Air Terjun Kali Pedati, Air Terjun Eksotis yang Sarat dengan Legenda Dewi Rengganis di Probolinggo

Ide Wisata32 Dilihat


Air Terjun Kali Pedati di Probolinggo, air terjun eksotis yang sarat akan legenda Dewi Rengganis, menawarkan keindahan alam dan kisah mistis yang mempesona.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Kali Pedati, Kalianan, Kets. Crusil, Kab. Probolinggo, Jawa Timur; Map: Periksa lokasi

Seperti yang anda ketahui, Probolinggo merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak tempat wisata alam yang memukau dan indah. Seperti Gunung Bromo, Pantai Bentar dan masih banyak lagi yang lainnya. Air Terjun Kali Pedati merupakan salah satu tempat wisata unggulan di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Mengapa air terjun ini menjadi salah satu air terjun yang sangat direkomendasikan bagi siapapun yang ingin mengunjungi tempat wisata alam? Sebab tempat ini menyuguhkan pemandangan seperti lukisan yang sangat indah.

Promosi di Probolinggo

Lokasi Objek Wisata Air Terjun Kali Pedati

Lokasi Objek Wisata Air Terjun Kali Pedati
Foto Wisata Air Terjun Kalipedati di Instagram

Wisata air terjun ini terletak di Desa Kalianan, Kecamatan Krusil, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Namun jika Anda masih belum mengetahui dimana letak objek wisata ini, Anda bisa menggunakan Google Maps dengan mengetik “Air Terjun Kali Pedati Probolinggo. Anda kemudian akan otomatis diarahkan ke tempat wisata tersebut.

Jarak dari kota Probolinggo ke tempat wisata ini sekitar 40 km ke arah selatan. Sesampainya di Desa Kalianan, Anda harus berjalan kaki sekitar 1 km. Kawasan yang panjangnya sekitar 1 km ini tidak mudah untuk dilalui karena letaknya yang cukup bergunung-gunung sehingga sangat kering.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Toko 12 12

Toko 12 12

Namun jangan khawatir, sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan indah karena alam di sepanjang perjalanan masih terjaga dengan baik. Aliran sungainya masih segar dan jernih sehingga siapa pun yang melihatnya pasti akan terkesima dan ingin segera menceburkan diri ke dalam air.

Baca Juga  Tebing Breksi Jogja, Bekas Tambang yang Disulap Jadi Objek Wisata

Apalagi bebatuan di sekitar perbukitannya menjulang tinggi sehingga perjalanan tidak terasa membosankan. Meski harus menempuh jarak sekitar 1 km, namun rasa lelah akan terasa saat sampai di air terjun.

Wisata Golden Sunrise di Gunung Bromo

Sejauh mata memandang, Anda akan disuguhkan bagian air terjun yang tampak seperti air yang jatuh dari langit. Air terjun dari batu karang ini menghadirkan kesejukan dan udara segar sehingga membuat suasana lebih sejuk dan damai.

Bahkan jika beruntung, jika mengunjungi tempat ini, Anda mungkin akan menjumpai satwa liar endemik Pulau Jawa. Misalnya saja rombongan lutung atau kera, burung bahkan tupai yang bergelantungan di pepohonan di sekitar air terjun Kali Pedati.

Untuk bisa memasuki kawasan wisata ini, Anda hanya perlu membayar sebesar Rp. 5000 rupee sedangkan jika ingin berkemah hanya perlu membayar rupee. 10.000,0. Murah sekali bukan untuk tempat wisata alam yang sangat indah ini?

Sedangkan untuk parkir, sistem adil diterapkan di sini. Meski ikhlas, bisa dipastikan mobil yang Anda titipkan akan dijaga dengan baik.

Tur trekking dua hari yang menarik ke Gunung Bromo

Legenda Air Terjun Kali Pedati Probolinggo

Legenda Air Terjun Kali Pedati Probolinggo
Foto oleh Triton Vui di Instagram

Ada legenda yang sangat terkenal tentang air terjun Kali Pedati di Probolinggo, yaitu sungai yang mengalir di bawahnya merupakan jalur kereta api emas milik Dewi Rengganis. Dewi Rengganis adalah putri Prabu Brawijaya, raja Majapahit.

Konon Dewi Rengganis sedang menuju puncak Gunung Argopuro di wilayah Probolinggo. Saat melewati kawasan air terjun, kereta emas Dewi Rengganis terjatuh dan rusak parah. Namun di sisi lain, Dewi Rengganis berhasil mencapai puncak air terjun.

Kisah ini sangat terkenal di kalangan masyarakat sehingga banyak warga sekitar yang kerap membela tempat wisata ini. Jadi bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat ini, mohon untuk menjaga kebersihan dan kesopanan sebagai bentuk rasa hormat terhadap penduduk setempat yang telah mengelola tempat ini selama bertahun-tahun.

Baca Juga  Pantai Klayar, Permata Tersembunyi di Pacitan dengan Panorama Alam yang Memesona

Layanan disajikan

Struktur air terjun Kali Pedati
Foto oleh Ivans Chandra di Instagram

Sebagai objek wisata Air Terjun Kali Pedati Probolinggo tentunya menawarkan beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan sehingga memudahkan wisatawan dalam menikmati objek wisata alam tersebut. Terdapat 4 gazebo yang dibangun oleh pengelola setempat. Tak lupa juga terdapat kamar mandi yang dilengkapi dengan toilet.

Namun mengingat besarnya daya tarik wisata, tempat ini perlu perbaikan. Tempat ini harus mendapat perhatian penuh dari pemerintah daerah dan pengelola karena fasilitas yang ada dirasa masih kurang memadai.

Mengapa ini masih belum cukup? Di akhir pekan atau hari libur tertentu tentunya banyak wisatawan yang datang ke sini dibandingkan hari-hari biasa. 4 gazebo yang dibangun sebelumnya ternyata tidak mampu menampung pengunjung yang datang.

Oleh karena itu, perlu dibangun lagi gazebo atau tempat rekreasi yang lengkap agar pengunjung yang datang ke tempat ini dapat berlibur dengan nyaman dan aman. Jangan lupa, pemerintah dan pengelola juga perlu memperhatikan akses menuju tempat wisata yang bisa dikatakan tidak lancar.

Tips mengunjungi air terjun Kali Pedati

Tips mengunjungi air terjun Kali Pedati
Foto Asli Probolinggo di Instagram

Sebelum mengunjungi objek wisata Air Terjun Kali Pedati, sebaiknya perhatikan tips berikut ini agar liburan Anda semakin nyaman. Berikut tipsnya:

Bawalah makanan dan minuman saat berkunjung ke tempat wisata ini. Anda bisa menyiapkannya di rumah atau membelinya saat bepergian ke tempat wisata.

Mengapa Anda perlu membawa makanan dan minuman? Karena di tempat wisata tidak akan anda temukan penjual makanan atau warung makan atau minuman.

Untuk mencapai tempat wisata ini sebaiknya menggunakan mobil atau mobil. Jangan naik bus besar karena jalan menuju tempat ini cukup sulit.

Jika Anda membawa kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil, sebaiknya dititipkan di rumah warga yang berada di kawasan objek wisata untuk menjamin keselamatan.

Baca Juga  Kedung Tolok, Air Terjun Alami dengan Keindahan Alam yang Menakjubkan di Bantul

Jangan lupa membawa baju ganti, apalagi jika Anda memutuskan untuk bermain di sungai dan air terjun. Tentu tidak ideal jika Anda datang, tapi jangan bermain di air yang terlalu segar.

Sebelum anda datang ke Air Terjun Kali Pedati wajib mengecek prakiraan cuaca karena jika tiba-tiba turun hujan dan badai akan sangat mengganggu liburan anda bukan? Oleh karena itu, carilah hari yang cuacanya akan sangat cerah agar tidak mengganggu kenyamanan Anda berlibur.

Terakhir, jangan lupa membawa uang untuk transportasi. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jarak rumah warga dengan tempat wisata cukup jauh jika ditempuh dengan berjalan kaki. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan jasa ojek warga sekitar sana untuk menuju tempat wisata air terjun tersebut.

Air Terjun Kali Pedati merupakan salah satu tempat wisata yang wajib anda kunjungi ketika sedang berlibur atau pergi ke Kabupaten Probolinggo. Apalagi jika Anda menyukai tantangan alam, maka tempat ini sangat cocok. Pastikan untuk mengikuti semua tips yang disebutkan dalam artikel ini untuk meningkatkan kenyamanan liburan Anda!




databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *