26 Wisata Kuliner di Solo yang Enak & Wajib Anda Coba

Ide Wisata63 Dilihat


Wisata kuliner di Solo memang enak dan wajib Anda coba, menyajikan cita rasa otentik dan suguhan istimewa yang tak terlupakan.

Solo atau dikenal juga dengan nama Surakarta merupakan salah satu destinasi wisata populer di Jawa Tengah. Solo tidak hanya memiliki wisata budaya dan sejarah, wisatawan juga bisa merasakan wisata hiburan modern.

Bagian timur kota Solo dilintasi sungai yang sangat terkenal yang diabadikan dalam lagu bergenre keronkong yaitu Bengawan Solo ciptaan Gesan. Mengusung slogan semangat Jawa, kota ini menawarkan wisata kuliner unik di Solo yang sayang untuk dilewatkan.

Kota Solo mempunyai beragam kuliner enak, nikmat, dan murah yang pasti patut untuk dicoba. Mulai dari tempat wisata pinggir jalan di Lesekhan hingga tempat makan yang modern dan romantis juga ada.

1. Notosuman Serabi

Notosuman Serabi
Foto oleh Ika Dapur Hangus di Envato Elements

Wisata kuliner pertama kota Solo diawali dengan makanan khas yang melegenda dan sudah ada sejak tahun 1923. Perpaduan adonan santan, tepung beras dan isian dengan tekstur makanan yang renyah di bagian tepinya dan lembut di bagian tengah.

Pancake Notosuman ini masih diolah dengan cara tradisional yaitu di atas kompor kecil untuk menjaga rasanya.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

2. Doa tunggal Vien

Doa Kesendirian Vienne
Foto oleh Saiful Anwar di Facebook

Salad solo merupakan masakan khas Solo yang berisi berbagai jenis sayuran dan steak atau daging cincang. Selain salat solo, menu Salat Vien Solo yang terkenal antara lain soto matahari dan nasi timlo.

Restoran Salat Solo Vien menawarkan menu Selat Solo yang terjangkau untuk semua kalangan. Hanya dengan puluhan ribu orang dapat merasakan nikmatnya shalat yang lengkap dan menyendiri.

3. Sambal Tumpang Pechel Bu Kis

Pechel Bu Kisa tumpang tindih Sambal
Foto Pratomo Andivpa di Google Maps

Warung Bu Kis memiliki keunikan karena memiliki sambal yang digunakan sebagai sambal pesel. Sambal Tumpang memiliki rasa yang gurih, pedas dan manis.

Sambal Tumpang merupakan hasil olahan perpaduan tahu, krekek, bumbu dan bumbu rahasia yaitu tempe busuk.

4. Timlo Sastro

Timlo Sastro
Foto Cahaya Theprinces di Google Maps

Timlo adalah kuah kuah bening yang diisi dengan suwiran ayam, hati besar, potongan telur pindang, dan sosis solo. Salah satu restoran timlo yang populer di Solo adalah Timlo Sastro sejak tahun 1952.

Harga seporsi timlo Rp18.000 plus Rp3.000, sedangkan minumannya berkisar Rp1.500. Timlo Sastro buka dari jam 6 pagi hingga setengah empat sore.

5. Gladag Langan Bogan

Gladag Langan Bogan
Foto oleh Mariska Prudence di Instagram

Galabo merupakan jalan yang tutup pada malam hari dan menjadi pusat kuliner. Kuliner yang paling khas adalah sate kere dan chabuk rambak.

Sate kere merupakan sate daging sapi atau sate gembus yang telah direndam lalu dibakar dan disajikan dengan bumbu kacang. Chabuk rambak adalah hidangan tipis dan panjang yang disajikan di atas daun pisang.

Baca Juga  Curug Sidoharjo, Perpaduan Panorama Hijau dengan Cawang Embung yang Mempesona di Kulon Progo

6. Sate Buntel bu Hyei Bejo

Sate Buntel bu H Beyo
Foto oleh Syarif M. Bayhaki Boochari di Google Maps

Berwisata kuliner di Solo belum lengkap rasanya tanpa mencicipi nikmatnya Sate Buntel. Sate buntel adalah sate yang terbuat dari daging kambing cincang yang digulung menjadi satu bungkusan atau dilumuri lemak daging seperti parsel.

Sate Buntel itu Pak. Jokowi saat berada di Solo, yakni sate buntel Ibu Hei Beyo yang buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 16.00.

7. Bakso Alex

Bakso Alex
Foto Aagami Shanks di Google Maps

Bakso Alex berbeda dengan bakso yang biasa ada di Solo karena memiliki kelebihan yaitu rasa daging pada baksonya mengalahkan rasa tepungnya.

Pilihan di Bakso Alex: bakso tahu, bakso tengkleng, dan bakso campur. Pengunjung juga dapat meminta iga tambahan kepada server.

8. Nasi Livet Wongso Lemu

Nasi Livet Wongso Lemu
Foto oleh Oka Nugrokho di Google Maps

Tempat makan Nasi Livet di Solo yang paling populer adalah Nasi Livet Wongso Lemu. Saat Anda memasuki sebuah restoran, Anda mungkin melihat seorang wanita sibuk melayani pesanan dari pelanggan yang sedang mengantri. Nasi Livet Wongso Lemu ramai di malam hari.

9. Tengkleng Bu Edie

Tengkleng Bu Edie
Foto oleh Nur Laili di Google Maps

Tengkleng dulu dikenal sebagai makanan orang miskin karena terbuat dari tulang kambing dan hanya menyisakan sedikit daging. Tengkleng diolah dengan dua cara, ada yang menggunakan santan dan ada pula yang tidak.

Rasanya yang segar, asam, dan gurih bercampur menjadi satu menjadikannya makanan yang banyak dicari.

10. Soto Gading

Soto Gading
Foto oleh 原宗一郎 di Google Maps

Soto Gading di kawasan Alun Alan Selatan menjadi menu sarapan yang wajib dicoba di pagi hari. Soto gading merupakan kombinasi nasi hangat dengan suwiran ayam, seledri cincang, mie dan bawang goreng, dilumuri kuah bening kaya rempah.

Disertai dengan sate putih telur, tempe goreng, sate usus, jeroan sapi, bakwan, roti tempe dan lain-lain.

11. Es Gempol Pleret Pak Sukhar

Es Gempol Pleret Pak Sukhar
Foto oleh Rahmasari Adivati ​​​​di Google Maps

Gempol terbuat dari tepung beras yang dipres lalu dipres hingga berbentuk pipih. Sedangkan Pleret merupakan adonan yang terbuat dari campuran gula jawa dan tepung beras.

Gempol dan Pleret dicampur dalam satu wadah, lalu di atasnya diberi kuah gula jawa, santan encer, dan es segar agar semakin segar.

12. Gudeng Pemeriksa dari Ibu Kersno Margoyudan

Goodeng Checker dari Ibu Kersno Margoyudan
Foto oleh Nuraja Vivoho di Google Maps

Solo juga memiliki restoran gudeg khas bernama Gudeg Bu Kasno di Margoyudan. Menu terkenal dari restoran ini adalah kaki ayam yang luar biasa lezatnya.

Baca Juga  Pulau Wisata Lakkang, Pulau Eksotis di Makassar yang Diapit Tiga Sungai

Gudeg Margoyudan hanya buka pada pagi hari, yaitu mulai jam 1 pagi. Saking terkenalnya Gudeg Bu Kersno, bahkan penyanyi setingkat Syahrini pun ikut bersantap di tempat ini.

13. Es Davet Telasih Bu Dhermi

Es Davet Telasih Bu Dhermi
Foto oleh Yohanes Reza di Google Maps

Tempat ini terletak di kawasan Pasar Gede. Hanya dengan Rp 5 ribu saja kamu sudah bisa menikmati sepiring es dawet Telasih yang segar.

Es Dawet Tlasih Bu Dermi berisikan es, ketan hitam, tape ketan, cendol, biji selasih, bubur timun jepang dan santan. Cocok diminum siang hari saat cuaca panas.

14. Pechel Ndeso di Warung Pechel Solo

Pesel Ndeso hingga Warung Pesel Solo
Foto Visno Junaidi di Google Maps

Warung Pecel Solo merupakan restoran otentik dengan cita rasa khas Solo. Mulai dari makanan, dekorasi ruangan, hingga suasana di dalamnya sangat khas Solo.

Menu khas Warung Pecel Solo adalah pecel ndeso yang merupakan perpaduan nasi merah, daun bayam, keningkir, daun pepaya, bunga pisang dan daun turi yang ditaburi sambal pecel.

15. Tahok Pak Citro

Foto oleh Reno Herdiancia di Google Maps

Tahok merupakan kuliner khas yang diperkenalkan oleh pendatang Tionghoa. Tahok terdiri dari dua kata: tao yang berarti kedelai dan hoa yang berarti tanah.

Tahoak tidak jauh berbeda dengan tahu putih yang kita kenal. Cita rasa Tahok yang dipadukan dengan kuah gula jawa dan rempah-rempah menghangatkan tubuh.

16. Warung Selat Mbak berbohong

Warung Selat Mbaka Liesa
Foto Nalasittasari di Google Maps

Selain restoran Salat Vien Selat Solo yang juga terkenal di Solo, terdapat restoran Warung Mbak Lies. Keunikan warung makan ini terletak pada dekorasinya.

Di sini Anda bisa menemukan berbagai perhiasan keramik. Tak hanya dekorasinya saja, rasa dari Salad Mbaka Lies Solo juga sangat gurih dan lezat.

17. Vedang Pendopo

Vedang Pendopo
Foto oleh Harry Wibowo di Google Maps

Jika ingin bersantai di malam hari, Anda bisa pergi ke Vedang Pendhopo. Tata letaknya yang unik memadukan gaya klasik dan menciptakan tempat yang nyaman untuk bersantai.

Secangkir minuman jahe, aneka jajanan tradisional, dan hidangan angkringan bisa Anda dapatkan di Wedang Pendhopo.

18. Mie gajah mas

Mie gajah, Mas
Foto Dee di Google Maps

Anda bisa membeli mie dalam berbagai warna di Mie Gajah Mas. Menu makanan yang dijual menggunakan olahan mie seperti mie ayam, mie ceker, mie bakso dan lain-lain.

Terdapat variasi warna mie seperti merah, hijau, oranye dan ungu. Warna mie tersebut berasal dari pencampuran bahan-bahan yang menghasilkan warna mirip dengan warna oranye pada wortel.

19.Harjo Bestik

Harjo Bestik
Foto oleh Danny Chen di Google Maps

Resto Harjo menjual makanan Lidah Goyang, steak campur, steak telur, steak lidah omelet dan lain-lain. Menu favoritnya adalah LDG atau koktail lidah.

LDH ini terdiri dari irisan lidah sapi, irisan wortel, kentang, tomat, acar dipadukan dengan mayonaise dan daun selada manis.

Baca Juga  Pantai Matahari Terbit, Pantai Pasir Putih di Denpasar yang Kaya Pesona

20. Liontin Kebon HIC

Liontin HIC Kebon
Foto oleh Vedangan Kebon Sukun di Google Maps

HIK adalah sebutan umum untuk angkringan di Solo. Pangsa pasar HIK Keboen Kulon adalah kalangan menengah ke atas, sehingga sesampainya di sana Anda akan menemukan konsep yang modern.

Hik Keboen Kulon menawarkan minuman higienis. Meski modern, namun tetap mempertahankan konsep rumah tradisional yang sarat dengan dekorasi kayu.

21. Susu Shea Jack

Susu Shea Jack
Foto oleh Erwin Rahmadianto di Google Maps

Tempat minum susu yang dikenal di kalangan anak muda Solo sebagai tempat nongkrong. Terdapat lebih dari 12 cabang Shi Jack Milk yang tersebar di seluruh kota Solo.

Menu yang ditawarkan beragam, tidak hanya produk susu, tetapi juga hidangan pendamping.

22. Soto Seger Mbok Giem Solo

Soto Seger Mbok Giem Solo
Foto oleh Fjra. ID Google Peta

Potongan daging dengan taburan tauge segar, cincangan daun seledri, dan bawang goreng siap menemani pagi Anda. Soto Segar Mbok Giem Solo terkenal dengan rasanya yang segar dan lezat. Semangkuk Sotho murah hanya 7 ribu rupee.

23.Remakhkoe Resto

Remahkoe Resto
Foto oleh Natasia Arum Jayasti di Google Maps

Restoran populer di kalangan anak muda Solo. Dengan konsep arsitektur klasik khas budaya Jawa, Roemahkoe Resto merupakan restoran dengan harga terjangkau.

Menu utama di Roemahkoe Resto adalah nasi jamblung. Penyajian nasi jamblung terbilang unik karena nasinya berbentuk lingkaran dengan lubang di tengahnya untuk isian lidah sapi yang direbus.

24. Roti Orion

Roti Orion
Foto oleh Tun Suddiyanti di Google Maps

Toko roti khas dari Solo dengan rasa yang enak dan lezat. Terdiri dari 3 pilihan rasa: original, kismis dan spesial. Toko roti Mandarin ini sudah terkenal sejak zaman dahulu karena rasanya yang lezat.

25. Sosis Naga Viduran

Sosis naga viduran
Foto oleh Devan Prathama di Google Maps

Menu favorit di tempat ini adalah sosis dan jagung bakar. Uniknya kamu bisa memilih tingkat kepedasan sesuai selera yaitu manis, pedas normal, dan naga. Sosis Naga Viduran mempunyai tingkat kepedasan yang sangat pedas. Cocok untuk yang suka makanan pedas.

26. Es Krim Tenang

Es krim yang tenang
Foto Sigita Purnama di Google Maps

Solo mempunyai toko es krim ikonik yang bisa dibanggakan yaitu Es Krim Tentrem. Toko es krim ini telah menyajikan es krim buatan sendiri sejak tahun 1952.

Menu utama yang bisa Anda pilih antara lain rum, kopi, tutti buah, pelangi, dan mawar. Kedai es krim Tentrem buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB.

Sebanyak 26 wisata kuliner keliling kota Solo. Jika Anda berlibur ke Solo, pastikan untuk mampir ke tempat-tempat yang menyajikan makanan enak dan benar-benar nikmat khas Solo.




databaru.my.id