Pantai Ngobaran, Wisata Pantai Eksotis di Gunung Kidul Jogja

Ide Wisata42 Dilihat


Pantai Ngobaran merupakan salah satu tempat wisata pantai populer di Gunung Kidul Jogya. Pantai yang termasuk dalam gugusan laut pantai selatan ini memiliki pemandangan yang menakjubkan dan dikenal dengan nama Tanah Lot di Jogya.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Jl. Desa Kanigoro, Kecamatan. Saptosari, Kab. Gunung Kidul, Inspektur Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Berwisata keliling Yogyakarta sepertinya tidak ada habisnya, bahkan di daerah terpencil pun terdapat tempat wisata yang memiliki keunikan tersendiri. Pantai Ngobaran salah satunya, pantai berpasir putih ini terletak di Kecamatan Gunung Kidul.

Kawasan pantainya tidak terlalu luas, mungkin panjangnya hanya sekitar 1,5 km. Namun, jangan remehkan pesona pantai ini: suasana religius akan Anda rasakan saat pertama kali memasuki pantai ini.

Dengan harga tiket yang cukup murah, Anda bisa menikmati alam khas Yogyakarta di lantai dua keindahan Pantai Ngobaran. Jalan menuju pantai wisata ini sangat sederhana, setiap perjalanan akan membawa anda melewati beberapa hutan yang indah.

➥ Hotel murah di Gunung Kidul

Objek Wisata Pantai Ngobaran

Shutterstock Objek Wisata Pantai Ngobaran
Foto oleh Cencen23 di Shutterstock

1. Pura Hindu

Pantai ini menarik perhatian banyak wisatawan tidak hanya karena pemandangan lautnya saja. Namun ada bangunan ibadah umat Hindu yang berdiri di atas batu karang yang menjorok ke laut.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Segara Vukir, demikian sapaan warga setempat, candi yang dibangun sejak tahun 2003 ini memiliki desain yang sama dengan candi Hindu pada umumnya. Gerbang masuknya diikat dengan kain berwarna kuning keemasan.

Pura ini masih aktif digunakan untuk peribadatan oleh warga sekitar yang menganut agama Hindu. Upacara adat yang berkaitan dengan agama juga sering diadakan di pura ini.

Ada upacara tertentu yang akan dilaksanakan pada malam bulan purnama. Saat bulan menjadi bulat sempurna, umat Hindu mengadakan upacara khusus untuk menghormati dewa mereka.

Pura yang dibuka pada pertengahan tahun 2004 ini kemudian menjadi tempat berfoto bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Ngobaran. Terdapat spot foto di sisi timur pantai yang terlihat bebatuan.

Banyak pasangan muda yang sengaja datang ke pantai ini untuk berfoto di kawasan pura. Untuk kesan foto yang maksimal, tambahkan kacamata hitam atau topi pantai agar tampilan semakin eksentrik.

➥ One day tour ke Wisata Bahari Jogja

Bagian depan candi dihiasi dengan patung-patung berbentuk dewa. Hal ini akan Anda lihat saat memasuki gerbang Pura Segara Vukir. Suasana saat memasuki pura akan khas Bali dengan aroma dupa.

Baca Juga  Pantai Watu Lawang Menyuguhkan Keindahan Alam Yang Memesona

Selain pura Hindu, terdapat juga bangunan pura di sekitar pantai. Candi ini bernama Candi Moodipo dan biasa digunakan oleh penduduk setempat yang menganut kepercayaan Jawa.

Kejawen sendiri merupakan kepercayaan sebagian warga Yogyakarta yang masih sangat menghormati budaya nenek moyang terdahulu. Masyarakat yang masih menganut agama Kejawen berupaya melestarikan budaya nenek moyangnya.

2. Batuan karang dan batuan koral

Yang unik dari Pantai Ngobaran adalah kawasannya dikelilingi tebing kapur di setiap sisi kanan dan kirinya.

Pesona tebing kapur yang sudah ada sejak zaman prasejarah ini bisa Anda nikmati langsung dari pinggir pantai. Ada fakta menarik dari bebatuan kapur di tebing Pantai Ngobaran, yakni ditemukannya fosil biota laut di bebatuan tersebut.

Artinya pada zaman dahulu pantai ini berada di ketinggian tebing, kemudian karena faktor alam akhirnya air laut surut. Kemudian bebatuan kapur yang tertinggal di dalam air berubah menjadi batu yang bisa dijadikan spot foto seperti saat ini.

Berbicara tentang indahnya tebing-tebing tinggi, pesona laut yang dimiliki pantai ini tentu tidak bisa dilewatkan. Anda bisa meletakkan kaki Anda di atas bebatuan karang yang membentuk garis pantai. Karang ini akan tampak berwarna hijau karena adanya alga yang menutupi permukaannya.

Jika melihat lebih detail bebatuan karang ini, Anda akan bisa melihat ekosistem laut di sela-sela bebatuan tersebut. Ikan-ikan kecil, alga, bahkan bintang laut pun bisa terlihat jelas karena airnya yang jernih.

Namun berhati-hatilah saat menginjak bebatuan karang tersebut dan kenakan sepatu agar bebatuan karang tersebut tidak menggores telapak kaki Anda. Selain itu, pengunjung juga sering menjumpai ular laut yang terkenal dengan racunnya.

Perlu diingat, Pantai Ngobaran menghadap langsung ke palung laut sedalam puluhan kilometer. Oleh karena itu jangan sekali-kali mencoba berenang di kawasan pantai, karena akan sangat berbahaya bagi Anda.

Anda juga perlu berhati-hati terhadap ombak yang sewaktu-waktu bisa datang saat Anda sedang asyik bermain di pantai. Jika dirasa ombak yang mendekat cukup besar, sebaiknya segera mencari tempat yang lebih aman atau menjauh dari bibir pantai.

➥ One Day Tour ke Yogya : Pantai Timang, Pantai Indrayanti dan Pantai Drini

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Pantai Ngobaran
Foto oleh Victor A.S. di Shutterstock

Pantai ini letaknya cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta, perjalanan memakan waktu hingga 1 jam jika keluar kota.

Pantai ini terletak di Desa Kanigoro, di sisi barat daya Kabupaten Gunung Kidul. Pastinya perjalanan anda akan membawa anda melewati jalanan yang berkelok-kelok, naik turun. Memasuki kawasan pegunungan, akan terlihat deretan hutan yang masih belum terjamah.

Baca Juga  Indahnya Pantai Yeh Leh, Tempat Pertemuan Antara Laut dengan Sungai di Bali

Cara menuju Pantai Ngobaran adalah dengan mencari jalan menuju ke Piyungan, disini anda bisa melalui Ring Road. Berkendara menyusuri jalan lingkar menuju Piyungan, tanjakan pertama akan terlihat setelah lampu merah terakhir di dekat lapangan sepak bola.

Ikuti saja jalur utama yang akan naik turun dengan ritme tikungan yang cukup tajam. Sepanjang perjalanan, Anda akan melewati hutan lindung milik pemerintah Yogyakarta yang bernama Hutan Sodong. Setelah melewati beberapa jalan berkelok-kelok melewati hutan, temukan jalan menuju kawasan Saptosari.

Jalur lain yang bisa Anda tempuh adalah salah satu jalan terkenal Yogyakarta yaitu Jalan Parangtritis. Jika melalui jalur ini, Anda akan disuguhi pemandangan persawahan dan perbukitan di sisi timur.

Setelah sampai di kawasan pantai Parangtritis, belok kiri yang kemiringan jalannya mencapai 45°. Dari sini Anda hanya akan menyusuri satu jalur yang cukup lebar, struktur jalannya mulus seperti masih aspal baru. Perjalanan akan selesai sampai Anda menemukan tanda dengan nama pantai tersebut.

Jalan menuju kawasan pantai akan sedikit bergelombang, berhati-hatilah saat berkendara di jalan ini. Lubang-lubang kecil yang muncul di jalan ini akibat dampak dari kendaraan besar yang melintas di jalan tersebut setiap hari.

Meski jalannya tidak rata, bus kecil berkapasitas 50 orang bisa melintasinya. Hal ini akan memudahkan pengunjung yang bepergian berkelompok dengan bus.

Biaya masuk dan jam buka

Tiket masuk objek wisata Pantai Ngobaran dibanderol Rp 5.000 per orang. Harga ini tergolong murah karena tiket pantai ini juga bisa digunakan untuk memasuki pantai terdekat lainnya.

Untuk memarkir kendaraan roda dua, Anda hanya perlu membayar Rp 2.000 hingga Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Tempat parkir pantai ini cukup luas dan juga terdapat tempat parkir khusus bus wisata.

Namun sebelum memasuki kawasan Gunung Kidul, akan ada posko di perbatasan untuk membiayai seluruh wisata di kawasan tersebut. Biaya yang biasa dikenakan adalah Rp 20.000 per sepeda motor atau mobil. Bahkan pada hari libur tertentu, pos ini akan dijaga oleh aparat kepolisian dan TNI setempat.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Pantai Shutterstock di Ngobaran
Foto oleh Galeh Kholis di Shutterstock

Masakan kuliner dari bulu babi

Hewan dengan duri tajam dan bentuk menyerupai buah rambutan ini dapat dengan mudah kita jumpai di kawasan pantai Ngobaran. Orang-orang di pantai biasanya mencari hewan ini di antara bebatuan di tepi pantai.

Setelah mencuci dan membersihkan sisa pasir, duri tajam yang berfungsi sebagai pelindung hewan ini dipotong. Gunakan pisau tajam dan sarung tangan untuk menghindari kontak langsung dengan racun.

Baca Juga  Pulau Pari, Pulau di Kepulauan Seribu yang Menjadi Habitat Berbagai Biota Laut Eksotis

Bagian yang dimakan adalah telur bulu babi yang bentuknya seperti kuning telur ayam namun lonjong. Telur hewan tersebut kemudian direbus dalam air yang dicampur garam hingga matang dan membentuk banyak busa.

Hidangan seafood anti mainstream dengan rasa manis dan pedas ini bisa Anda coba. Rasa yang lebih tajam akan membantu menghilangkan bau amis pada telur bulu babi.

Hidangan ini disajikan dengan semangkuk nasi hangat dan es minuman menyegarkan. Setiap restoran yang ada di kawasan Pantai Ngobaran sudah memasukkan hidangan ini ke dalam menunya.

Pesona Sunset di Pantai Ngobaran

Jika Anda mengunjungi pantai yang indah dan tidak menikmati suasana di sore hari, itu tidak akan menjadi pengalaman yang lengkap. Saat matahari mulai tenggelam di bawah ufuk barat, warna langit berubah menjadi oranye.

Inilah momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak pengunjung Pantai Ngobaran. Baik Anda sedang duduk di tepi pantai atau di atas tebing kapur, Anda berdua akan menemukan keindahan alam ini. Menyanyi atau bermain gitar akan menambah suasana dan semakin menyenangkan.

Siluet batu karang di sisi barat akan terlihat estetis jika diabadikan dalam sebuah lukisan. Merekam video timelapse akan menjaga ingatan tentang perubahan hari dari tengah hari ke malam hari.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Properti Pantai Shutterstock di Ngobaran
Foto oleh Ika Hilal di Shutterstock

Wisata pantai ini memberikan beberapa pilihan bagi pengunjung. Toilet merupakan hal yang penting untuk dipersiapkan oleh seorang pengelola wisata: pantai ini memiliki toilet di salah satu sudutnya.

Pantai ini juga menyediakan tempat ibadah bagi umat Islam. Di sebelah candi Hindu terdapat musala, wisatawan yang ingin beribadah dapat menggunakan bangunan ini.

Restoran-restoran di sekitar pantai juga menyajikan beragam hidangan seafood dengan cita rasa khas Yogyakarta. Selain makan di restoran yang menghadap ke pantai, Anda juga bisa membawa beberapa hidangan untuk dibawa pulang dan disantap di rumah.

Pulang liburan rasanya belum lengkap kalau tidak membawa oleh-oleh. Tenang saja, di Pantai Ngobaran ada toko yang menjual pernak-pernik kerang. Cermin, hiasan meja, dan gorden berlapis kerang akan siap menghiasi rumah Anda.

Pantai berpasir putih ini memiliki banyak atraksi dan aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di sana. Sebelum menuju Pantai Ngobaran Gunung Kidul, siapkan kendaraan yang kondisinya benar-benar bagus. Jalan yang berkelok-kelok akan menjadi ujianmu.


databaru.my.id