Curug Payung, Menikmati Panorama Air Terjun dengan Bebatuan yang Mempesona di Kuningan

Ide Wisata27 Dilihat


Kurug Payung di Kuningan menawarkan panorama air terjun yang jernih dan sejuk yang dikelilingi kolam air dengan bebatuan yang mempesona.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 08.00-17.30 WIB, Alamat: Gunungmanik, Kecamatan. Sinirou, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Map: Periksa lokasi

Jawa Barat adalah rumah bagi banyak surga tersembunyi. Ragam wisata alam yang masih alami akan membuat Anda serasa melangkah ke dimensi lain. Yang populer saat ini adalah Kurug Payung di Kuningan, Jawa Barat. Tempat ini sepertinya belum banyak terjamah, namun Anda sudah bisa melihat beberapa bangunan dan fasilitas pendukungnya.

Menariknya, Anda bisa menuju tempat ini dengan berjalan kaki dari tempat parkir. Mungkin sekitar 450 meter. Nah ternyata air terjun ini masih tersembunyi, hanya sedikit orang yang mengetahui keberadaannya. Namun jika dikembangkan lebih lanjut, objek wisata ini memiliki potensi besar di masa depan. Apalagi pemandangan air terjun dan alam sekitarnya sangat memanjakan mata. Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Cek Tiket Sangkan Kuningan Water Park

Daya tarik Kurug Payung

Daya tarik Air Terjun Payung
Foto oleh Ahmad Hidayat di Facebook

1. Pemandangan eksotik di sekitar air terjun

Anda bisa mengharapkan pemandangan yang sangat eksotis dari air terjun ini. Dimana pepohonan hijau subur menutupi seluruh area sekitar Kurug Payung. Pepohonan ini membuat udara di air terjun sejuk dan segar. Apalagi suara gemericik air terjun yang selalu mengalir menambah suasana syahdu di sini.

Bagi Anda yang menyukai petualangan alam terbuka, air terjun ini mungkin bisa menjadi pilihan liburan yang tepat. Medan menuju air terjun ini sepertinya merupakan tantangan yang menarik untuk diatasi. Sesampainya di sana, air terjun tinggi dengan air jernih menjadi garis finis yang indah. Sangat menarik untuk dikunjungi bukan?

2. Air terjun yang bersih dan segar

Aliran air di air terjun ini cukup deras, debit airnya cukup besar, dan ketinggian air terjunnya cukup tinggi. Airnya kemudian dialirkan ke kolam di bawah air terjun yang ukurannya cukup besar. Bentuk air terjun yang sedikit melebar di bagian bawah memberikan kesan aliran air menyebar ke segala arah, apalagi mengingat bebatuan yang menempel di sekitar air terjun.

Baca Juga  Wisata Hong Kong Gratis - 12 Tempat yang Nggak Bikin Kantong Jebol

Hotel Murah di Kuningan

Suara gemericik air yang mengalir dari air terjun ini juga menenangkan. Anda akan serasa berada di dimensi lain dimana pepohonan rimbun hanya terlihat sejauh mata memandang. Daya tarik utamanya adalah air terjun dengan air yang jernih. Perjalanan berat di sini tampaknya telah membuahkan hasil.

3. Kolam dengan air dan batu di sekelilingnya.

Kolam air di Kurug Payung berukuran cukup besar dengan kedalaman yang bervariasi. Jika dekat air terjun maka kolamnya akan lebih dalam, begitu pula sebaliknya. Jika ingin berenang di sini tidak apa-apa, namun perlu berhati-hati karena di sekitar kolam banyak terdapat bebatuan. Dasar kolam juga bisa licin karena banyak lumut di sana.

Apalagi jika datang saat musim hujan, ada baiknya berhati-hati saat bermain air. Meski begitu, air di kolam ini sangat segar. Airnya juga jernih. Anda bisa menikmati liburan sambil mengagumi pemandangan alam sekitar air terjun yang menakjubkan. Program liburan Anda akan menjadi penyembuhan terbaik!

Tiket Masuk Gua Sunyaragi Cirebon

Alamat, lokasi Rute dan biaya masuk

Alamat Kurug Payung
Foto Amronrod di Google Maps

Kurug Payung terletak di Kecamatan Gunung Manik, Kuningan Selatan, Jawa Barat. Jika Anda meninggalkan Kota Kuningan, sebaiknya gunakan kendaraan roda dua saja. Anda bisa mengambil jalur Kuningan – Gunung Manik yang panjangnya 64 km. Perkiraan waktu tempuh sekitar 1 jam 40 menit.

Anda mungkin bertanya-tanya berapa harga tiket masuk air terjun mempesona ini. Ternyata harga tiketnya nol rupee! Dengan kata lain, Anda bebas untuk datang dan memasuki air terjun ini secara gratis. Jam operasional air terjun ini juga setiap hari yaitu dua puluh empat jam. Dengan cara ini Anda dapat menentukan jam berapa Anda akan tiba dengan tenang. Anda mulai penasaran, bukan?

Baca Juga  Pulau Panjang, Pulau Eksotis di Jepara yang Menawarkan Sejuta Pesona

Kegiatan yang menarik

Aktivitas menarik di air terjun Payung
Foto oleh Ahmad Hidayat di Facebook

Penaklukan Medan Kurugu

Dari Medan menuju Kurug Payung tidaklah mudah. Meski jalan utamanya datar, namun jika memasuki kawasan wisata ini Anda harus melewati medan pegunungan yang terjal. Oleh karena itu, disarankan untuk membawa kendaraan roda dua saat berkunjung ke sini. Apalagi nantinya Anda masih harus berjalan kaki jika ingin sampai ke tempat dimana air terjun tersebut berada.

Namun perjalanan akan dibarengi dengan pemandangan alam yang indah. Terdapat banyak pepohonan dan persawahan sebelum memasuki kawasan air terjun. Anda bisa berhenti sejenak untuk menikmati indahnya pemandangan di sepanjang sisi kanan dan kiri jalur menuju air terjun cantik ini. Dan sesampainya di sana, air terjun yang menjulang tinggi dengan air jernih mengalir akan menjadi suguhan yang sangat mengesankan. Kedengarannya menarik, ya!

Bermain air sepuasnya di Curug Payung

Di Kurug Payung Anda bisa bermain air sepuasnya. Selain itu, tidak ada biaya masuk, jadi manfaatkanlah apa yang ada di sini. Anda bisa bermain air di sekitar kolam. Duduk-duduk saja di sini juga asyik, apalagi jika datang bersama orang tersayang. Pastinya program liburan disini akan lebih menyenangkan.

Tapi pertama-tama Anda harus berhati-hati. Pasalnya, bebatuan di sekitar kolam mungkin licin atau tajam dan bisa melukai Anda. Oleh karena itu, waspadalah saat berenang atau bermain air. Rencanakan kunjungan Anda untuk menghindari musim hujan. Sebab saat hujan, area menuju air terjun dan kondisi air terjun itu sendiri akan semakin licin dan air bisa meluap.

Nikmati pemandangan sambil mengambil foto-foto seru

Air terjun payung ini sangat cocok untuk menyegarkan otak setelah seharian beraktivitas. Apalagi bagi para pekerja, berlibur ke sini bagaikan menyegarkan jiwa yang penat. Anda akan dihibur dengan suara air yang mengalir deras, suara binatang di sekitar dan pemandangan alam yang indah. Sangat indah dan sayang untuk dilewatkan.

Baca Juga  Pantai Cemara Kembar, Pantai Pasir Puith yang Menakjubkan di Serdang Bedagai

Oleh karena itu, pastikan untuk membawa kamera atau ponsel Anda saat datang ke sini. Untuk apa benda ini? Tentunya untuk mengabadikan momen liburan anda disini. Anda bebas berpose dimana saja. Air terjun yang indah dengan pepohonan yang rimbun pasti akan menjadi latar foto yang menakjubkan. Anda dapat memposting foto di jejaring sosial atau status agar orang tertarik dan datang ke sini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Payung Jatuh
Foto oleh Ahmad Hidayat di Facebook

Apa saja fasilitas yang dimiliki air terjun ini, yuk kita bahas satu per satu. Yang pertama adalah parkir. Meski kendaraan yang cocok adalah kendaraan roda dua, namun mengingat jalannya yang kasar, Kurug Payung Kuningan memiliki tempat parkir yang memadai lho! Ya, meski untuk mencapai titik air terjun Anda perlu berjalan kaki lagi sejauh 450 m.

Selain itu air terjun ini juga mempunyai beberapa fasilitas standar seperti tempat beristirahat, tempat mencari makan, tempat beribadah, dan lain-lain. Menjadi tempat istirahat dan beribadah, air terjun ini selalu dijaga kondisinya dengan baik agar pengunjung yang berkunjung merasa aman. Meski tidak seberapa, namun cukup mendukung bukan?

Apalagi Kurug Payung juga mempunyai tempat khusus untuk pengunjung. Deretan restoran ini akan membawa Anda pada perjalanan kuliner yang tak terlupakan. Pengunjung disuguhi berbagai makanan lezat. Jadi, ketika Anda merasa lelah karena bermain air atau menikmati pemandangan air terjun, Anda bisa langsung mengisi perut di sini.

Banyaknya tempat wisata tersembunyi di daerah Jawa Barat ini memang sangat menarik untuk dijelajahi. Seperti halnya keberadaan air terjun ini, walaupun tidak sepopuler tempat wisata lainnya, namun banyak juga tempat wisata yang ada di tempat ini. Nah, untuk mengembangkan tempat ini, Anda bisa merekomendasikan wisata ini kepada semua orang yang Anda cintai. Sehingga objek wisata ini menjadi lebih terkenal dan dapat dikembangkan secara maksimal.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *