Bunut Ngengkang, Pemandian Alami di Lombok Barat yang Kaya Pesona

Ide Wisata338 Dilihat


Bunut Ngengkang merupakan kawasan pemandian alam menakjubkan di Lombok Barat yang menawarkan kekayaan pesona alam dan suasana asri yang menyegarkan.

Harga tiket: 2000 rupee Indonesia, Jam kerja: 07.00-18.00 VITA, Alamat: Buwut Tru, Sesaot, Kec. Narmada, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; Map: Periksa lokasi

Bunut Ngengkang, tempat wisata populer di Lombok Barat, menawarkan keindahan alam dan suasana yang indah. Konsep wisatanya cukup unik yaitu pemanfaatan air sungai yang sangat bersih.

Pengunjung bisa bermain air atau berenang sambil menikmati keindahan alam. Tempatnya masih di lereng pegunungan sehingga terlihat asri.

Nama Bunut sendiri sebenarnya diambil dari pohon beringin besar yang tumbuh di sekitar tempat tersebut. Karena bentuknya yang agak terbelah, maka dijuluki Ngankan atau “staddle”.

Terlepas dari namanya, tidak dapat dipungkiri bahwa tempat wisata Bali yang satu ini selalu dipadati wisatawan lokal maupun mancanegara.

Masih baru, dibuka tahun 2019. Namun pengelolaannya cukup baik dan profesional sehingga tersedia berbagai layanan lengkap.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Hadirnya zona foto menjadikan tempat rekreasi ini semakin menarik untuk dikunjungi. Apalagi bagi Anda pecinta fotografi, banyak pesona dan keindahan alam yang bisa dijadikan latar belakang.

Objek Wisata Bunut Ngengkang

Objek Wisata Bunut Ngengkang
Foto Mardi Kidang di Google Maps

Lombok Barat selalu menawarkan tempat wisata yang layak dikunjungi untuk mengisi liburan Anda. Anda dapat mengikuti tur ini dan menjadikannya prioritas utama Anda. Pasti ada alasan kenapa direkomendasikan, yaitu karena daya tariknya.

Kolam alami yang bersih

Tempat wisata di Lombok Barat ini mengusung konsep pemandian alam yang menyegarkan. Ini juga merupakan salah satu atraksi utama di mana pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas air.

Selain itu, arusnya tidak terlalu deras sehingga berenang relatif aman. Terdapat kolam renang yang dirancang khusus dengan air yang sangat bersih. Selain kolam alami, Bunut Ngengkang Lombok Barat juga punya kolam buatan yang tak kalah cantiknya.

Aliran air pegunungan masih digunakan sehingga airnya tetap bersih. Kolam ini dilengkapi dengan pembatas dimana airnya pasti penuh karena selalu mengalir. Wisatawan dapat memilih kolam mana untuk berenang atau bermain tergantung kedalamannya.

Baca Juga  Air Panas Pincara, Kolam Pemandian Air Panas Alami di Luwu Utara yang Lagi Hits

Suasana indah dan sejuk

Seperti yang telah disebutkan di atas, Bunut dalam bahasa setempat tidak lebih dari sebuah pohon beringin. Sungai yang mengalir indah ini dihiasi dengan pepohonan tinggi dengan dedaunan yang rimbun.

Selain itu dilengkapi dengan beberapa pohon lagi dari berbagai jenis. Kondisi ini membuat tempat wisata semakin asri dan menenangkan. Kawasan wisata Bunut Ngengkang terletak jauh di dalam hutan, sehingga tidak heran jika dikelilingi oleh banyak tumbuhan hijau.

Sembari berenang dan merasakan kesegaran airnya, Anda bisa menyaksikan bagaimana suasana hijau menambah kesegarannya. Oleh karena itu, tempat wisata populer ini juga memiliki pemandangan alam yang menakjubkan.

Jalur sepeda khusus

Bunut Ngengkang di Lombok Barat tidak hanya memiliki kolam renang tetapi juga banyak tempat wisata utama yang perlu Anda ketahui. Sebut saja ini jalur khusus bagi pecinta bersepeda.

Anda bisa mengayuh sepeda secara perlahan sambil menikmati keindahan alam dan suasana hutan yang rimbun. Jalur ini mengikuti aliran sungai sehingga akan semakin menarik untuk dicoba.

Tempat-tempat menarik untuk foto

Daya tarik Bunut Ngengkang selanjutnya adalah terdapat beberapa spot foto yang bisa dijadikan backdrop. Padahal, segala keindahan dan suasana di sini cocok untuk fotografi.

Sebut saja hutan lebat dengan vegetasi hijau bervariasi. Ada banyak tanaman berbunga indah di sini yang semakin mempercantik pemandangan.

Belum lagi, spot foto tersedia sebagai properti khusus. Meski terkesan sederhana, ayunannya membuatnya semakin ramah untuk berfoto.

Ayunan ini menghadap ke sungai dan hutan rindang. Ada pula tempat khusus berupa rumah pohon yang juga menyuguhkan pemandangan keindahan alam yang menakjubkan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Bunut Ngengkang
Foto oleh Devi Suhendri di Google Maps

Bagi yang berminat dan ingin berkunjung, Kawasan Wisata Bunut Ngengkang terletak di Buwut Sejati, Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Jauh banget, harus menempuh perjalanan jauh kalau dari Alun Alan Tastura. Jaraknya sekitar 27 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu 50 menit.

Baca Juga  Kebun Buah Mangunan, Keindahan Negeri di Atas Awan Bantul Jogja

Namun akses jalannya sangat baik dan memadai serta dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau jasa wisata.

Rute terbaik dan tercepat jika Anda berangkat dari pusat kota adalah menuju ke Jalan Gajah Mada terlebih dahulu. Kemudian silakan menuju Jalan Puyung lalu Jalan Raya Mantang hingga sampai di Taman Narmada.

Jalur selanjutnya menuju Bunut Ngengkang adalah mengikuti jalur sepanjang Jalan Suranadi, kemudian menuju Jalan Sesaot dimana objek wisata tersebut berada.

Meski kawasannya tidak terlalu padat, namun disekitarnya terdapat pemukiman penduduk. Jadi ada baiknya Anda bertanya langsung pada penduduk setempat yang terkenal ramah.

Biaya masuk dan jam buka

Tempat wisata populer di Lombok Barat ini baru dibuka pada tahun 2019 ini dengan tujuan yang sangat mulia. Warga setempat memanfaatkan aliran sungai yang jernih untuk menarik wisatawan.

Nantinya, dana yang diterima akan digunakan untuk membangun musala sebagai tempat ibadah. Hal inilah yang menyebabkan tarif masuk Bunut Ngengkan di Lombok Barat sangat murah. Anda hanya perlu menyiapkan dana sebesar Rs 2000 per orang.

Biaya tambahan hanya dikenakan bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi. Kalau naik sepeda motor siapkan uang Rp 5.000,- dan untuk mobil Rp 10.000.

Kegiatan yang menarik

Hiburan Bunut Ngengkan
Foto oleh Putu Sutari di Google Maps

Dapatkah Anda membayangkan kondisi dan posisi objek wisata ini berdasarkan uraian objek wisata di atas? Kalau soal kegiatan, tentu ada yang bisa dilakukan. Anda bisa bermain air, mencari spot foto, berjalan-jalan, atau bahkan bersepeda santai.

1. Menikmati pesona alam yang indah.

Tidak dapat dipungkiri jika Bunut Ngengkan menawarkan keindahan alam yang mempesona sebagai salah satu daya tariknya. Sayang sekali kalau melewati keadaan ini saja, harusnya dinikmati pula.

Anda bisa bersantai dan melepas penat di gazebo, berjalan-jalan di sekitar lokasi, atau menikmati makanan yang dibawa dari rumah.

2. Berenang untuk merasakan kesegaran di Bunut Ngengkang.

Siapapun yang datang ke Bunut Ngengkang pasti tidak akan bisa menolak airnya yang sangat jernih dan menyegarkan. Tujuan sebagian besar wisatawan tak lain hanyalah berenang dan bermain air.

Baca Juga  Taman Wisata Rita, Destinasi Wisata Keluarga di Takalar yang Kaya Pesona

Selain itu, ada dua kolam yang bisa dipilih: alami dan buatan. Silakan sesuaikan kedalaman air sesuai dengan kemampuan atau keterampilan berenang Anda.

3. Bersepeda santai

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, di kawasan wisata Bunut Ngengkang terdapat jalur khusus bagi para pecinta bersepeda. Anda bisa melakukannya sambil menikmati udara segar dan suasana yang sejuk.

Tidak perlu membawa sepeda sendiri, Anda bisa menyewa sepeda dari petugas. Jalur setapak yang menyusuri sungai membuat kegiatan ini semakin menyenangkan.

4. Berburu spot foto

Spot foto yang disediakan objek wisata populer di Narmada ini semakin menambah pilihan hiburan yang tersedia. Pesona alamnya layak dijadikan background baik untuk konten foto maupun video.

Anda bisa menggunakan ayunan sambil bersantai dan sedikit berpose. Anda juga bisa menggunakan gazebo unik berbahan jerami atau rumah pohon.

5. Berjalan-jalan di sekitar tempat wisata

Hal seru yang bisa dilakukan di Bunut Ngengkang Lombok Barat selanjutnya adalah berjalan-jalan di sekitar tempat wisata. Memang pada umumnya pengunjung lebih suka berenang, berjemur atau bermain air.

Ada pula yang sengaja mengabadikan momen sebagai tujuan utamanya. Namun tak ada salahnya jika Anda berjalan-jalan di sekitar tempat ini dan menikmati suasana segar dan asri.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Bunut Ngengkan
Foto 태양과달 di Google Maps

Meskipun baru dibuka beberapa tahun yang lalu dan dikelola secara mandiri oleh penduduk setempat, fasilitasnya cukup lengkap. Anda bisa memanfaatkan tempat parkir yang luas jika datang dengan mobil pribadi.

Terdapat pula mushola yang dibangun dengan dana hasil pemandian alam ini. Fasilitas lainnya antara lain toilet, kios, spot foto dan masih banyak lagi.

Saya rasa hanya itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai salah satu tempat wisata populer di Lombok Barat ini. Bunut Ngengkan menawarkan banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Ditambah lagi, harga tiketnya murah, fasilitasnya tersedia, dan banyak aktivitas seru dan seru yang bisa Anda lakukan.


databaru.my.id