Indahnya Grojogan Sewu, Air Terjun Eksotis di Kulon Progo Jogja

Ide Wisata10 Dilihat


Grojogan Sewu merupakan salah satu wisata air terjun mempesona di Kulon Progo, Yogya yang asyik untuk dijelajahi. Wisata air di Perbukitan Menorah menawarkan panorama alam yang memanjakan mata.

Harga tiket: 6000 rupee Indonesia, Jam kerja: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Beteng, Jatimulyo, Kecamatan. Girimulyo, Kab. Liontin Progo, Inspektur Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Yogyakarta, salah satu provinsi yang masih mempertahankan tradisi tradisional dan terkenal dengan kepemimpinan keratinnya. Siapa sangka kawasan ini juga menjadi rumah bagi berbagai destinasi wisata yang layak untuk dijelajahi lebih jauh. Terkenal tidak hanya karena pegunungan dan pantainya yang menakjubkan. Grojogan Sewu di Kulon Progo juga merupakan tempat yang layak untuk dikunjungi.

Air terjun ini merupakan tempat yang menarik untuk menghabiskan liburan Anda. Pasalnya di sinilah Anda bisa melihat sekilas surga tersembunyi Yogyakarta. Tempat wisata yang baru dibuka pada tahun 2014 ini memiliki daya tarik yang tak tertahankan. Kini popularitasnya telah menyebar bahkan ke luar kota.

Daya tarik Grojogan Sewu Kulon Progo bermacam-macam. Tak heran jika banyak orang yang ingin datang ke sini saat liburan. Apalagi dengan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan. Tentunya akan sangat menarik jika dijadikan destinasi liburan keluarga. Sebelum Anda mengunjungi air terjun eksotik ini, ada beberapa fakta menarik yang perlu Anda ketahui.

➥ Promo hotel di Kulon Progo

Pemandangan Grojogan Sevu

Shutterstock Daya Tarik Grojogan Sevu
Foto oleh Ranang Mubyarto di Shutterstock

1. Dilengkapi dengan taman yang asri.

Saat memasuki kawasan wisata Groyogan Sevu, pengunjung akan disambut dengan pemandangan taman yang indah di pintu masuk. Taman ini sengaja dirawat agar kawasan wisata semakin indah. Tamannya juga dihiasi berbagai bunga berwarna-warni. Anda bisa menemukan berbagai tanaman.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Memang, untuk menjamin kenyamanan pengunjung yang berkunjung, di dalam taman dilengkapi gazebo untuk rekreasi sementara. Dengan begitu, pengunjung juga bisa bersantai dan melepas penat sambil menikmati indahnya pemandangan di sekitarnya.

2. Ketinggian air terjun yang menakjubkan

Daya tarik utama dari objek wisata alam ini adalah air terjunnya yang menakjubkan. Di sini Anda akan melihat tebing-tebing tinggi dengan aliran air yang cukup deras. Apalagi kawasan sekitarnya juga dipenuhi pepohonan rindang dan tanaman pakis.

Sehingga Anda bisa merasakan sejuknya suasana di objek wisata alam ini. Anda akan merasakan apa artinya menyatu dengan alam dan sebagian penghuninya. Burung, hewan kecil yang bahkan tak malu menampakkan dirinya kepada pengunjung.

Batuan yang terkena aliran air secara konstan membuatnya tampak seperti kolam renang. Sehingga, posisi air terjun tampak dikelilingi oleh dua batu tinggi sekaligus.

Baca Juga  Intip Pesona Pantai Menganti Kebumen, Surga Bahari Tersembunyi di Selatan Jawa

Apalagi datang di pagi dan sore hari, kesejukannya memang hanya akan terasa. Suara gemericik air berpadu dengan kicauan burung menciptakan harmoni yang sangat tenang.

➥ Tour Jogja 1 hari (Tumpeng Menorah, Kebun Teh Nglinggo dan lain-lain)

3. Termasuk dalam legenda wayang Mahabarata.

Keindahan dan pesona alam Groyogan Sevu Pendant Progo perlu anda ketahui. Bahkan, tempat ini juga mempunyai legenda tentang teater boneka Mahabharata yang tersebar dari mulut ke mulut.

Konon, dahulu kala, objek wisata ini pernah menjadi tempat meditasi seorang pria bernama Prabu Baladeva. Ia merupakan kakak dari Prabu Kresna. Saat itu, Prabu Kresna menyarankan kakak laki-lakinya untuk bermeditasi di air terjun tersebut. Langkah ini diambil semata-mata untuk mencegah Raja Baladewa ikut serta dalam Perang besar Baratayud.

Prabu Kresna menggantikan Grojogan Sevu karena aliran airnya yang deras. Menurutnya, air terjun setinggi 15 meter mampu meredam suara tembakan.

Akhirnya Prabu Baladeva memenuhi keinginan adiknya dengan bertapa di lokasi air terjun. Karena Raja Baladeva serius dalam melakukan penghematan, dia tidak menyadari bahwa Perang Baratayud telah dimulai.

4. Air bersih dan segar

Lokasinya jauh dari kendaraan. Membuat udara di sekitar air terjun sangat sejuk. Selain itu, air yang berasal dari pegunungan juga sangat jernih. Jadi Anda bisa melihat bebatuan alam di dasar air. Segarnya air berpadu dengan panorama khas dataran tinggi akan membuat Anda terpesona.

Ini adalah tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan liburan Anda. Bahkan, semakin dekat hari itu, pengunjung yang datang semakin banyak. Grojogan Sevu merupakan salah satu tempat eksotik di Kulon Progo. Airnya yang berwarna kebiruan seolah menambah keajaiban tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

Apalagi saat ini masih pagi sekali. Tempat ini sering dipenuhi pengunjung yang menunggu cahaya malam menerangi tebing air terjun.

➥ Tur Jogja 1 Hari: Candi Borobudur, Swargabhumi, Sungai Mudal dan Phule Payung

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Grojogan Sewu
Foto oleh Ranang Mubyarto di Shutterstock

Bagi yang ingin mengunjungi tempat wisata eksotik dan indah ini bisa langsung menuju ke alamat yang sesuai. Grojogan Sewu terletak di Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta.

Untuk mencapai lokasi yang Anda inginkan, Anda dapat memilih salah satu dari beberapa rute. Anda bebas menggunakan transportasi pribadi atau umum.

Objek wisata ini mudah ditemukan karena letaknya berdekatan dengan tempat wisata lainnya. Apalagi jika mengambil jalur dari Tugu Jogya. Berkendara menuju Jalan Godan dengan mengambil jalur barat.

Baca Juga  Makam Raja-Raja Imogiri, Wisata Ziarah yang Sarat Sejarah di Bantul Jogja

Anda kemudian akan sampai di pertigaan Jalan Lingkar Demak Ijo. Ikuti jalan tersebut hingga sampai di perempatan Pasar Kenteng. Selama berada di sini, Anda bisa langsung melihat pemandangan Gunung Menorah.

Dari sini Anda harus melewati medan yang cukup sulit. Jalan berkelok-kelok disertai tanjakan cukup terjal siap menemani perjalanan Anda. Namun, sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan alam yang indah.

Kemudikan mobil anda hingga menemukan pertigaan, pilih jalur yang paling kanan dan anda akan melihat plang atau rambu jalan bertuliskan Grojogan Sewu. Setelah berjalan melewati medan yang ada, Anda akan sampai di lokasi air terjun eksotik ini.

Perjalanan berkelok-kelok penuh tanjakan ini akan memakan waktu sekitar 1,5 jam. Setibanya di sana, parkirkan mobil Anda di tempat yang telah ditentukan.

Setelah itu pengunjung harus berjalan kaki melewati hutan selama kurang lebih 15 menit. Jalur pejalan kaki sudah dibuat menuju tempat wisata ini. Jadi Anda hanya perlu mengikuti instruksi pengelolanya saja.

Biaya masuk dan jam buka

Seperti halnya tempat wisata pada umumnya, mengembangkan tempat wisata itu lebih baik. Pengunjung juga dikenakan biaya tertentu agar bisa menjelajahi segala bentuk keindahan alam di tempat tersebut. Tapi Anda tidak perlu khawatir.

Pasalnya, pihak pengelola Grojogan Sewu Kulon Progo masih mematok harga yang wajar bagi setiap wisatawan yang datang. Cukup dengan Rp 6.000 saja kamu sudah bisa menikmati segarnya air dan sejuknya udara pegunungan.

Sedangkan tarif parkirnya sendiri untuk kendaraan bermotor berkisar Rp 2.000. Namun mobil tersebut dibanderol dengan harga lebih mahal yakni Rp 4.000.

Setiap item yang disajikan di tempat ini akan sangat mengesankan. Bagaimana tidak, liburan ke salah satu spot alam milik Tuhan itu tidak pernah mengecewakan. Harga yang disebutkan di atas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai pedoman.

Kegiatan yang menarik

Shutterstock Aktivitas Grojogan Sewu
Foto oleh Ranang Mubyarto di Shutterstock

Berenang dan bermain air

Sebuah aktivitas yang sayang untuk dilewatkan di Grojogan Sevu yang memungkinkan Anda menikmati kesegaran air khas pegunungan yang disediakan oleh alam. Ini pasti menjadi kegiatan yang menyenangkan dan berkesan untuk perayaan Anda.

Pada saat yang sama, warna airnya agak kebiruan dan sangat transparan. Anda pasti akan betah saat berenang di air alami yang berasal dari pegunungan.

Selain itu alam Jogja juga terkenal dengan perkebunan dan udaranya yang sejuk. Pengunjung juga bisa berdiri kokoh di bawah guyuran air terjun yang indah. Grojogan Sewu Jogja tidak pernah mengecewakan.

Baca Juga  Merapi Park, Destinasi Wisata Hits Jogja & Replika Landmark Terkenal Dunia

Namun, pastikan Anda tahu cara berenang. Pasalnya, genangan air di sini juga cukup dalam. Khusus bagi yang membawa anak-anak: pastikan untuk memantau pergerakannya.

Bersantai sambil menikmati keindahan alam

Bagi mereka yang tidak bisa berenang, bukan berarti tidak ada kegiatan. Perlu Anda ketahui bahwa tempat ini memiliki keindahan alam yang memanjakan mata. Duduk santai dan nikmati panorama alam yang akan membuat Anda takjub. Letak Grojogan yang berada di tengah hutan belantara membuatnya asri dan sejuk.

Beberapa burung kerap terbang rendah, seolah menyambut pengunjung. Ini merupakan pemandangan yang jarang terlihat di kota-kota besar. Pastikan Anda tidak melewatkan ucapan dari alam ini. Ada pula pepohonan yang seolah memberi payung rindang bagi tempat wisata.

Tur taman

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, pengelola wisata alam ini juga menanam taman bunga di gerbang masuk. Anda juga bisa berjalan-jalan menyusuri taman bunga sambil berbincang dengan pengunjung lainnya.

Menikmati keindahan taman bunga yang berwarna-warni dan kesejukan alam. Seolah ingin menenangkan pikiran seketika. Bahkan di siang hari pun masih sangat sejuk di sini. Sebab, pepohonan rindang berperan sebagai payung alam. Biasanya pengunjung datang ke sini pada sore hari. Pasalnya saat ini, Anda bisa melihat cahaya jingga menyinari tebing bebatuan dan seketika mengubah warna air.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Layanan Grojogan Sewu
Foto oleh Ranang Mubyarto di Shutterstock

Tempat wisata ini dikelola dengan baik oleh masyarakat yang bersangkutan. Maka tak heran jika Grojogan Sewu cukup memadai dari segi perlengkapannya. Buktinya, gazebo dibangun sebagai tempat istirahat pengunjung. Selain itu, terdapat ruang ganti atau kamar mandi untuk mencuci diri setelah berenang di air terjun ini.

Selagi Anda sibuk dengan hal-hal seru, tibalah waktunya berdoa. Pengunjung tidak perlu bingung karena pihak pengelola telah menyediakan musala untuk tempat ibadah umat Islam. Dengan demikian, Anda hanya perlu datang ke tempat musala untuk melakukan ibadah ritual.

Bagi yang membawa kendaraan bisa langsung menuju gudang atau tempat parkir yang letaknya dekat pintu masuk wisata. Di sini tentunya Anda harus membayar parkir sesuai aturan pengelola. Sehingga pengunjung dapat dengan aman mempercayakan angkutannya kepada petugas yang bertugas.

Beragamnya keistimewaan Grojogan Sewu Kulon Progo di atas pastinya akan membuat Anda semakin ingin mengeksplorasi keindahan alamnya. Hal ini juga membuktikan bahwa Indonesia mempunyai sektor pariwisata yang sangat maju. Apalagi dengan mengunjungi pariwisata Indonesia, Anda juga ikut membantu menunjang perekonomian masyarakat.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *