26 Wisata Kuliner di Jogja yang Enak & Wajib Anda Coba

Ide Wisata56 Dilihat


Wisata kuliner di Jogja yang enak dan wajib untuk dicoba, menawarkan beragam cita rasa khas yang akan memanjakan lidah dan memberikan pengalaman berkesan.

Yogyakarta juga dikenal dengan sebutan Kota Gudeg. Penuh dengan pesona budaya dan sejarah, kota ini tidak pernah membosankan untuk dijelajahi, apalagi wisata kuliner.

Yogya terus membenahi kotanya dengan menambah jumlah tempat wisata. Tidak hanya tempat wisata saja yang bisa dikunjungi, namun juga tempat wisata kuliner yang menarik perhatian.

Di Jogja, kamu bisa menemukan beragam kuliner enak, lezat dan nikmat dengan harga murah. Jogja memiliki beragam tempat wisata kuliner yang siap memanjakan lidah Anda selama berada di Jogja. Berikut adalah daftar yang direkomendasikan.

1. Es Buah PC

Es Buah PC
Foto oleh Outdoor_Yk di X

Es loli memberikan sensasi menyegarkan di cuaca panas. Namanya Warung Tenda Es Buah PK dan didirikan lebih dari 40 tahun yang lalu. Es loli segar ini diisi dengan nangka, sawo, kelapa muda, cincau hitam, es serut, dan ditaburi susu coklat.

Es Buah PK buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 18.00 WIB. Hanya dengan Rp 8 ribu, Anda sudah bisa menikmati seporsi es buah segar khas Jogya.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

2. Es krim rujak dari Pak Nardi

Es krim rujak dari Pak Nardi
Foto oleh Anggrap

Sekilas memang terdengar agak aneh dengan buah dan es krim. Di tangan Pak Nardi, rouzak berisi buah-buahan segar dipadukan dengan es krim buatan sendiri menciptakan rasa segar dan asam dalam satu mangkuk.

Tempat kuliner ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 15.00. Satu porsi es krim rujak harganya hanya 6 ribu saja.

3. Vedang Tahu Bu Sukardi

Vedang Tahu Bu Sukardi
Foto oleh Wardha Anggoro di Google Maps

Namanya lebih dikenal dengan bunga tahu atau tahwa. Camilan pagi berupa olahan kacang kedelai yang dilumuri saus jahe akan menghangatkan tubuh Anda.

Buka dari jam setengah enam dan terjual habis dengan cepat dalam waktu kurang dari 1,5 jam. Satu porsi Tahu Vedang berharga Rs. 6000.

4. Gudeg Pavon

Gudeg Pavon
Foto oleh Vonnie Suleymina di Google Maps

Berwisata ke Jogja belum lengkap rasanya tanpa berburu kuliner gudeg yang merupakan makanan khas Jogja. Ada beberapa rumah makan Gudeg yang sudah melegenda di sini, salah satunya adalah Gudeng Pawon sejak tahun 1958.

Yang unik dari Gudeg Pavon adalah disajikan langsung di Pavon atau di dapur tempat pembuatan gudeg. Gudeg Pavon buka setiap hari mulai pukul 22.30 hingga tutup. Lokasinya yang sederhana tidak mengurangi minat pengunjung.

5. Gudeg Bromo

Gudeg Bromo
Foto oleh Eka Agustyan di Google Maps

Gudeg Bromo menjadi langganan para penghibur ibu kota yang ingin menyantap gudeg di Jogja. Restoran Gudeng terletak di Gejay.

Yang paling enak disantap di Gudeg Bromo adalah krekeknya, yang memiliki rasa pedas dan gurih yang berbeda dari yang lain. Gudeg Bromo buka setiap hari mulai pukul 23.00 hingga selesai hari.

Baca Juga  Pura Pasar Agung, Destinasi Wisata Religi yang Megah di Karangasem Bali

6. Gudeg Mbah Lindu Sosrowidjayan

Gudeg Mbah Lindu Sosrowidjayan
Foto oleh Nurman Riyadi Rahman di Google Maps

Gudeng Mbah Lindu merupakan salah satu gerai Guden legendaris di Jogja yang sudah ada sejak zaman kolonial.

Saat ini Mbah Lind sendiri sudah berusia 100 tahun. Buka setiap hari hanya mulai pukul 05.00 hingga 23.00. Harga mulai dari 15 ribu rupee.

7. Gudeg Yu Jum

Gudeg Yu Jum
Foto oleh Frans Hermanteau di Google Maps

Selengkapnya kuliner Gudeg: Gudeng Yu Jum buka dari jam 5 pagi sampai jam 7 malam. Cocok buat kamu yang bingung mau buat sarapan apa, langsung saja ke Gudeng Yu Jum.

Gudeng Yu Jum terkenal dengan gudeg keringnya yang mempunyai rasa gurih manis yang nikmat di lidah. Menu favorit selain gudeg adalah sambal krechek goreng yang akan menambah rasa pedas di mulut.

8. Mie ayam Bu Tumini

Mie ayam Bu Tumini
Foto oleh Inaya Nur Aini di Google Maps

Pecinta mie patut mencoba Mie Ayam Bu Tumini yang sudah ada sejak tahun 1990. Warung mie ayam ini menggunakan mie buatan sendiri.

Warung makan ini mampu menghabiskan 70 kg per hari untuk persiapan adonan. Satu porsi mie ayam biasa harganya hanya Rp 8 ribu.

9. Bakmi Mbah Mo

Bakmi Mbah Mo
Foto oleh Isbandrio Rahmat di Google Maps

Dari Mie Ayam beliau pindah ke Bakmi Mbak Mo yang berlokasi di Bantul. Buka setiap hari mulai pukul 17:00 hingga 23:00.

Cita rasa Bakmi Mbak Mo masih tetap sama, tidak berubah sejak pertama kali ditemukan, 30 tahun lalu, hingga saat ini. Proses memasaknya masih menggunakan cara tradisional yaitu menggunakan oven arang sehingga memberikan cita rasa khas pada masakan tersebut.

10. Yammy Pangsit Pathuk

Yammy Pangsit Patuk
Foto oleh Raden Nathan Anugera Setiawan di Google Maps

Mie dengan ayam cincang dan pangsit basah dan kering akan menarik bagi pecinta mana pun. makanan jalanan dengan kecanduan. Rasanya yang lezat dan renyah siap memanjakan lidah dan dijamin bikin menggugah selera.

Yammy Pangsit Patuk terletak di kabupaten Pringgokusuman. Buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam.

11. Bakmi Pele

Bakmi Pele
Foto oleh Ainis Nurlayla di Google Maps

Bakmi Pele merupakan salah satu masakan mie khas jawa yang memiliki cita rasa unik yang berbeda dari yang lain. Usaha kuliner Bakmi Pele sudah ada sejak tahun 1983.

Lokasi Bakmi Pele berada di kawasan Godana. Buka setiap hari hingga malam hari, di sini Anda akan menemukan antrean panjang untuk seporsi mie.

12. Mie ayam “Grabyas”

Grabias mie ayam
Foto oleh Aja Prasetyo di Google Maps

Berbeda dengan jam buka kedai mie ayam pada umumnya, Mie Ayam Grabyas buka setiap hari mulai pukul 23.00 hingga 04.00.

Meski buka tengah malam, warung makan tenda ini tak pernah sepi. Mie Ayam Grabyas rasanya enak dan harganya terjangkau.

Baca Juga  Pantai Ngobaran, Wisata Pantai Eksotis di Gunung Kidul Jogja

13. Sate Klatak Pak Bari

Sate Klatak Pak Bari
Foto oleh Ega Andalas di Google Maps

Salah satu rumah makan sate paling terkenal di Jogja. Pernah dijadikan restoran yang dikunjungi Cinta dan Rangga di serial AADC 2.

Buka setiap hari mulai pukul 18.30-01.00 setiap hari. Anda bisa langsung menikmati satu porsi Sate Klatak Pak Bari, perpaduan kuahnya yang nikmat dan sate daging kambingnya bakal bikin nagih.

14. Sate Pak Pong Klatak

Sate Klatak dari Pak Pong
Foto oleh Kholid Arofi di Google Maps

Sate Klatak Pak Pong merupakan salah satu warung makan sate yang terkenal di Chokya karena rasanya yang lezat. Daging yang empuk dan gurih pada kuahnya menciptakan sensasi rasa yang nikmat.

Di warung makan Sate Pak Pong ini, pengunjung harus rela antri dalam waktu lama. Untuk menikmati makanan di Warung Sate Pak Pong sebaiknya datang saat warung pertama kali buka.

15. Sop Kaki Kambing Bang Udin

Sop Kaki Kambing Bang Udina
Foto Sigit Setavan di Google Maps

Menikmati nikmatnya sop kaki kambing di tengah kehidupan warga Chokya adalah sesuatu yang luar biasa. Warung Sop Kaki Bang Udin Kambing terletak di dekat bundaran UGM.

Dari segi rasa, sop kaki kambing ini sangat enak dan nikmat dengan harga yang terjangkau. Anda bisa memilih berbagai jeroan, kaki, dan torpedo yang bisa digunakan untuk membumbui sup yang Anda pesan.

16. Mangut Lele Mbah Marto

Mba Marto makan ikan lele
Foto oleh Mufdi Firdaus di Google Maps

Pecinta olahan ikan lele pastinya harus mencoba Manggut Lele Mbah Marto. Rasa lezat yang berbeda dari yang lain dan tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Di sini, ikan lele ditusuk dari daun kelapa, kemudian dibakar di atas kayu hingga matang, lalu dimasak dengan bumbu. Rasa kayu bakar itulah yang memberikan cita rasa istimewa.

17. Mercon Goreng Bu Nartey

Mercon Goreng Bu Narti
Foto Shy Lie di Google Maps

Oseng Merkon Bu Narti merupakan salah satu kuliner khas Jogya yang wajib dicoba di lain waktu. Pecinta pedas pasti suka dengan petasan goreng ini.

Campuran lemak babi, kulit, kikil, tulang muda, dipadukan dengan kuah yang dibumbui bumbu dan cabai rawit, menjadi sajian yang luar biasa nikmatnya.

18. Lik Man Angkringan

Angkringan Wajah Manusia
Foto oleh Mas Goen di Google Maps

Jika ingin menikmati sensasi kopi Joss, datang saja ke Angkringan Lek Man. Lokasi di utara Stasiun Tugu.

Angkringan Lek Man buka mulai pukul 14.00 hingga 03.00 WIB. Angkringan ini sudah ada sejak tahun 1967. Abadikan momen berharga sambil menikmati secangkir kopi di atas matras dan makanan lainnya.

19. Angkringan KR

Angkringan KR
Foto oleh Nolianto Ananda di Google Maps

Nama KR diambil dari kata Kedaulatan Rakyat, Angkringan KR terletak di seberang kantor Kedaulatan Rakyat di Jetis. Angkringan ini dikenal sebagai tempat makan yang murah dan ceria.

Baca Juga  Intip Pesona Danau Biru Kolaka, Danau Indah yang Dikellilingi Terbing Eksotis

Angkringan di Jogja merupakan tempat kuliner ala gerobak yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. makanan jalanan. Harga makanan dan minuman di Angkringan KR mulai dari 1000 rupee.

20. Soto Batok Mbah Katro

Soto Batok Mbah Katro
Foto oleh Yuddy V. di Google Maps

Pengalaman menyantap Soto batok kelapa di gubuk tengah sawah menjadi paket lengkap wisata kuliner lezat di Jogja. Soto batok kuah bening dipadukan dengan daging sapi, tauge dan daun seledri. Buka hanya dari pukul 6:00 hingga 16:00. Satu porsi soto batok harganya 5.000 rupee.

21. Brogko Nona Rini.

Pengeluaran Nona Reenie
Foto oleh Erson Padapiran di Google Maps

Berongkos merupakan menu kuliner yang terdiri dari sayur-sayuran dan lauk kacang-kacangan, serta cabai rawit utuh yang disajikan dengan kuah santan. Rasa kuah bengkos yang sedikit pedas dan segar menciptakan cita rasa yang nikmat. Warung makan Boo Rini sudah berdiri sejak tahun 1973.

22. Bakso Bethesda 74

Bakso Bethesda 74
Foto oleh Agnes Carmia di Google Maps

Pecinta bakso patut mencoba Bakso Bethesda saat berada di Jogja. Bakso ini sudah ada sejak tahun 1974. Saat ini terdapat 3 cabang di Jogja.

Bakso Bethesda 74 terbuat dari bahan alami dan bersertifikat Halal MUI. Buka setiap hari mulai pukul 10:00 hingga 14:00.

23. Rumah Raminten

Rumah Ramintin
Foto GI Joe di Google Maps

Tak banyak waktu untuk wisata kuliner di Jogja. Di rumah Raminten Anda masih bisa mencicipi berbagai masakan khas Jogya.

Beragam menu yang ditawarkan mewakili masakan khas daerah Jogja. Arsitekturnya yang keren ditambah dengan nyanyian merdu bahasa Jawa siap menemani makan siang Anda.

24.Entok Slenget Kan Tanir

Entok Slenget Kan Tanira
Foto oleh Entok Slenget Kan Tanir di Google Maps

Menu masakan Moskow mungkin masih asing di telinga Anda, namun mencobanya dijamin akan menggelitik lidah Anda. Slenget dengan senang hati.

25. Sego Pesel SGPC Bu Virio, 1959.

Sego Pesel SGPC Bu Virio 1959
Foto Pak R di Google Maps

Meski sego pecel bukanlah makanan khas Jogja, namun siapa sangka ada warung makan legendaris di Jogja yang menawarkan sego pecel sebagai menu utamanya. SPGC BU Wiryo sudah terkenal dengan masakannya yang lezat sejak tahun 1959.

Jika dipadukan dengan telur dadar, telur puyuh, sate usus, dan aneka gorengan, sego pesel semakin terasa nikmat dengan bumbu pesel yang manis, gurih, dan sedikit pedas.

26. Sambel Veluth dari Pak Sabar

Sambal Veluth Pak Sabara
Foto Faisal Reza Sukmavan di Google Maps

Kuliner Jogja memang tidak pernah ada matinya. Mulai dari ikan lele dan bebek kesturi hingga warung makan yang menyajikan belut sebagai lauknya. Belut dimasak dengan bumbu kuning dan sambal pedas, disajikan dengan nasi panas.

Itulah 26 wisata kuliner di Jogja, mulai dari jajanan pinggir jalan hingga warung makan dan restoran ternama di Jogja. Nikmati serunya berburu dan wisata kuliner di Yogai selama liburan Kota Kampus Anda.


databaru.my.id