Desa Wisata Tinalah, Menyaksikan Pesona Alam & Kekayaan Budaya Berpadu di Kulon Progo

Ide Wisata15 Dilihat


Temukan keajaiban tersembunyi di desa wisata Tinala Kulon Progo, dimana pesona alam dan kekayaan budaya berpadu untuk memberikan pengalaman liburan yang autentik.

Harga tiket: Rp30.000, Jam kerja: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Kode No. KM 5, Sendang Sari, Purwoharjo, Kech. Samigalukh, Kab. Liontin Progo, Inspektur Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Kawasan Kulon Progo terkenal dengan keindahan alamnya dan banyak menawarkan desa wisata menarik sebagai destinasi liburan di Kulon Progo. Salah satunya adalah desa wisata Tinala atau lebih dikenal dengan nama singkat Dewi Tinala. Wisata alam ini menawarkan banyak tempat wisata menarik yang akan membuat liburan Anda semakin berkesan.

Seperti jalan-jalan ke luar negeri, camping, berkumpul dan bersosialisasi dengan masyarakat. Sejak Dewi Tinala menjadi desa wisata pada tahun 2013, Dewi Tinala menjadi tujuan liburan favorit banyak wisatawan dari seluruh Indonesia dan luar negeri. Penasaran keseruan apa yang menanti Anda di desa wisata ini?

Cek hotel murah di Kulon Progo

Atraksi desa wisata Tinala

Atraksi desa wisata Tinala
Foto oleh Sarah Stefani di Google Maps

Asal Nama Dewi Tinala.

Tak heran jika desa wisata ini kemudian disingkat menjadi nama Dewi Tinala. Memiliki nama yang terdengar unik dan indah, Dewi Tinala mampu menggambarkan sosok sahabat yang membawa kedamaian dan rasa nyaman. Hal ini sesuai dengan motto yang diusung oleh desa.

Mottonya adalah mengembangkan konsep desa wisata yang memancarkan keindahan alam dan kekayaan budaya. Kata “Tinala” sendiri berasal dari akar kata “Tala” yang berarti “cepat” atau “segera” dalam bahasa Jawa.

Oleh karena itu, Tinalu dapat diartikan sebagai ajakan untuk segera berkreasi dan berinovasi. Keberadaannya menjadi simbol kehidupan, ibarat Sungai Tinala yang mengalir dan membawa berkah bagi masyarakat setempat.

Puncak Kleko

Anda berkesempatan mengunjungi Puncak Kleko sambil menjelajahi desa wisata Tinala. Puncak Kleko merupakan titik tertinggi di desa ini, sehingga Anda bisa menikmati pemandangan alam yang menakjubkan. Terdapat pos pengamatan dengan latar belakang hijau yang sangat memanjakan mata.

Baca Juga  Air Terjun Yeh Hoo, Air Terjun Menawan dengan Budaya & Tradisi Subak di Tabanan

Selain itu, Anda juga bisa mencoba berbagai spot foto seperti ayunan, sepeda tua, bunga, miniatur kapal dan masih banyak lagi. Ini pasti akan memuaskan hasrat fotografi Anda. Jika Anda hanya ingin bersantai, Anda bisa melakukannya karena terdapat gazebo yang dibangun di sekitar Puncak Klecho.

One Day Tour ke Wisata Bahari Yogya

Gua Sriti

Selain Puncak Kleko, desa wisata Tinala juga memiliki sebuah gua bernama Goa Sriti. Gua ini pernah dijadikan markas Pangeran Diponegoro pada masa Perang Jawa. Dengan demikian, menjelajahi gua tersebut tentunya dapat membantu wisatawan mempelajari sejarahnya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat desa wisata Tinala
Foto oleh Fanya Herminingsikh di Google Maps

Dewi Tinala terletak di Jalan Persandian, Kilometer Lima, di Desa Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Letaknya di kawasan perbukitan Menorah, pada ketinggian sekitar 117 meter di atas permukaan laut. Jarak dari pusat kota Yogya kurang lebih 25 kilometer dan dapat ditempuh dengan segala jenis kendaraan pribadi.

Dari sepeda motor, mobil hingga bus, Anda bisa mencapai lokasi desa wisata tersebut. Anda bisa memulai perjalanan dari Tugu Jogya atau Tugu Pal Putih ke arah barat Yogyakarta. Akses jalan lancar dan perjalanan hanya memakan waktu sekitar 1 jam.

Tour Jogja 1 Hari: Candi Borobudur, Swargabhumi, Sungai Mudal dan Phule Payung

Biaya masuk dan jam buka

Biaya masuk Desa Wisata Tinala tergantung paket wisata yang Anda ambil. Desa wisata ini menawarkan berbagai paket wisata menarik kepada pengunjung. Misalnya jika Anda hanya mengunjungi Puncak Kleko, biaya masuknya hanya Rs. hanya 6500.

Sedangkan harga tiket mengunjungi Goa Sriti adalah Rp. 30.000 per orang. Dengan demikian, biaya yang dikeluarkan untuk menjelajahi Dewi Tinala bisa berbeda-beda. Untuk biaya parkirnya sendiri tarif normalnya yaitu Rp. 2000 untuk biaya masuk sepeda motor dan Rs. 5000 per mobil.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas menarik di desa wisata Tinala
Foto Eti Purnaningrum di Google Maps

1. Berkemah

Dewi Tinala menyediakan lahan berumput luas untuk berkemah. Dengan demikian, Anda bisa menikmati keindahan alam Yogyakarta dengan mendirikan tenda di bumi perkemahan. Di sekitar lokasi perkemahan banyak terdapat pepohonan hijau tinggi yang membuat suasana tetap sejuk.

Baca Juga  Pantai Ancol, Destinasi Wisata Favorit Bagi Warga Jakarta

Apalagi di pagi hari, udaranya sangat segar sehingga membuat badan terasa lebih nyaman saat berolahraga di sini. Anda juga bisa menyaksikan keindahan matahari terbit dari atas bukit yang sangat memanjakan mata. Menariknya, Desa Wisata Tinalah memiliki paket camping keluarga yang siap membuat waktu camping Anda semakin menyenangkan.

2. Berangkat menuju kawasan desa wisata Tinala.

Desa wisata Tinala merupakan tempat yang cocok untuk pertemuan dan acara sosial. Karena disini kami menyediakan paket outbound yang mengedepankan wisata berbasis pengalaman. Pihak Dinas Pariwisata akan menyiapkan berbagai kegiatan yang melibatkan anggota tim agar pengunjung dapat meningkatkan kekompakan tim sekaligus mengasah kemampuan berpikirnya.

Jika memilih paket outing ke Desa Wisata Tinala, Anda akan disuguhi sejumlah aktivitas team building dan permainan seru. Jadi jangan lewatkan acara ini jika Anda datang ke sini bersama rombongan, baik rombongan keluarga maupun rombongan kantor.

3. Pipa sungai

Sungai Tinala yang jernih bisa menjadi tempat bermain yang menyenangkan. Apalagi sungainya cukup lebar, jadi tubing sangat bisa dilakukan di sini. Ada banyak jenis jeram dengan volume air yang besar sehingga adrenalin Anda akan sangat tinggi. Pemandangan indah di kiri dan kanan akan mengikuti Anda saat melakukan tubing menyusuri Sungai Tinala.

4. Kehidupan dan pendidikan

Anda tidak hanya bisa berkemah di desa saja, namun Anda juga bisa bermalam di rumah keluarga atau rumah setempat untuk mengetahui lebih jauh setiap acara yang diadakan oleh masyarakat setempat. Misalnya kegiatan pertanian, perkebunan, peternakan, pembuatan kerajinan tangan dan pembuatan aneka jajanan untuk dijual di pasar.

Program immersive education di Desa Wisata Tinala menggunakan pendekatan experiential learning. Proses pendidikan di sini dirancang untuk menonjolkan aspek pengalaman langsung dan pemecahan masalah, yang dilanjutkan dengan proses refleksi mendalam atas pengetahuan yang diperoleh melalui pengalaman tersebut.

Baca Juga  Pantai Drini, Objek Wisata Pantai Nan Eksotis di Gunung Kidul

Inisiatif ini dinilai ideal untuk lembaga pendidikan mulai dari tingkat sekolah dasar hingga universitas. Anda juga bisa mengajak keluarga Anda untuk merasakannya.

5. Lukisan batu

Jangan lupa untuk mencoba aktivitas unik seperti melukis batu saat mengunjungi Dewi Tinalu. Masyarakat telah mempraktekkan seni lukis batu sejak tahun 2019. Ide seni lukis cadas bermula dari banyaknya bebatuan alam di sepanjang aliran Sungai Tinala. Kini karya seni unik tersebut dijual ke publik dengan harga ratusan ribu.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Desa Wisata Tinala
Foto Kembara Dwipa di Google Maps

Karena Dewi Tinala merupakan desa wisata yang menawarkan banyak paket menarik kepada pengunjungnya, maka pelayanan yang diberikan di Dewi Tinala bisa dikatakan sangat memadai. Bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi, disediakan tempat parkir khusus. Areanya juga luas, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika bepergian berkelompok dengan bus.

Beberapa tempat wisata mempunyai spot foto, seperti kawasan Puncak Klecho. Dengan cara ini, Anda dapat menemukan foto sebanyak yang Anda inginkan saat berada di area tersebut. Lalu ada area camping dengan kamar mandi dan musala. Intinya semua kebutuhan liburan Anda bisa tercukupi dengan baik.

Jika tidak ingin berkemah dan ingin bermalam lebih nyaman, terdapat guest house di kawasan tempat tinggal warga. Banyak juga kios yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Dijamin Anda akan betah berlama-lama berada di desa wisata Tinala.

Nah, kira-kira paket wisata apa yang ingin Anda coba saat berkunjung ke Dewi Tinalu? Desa wisata ini menawarkan banyak aktivitas seru yang akan membuat liburan Anda berkesan dan tak terlupakan. Segera rencanakan liburan Dewi Tinal Anda sekarang.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *