14 Tempat Wisata di Sidoarjo Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Ide Wisata23 Dilihat


Tempat Wisata di Sidoarjo Terbaru dan Terpopuler. Menawarkan pengalaman perjalanan unik dan seru yang cocok untuk liburan bersama keluarga dan teman.

Sidoarjo kota yang terletak di Jawa Timur, dekat kota Surabaya ini memang sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Bencana Lapindo Gila memang membuat kota ini menjadi pusat perhatian nasional.

Namun, meski melimpahnya lumpur yang membanjiri sejumlah wilayah, ternyata Sidoarjo juga punya banyak destinasi wisata menarik.

Ada banyak tempat wisata di sini yang bisa membantu Anda menjelajahi keunikan kawasan indah ini. Wisata yang ditawarkan juga sangat beragam, mulai dari wisata alam, sejarah, wisata keluarga, hingga wisata edukasi, semuanya ada di kawasan ini.

Jika Anda berencana berwisata ke Jawa Timur, tidak ada salahnya mampir ke kota Sidoarjo. Ada banyak link wisata menarik di sini yang bisa Anda kunjungi. Berikut beberapa tempat yang direkomendasikan.

1. Museum Mpu Tantular

Museum Mpu Tantular
Foto Putri Setyowati di Google Maps

Nah, setelah puas menjelajahi wisata alam, saatnya berwisata edukasi di Sidoarjo. Museum Mpu Tantular bisa menjadi wisata edukasi yang mengingatkan Anda pada sejarah masa lalu.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Saat memasuki museum, Anda akan disambut dengan berbagai pameran berupa benda-benda bernilai sejarah dan ilmiah. Di sini Anda akan diperlihatkan sejarah atau asal muasal Kabupaten Sidoarjo baik dari segi geologi maupun sejarah.

Harga tiket: Rp4.000; Map: Periksa lokasi
Alamat: Jl. Raya Buduran – Flyover, Bedrek, Sivalanpanji, Kecamatan. Buduran, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur.

2. Pulau Sarina

Pulau Sarina
Foto oleh Jan Prasenja di Instagram

Meski namanya mirip hotel di Jakarta, pulau ini terletak di Kabupaten Sidoarjo. Pulau Sarina menjadi bukti nyata bahwa selalu ada hikmah di balik bencana.

Pastinya Anda sudah tahu tentang bencana lumpur yang menggemparkan di Lapindo. Akibat pengendapan lumpur Lapindo, terbentuklah pulau kecil.

Meski belum bisa dihuni, namun pulau ini kini telah dibuka dan dijadikan objek wisata baru. Penduduk memanfaatkan pulau ini untuk menanam pohon bakau untuk mempengaruhi udara sekitar. Cobalah nikmati wisata edukasi unik ini, karena hanya bisa Anda temukan di Kabupaten Sidoarjo.

Harga tiket: Rp15.000; Map: Periksa lokasi
Alamat: Tanjungsari, Kupang, Kab. Jabon, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur.

3. Desa Batik Jetis, Sidoarjo.

Kampung Batik Jetis, Sidoarjo
Foto oleh Sandy Yabadu di Google Maps

Daerah-daerah tertentu di Indonesia sebenarnya mempunyai ciri khas batiknya masing-masing. Kabupaten Sidoarjo juga mempunyai sentra kerajinan batik di desa Batik Jetis. Untuk mencapai tempat ini sangat mudah karena letaknya yang sangat dekat dengan pusat Kabupaten.

Baca Juga  Melrimba Garden, Taman Wisata Hits & Kekinian di Bogor

Uniknya, di kampung batik ini wisatawan juga bisa belajar membatik. Maksudnya adalah Anda akan bisa memahami proses produksi dari awal hingga akhir. Bagi Anda yang ingin mencoba membatik juga dipersilakan.

Harga tiket: -; Map: Periksa lokasi
Alamat: Jl. P. Diponegoro, Lemah Putro, Lemahputro, Kec. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur.

4. Sungai Porong

Sungai Porong
Foto oleh Muhammad Zainudin (Zain) di Google Maps

Sungai Porong merupakan salah satu tempat wisata andalan Kabupaten Sidoarjo. Di beberapa titik pandang, Anda akan disambut pepohonan dan pemandangan pegunungan sejauh mata memandang yang sangat menenangkan. Anda bahkan bisa berburu foto di sungai populer di Sidoarjo.

Bagi pecinta buaya juga terdapat penangkaran buaya. Di sini Anda bisa melihat proses memberi makan buaya.

Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan masalah keamanan saat melihat objek wisata ini. Faktor keamanan selalu menjadi yang terpenting, sehingga pada saat atraksi ada pemandu di samping buaya.

Harga tiket: Rp10.000; Map: Periksa lokasi
Alamat: Sawah, Kedungchangkring, Kech. Jabon, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur.

5. Pantai Kepetingan

Pantai Kepetingan
Foto oleh Alvinura Fajrin di Google Maps

Saat Anda berkunjung ke Pantai Kepetingan, Anda bisa menyaksikan upacara adat di sini. Upacara ini dimaksudkan untuk mengungkapkan rasa syukur atas segala sesuatu yang mungkin terjadi tahun ini.

Yang menarik dari pantai ini adalah Anda tidak perlu membayar untuk masuk, gratis. Anda bisa mengunjungi Pantai Kepetingan kapan saja. Nuansa pantai ini sangat alami dan benar-benar seperti sungai, sehingga ketika menyusurinya akan terasa sangat berbeda.

Harga tiket: Rp 20.000; Map: Periksa lokasi
Alamat: Kepetingan, Kecamatan. Buduran, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur.

6. Kafe “Kebun Cokelat”

Kafe
Foto oleh Katura Sugianto di Google Maps

Sebaiknya Anda mencari destinasi liburan yang masih memiliki nilai wisata. Chocolate Garden Cafe yang unik ini bisa Anda jadikan destinasi liburan wisatawan bersama keluarga dan teman. Sambil menunggu menu datang, Anda bisa menyaksikan perkebunan coklat di sekitar kafe.

Lalu apa saja menu makanannya? Ada cukup banyak hidangan yang bisa dicoba di sini, mulai dari makanan berat hingga camilan yang menggiurkan. Suasananya sangat nyaman, seperti tempat nongkrong bersama keluarga atau teman.

Harga tiket: Gratis; Map: Periksa lokasi
Alamat: Pertambangan, distrik. Balong Bendo, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur.

7. Alun-Alun Sidoarjo

Alun-Alun Sidoarjo
Foto oleh Itis Frezkia di Google Maps

Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi suatu kota atau daerah tanpa mengunjungi pusat kotanya. Apalagi Kabupaten Sidoarjo memiliki segala yang dibutuhkan di alun-alun.

Saat Anda lapar, berbagai jenis makanan mungkin disajikan kepada Anda. Jika Anda ingin berolahraga, Anda juga bisa melakukannya. Terdapat juga area bermain untuk anak-anak.

Baca Juga  Jungwok Blue Ocean, Destinasi Wisata ala Santorini di Gunung Kidul

Yang terpenting kalau berkunjung ke sini tentu saja gratis. Ya, seperti alun-alun pada umumnya, berwisata ke Alun-Alun Kabupaten Sidoargio juga tidak perlu mengeluarkan uang kecuali Anda membeli makanan di sana. Namun, berbagai jenis makanan memiliki harga yang sangat terjangkau dan rasanya dapat menggugah selera Anda.

Harga tiket: Gratis; Map: Periksa lokasi
Alamat: Gajah Timur, Magersari, Kecamatan. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur.

8. Candi Pari

Kuil Pari
Foto oleh Erika Oktaviani di Google Maps

Mari kita terus mengenang kejayaan Kerajaan Majapahit di Kabupaten Sidoarjo. Candi Pari menjadi bukti bagaimana kerajaan Hindu ini pernah menguasai nusantara. Jika dilihat dari struktur bangunannya, kita akan melihat ciri khas bentuk sebuah candi.

Candi Pari tidak hanya menjadi objek wisata saja namun juga masih digunakan sebagai tempat sembahyang oleh masyarakat Hindu di Kabupaten Sidoarjo dan sekitarnya. Jika saatnya tiba, Anda akan bisa bertemu dengan warga yang akan sembahyang di pura ini.

Harga tiket: 3000 rupee; Map: Periksa lokasi
Alamat: Kecamatan Porong, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur.

9. Pascul Kahuripan Nirwana

Pascul Kahuripan Nirwana
Foto oleh Adhi Kurniawan di Google Maps

Ada lagi tempat di Kabupaten Sidoarjo yang sangat direkomendasikan yaitu Pazkul Kahuripan Nirwana. Bukan hanya namanya nirwana saja, tapi suasananya juga, karena tentunya akan membuat waktu bersama sahabat menjadi lebih bermakna.

Bisa dibilang inilah pusat wisata kuliner di Kabupaten Sidoarjo. Di sana Anda akan menemukan berbagai jenis masakan. Ada masakan khas Jawa bahkan menu masakan modern. Jangan khawatir, harganya sangat bersahabat dengan kantong Anda.

Harga tiket: -; Map: Periksa lokasi
Alamat: Jl. Kahuripan Nirwana No.7, Petak 4-6, Entalsevu, Kech. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur.

10. Taman Air Citra Garden

Gambar Taman Air Taman
Foto Kisna Amala di Google Maps

Anda bisa menikmati permainan air di Citra Garden Water Park bersama seluruh keluarga. Tentunya akan sangat menyenangkan bermain air di sini, karena tidak banyak bangunan pendukung. Misalnya slide keluarga, slide multi struktur dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tersedia juga fasilitas tambahan yang sangat memadai seperti ruang ganti dan toilet yang bisa Anda gunakan setelah menikmati permainan air bersama keluarga. Setelah ini kamu bisa pergi ke luar negeri. Liburan ke destinasi wisata ini sangat cocok jika Anda ingin memanjakan putra atau putri tercinta.

Harga tiket: Rp25.000; Map: Periksa lokasi
Alamat: Lapangan Air Mancur Apollo, Entalsevu, Distrik. Buduran, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur.
Baca Juga  10 Tempat Wisata Eropa Terpopuler Wajib Dikunjungi di Tahun 2021

11. Alas Prambon

Aduh, Prambon
Foto oleh Alas Pramono di Google Maps

Ingin berlibur sekaligus menambah ilmu anak? Alas Prambon mengadakan berbagai jenis wisata edukasi untuk anak-anak. Dengan cara ini, Anda bisa mengajari anak Anda cara beternak dan bertani. Keuntungannya adalah anak-anak lebih memahami proses bertani dan beternak.

Selain itu, anak juga belajar berinteraksi dengan alam. Anda juga bisa mengajak anak Anda jalan-jalan ke luar negeri. Terdapat sejumlah fasilitas outdoor seperti ayunan, jaring laba-laba dan lain sebagainya.

Harga tiket: Rp65.000; Map: Periksa lokasi
Alamat: Ngingas, Simpang, Kech. Prambon, Taksi. Sidoarjo, Jawa Timur.

12. Taman Abhirama

Taman Abhirama
Foto oleh M Ilham Fatah Zi di Google Maps

Objek wisata ini mengusung konsep ruang terbuka hijau ramah anak. Selain lingkungannya, taman ini juga ramah kantong. Tidak ada biaya masuk ketika mengunjungi situs ini. Terdapat taman bermain untuk anak-anak dimana Anda dapat bersantai dan menyenangkan buah hati tercinta.

Tata letak taman ini sangat bagus, area bermain dan pepohonan ditempatkan dengan baik. Taman Abhirama juga menjadi tempat yang cocok untuk berfoto. Pasalnya, ada banyak angle yang bisa Anda manfaatkan untuk mengambil foto sendiri maupun berkelompok.

Harga tiket: Gratis; Map: Periksa lokasi
Alamat: Pondokyati, Pagervoyo, Kecamatan. Buduran, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur.

13. Monumen Jayandar

Monumen Jayandar
Foto Senjata di Google Maps

Monumen ini sangat bernilai bagi warga Sidoarjo. Nilai inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke sini.

Banyak juga orang yang menggunakan monumen ini sebagai latar belakang foto mereka. Tak bisa dipungkiri, tugu yang letaknya sangat dekat dengan alun-alun ini memiliki daya tarik tersendiri.

Harga tiket: Gratis; Map: Periksa lokasi
Alamat: Jl. Dzhengolo No. 21, Rw1, Sidokumpul, Kech. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur.

14. Memancing di delta

Penangkapan Ikan Delta
Foto oleh Nananga Sugianto di Google Maps

Memancing adalah segalanya bagi pecinta olahraga ini. Jadi, jika Anda suka memancing, Anda bisa mengunjungi Delta Fishing untuk menangkap berbagai jenis ikan di sana. Salah satunya adalah ikan lele yang kemudian bisa Anda bawa pulang.

Bagi Anda yang tidak tertarik memancing, ada juga kesempatan outdoor di sini. Berenang juga bisa menjadi pilihan wisata yang direkomendasikan di tempat menarik ini.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasi
Alamat: Jl. Mbah Shole No.1, Prasungtambak, Prasung, Kech. Buduran, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur.

Nah, itulah 14 link tempat wisata di Kabupaten Sidoarjo yang cocok menemani liburanmu bersama orang tersayang. Pilih destinasi terbaik agar perjalanan Anda semakin menyenangkan.




databaru.my.id