Pantai Kutang, Destinasi Wisata Bahari dengan Panorama Hutan Bakau Eksotis di Lamongan

Ide Wisata220 Dilihat


Pantai Kutang di Lamongan merupakan destinasi wisata bahari yang menawarkan keindahan alam, panorama hutan bakau, dan berbagai spot foto menarik kepada pengunjungnya.

Harga tiket: 3000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 07.00-17.30 WIB, Alamat: Kentong, Labuhan, Kab. Brondong, Kab. Lamongan, Jawa Timur; Map: Periksa lokasi

Lamongan merupakan bagian dari wilayah metropolitan Surabaya atau dikenal dengan Gerbangkertosusila yang merupakan wilayah terbesar kedua di Indonesia setelah Jabodetabek di Jakarta. Terletak di kawasan pesisir, Lamongan memiliki garis pantai yang cukup panjang, sekitar 47 km. Beberapa bagian pantai ini populer sebagai destinasi wisata di Lamongan, salah satunya adalah Pantai Kutang yang sering dikunjungi banyak orang.

Dilihat dari judulnya mungkin banyak yang tertarik. Apa yang menarik dari tempat ini dan mengapa namanya begitu unik? Menurut cerita yang beredar di kalangan penduduk setempat, dulunya pantai ini merupakan tempat berkumpulnya anak muda. Anda akan sering menemukan banyak bra, atau “kutang” dalam bahasa Jawa, berserakan di antara sisa sampah di mana-mana di pantai. Oleh karena itu, masyarakat kemudian mulai menyebut pantai ini dengan nama yang dikenal sekarang.

Hotel murah di Lamongan

Objek Wisata Pantai Kutang

Objek Wisata Pantai Kutang
Foto oleh Urli Ganteng di Google Maps

1. Pantai dengan ombak yang tenang

Pantai Kutang menghadap langsung ke Laut Utara Jawa yang terkenal dengan ombaknya yang tenang. Oleh karena itu, suasana pantai ini tenang dan cocok untuk relaksasi. Apalagi lingkungannya yang masih asri menambah nilai estetika pemandangan di sini. Sayang sekali jika Anda tidak menyukai suasana di sana.

Hembusan angin laut seakan menambah suasana menyenangkan. Hamparan laut lepas yang biru menciptakan nuansa segar dan alami khas pantai. Meski hanya duduk-duduk menikmati pemandangan, hari besar Anda akan tetap istimewa. Tempat ini cocok untuk melepas penat berkat suasana dan pemandangannya yang mempesona.

2. Hutan Mangrove dan Jembatan Panjang

Hal yang paling menarik dari Pantai Kutang Lamongan adalah hutan bakaunya. Letak hutan yang berada di garis pantai yang panjang menimbulkan kesan hijau alami. Selain menghalangi ombak besar ke daratan, hutan bakau ini juga menyediakan kawasan hijau yang asri di tepi pantai. Selain itu, pengunjung juga bisa mengambil foto-foto asyik di dalam hutan.

Cek tiket ke Blockbuster Museum di Surabaya

Jembatan Panjang merupakan tempat yang sangat menarik untuk berfoto. Sebuah jembatan panjang mengelilingi hutan bakau dan area pemancingan ikan bass di sekitarnya. Walaupun jembatannya terbuat dari kayu, namun jembatan ini dijamin kokoh karena pondasi kayunya yang kuat. Anda bisa berjalan melewati hutan bakau di jembatan ini.

3. Tempat-tempat menarik untuk foto

Pantai ini mempunyai banyak spot foto yang menarik. Mulai dari gerbang kayu yang dicat warna-warni, ayunan gantung di tepi pantai, jembatan kayu hingga tulisan nama pantai yang berdiri vertikal dengan latar belakang hutan bakau, sangat menarik bukan? Jadi pastikan untuk mengambil foto di sini ketika Anda tiba!

4. Penyewaan sepeda dan ban untuk berenang.

Pantai ini juga menawarkan persewaan sepeda dan ban untuk berenang. Mengingat ombaknya biasanya tenang, maka berenang di Pantai Kutang aman selama tidak melewati batas. Lalu, jika Anda ragu untuk mengendarai sepeda karena medan berpasir yang lembut, Anda tidak perlu khawatir karena ban sepeda di sini berukuran besar.

Tiket ke Terraland Galaxy Mall Surabaya

Alamat, lokasi, rute dan biaya masuk

Alamat Pantai Kutang
Foto oleh Fauzan Rifqa Nugroho di Google Maps

Pantai Kutang merupakan salah satu tempat wisata populer di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Alamat lengkapnya Desa Labuhan, Brondong, Lamongan. Dekat juga dengan objek wisata terkenal Wisata Bahari Lamongan (WBL). Jaraknya hanya sekitar 20 km, pantai ini terletak di sebelah barat. Jadi ketika berkunjung ke Lamongan jangan lupa mampir ke pantai cantik ini ya!

Baca Juga  Observatorium Bosscha, Destinasi Wisata Edukasi Favorit di Bandung

Berapa harga tiket masuk ke pantai ini? Anda mungkin akan terkejut karena biaya masuknya sangat terjangkau. Pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp. Hanya 3000 per orang untuk menikmati pantai indah ini. Informasi tambahan: Pantai ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.30 WIB. Dengan demikian, pengunjung bisa betah bermain-main di pantai ini dalam waktu lama dan kapan pun.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas menarik di Pantai Kutang
Foto oleh Wahyudi Dui Purwanto di Google Maps

Nikmati indahnya pemandangan pantai di depan mata Anda

Berkunjung ke Pantai Kutang di Lamongan memang paling nikmat jika bisa menikmati segarnya suasana, semilir angin, dan pemandangan yang luar biasa. Liburan bersama orang tercinta akan terasa spesial, meski sekadar bersantai di tepi pantai. Pantai ini menawarkan beberapa pemandangan yang menarik, apalagi jika Anda berkunjung setelah matahari terbenam. Momen sunset di pinggir pantai ini pastinya tak akan terlupakan.

Menjelajahi jembatan mangrove di Pantai Kutang.

Spot populer di pantai ini adalah jembatan kayu warna-warni yang mengelilingi hutan bakau. Tak hanya menjadi jalur untuk mendekatkan diri ke hutan bakau, jembatan ini juga menjadi spot foto yang menarik. Anda bisa berjalan-jalan menyusuri hutan bakau yang menghadap ke laut lalu berhenti untuk mengambil foto di tengahnya. Akan menyenangkan!

Ambil foto dan bersantai di pantai

Memang, acara liburan tak akan lengkap tanpa mengambil foto-foto seru. Apalagi pantai eksotis ini memiliki sejumlah spot foto menarik seperti gapura, ayunan gantung, jembatan dan lain sebagainya. Jadikan pemandangan laut dan alam sekitar sebagai backdrop untuk foto yang luar biasa. Setelah puas berfoto, Anda bisa bersantai di pinggir Pantai Kutang atau di gazebo-gazebo yang ada di sini.

Bermain air dan mengendarai sepeda

Pengunjung tidak hanya bisa berfoto dan bersantai, tapi juga bermain di pinggir Pantai Kutang Lamongan. Karena ombaknya biasanya tenang, pengunjung bisa berenang dan tersedia persewaan kolam. Di sini juga terdapat toko persewaan sepeda yang seru untuk dicoba. Namun yang terpenting, selalu berhati-hati dan ikuti aturan keselamatan!

Baca Juga  Pantai Sawarna, Pantai yang Sarat Mitos di Lebak yang Dikelilingi Pegunungan Eksotis

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Kutang
Foto oleh Wahyudi Dui Purwanto di Google Maps

Fasilitas yang disediakan untuk pengunjung, lho, tak kalah menarik! Pertama, tersedia tempat parkir yang luas, sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk membawa kendaraan sendiri menuju pantai ini. Lalu ada loket tempat membeli tiket yang juga berfungsi sebagai pusat informasi. Jadi jika anda ingin membeli tiket atau meminta informasi bisa langsung datang ke tempat ini.

Saat pergi ke pantai terkadang ada perasaan tidak enak apakah di pantai tersebut terdapat toilet dan mushola atau tidak. Jangan khawatir, pantai ini memiliki keduanya. Toilet bersih dan musala disediakan khusus bagi pengunjung, sehingga pengunjung tidak perlu keluar area pantai jika ingin buang air atau salat.

Pantai Kutang juga memiliki sejumlah gazebo yang siap menjadi tempat bersantai atau bersantai di pinggir pantai. Apalagi segarnya angin laut pasti membuat suasana semakin menyenangkan. Jangan lupa, banyak spot foto menarik di sini, jadi pastikan untuk mengambil foto-foto seru untuk mengenang pantai ini!

Lokasinya yang mudah dijangkau dan dekat dengan tempat wisata lainnya membuat pantai ini populer di kalangan masyarakat. Apalagi tenangnya ombak khas Laut Utara Jawa membuat pantai ini seolah menjadi tempat di mana Anda bisa menenangkan diri dan menghabiskan liburan seru bersama orang tercinta. Selain itu, tiket ke tempat dan atraksi yang tidak biasa tersedia dengan harga terjangkau. Pastikan untuk berkunjung ke sini!


databaru.my.id