. Tentunya Anda perlu menyiapkan sepatu yang bagus. Seringkali Anda mungkin menjumpai medan yang licin. Namun pemandangan sekitar yang indah selama perjalanan akan menghilangkan kepenatan.

Baca Juga  Tebet Eco Park, Taman Kota dengan Suasana Sejuk Nan Asri di Jakarta Selatan

3. Foto prewedding

Banyak pengunjung yang kerap memanfaatkan pemandangan unik dan langka ini untuk foto pernikahan. Ya, untuk mengabadikan momen bersama pasangan yang akan menjadi pasangan hidup Anda. Tempat ini adalah tempat yang tepat untuk mengabadikan momen spesial tersebut.

Pengunjung kerap berpose di tengah-tengah situs ini. Tak ketinggalan fotografer yang siap mengabadikan kemesraan pasangan.

4. Bermain dengan anak

Bermain bersama si kecil pastinya menjadi aktivitas seru yang bisa dilakukan di kawasan Stone Garden Bandung. Wisatawan yang datang bersama keluarga bisa menikmati momen bersama.

Namun perlu diketahui bahwa destinasi ini tidak cocok untuk anak di bawah 5 tahun. Pasalnya medan yang dilalui menanjak dan memakan banyak tenaga.

5. Ambil foto lucu

Aktivitas yang sayang untuk dilewatkan saat berlibur ke Taman Batu Padalarang Bandung adalah berfoto selfie. Memang tanpa selfie atau penjahat Tentu saja liburan itu tidak berkesan. Bebatuan yang terjal dan terjal menjadi spot foto yang sangat nyentrik.

6. Minum minuman hangat.

Sesampainya di puncak, kopi atau minuman hangat pasti bisa menjadi solusinya. Anda bisa bersantai sejenak sambil menikmati minuman hangat. Tentu saja tenaga dan stamina Anda akan cepat pulih.

Anda juga bisa meminum air mineral untuk mengisi kembali kehilangan cairan dalam tubuh. Hal ini sangat penting agar Anda tidak mengalami dehidrasi. Jadi, kapan lagi bisa menikmati pemandangan puncak sambil menyeruput secangkir kopi hangat?

7. Menikmati kuliner khas Bandung.

Anda tidak perlu khawatir dengan sajian kulinernya. Meski lupa membawa perbekalan. Taman Batu Padalarang Bandung juga memiliki beberapa warung yang siap mengisi perut Anda. Bagi yang lapar, berbagai menu menarik ditawarkan.

Tak hanya memasak, warung-warung tersebut menjual minuman hangat. Jadi, kamu tidak perlu membawa banyak perbekalan bukan?

8. Membuat jurnal sejarah kuno.

Anda bisa mengikuti wisata sejarah dengan mengunjungi masing-masing situs yang ada di sini. Jangan lupa untuk menuliskannya di buku harianmu. Pasalnya, tempat ini banyak mengandung pengetahuan sejarah kuno. Di sini Anda bisa melihat fosil manusia purba, fosil karang dan peninggalan purbakala menarik lainnya.

Selain itu, kunjungan ke Gua Pavon sangat dianjurkan. Di sini Anda bisa menemukan berbagai hal unik dan benda bersejarah yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

9. Pelajari jenis-jenis batuan

Rugi sekali jika sekedar mengambil foto lucu-lucuan. Anda dapat mulai memperluas pemahaman Anda dengan mempelajari jenis-jenis batuan di situs ini.

Baca Juga  Pantai Ngrumput, Pantai dengan Hamparan Pasir Putih Eksotis di Gunung Kidul

Tekstur bebatuan di taman batu ini mirip dengan bebatuan karang yang banyak ditemukan di lautan. Memang para ahli menyatakan bahwa Taman Batu adalah sisa puing-puing dasar danau kuno di Bandung.

Katanya Bandung itu danau yang sangat besar. Selama satu abad berikutnya, danau ini menyusut dan menjadi kota Bandung yang kini terkenal.

Penginapan murah dekat Stone Garden

1. Mason Pinus Hotel Bandung

Dengan tempat parkir yang luas, Anda tidak perlu khawatir. Hotel bintang 4 ini terkenal dengan suasananya yang nyaman dan bersih. Anda juga akan dimanjakan dengan suasana nyaman.

Apalagi hotel ini sangat mudah dijangkau dari pusat kota Bandung. Bagi Anda yang memiliki budget berlebih, hotel ini bisa dipilih sebagai pilihan tepat.

2. Hotel “Jempol”

Berlokasi di Jalan H. Amir Mahmud Cimahi Bandung, Anda bisa bermalam. waktu yang singkat Di Sini. Meski murah, Anda bisa menikmati kamar yang bersih dan nyaman. Anda juga dapat memanfaatkan Wi-Fi gratis dan TV. Pastikan untuk memesan terlebih dahulu agar tidak dibiarkan tanpa kamar.

3. Kafe dan tenda Meloch

Jika ingin mencari suasana akomodasi baru, Anda bisa mencoba Meloh Cafe & Tents. Banyak tenda hangat dengan perabotan cantik yang siap memanjakan Anda. Jumlah tenda di sini cukup banyak, jadi Anda tidak perlu khawatir kehabisan tenda.

4. Penginapan Permata Cimahi

Jika Anda berkunjung secara rombongan, Permata Cimahi Homestay mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Homestay menyediakan kamar bersih dengan kasur yang nyaman dan empuk.

Anda juga bisa mandi air panas di hotel ini. Hotel ini juga melindungi pengunjungnya dari Covid-19 dengan menerapkan protokol sanitasi.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Penginapan Taman Batu Shutterstock
Foto oleh Vitianto Zen di Shutterstock

Untuk menunjang kegiatan pariwisata, pengelola Taman Batu Padalarang Bandung menyediakan berbagai fasilitas. Diantaranya musala, spot foto tambahan, dan toilet. Anda juga tidak perlu khawatir dengan mobil Anda. Pasalnya, lahan parkir di tempat ini sangat luas.

Parkir aman, meski jauh dari jangkauan Anda. Pasalnya, pihak pengelola juga menjaga mobil Anda saat berada di atas. Jadi keamanan mobil Anda di tempat wisata ini terjamin sepenuhnya.

Nah itu saja beberapa atraksi, sarana dan rute yang ada di kawasan wisata Padalarang Batu Park Bandung, sarana dan prasarana yang ada di tempat wisata ini tentunya sudah sangat berkembang. Wisatawan dapat beristirahat dan menikmati hari dengan lebih efisien.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *