Pantai Klayar Pacitan: Harga Tiket Masuk, Lokasi dan Penginapan Terdekat 2023

Wisata Pantai32 Dilihat


KabarWisata.com – Pantai Clayar di Pacitan menjadi salah satu tempat liburan favorit, terutama bagi mereka yang menyukai sensasi laut. Di samping itu, Pacitan Letaknya sendiri di wilayah Jawa Timur dan mempunyai banyak tempat wisata alam yang indah.

Pantai Clayar bisa anda kunjungi bersama keluarga, sahabat, pacar atau pacar anda untuk menikmati keindahan destinasi pantai ini.

Banyak orang yang ingin ikut wisata ini, namun takut biaya akomodasinya mahal, jangan khawatir kami akan membahasnya secara lengkap disini. Pantai Clayar Pacitan, mulai dari harga tiket, objek wisata dan alamat lengkap.

Objek Wisata Pantai Clayar Pacitan

Keindahan pantai ini sendiri sungguh memukau dan suara deburan ombaknya membuat suasana semakin menyejukkan. Selain itu, pantai ini sendiri memiliki sejumlah daya tarik sehingga memiliki ciri khas tersendiri.

1. Gradasi warna pasir

Biasanya pantai hanya memiliki satu warna pasir: putih, coklat, hitam atau bahkan merah muda. Namun, apa jadinya jika Anda memadukan pasir berwarna coklat dan putih? Tentu ini akan memberikan gradasi warna yang indah bukan?

Nanti kalau dicermati airnya, akan terlihat pasir berwarna kecoklatan. Namun jika digeser ke samping, pasir yang terlihat akan berwarna putih.

2. Seruling Laut

Daya tarik Pantai Clayar Pacitan selanjutnya adalah suara angin dan air laut yang terdengar kemudian mengisi lubang pada batu tersebut. Suaranya juga mirip dengan seruling.

Banyak sekali orang yang ingin mendengar momen langka seperti itu. Maka dari itu, jika Anda ingin berlibur ke tempat ini, jangan sampai melewatkan momen ini.

3. Batuan karang di tengah pantai

Pantai ini mempunyai karang yang cukup besar dan batu ini mempunyai legenda yang dipercaya oleh penduduk setempat. Menurut warga setempat, karang tersebut terbentuk akibat pertarungan dengan makhluk gaib dan terjadi di Pantai Clayar.

Jika dilihat lebih jauh, bebatuan tersebut terhubung dengan bebatuan yang ada di pinggir pantai. Tak hanya itu, Anda bisa menaiki karang dengan aman karena terdapat tangga beton untuk memudahkan pengunjung mengaksesnya.

Baca Juga  Pantai Klayar, Permata Tersembunyi di Pacitan dengan Panorama Alam yang Memesona

4. Batu Sphinx dan Sumur

Saat berkunjung ke tempat ini, di kawasan Mesir Anda bisa menemukan bebatuan yang mirip dengan patung Spinks, yaitu patung singa namun berkepala manusia. Itulah sebabnya batu ini dinamakan Batu Sphinx.

Selain itu, batunya berlubang dan terdapat air di dalamnya. Penduduk setempat menyebutnya sumur, dan yang tercepat adalah 3 sumur. Yakni, sumur Permana yang dulunya digunakan untuk memandikan dan merawat kuda. Apalagi sumur ini juga merupakan yang terluas dan terluas diantara yang lainnya.

Dua lagi disebut Suranyata dan Chitralara, yang diyakini membawa berkah. Ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan yang pertama.

5. Ada air mancur

Yang tak kalah menarik dari pantai ini adalah adanya air mancur yang terlihat di tengah laut dan mencair di saat yang tidak terduga. Namun biasanya terjadi pada saat permukaan laut sedang tinggi, yakni sekitar pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

Ternyata karang yang mengeluarkan suara mirip seruling juga bisa menghasilkan air mancur. Ketinggiannya sendiri sekitar 10-15 meter.

Alamat Pantai Clayar, Pacitan

Alamat Pantai Clayar di Jl. Pantai Clayar, Kendal, Sendang, Kab. Donoroho, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554

Lokasi destinasi ini berada di Pacitan, lebih tepatnya di perbatasan antara Wonogiri. Untuk menuju pantai ini, Anda bisa menempuh 2 jalur alternatif. Bagi anda yang datang dari Kota Pacitan, ikuti jalur bus Solo Pacitan. Setelah itu belok kiri di pertigaan Dadapan dan sesampainya di desa Kandy belok kanan.

Kemudian jalan lurus hingga akhirnya menemukan pertigaan dan ikuti petunjuk untuk memasuki pantai. Sedangkan yang datang dari Yogyakarta bisa melalui jalur Gunung Kidul atau Wonosari. Nanti anda akan mengambil jalan lurus ke timur menuju Patuk.

Sesampainya di kawasan tersebut, ikuti jalan menuju Prachimantoro, lalu menuju Giribela, lalu menuju Punung. Di Jalan Punung Anda akan menemukan petunjuk arah menuju Pantai Clayar.

Baca Juga  Pantai Legon Pari, Pantai Pasir Putih di Lebak yang Kaya Pesona

Biaya masuk ke Pantai Clayar

Berapa banyak harga tiket masuk Pantai Clayar? Untuk masuk ke sini kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp10.000 per orang dan Rp15.000 untuk dewasa. Biaya tersebut ditetapkan pada 15 Februari 2021 berdasarkan peraturan daerah Kabupaten Pacitan. Sebelumnya, rute ini dikenakan tarif Rp5.000 untuk anak-anak dan Rp10.000 untuk dewasa.

Jam Buka Pantai Clayar Pacitan

Bagi anda yang ingin ke Pantai Clayar buka setiap hari dan 24 jam sehari karena terkadang ada wisatawan yang ingin bermalam di dekat pantai.

Rekomendasi penginapan dekat Pantai Clayar Pacitan

Jika Anda memutuskan untuk pergi berlibur bersama keluarga selama beberapa hari, sebaiknya Anda mencarinya. perumahan yang nyaman. Agar momen ini menjadi berkesan dan menyenangkan.

1. Rumah tamu La Calypso

Rekomendasi penginapan dekat Pantai Clayar yang pertama ada di kawasan Ploso, Pacitan. Fasilitas tersedia – akses mudah ke pantai. Selain itu, di sini Anda bisa memanfaatkan Wi-Fi gratis, persewaan sepeda motor, dapur, spa, kamar mandi, dan kamar yang nyaman.

2. Hotel Hamiko

Hotel ini terletak di kawasan Balejarjo atau sekitar 1,3 km dari Kota Pacitan. Saat menginap di sini, Anda berhak mendapatkan berbagai fasilitas. Yaitu: resepsionis 24 jam, Wi-Fi gratis, teras, AC, kamar mandi dan TV. Tak hanya itu, hotel ini juga menyuguhkan pemandangan pegunungan yang indah dan udara yang sejuk.

3. Hotel Minang Permay 3

Tempatnya sendiri terletak di kawasan Sidoharjo, Pasitan. Jika Anda menginap di hotel ini, Anda akan lebih mudah mengunjungi tiga tempat wisata sekaligus. Baik itu Goa Gong, Pantai Srau ataupun Pantai Clayar. Fasilitas hotel ini antara lain Wi-Fi gratis, parkir, kamar mandi, layanan kamar dan lain sebagainya.

Fitur dan Aktivitas Seru di Pantai Clayar Pacitan

Anda yang ingin berkunjung mungkin bertanya-tanya apa saja yang ada di Pantai Clayar. Perlu diketahui, meski pantai ini memiliki ombak yang kuat sehingga dilarang berenang, Anda tetap bisa menikmati banyak aktivitas. Misalnya saja bermain pasir, berjalan menyusuri pantai, mengendarai ATV, bahkan menjelajahi bebatuan di sekitar pantai.

Baca Juga  Pantai Widodaren, Pesona Pantai Indah Nan Bersih di Gunung Kidul

Tentang cara Yang disukai dari pantai ini adalah terdapat kamar mandi dan toilet, terdapat kios, musala, tempat parkir dan tempat makan. Untuk menikmati pemandangan, Anda juga bisa menggunakan gazebo sambil menikmati semilir angin sepoi-sepoi.

Tips bersantai di Pantai Clayar Pacitan

Jika ingin berlibur ke tempat ini, usahakan untuk menghindari berkunjung saat musim hujan, apalagi disertai angin. Hal ini dikarenakan angin dapat mempengaruhi gelombang laut itu sendiri. Selain itu, untuk menghindari terik matahari, Anda bisa berkunjung pada pagi atau sore hari untuk menyaksikan matahari terbenam.

Anda juga perlu menyiapkan akomodasi, rute yang efisien, menetapkan anggaran, dan menentukan berapa lama Anda akan berlibur di destinasi tersebut. Hal ini akan membuat liburan Anda lebih terencana dan matang.

Pantai Clayar Pacitan memberikan pengalaman unik kepada pengunjung. Pasalnya di sini wisatawan bisa melihat Sphinx dan Sumur, air mancur di tengah laut dan hal menarik lainnya. Apakah Anda ingin berlibur ke pantai ini?

Pertanyaan Umum

Bolehkah berenang di Pantai Clayar?

Berenang tidak diperbolehkan di Pantai Clayar karena banyak resikonya, ombak di pantai ini cukup kuat.

Apa yang ada di Pantai Clayar?

Saat bersantai di Pantai Clayar, pengunjung akan menemukan banyak kenikmatan seperti air mancur alami, air terjun pasir putih, karang raksasa mirip sphinx di Mesir, seruling laut, dan bebatuan karang yang indah.

Kata terakhir

Berikut tentang pantai Clayar Pacitan, ulasannya sepenuhnya berdasarkan pengalaman pribadi, Anda bisa datang ke sini bersama orang yang Anda cintai untuk menikmati momen relaksasi. Semoga ini bermanfaat!


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *