Ayam Goreng Mbok Tumbu – Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta

Wisata Kuliner29 Dilihat


foto: kompas.com

Ayam goreng merupakan hidangan populer di seluruh Indonesia, dan Gunung Kidul di Yogyakarta juga memiliki versi ayam goreng yang lezat. Ayam goreng Mbok Tumbu di Gunung Kidul memang mempunyai cita rasa dan cita rasa tersendiri.

Ayam Goreng Mbah Tumbu merupakan salah satu tempat makan legendaris di Jogja karena sudah buka sejak tahun 1963 dan memiliki cita rasa yang sama nikmatnya. Yang istimewa dari Ayam Goreng Mbah Tumbu adalah penggunaan ayam kampung yang dimasak dengan bumbu terbaik sehingga bumbu meresap sempurna ke dalam daging dan menjadikannya empuk.

Pengolahannya masih menggunakan alat tradisional yaitu oven berbahan bakar kayu sehingga menghasilkan cita rasa lezat khas pedesaan. Satu porsi menyajikan ayam batsom kampung panggang yang dipadukan dengan lodeh tahu cabai hijau. Hal lain yang membuatnya nikmat dan membuat ketagihan adalah sambalnya. Saus sambalnya merupakan perpaduan cabai rawit hijau, sedikit cabai merah, dan bawang putih. Cita rasa kuliner lokalnya memang bikin ketagihan.

Rumah Makan Ayam Goreng Mbah Tumbu terletak di Ngebrak Barat, Semanu, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Masih satu kawasan dengan Gua Kalisuchi.


databaru.my.id

Baca Juga  Review Lokasi dan Fasilitas Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *