Working Holiday Visa Australia, Cara Apply dan Syarat


Bagi Anda yang suka berlibur ke Australia atau benar-benar bekerja di sana, visa working holiday visa Australia adalah jenis visa yang perlu Anda miliki. Dengan visa liburan kerja Australia ini, Anda dapat melakukan perjalanan atau melakukan perjalanan bisnis dan bekerja di Australia selama 1 tahun penuh.

Visa ini dapat diperoleh oleh orang berusia 18 hingga 30 tahun. Tentunya selain persyaratan umum seperti batasan usia untuk mendapatkan visa Australia, ada beberapa persyaratan lain yang harus Anda penuhi. Di bawah ini kami berikan informasi lengkapnya bagi Anda yang ingin mendaftar Working Holiday Visa Australia. Mari kita periksa!

A. Manfaat Visa Working Holiday Australia

Visa Working Holiday Australia (finance.detik)
Visa Working Holiday Australia (finance.detik)

Program visa kerja liburan Australia yang diperkenalkan sebenarnya merupakan hasil kerjasama bilateral yang telah terjalin antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Australia sejak tahun 2009. Namun pada tahun 2016 hingga tahun 2017, program ini menjadi populer dan baru menjadi favorit pada tahun 2016 dan 2017.

Visa Working Holiday Australia awalnya memiliki kuota hanya 100 pemohon. Namun pada tahun 2012 kuota tersebut bertambah menjadi 1.000 orang dan masih berlaku hingga saat ini.

Namun, program visa liburan kerja Australia tidak dapat diterapkan sepanjang tahun. Pendaftaran biasanya dibuka pada bulan Juli setiap tahun karena pada saat itulah jumlah pemohon visa liburan kerja kembali nol.

Dengan visa liburan kerja Anda dapat menikmati banyak keuntungan, antara lain:

  • Dapatkan pengalaman berharga saat Anda menjelajahi dunia lebih jauh dan lebih luas.
  • Dengan menggunakan visa turis kerja, kesempatan Anda untuk berlibur jauh lebih lama.
  • Anda dapat memanfaatkan kesempatan berlibur ke luar negeri dan sekaligus mendapatkan uang di tempat kerja. Jadi saat Anda sedang berlibur, Anda bisa mendapatkan sejumlah dolar di sana. Bukankah itu sangat menyenangkan dan bermanfaat pada saat yang bersamaan?
  • Jika Anda bisa mendapatkan pekerjaan di Australia, tentu itu akan menjadi aset yang sangat berharga bagi masa depan Anda.
  • Perbanyak teman dari luar negeri
  • Meningkatkan pemahaman tentang sosial, budaya, sosial dan hal lainnya.
  • Berinteraksi langsung dengan orang yang menguasai bahasa asing agar Anda bisa lebih mahir berbahasa asing.
  • Dapatkan kesempatan untuk mengikuti berbagai program kursus bagi pemegang visa kerja Australia.
  • Anda tidak perlu bolak-balik mendapatkan visa untuk bepergian selama setahun penuh.
Baca Juga  Review Menu Terbaik dan Lokasi Resto

Jadi sekarang Anda tahu bahwa ada banyak manfaat yang didapat dari visa liburan kerja Australia? Jadi pertimbangkan untuk mendapatkan visa ini bagi Anda yang belum memilikinya.

B. Cara Mengajukan dan Mendaftar Visa Working Holiday Australia

Cara mendaftar dan ketentuan (harap diperhatikan)
Cara mendaftar dan ketentuan (harap diperhatikan)

Proses pengajuan dan persyaratan pendaftaran visa kerja liburan Australia sebenarnya hampir sama dengan pendaftaran visa lainnya seperti visa Jepang atau Taiwan. Hanya saja jenis visanya berbeda-beda dan ada beberapa hal seperti minimal saldo pemohon.

Untuk informasi cara pengajuan dan persyaratan pendaftaran visa Taiwan dan Jepang, baca: Visa Taiwan, bagaimana cara mengajukannya?

Baca juga: Visa Jepang, cara mengajukan dan ketentuannya!

Beberapa syarat yang harus Anda penuhi untuk mendaftar visa Australia antara lain:

  • Memiliki paspor dengan masa berlaku minimal satu tahun.
  • Harus berusia antara 18 dan 30 tahun saat mengajukan visa kerja. Oleh karena itu, jika Anda mengajukan pendaftaran di atas usia 30 tahun, kemungkinan besar visa Anda tidak akan diterima.
  • Baru pertama kali mendaftar. Oleh karena itu, jika sebelumnya Anda sudah mendapatkan visa kerja Australia, Anda tidak diperbolehkan mengajukan permohonan lagi.
  • Kualifikasi pendidikan memenuhi persyaratan pendidikan minimum untuk menyelesaikan program diploma atau sarjana dua tahun.
  • Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik, memberikan bukti kelulusan tes IELTS dan mencapai skor keseluruhan minimal 4,5.
  • Memiliki jumlah tabungan minimum AUD 5.000. Jika tabungan Anda di bawah nominal tersebut, tentu saja pengajuan visa Anda akan ditolak. Oleh karena itu, jika Anda merasa sudah melengkapi semua persyaratan pendaftaran, namun jumlah tabungan Anda belum mencukupi, Anda dapat meminjam dana kepada orang tua atau kerabat Anda, yang nantinya dapat Anda bayarkan kembali setelah permohonan visa Anda diterima secara resmi.
  • Lulus pemeriksaan kesehatan dan memenuhi kriteria kesehatan
  • Mendapatkan surat rekomendasi dari SRPI (Surat Rekomendasi Pemerintah Indonesia)
Baca Juga  Pantai Blebak Jepara: Harga Tiket Masuk, Lokasi, Penginapan dan Gambar Terbaru 2023

Untuk menerima surat SRPI ini, Anda perlu menyertakan beberapa dokumen dalam permohonan Anda, antara lain:

  • Paspor dengan masa berlaku lebih dari 18 bulan.
  • E-KTP
  • Foto paspor berukuran 4 x 6 cm dengan latar belakang putih.
  • Sertifikat IELTS dengan skor minimal 4,5.
  • Ijazah pendidikan minimal: D3 atau S1.
  • Surat rekomendasi dari bank yang menunjukkan tabungan setara dengan AUD 5.000.
  • SKKK

Jika semua syarat di atas sudah Anda persiapkan, kini ikuti tata cara pengajuan Visa Working Holiday Australia 2021 berikut ini:

1. Siapkan semua dokumen yang diperlukan

Dokumen pembuatan visa (economy.okezone)
Dokumen pembuatan visa (economy.okezone)

Beberapa dokumen penting yang perlu Anda persiapkan adalah semua dokumen yang Anda bawa saat mengajukan SRPI (Surat Rekomendasi Pemerintah Indonesia), pemeriksaan kesehatan, serta surat resmi SRPI yang Anda terima.

2. Terjemahkan semua dokumen dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris.

Anda perlu menerjemahkan semua jenis dokumen dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Setiap dokumen yang diterjemahkan juga harus mencantumkan nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan kualifikasi atau pengalaman terjemahan bahasa Anda.

Jika Anda tidak memiliki kualifikasi ini, Anda dapat menemukan penerjemah profesional dan andal untuk membantu Anda dalam hal ini.

3. Pindai atau foto semua dokumen dengan jelas.

Visa Liburan Kerja Australia - Pemindaian dokumen visa (lady talk)
Pindai dokumen untuk visa (percakapan wanita)

Semua dokumen baik asli maupun fotokopi dalam bahasa Indonesia, serta dokumen yang telah Anda terjemahkan ke dalam bahasa Inggris, harus dipindai. Jika ada beberapa dokumen, bisa digabungkan menjadi satu file. Pastikan hasil pemindaian jelas dan terbaca.

4. Buat akun di ImmiAccount.

Jika Anda sudah menyiapkan semua dokumen yang diperlukan, kunjungi situs resmi ImmiAccount. Buat akun di sana dengan mengisi detail pribadi Anda dan ikuti langkah-langkahnya sampai akhir. Selanjutnya lampirkan semua file dokumen yang diperlukan sesuai petunjuk yang diberikan.

Baca Juga  Pantai Klayar Pacitan: Harga Tiket Masuk, Lokasi dan Penginapan Terdekat 2023

5. Lakukan pembayaran untuk visa Anda

Biaya visa Australia (shutterstock)
Biaya visa Australia (shutterstock)

Pembayaran visa dilakukan secara online melalui ImmiAccount, nominal yang harus dibayarkan sebagai biaya pengajuan visa adalah AUD 485 atau sekitar Rp 4.850.000. Pembayaran dapat dilakukan dengan kartu kredit, PayPal atau UnionPay.

Selesai! Anda tinggal menunggu kabar apakah visa Anda diterima atau ditolak. Jika diterima, Anda hanya perlu menunggu visa Anda keluar. Informasi penerimaan atau penolakan akan Anda terima dari petugas nantinya.

Jika Anda sedang berada di Australia, jangan lupa masih banyak tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi. Membaca : 10 Tempat Wisata Australia Yang Wajib Dikunjungi

Namun, jika visa kerja Australia Anda ditolak, jangan berkecil hati. Anda tetap bisa bersenang-senang berkeliling Indonesia. Tempat wisata Indonesia juga banyak yang tidak kalah bagusnya dengan tempat wisata mancanegara dan menarik untuk dikunjungi. Untuk informasi baca: 11 Tempat Wisata Terbaik di Indonesia dan Luar Negeri

Bagaimana? Apakah persyaratan dan prosedur pengajuan visa kerja Australia sederhana? Bagi Anda yang yakin memenuhi persyaratan dapat menyiapkan semua dokumen dan mengajukan lamaran setelah pendaftaran dibuka. Selamat mencoba dan semoga sukses ya sobat traveller!


databaru.my.id