15 Tempat Makan Enak di Solo Favorit Wisatawan

Ide Wisata9 Dilihat


Tempat kuliner favorit wisatawan di Solo yang menawarkan cita rasa kuliner unik dan menggugah selera menjadi destinasi kuliner yang wajib dikunjungi.

Rekomendasi tempat makan di Solo – Kota yang disebut juga Surakarta ini merupakan kota wisata yang terkenal dengan kearifan dan pemandangan budayanya.

Kota ini menawarkan beragam sajian kuliner yang menggugah selera, mulai dari masakan tradisional hingga modern, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat.

Pusat wisata kuliner di Kota Solo banyak sekali. Beberapa tempat sudah ada sejak beberapa dekade lalu dan dianggap legendaris karena sudah dikenal secara turun-temurun. Rasa makanannya tidak ada bandingannya.

Dikenal sebagai “Spirit of Java”, Anda akan merasa betah berada di kota ini saat menjelajahi kekayaan kulinernya. Oleh karena itu, jika Anda berkesempatan berkunjung ke Solo, sebaiknya Anda menikmati berbagai kuliner khas kota ini. Berikut 15 rekomendasi kuliner enak di Kota Solo.

1. Soto Gading Solo

Soto Gading Solo
Foto oleh Ihsan Mutakin Algifari di Google Maps

Soto Gading Solo merupakan tempat makan legendaris di Solo, menjadi favorit berbagai kalangan dan sudah berdiri sejak tahun 1874. Rasanya yang lezat memang tidak bisa dipungkiri. Selera Anda akan dimanjakan dengan soto autentik yang dijual dengan harga terjangkau mulai dari Rp 10.000 saja per porsi.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Satu porsi Soto Gading berisi nasi putih, suwiran ayam, kentang, dan bihun yang dipadukan dengan kuah super segar. Anda juga bisa menambahkan beberapa lauk pauk seperti tempe, tahu, ampela, ati atau sate telur agar rasanya semakin nikmat.

Harga tiket: Rp10.000; Map: Periksa lokasi
Alamat: Jl. Brigjen Sudirto No. 75, Joyosuran, Kech. hal. Kliwon, kota Surakarta, Jawa Tengah.

2. Timlo Sastro

Timlo Sastro
Foto oleh Riyono Sulaksono di Google Maps

Timlo merupakan kuliner khas Solo yang sekilas terlihat seperti sup karena sama-sama dimasak dengan kuah bening. Bedanya timlo berisi potongan daging ayam, ampela, ati, telur, kecap pindang, dan sosis solo.

Reputasi Timlo Sastro memang melegenda dan dikenal di berbagai kalangan. Dengan harga mulai dari Rp 7.000 hingga Rp 19.000, Anda sudah bisa merasakan nikmatnya cita rasa seporsi timlo. Tempat yang berdiri sejak tahun 1952 ini biasanya buka mulai pukul 06.00 hingga 15.30.

Harga tiket: Rp7.000; Map: Periksa lokasi
Alamat: Jl. Abdul Muis No.32A, Kepatikhan Kulon, Kech. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

3. Notosuman Serabi

Notosuman Serabi
Foto Budi Dermawan di Google Maps

Serabi Notosuman merupakan salah satu kuliner tertua di Solo yang sudah ada sejak tahun 1923. Anda bisa mencoba lezatnya Serabi yang cara pembuatannya mudah karena masih menggunakan oven api.

Baca Juga  Pantai Thomas Uluwatu, Pantai Favorit Para Pecinta Surfing di Bali

Cita rasa pancake Notosuman sudah dikenal secara turun temurun. Pancake ini disajikan dalam bentuk roti gulung yang dibungkus dengan daun pisang. Anda juga bisa memesan rasa original atau menambahkan topping berbeda. Harganya berkisar Rp 10 hingga 25.000.

Harga tiket: Rp10.000; Map: Periksa lokasi
Alamat: Jl. Lumut. Yamin No.28, Jaengan, Kech. Serengan, kota Surakarta, Jawa Tengah.

4. Mengenal Kupat Solikhin

Tahu Kupat Solikhin
Foto oleh Hassan Ashari di Google Maps

Tahu Kupat Solichin menyajikan sajian tahu kupat dengan bakwan, mie kuning, potongan tahu goreng, kol dan kacang tanah yang dicampur kecap. Penambahan kerupuk gendarme juga menambah cita rasa tahu kupat ini.

Kesegaran dan cita rasa tahu kupata bisa Anda rasakan dengan harga terjangkau mulai dari Rp 9.000 – Rp 11.000. Tahu kupat tidak hanya enak, tapi juga merupakan makanan berat yang bisa membuat kenyang.

Harga tiket: Rp9.000; Map: Periksa lokasi
Alamat: Jl. Adi Sumarmo No.15B, Nusukan, Kech. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

5. Ayam Goreng Mbaha Karto

Ayam goreng Mbah Karto
Foto oleh Suyandi Liyis di Google Maps

Ayam goreng ini terkenal dan digandrungi banyak orang bukan hanya karena ayam gorengnya yang renyah dan garing, tapi juga karena sambalnya yang enak, khas dan bervariasi.

Menu utama di Ayam Goreng Mbah Karto adalah Ayam Goreng Pirang. Disajikan dengan nasi hangat, ayam goreng ini terasa gurih nikmat. Harga per porsi mulai dari Rp 20.000 saja.

Harga tiket: Rp 20.000; Map: Periksa lokasi
Alamat: Jl. Kepatikhan No.6, Kepatikhan Vetan, Kech. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

6. Tengkleng Semanggi Boo Edi

Semanggi Tengkleng Bu Edie
Foto oleh Vetti Vidayati di Google Maps

Tengkleng merupakan kuliner khas Solo yang mengingatkan pada kari karena berisi tulang kambing yang dicampur kuah encer segar. Tengkleng Bu Edi telah dijalankan selama 4 generasi, menawarkan cita rasa otentik yang tak terlupakan.

Tengkleng Bu Edi menghasilkan jeroan kambing dan tulang belalang yang diproses secara mendalam sehingga memberikan minuman ini rasa yang segar, gurih, dan sedikit pedas. Tempat ini buka mulai pukul 14.00, namun sebelum itu harus bersiap-siap karena sering terjadi antrean.

Harga tiket: Rp50.000; Map: Periksa lokasi
Alamat: Jl. dr. Rajiman, Kauman, Gajahan, Kecamatan. hal. Kliwon, kota Surakarta, Jawa Tengah.

7. Tahok Pak Citro

Tahok Pak Citro
Foto oleh Tommy Tjahjono di Google Maps

Tahok Pak Citro yang sudah ada sejak tahun 1928 ini menjadi favorit para penikmat kuliner Solo. Terbuat dari sari kacang kedelai lalu diresapi dengan air yang dicampur jahe dan gula, mampu menghangatkan lidah dan tubuh saat memakannya.

Tahok Pak Citro buka mulai pukul 06.00-16.00 atau tutup lebih awal jika kehabisan. Anda harus bersiap mengantri jika ingin mencoba tahok di tempat ini. Harga satu porsi tahok mulai dari Rp 4.000 saja.

Baca Juga  Observatorium Bosscha, Destinasi Wisata Edukasi Favorit di Bandung
Harga tiket: Rp4.000; Map: Periksa lokasi
Alamat: Jl. Suryopranoto No. 21, Kepatikhan Vetan, Kech. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

8. Brambang Asem Yu Sum

Brambang Asem Yu Sum
Foto Fg di Google Maps

Brambang Asem merupakan kuliner khas berupa daun ubi jalar yang disajikan dengan sambal jawa asam sehingga menimbulkan cita rasa manis dan pedas yang nikmat. Brambang asem biasanya disajikan dengan tempe gembus yang merupakan bahan baku batsem.

Brambang Asem Yu Sum buka mulai pukul 07.00 hingga 14.00. Kuliner ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari Rp 4.000.

Harga tiket: Rp4.000; Map: Periksa lokasi
Alamat: Jl. Gen. Urip Sumoharjo, Kecamatan Sudiroprajan. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

9. Letak Tunggal Selat Mbak

Solo terletak di Selat Mbak
Foto oleh Jani, Sri Mur di Google Maps

Satu porsi Selat Solo Mbak Lies berisi wortel cincang, selada, buncis, acar timun, kentang goreng, bawang merah cincang, galantine, telur rebus, dan potongan daging sapi yang dimasak berkuah. Rasa lezat dan gurih dari makanan ini akan Anda rasakan saat menyantapnya.

Disajikan dengan kuahnya yang nikmat, penambahan mustard cuka dan campuran kuning telur semakin menambah nikmat cita rasa tumpahan ini. Restoran Selat Mbak Lies juga didesain elegan sehingga membuat pengunjungnya betah.

Harga tiket: Rp25.000; Map: Periksa lokasi
Alamat: Jl. Yudhistira No.9, Serengan, Kech. Serengan, kota Surakarta, Jawa Tengah.

10. Bu Beyo Buntel Sathe

Sate Buntel Bu Bejo
Foto oleh M. Lee di Google Maps

Sate Buntel Bu Beyo konon merupakan anggota tetap keluarga Presiden Jokowi dan sudah berdiri selama 40 tahun. Sate buntel ini disajikan dalam bentuk sate kambing yang diiris-iris, dibalut dengan lemak kambing, kemudian dililitkan pada tusuk dan kemudian dipanggang.

Satu porsi Sate Buntel dijual mulai Rp 37.000. Restoran Bu Beyo biasanya buka mulai pukul 07:00 hingga 16:00 dan menawarkan menu lain seperti tengkleng, kari, dan nasi goreng.

Harga tiket: Rp37.000; Map: Periksa lokasi
Alamat: Jl. Sungai Sebakung No. 10, Kedung Lumbu, Keci. hal. Kliwon, kota Surakarta, Jawa Tengah.

11. Nasi Grogol Pechel

Nasi Pecel Grogol
Foto oleh Djoko Wibowo di Google Maps

Nasi pesel menjadi salah satu kuliner pokok yang tidak boleh ketinggalan jika Anda berwisata kuliner di Solo. Ada banyak tempat yang menyajikan nasi pechel yang enak, salah satunya Nasi Pechel Grogol.

Nasi pesel ini disajikan dengan lalapan dan dipadukan dengan sambal kacang yang pedas sehingga memiliki rasa pedas yang nikmat. Ditambah lagi nasi hangat dan tempe atau telur goreng akan semakin menambah cita rasa pechel ini. Harga sekitar Rp 22.000.

Baca Juga  Pantai Mengening, Spot Favorit Menikmati Panorama Sunset di Badung Bali
Harga tiket: Rp 22.000; Map: Periksa lokasi
Alamat: Jl. Raya Grogol No.134, Dusun III, Grogol, Ketz. Grogol, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah.

12. Gudeg Cheker Mbak Yus

Gudeg Cheker Mbak Yus
Foto Risiko Ramadhona di Google Maps

Gudeg merupakan makanan khas Solo yang berupa nasi, opor tahu, opor ayam, krechek, telur, pindang, dan daun singkong yang diberi tambahan ceker ayam atau stik drum. Rasanya lezat dan tak terlupakan.

Gudeg Checker Mbak Yus buka mulai pukul 21.00 dan dijual mulai Rp 37.000 untuk gudeg porsi penuh.

Harga tiket: Rp37.000; Map: Periksa lokasi
Alamat: Jl. RA Kartini No.12, Timuran, Kech. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

13.Nasi Livet Bu Sarmi

Nasi Livet Bu Sarmi
Foto oleh Arvia Ari Sugesti di Google Maps

Nasi Jeruk Nipis Bu Sarmi disajikan dengan labu siam dan ayam, ditaburi sedikit santan sehingga memberikan rasa tajam yang nikmat. Jika dirasa kurang, Anda bisa menambahkan lauk pauk seperti telur atau tempe goreng agar lebih nikmat.

Nasi liveta ini hadir dengan harga terjangkau mulai dari Rp 8.000 hingga Rp 15.000 tergantung lauk pauk dan menu tambahan yang Anda pilih.

Harga tiket: Rp8.000; Map: Periksa lokasi
Alamat: Jl. Kapten Mulyadi, Kecamatan Kedung Lumbu. hal. Kliwon, kota Surakarta, Jawa Tengah.

14. Bakmi Jawa Rajiman

Bakmi Java Rajiman
Foto Bulova Deagustuta di Google Maps

Di Solo banyak sekali tempat yang menyajikan mie jawa, salah satunya Bakmi Jawa Rajiman. Mie ini diolah dengan menggunakan teknologi memasak sederhana yaitu di atas panggangan.

Mie dengan rasa autentik ini dibanderol antara Rp5.000 hingga Rp22.000 per porsi. Anda akan bisa mencicipi nikmatnya mie yang dipadukan dengan kuah segar yang tidak akan Anda temukan di tempat lain.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasi
Alamat: Jl. Rajiman, Bumi, Kek. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

15.Gladag Langen Bogan

Gladag Langen Bogan
Foto oleh Leody Hulick di X

Gladag Langen Bogan atau dikenal dengan Galabo merupakan pusat kuliner di Solo yang menyajikan berbagai menu masakan khas seperti tengkleng, sate kere, vedang ronde dan lain sebagainya.

Tempat ini juga memiliki Wi-Fi gratis yang bisa diakses pengunjung. Jika ingin merasakan berbagai kuliner khas Solo, Anda bisa mengunjungi restoran Galabo yang hanya buka pada malam hari.

Harga tiket: Rp10.000; Map: Periksa lokasi
Alamat: Geladak Solo Kota, Baluvarti, Kecamatan. hal. Kliwon, kota Surakarta, Jawa Tengah.

Inilah 15 rekomendasi tempat makan enak di Kota Solo. Selain terkenal dengan wisata Jawanya, Solo juga menjadi destinasi wisata kuliner yang menarik.

Apalagi beberapa tempat makan yang direkomendasikan sendiri oleh Presiden Jokowi tentunya menjadi magnet wisatawan untuk mengunjunginya.


databaru.my.id