6 yang Paling Menenangkan Hati (Yuk Refreshing)


Dinobatkan sebagai Kota Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO, Penang menjadi pulau yang tak pernah luput dari kunjungan wisatawan dari berbagai negara. Tak terkecuali wisatawan asal Indonesia. Jika Anda berkunjung ke Penang, Penang mempunyai banyak tempat wisata yang seru untuk dikunjungi.

Beberapa tempat wisata di Penang tidak memerlukan biaya masuk sama sekali alias gratis. Oleh karena itu, kantong Anda tidak akan merugi jika memutuskan berlibur ke Penang, apalagi akomodasi dan biaya hidup di sini masih tergolong murah. Tanpa basa-basi lagi, informasi lengkap mengenai tempat wisata di Penang bisa kamu simak pada daftar di bawah ini!

Rekomendasi Tempat Wisata di Penang

1. Kuil Ular

Tempat wisata Penang - Kuil Ular (pinterest)
Kuil Ular (pinterest)

Alamat : Jalan Sultan Azlan Shah, Taman Industri Bayan Lepas, 11900 Bayan Lepas, Pulau Pinang, Malaysia.
Map : klik disini
Jam buka : 06.00 – 19.00 waktu setempat.
Biaya masuk : Gratis, tapi Anda bisa berdonasi sesuai keinginan.

Candi Ular merupakan sebuah pura yang terletak di Bayan Lapas. Kuil ini pertama kali dibangun pada tahun 1850 dengan tujuan utama untuk memberikan penghormatan kepada seorang biksu bernama Chor Su Kong.

Disebut Candi Ular karena di tempat candi ini berada banyak terdapat ular berbisa. Jumlahnya bukan puluhan, melainkan ratusan, bahkan tempat ini terlihat seperti habitatnya.

Jika Anda tidak takut dengan ular, Anda bisa mengunjungi museum ular yang terletak satu kawasan dengan pura ini, Anda bisa melihat berbagai jenis ular, mulai dari ular beludak hingga ular piton.

Namun, ular piton dialokasikan secara khusus di zona terpisah di sini. Jika ingin berfoto dengan ular piton ini, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 18 ribu untuk dewasa dan Rp 10 ribu untuk anak-anak.

2. Kebun Raya Penang

Tempat Wisata Penang - Penang Botanical Garden (Kuil Terbuka)
Kebun Raya Penang (Kuil Terbuka)

Alamat : Kompleks Administrasi, Gedung Paviliun, Jalan Kebun Bunga, 10350 George Town, Pulau Pinang, Malaysia.
Map : klik disini
Jam buka : 08.00 – 18.00 waktu setempat.
Biaya masuk : Gratis

Baca Juga  Pantai Matahari Terbit, Pantai Pasir Putih di Denpasar yang Kaya Pesona

Kebun Raya Penang juga dikenal sebagai Taman Air Terjun. Hal ini terjadi karena tidak jauh dari taman ini terdapat air terjun kecil dengan aliran air yang cukup jernih. Air terjun ini juga menjadi daya tarik lain dari Penang Botanical Gardens.

Kebun raya ini pertama kali dibangun pada tahun 1884 saat era kolonial Inggris menjajah Malaysia. Kebun raya ini dihiasi berbagai jenis tanaman, mulai dari bunga hingga pepohonan. Dimasukkannya bunga anggrek ke dalam anggrekarium juga menjadi daya tarik Penang Botanic Gardens.

Selain berbagai tanaman yang bisa Anda temukan saat berjalan-jalan di kebun raya seluas satu hektar ini, Anda juga akan menjumpai sekelompok kera yang sesekali meminta makanan yang dibawa pengunjung.

3. Taman Rahasia Avatar

Taman Rahasia Avatar (alfittravel)
Taman Rahasia Avatar (alfittravel)

Alamat : 336, Jalan Tokong Tai Pak Kung, Tanjung Tokong, 11200 Tanjung Bungah, Pulau Pinang, Malaysia.
Map : klik disini
Jam buka : 08.00 – 00.00 waktu setempat
Biaya masuk : Gratis

Selain terkenal dengan street art yang menjadi spot foto, Penang juga punya spot Instagrammable lainnya. Tempat wisata Penang lainnya yang tidak Instagrammable adalah Avatar Secret Garden.

Jika Anda pernah menonton film Avatar, maka di tempat ini Anda bisa menemukan indahnya hutan dari film Avatar. Lampu neon yang dipasang di setiap pohon dan langit-langit taman akan membuat Anda benar-benar terkagum-kagum dengan kreasi Anda.

Untuk mendapatkan panorama keindahan Taman Rahasia Avatar yang maksimal, sangat disarankan untuk datang ke sini pada malam hari. Saat ini, semua lampu menyala, Anda pasti akan mendapatkan pemandangan terindah. Kamu bisa menjelajahi setiap bagian taman dan mengambil foto keren di Avatar World Penang.

4. Pantai Tanjung Bungah

Pantai Tanjung Bungah (jauh)
Pantai Tanjung Bungah (jauh)

Alamat : 11200, Pulau Pinang, Malaysia.
Map : klik disini
Jam buka : 24 jam tanpa gangguan
Biaya masuk : Gratis

Baca Juga  Makam Raja-Raja Imogiri, Wisata Ziarah yang Sarat Sejarah di Bantul Jogja

Pantai Tanjung Bungah merupakan salah satu pantai wisata di Penang yang sering digunakan sebagai tempat penyelenggaraan Penang International Dragon Boat Festival. Pantai ini sangat bersih dan pemandangan gedung pencakar langit dari pantai ini terlihat bagus meski dari jauh.

Pantai Tanjung Bungah terletak sekitar 10 km dari George Town. Ombak di sini tidak terlalu besar. Oleh karena itu, masih sangat aman untuk melakukan berbagai olahraga pantai seperti berenang. Anda bisa bermain pasir di sekitar pantai atau berjalan-jalan di sepanjang tepian Pantai Tanjung Bungah.

Hal yang paling menarik dari Pantai Tanjung Bungah adalah pesona indahnya matahari terbenam saat malam menjelang. Jika mau, Anda juga bisa menyewa perahu untuk berlayar menyusuri pantai dan mengambil foto siluet keren Anda di atas perahu dengan latar belakang matahari terbenam yang menakjubkan.

5. Kebun Rempah Tropis

Tempat wisata Penang - Taman Rempah Tropis (tripadvisor)
Kebun Rempah Tropis (Tripadvisor)

Alamat : Lot 595 Mukim 2, Jalan Teluk Bahang, Teluk Bahang, 11050 George Town, Pulau Pinang, Malaysia.
Map : klik disini
Jam buka : 09.00 – 18.00 waktu setempat.
Biaya masuk : RM15

Selain Penang Botanical Garden, juga terdapat taman tanaman tropis yang sangat indah. Tempat wisata tersebut bernama Tropical Spice Garden.

Luas Taman Rempah Tropis ini sekitar 8 hektar. Di sini Anda akan menemukan lebih dari 500 spesies spesies tumbuhan tropis yang sangat indah. Selain melindungi berbagai jenis tanaman tropis, Anda juga akan menemukan sejumlah tanaman herbal.

Tentunya banyak ilmu yang bisa didapat dari berbagai jenis tanaman di sini. Oleh karena itu, Kebun Rempah Tropis sering menjadi tempat penelitian tanaman atau dijadikan tempat belajar wisata bagi anak-anak sekolah.

Jadi, selain bisa jalan-jalan dan bersantai, Anda juga bisa belajar banyak dengan mengunjungi Tropical Spice Garden. Anda juga bisa berfoto sepuasnya dengan latar belakang tropis yang indah saat berkunjung ke Tropical Spice Garden.

6. Benteng Cornwallis

Benteng Cornwallis (ezgopenang)
Benteng Cornwallis (ezgopenang)

Alamat : Jalan Tun Syed Sheh Barakba, George Town, 10200 George Town, Pulau Pinang, Malaysia.
Map : klik disini
Jam buka : 09.00 – 22.00 waktu setempat.
Biaya masuk : RM20

Baca Juga  Lembang Park & Zoo, Kebun Binatang Mini yang Dilengkapi Beragam Wahana Seru

Fort Cornwallis merupakan salah satu tempat wisata bersejarah di Penang. Objek wisata ini merupakan benteng pertahanan Inggris yang pertama kali didirikan pada tahun 1786. Selain benteng, tempat ini dulunya merupakan pusat administrasi Penang.

Hingga saat ini, Benteng Cornwallis masih sangat kokoh. Di dalamnya Anda akan melihat berbagai jenis peninggalan kuno seperti artefak, senjata api, amunisi perang dan lain sebagainya. Suasana tempo dulu Penang bisa kamu lihat di tempat ini.

Jika Anda sedang berlibur panjang dan ingin mengunjungi Penang, Malaysia, Anda pasti bisa mencari tiket pesawat murah untuk mengantar Anda ke sana. Membaca : Tips dan cara membeli tiket pesawat murah

Baca juga: 12 tips rahasia untuk menemukan penerbangan murah

Apa lagi yang ada di Penang?

Selain Anda bisa datang dan mengunjungi beberapa tempat wisata Penang yang sudah kami sebutkan diatas, masih banyak lagi tempat wisata di Penang yang sebenarnya bisa Anda jelajahi, mulai dari bukit, tempat suci atau pura, museum dan masih banyak lagi.

Anda bisa melihat informasi lebih lanjut mengenai rekomendasi tempat wisata Penang lainnya. 10 Tempat Wisata Penang yang Wajib Dikunjungi

Namun, bagi Anda yang tidak punya waktu untuk jalan-jalan ke Penang, jalan-jalan keliling Indonesia juga bisa dilakukan. Indonesia mempunyai banyak tempat wisata yang tidak kalah indahnya dengan tempat wisata luar negeri. Baca informasinya: 11 Tempat Wisata Terbaik di Indonesia dan Luar Negeri

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata di Penang yang bisa menjadi alternatif kunjungan wisata bagi anda jika ke sana. Selamat berlibur, sobat traveller! Jadikan liburan Anda tak terlupakan!


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *