Pantai Watunene: Surga Tersembunyi di Gunung Kidul dan Tempat Camping Seru

Ide Wisata14 Dilihat


Pantai Vatunene di Gunung Kidul merupakan surga tersembunyi dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Menawarkan suasana yang tenang dan indah, merupakan destinasi ideal bagi pecinta alam.

Gunung Kidul yang dulunya terkenal dengan kekeringannya, kini menjadi destinasi wisata yang menawan.

Kawasan ini terkenal dengan pantainya yang menawan, terbentang dari ujung timur Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul hingga perbatasan Kabupaten Wonogiri di Jawa Tengah.

Ciri utama pantai di Gunung Kidul adalah pasir putihnya yang luas dan bebatuan karang yang tinggi dengan bentuk yang unik dan bervariasi. Salah satu pantai yang menonjol adalah Pantai Vatunene yang terkenal dengan pasir putih dan bebatuan karangnya.

Pesona wisata pantai Vatunene

Pesona wisata pantai Vatunene
Foto Nova Ariyanto di Google Maps

Pantai ini merupakan permata tersembunyi di antara deretan pantai indah di Gunung Kidul yang terletak di Desa Tepus, Kapanewon Tepus.

Meski tersembunyi dan membutuhkan perjalanan yang menantang, Kampus Dewi pengelola Desa Wisata Kalurahan Tepus telah menyediakan mobil jeep untuk berpetualang di sana.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pantai Vatunene dikelilingi tebing karst setinggi hingga 100 meter, semakin mempertegas keindahan tersembunyi di tempat tepi pantai ini.

Di wisata pantai ini pengunjung bisa menjumpai pasir putih lembut, bebatuan karang besar dengan berbagai warna dan bentuk, serta air laut yang jernih dan biru.

Pantai ini juga dikelilingi bukit karang dan pepohonan, memberikan perlindungan yang sempurna.

Walaupun Pantai Watunene tidak sepopuler Pantai Baron dan pantai lain di Gunung Kidul, namun tetap menjadi destinasi menarik pengunjung setiap harinya, dengan pemandangan yang indah dan spot camping yang menawan.

Sebelum dikelola dengan baik, pantai ini seringkali hanya dijadikan tempat persinggahan sementara bagi mereka yang berkunjung ke Pantai Seruni atau Pok Tunggal.

Baca Juga  Bukit Bengkaung, Menyaksikan Pesona Alam dari Atas Ketinggian Sembari Kulineran di Lombok Barat

Meski Pantai Vatunene tidak sepenuhnya tersembunyi, namun layak disebut sebagai “permata tersembunyi”.

Untuk sampai ke Pantai Vatunene, pengunjung harus mencoba berjalan kaki terlebih dahulu. Namun justru permasalahan inilah yang menambah daya tarik pantai ini sebagai destinasi yang wajib dikunjungi.

Lokasi Jalan menuju pantai

Pantai Watunene terletak sekitar 5 km dari Jalan Lintas Selatan (JJLS) di Desa Tepus, Kapanewon Tepus, DI Yogyakarta.

Meski jalur ini masih dalam tahap pembangunan, namun pengunjung yang ingin mengunjungi pantai ini harus berjalan melalui jalan berbatu. Oleh karena itu, disarankan menggunakan kendaraan roda dua agar perjalanan lebih mudah.

Pengunjung dapat memulai perjalanannya dari Desa Wisata Thepus, dimana pihak pengelola telah menyediakan mobil jeep di Kawasan Rekreasi Thepus untuk perjalanan menuju pantai yang berjarak sekitar 4 kilometer.

Setibanya di Pantai Vatunene, pengunjung tidak langsung disambut dengan pemandangan pasir dan lautan.

Mereka harus menuruni batu karst setinggi sekitar 50 meter yang cukup terjal tanpa tangga. Namun warga sekitar sudah membuka jalan untuk memudahkan akses menuju pantai.

Di pinggir pantai, pengunjung akan disuguhi pemandangan tebing-tebing tinggi yang mengelilingi pantai layaknya sebuah benteng. Jarak antara garis pantai dan tebing hanya sekitar 20-30 meter.

Kegiatan yang menarik

Pantai ini menawarkan suasana sejuk dan tenang dengan pengunjung yang relatif sedikit. Namun pengunjung tidak perlu khawatir dengan kurangnya hiburan menarik di sini:

1. Nikmati berkemah

Ada tempat perkemahan di Pantai Vatunene di mana pengunjung dapat mendirikan tenda dan bermalam.

Bermalam di pantai ini memberi Anda kesempatan untuk menyaksikan indahnya matahari terbit dan terbenam dari atas bukit.

2. Berenang

Berkunjung ke pantai tentu tidak akan ideal tanpa menikmati berenang di laut. Di Pantai Vatunene, pengunjung bisa berenang atau sekadar bermain-main di pantai.

Baca Juga  Lembang Park & Zoo, Kebun Binatang Mini yang Dilengkapi Beragam Wahana Seru

Kebersihan pantai eksotik ini sangat terjaga, apalagi belum banyak yang mengunjunginya.

3. Ambil foto

Pantai Vatunene memiliki keunikan tersendiri karena dikelilingi tebing tinggi sehingga cocok dijadikan tempat berfoto.

Pengunjung bisa berfoto di pinggir pantai atau bahkan memanjat tebing untuk mendapatkan pemandangan yang lebih luas sebagai backdrop fotonya.

4. Memancing

Bagi pecinta memancing, Vatunene bisa dianggap sebagai surganya.

Hal ini tidak hanya disebabkan oleh keragaman ikan di waduk, tetapi juga karena suasana tenang akibat sedikitnya pengunjung, sehingga pengalaman memancing lebih santai.

Biaya masuk dan layanan

Tiket ke pantai Vatunene
Foto Sungai Hizaki Drg di Google Maps

Untuk melihat keindahan Pantai Watunene, pengunjung hanya perlu membayar biaya masuk sebesar Rp 10.000.

Biaya tambahan bagi yang membawa kendaraan sebesar Rp5.000 untuk mobil penumpang dan Rp2.000 untuk sepeda motor.

Meski harga tiketnya terjangkau, namun fasilitas di pantai ini tidak kalah lengkap, antara lain toilet umum, warung makan, bahkan akomodasi.

Tips mengunjungi Pantai Vatunene

Agar liburan Anda di pantai Vatunene semakin menyenangkan, berkesan dan nyaman, berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

  • Periksa ramalan cuaca: Pastikan untuk memeriksa cuaca sebelum mengunjungi Pantai Vatunene. Demi keamanan dan kenyamanan, sebaiknya hindari mengunjungi pantai ini saat musim hujan.
  • Masalah cuaca dan keamanan: Saat musim hujan, ombak di pantai menjadi lebih besar dan berbahaya, sehingga tidak disarankan untuk berenang.
  • Pemilihan mobil: Disarankan kendaraan roda dua untuk mencapai tempat ini. Alternatifnya, Anda bisa menyewa mobil jeep dengan harga sekitar Rp350-400 ribu untuk empat hingga lima orang termasuk sopir.
  • Waktu berkunjung: Datanglah pada pagi atau sore hari untuk mendapatkan pemandangan terbaik. Hindari tiba di lokasi pada malam hari karena aksesnya semakin kurang nyaman.
  • Barang-barang pribadi dan obat-obatan: Bawalah barang-barang pribadi dan obat-obatan jika terjadi keadaan darurat atau keadaan darurat.
Baca Juga  Pantai Parangtritis, Pantai Eksotis di Bantul Jogja yang Dibaluti Misteri

Semoga tips berikut ini dapat membuat kunjungan Anda ke Pantai Watunene Gunung Kidul semakin menyenangkan dan berkesan. Saya harap informasi ini bermanfaat!


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *