Shanghai Tower, Ikon Arsitektur Tertinggi Tiongkok


Sebagai salah satu kota di Asia dengan aktivitas ekonomi “supercar”, Shanghai selalu berupaya menjadi yang terdepan dalam segala bidang, termasuk pembangunan infrastruktur. Shanghai memiliki menara tertinggi yang disebut Menara Shanghai.

Shanghai Tower merupakan gedung pencakar langit tertinggi di China dengan ketinggian 632 meter. Menara ini dinobatkan sebagai menara tertinggi kedua di dunia setelah Burj Khalifa di Dubai dan tingginya 828 meter.

Desain arsitekturnya yang sangat artistik bahkan membuat Menara Shanghai mendapat julukan “Bangunan Tinggi Terbaik” setahun setelah selesai dibangun pada tahun 2015. Buat kamu yang masih penasaran dengan Shanghai Tower, bisa simak terus ulasannya di bawah ini!

Ikhtisar Menara Shanghai

Menara Shanghai (Gensler)
Menara Shanghai (Gensler)

Alamat : 501 Yincheng Middle Rd, Lu Jia Zui, Distrik Perumahan Lujiazui, Pudong, Shanghai, Cina
Map : klik disini
Jam buka : 08.30 – 21.30 waktu setempat.
Biaya masuk : dewasa – 180 yuan, anak-anak dengan tinggi di atas 1 meter – 90 yuan, anak-anak dengan tinggi di bawah 1 meter – gratis.

Jika Jepang punya Tokyo Tower, maka Shanghai punya arsitektur ikonik bernama Shanghai Tower. Dibandingkan Menara Tokyo, Menara Shanghai jauh lebih tinggi. Seperti yang sudah kami sampaikan, tinggi Menara Shanghai adalah 632 meter, dan Menara Tokyo hanya 333 meter.

Namun meski tidak setinggi Shanghai Tower, Tokyo Tower tetap memiliki sisi unik tersendiri yang bisa Anda pelajari dengan membaca: Menara Tokyo, pemandangan Jepang dari atas

Menara Shanghai, menara tertinggi kedua di dunia setelah Burj Khalifa di Dubai, memiliki 127 lantai yang masih beroperasi hingga saat ini. Gedung menara tertinggi di Shanghai ini tidak hanya digunakan sebagai kawasan bisnis, tetapi juga untuk tujuan hiburan, karena Anda akan menemukan banyak hotel mewah, tempat karaoke eksklusif, kafe, perumahan umum, apartemen, dan bahkan Museum Sejarah Shanghai yang terkenal. Museum.

Baca Juga  Masjid Tuo Kayu Jao, Masjid Bersejarah dengan Desain Arsitektur Unik di Solok

Dengan segala fasilitas tersebut, Shanghai Tower bisa diakses umum dengan kapasitas maksimal hingga 16.000 orang. Di dalam Shanghai Tower sendiri kamu bisa menemukan banyak hal menarik, antara lain:

1. Nikmati Shanghai dari atas

Menara Shanghai (cair)
Menara Shanghai (cair)

Shanghai Tower merupakan gedung tertinggi di Shanghai, memungkinkan Anda menikmati pemandangan terindah dari titik tertinggi di kota Shanghai. Menara setinggi 561 meter ini menciptakan nuansa kota dengan gedung pencakar langit yang megah dan lampu kota yang menawan.

Kunjungan ke menara ini memungkinkan Anda melihat dua gedung tertinggi di Shanghai dari atas. Dua gedung tinggi yang bisa Anda lihat dari Menara Shanghai adalah Menara Jinmao dan Pusat Keuangan Dunia Shanghai.

Anda akan melihat betapa indahnya lampu-lampu bangunan yang bersebelahan. Ditambah lagi, jalan yang dilalui kendaraan menawarkan pemandangan istimewa dari ketinggian Menara Shanghai yang megah.

Karena pemandangannya yang indah, banyak pasangan muda yang memilih untuk mengungkapkan rasa cintanya kepada pasangannya di sini. Jika kamu datang ke Shanghai Tower bersama pasangan dan ingin merasakan suasana romantis Shanghai, kamu bisa banget ajak pasanganmu ke tempat ini.

2. Memiliki arsitektur spiral yang unik.

(anyost.ru)
Menara Shanghai (anyost.ru)

Shanghai Tower merupakan sebuah bangunan megah di Shanghai yang memiliki bentuk spiral. Bentuk spiral pada bangunan ini bukannya tanpa makna. Bentuk spiral merupakan simbol yang mewakili kekuatan Shanghai, sekaligus simbol dinamisme modern masyarakat Tiongkok.

Menara spiral dirancang dengan sangat rumit dan menggunakan teknologi terbaik. Berkat teknologi terbaik yang digunakan dalam perancangan Shanghai Spiral Tower, gedung ini memiliki kemampuan menghemat beban angin hingga 24%. Tidak ada bangunan lain di Shanghai yang memiliki kemampuan ini kecuali Menara Shanghai.

Beberapa elemen arsitektur hijau yang dipadukan di beberapa titik menara menjadi simbol misi ramah lingkungan yang ingin dicapai Tiongkok untuk melindungi bumi dari risiko kehancuran. Berbagai kalangan bahkan memuji arsitektur hijau ini sebagai gedung tertinggi dan terhijau di Shanghai.

Baca Juga  Wisata di Korea Selatan - 8 Lokasi yang Paling Diminati Orang-Orang

Itu semua merupakan karya kontraktor umum Shanghai Construction, dengan desain oleh arsitek terkenal Arthur Gensler, Marshall Strabala, Jun Xia, dan Andy Cohen. Kolaborasi mereka menciptakan sebuah mahakarya luar biasa indah yang dapat dinikmati semua orang hingga saat ini.

3. Bangunan tahan gempa dan tahan badai.

Menara Shanghai (catatan arsitektur)
Menara Shanghai (catatan arsitektur)

Tak hanya konstruksi arsitektur modern yang melambangkan kemegahan kota Shanghai. Perusahaan kontraktor arsitektur Shanghai Tower mampu melaksanakan pembangunan gedung tahan gempa dan tahan badai.

Semua itu dilakukan untuk meminimalisir kerusakan jika terjadi gempa di China, sehingga bangunan tetap kokoh dan tidak roboh. Bahkan saat terjadi badai hebat, bangunan ini mampu menahan pengaruh angin, termasuk angin topan, angin puting beliung, dan lain sebagainya. Sebab, konsep bangunan sejak awal sudah dirancang dan disusun agar tahan terhadap berbagai kemungkinan kerusakan yang mungkin terjadi di kemudian hari.

4. Memiliki lift tercepat di dunia.

Lift dan kamar (pinterest)
Lift dan Kamar Menara Shanghai (pinterest)

Menara Shanghai dianggap sebagai menara tertinggi dengan lift tercepat di dunia. Kecepatan lift yang membawa pengunjung ke berbagai lantai Menara Shanghai mencapai 74 km/jam.

Dengan menaiki lift super cepat ini, pengunjung akan naik ke lantai 119 dan bisa melihat dek observasi yang memungkinkan pengunjung melihat keindahan Shanghai dari atas.

Memindahkan pengunjung dari lantai satu ke lantai 119 tidak memakan banyak waktu, hanya dalam waktu 55 detik pengunjung sudah sampai di lantai ini. Lift ini juga dapat membawa pengunjung ke lantai paling atas. Hanya saja di lantai paling atas, tidak semua pengunjung bisa mengakses lokasinya karena fungsi lantai atas lebih bersifat privat dibandingkan lantai lainnya.

Lift ultra cepat ini merupakan elevator terbaik yang dikembangkan oleh Mitsubishi dan dibuat khusus untuk Menara Shanghai. Jika Anda ingin merasakan sensasi mendaki ke berbagai level dengan lift tercepat ini, Anda harus memasukkan Menara Shanghai atau Menara Shanghai ke dalam daftar perjalanan Shanghai Anda.

Baca Juga  Curug Cimahi, Wisata Air Terjun Tertinggi Nan Eksotis di Bandung

Apakah ada tempat wisata lain yang bisa Anda kunjungi?

Selain Menara Shanghai yang masuk dalam bucket list liburan Anda jika ke Tiongkok, Anda juga harus memikirkan destinasi wisata alternatif lain saat berada di sana. Tiongkok sangat besar dan alternatif perjalanannya juga sangat beragam. Anda dapat membaca rekomendasinya: 10 tempat wisata di Tiongkok Harus dikunjungi

Ada banyak tiket pesawat murah yang bisa Anda beli, namun untuk mendapatkan harga termurah Anda perlu mengetahui tips membeli tiket pesawat murah. Untuk tips dan trik baca: Tips dan cara membeli tiket pesawat murah

Baca juga: 12 tips rahasia untuk menemukan penerbangan murah

Selain menyiapkan tiket pesawat, Anda juga perlu menyiapkan visa keberangkatan. Setelah semua persiapan, lakukan perjalanan wisata yang menyenangkan ke Shanghai atau kota lain mana pun di Tiongkok. Semoga perjalananmu menyenangkan dan nikmatilah!


databaru.my.id