Angkor Wat, Kuil Budha Terluas di Kamboja, Sobatnya Traveler


Perjalanan ke Kamboja tidak akan lengkap tanpa mengunjungi salah satu kuil terbesar dan terluas di Kamboja, Angkor Wat. Angkor Wat adalah sebuah kuil di Kamboja yang dibangun pada abad ke-12 oleh Raja Suryavarman II.

Angkor Wat awalnya adalah sebuah candi Hindu, dibangun sebagai simbol persembahan kepada dewa Wisnu. Namun pada akhir abad ke-12, fungsi Angkor Wat sebagai candi Hindu berubah menjadi candi peribadatan Budha.

Kini salah satu tempat wisata sejarah dan budaya Siem Reap ini telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dan berubah fungsinya menjadi tempat wisata yang dapat dikunjungi oleh setiap wisatawan yang berkunjung. Mungkin Anda juga tertarik mengunjungi Angkor Wat sobat traveller?

Sekilas tentang tempat wisata Angkor Wat di Kamboja

Alamat : Krong Siem Reap, Kamboja.
Map : klik disini
Jam buka : Akses ke Angkor tersedia 24 jam sehari, Candi Angkor buka mulai jam 5 pagi waktu setempat.
Biaya masuk : tiket 1 hari: $37, tiket 3 hari: $62-$72, anak di bawah 12 tahun gratis.

Angkor Wat merupakan objek wisata candi yang tersebar di area seluas 163 hektar, bangunan utamanya berupa candi yang megah. Nama Angkor Wat berasal dari bahasa Sansekerta. Angkor berarti negara dan Wat berarti kuil atau tempat suci.

Angkor Wat (perjalanan.anak-anak)
Angkor Wat (perjalanan.anak-anak)

Saat menjelajahi kawasan ini, Anda akan menemukan banyak dinding candi dengan relief unik dan prasasti berisi kalimat dalam bahasa Sansekerta. Selama berada di sini, banyak sekali aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan, mulai dari jalan-jalan, memotret bangunan candi yang megah dan indah, hingga wisata kuliner.

Dari waktu ke waktu Anda akan bertemu dengan monyet, yang dianggap suci, dan Anda akan bertemu dengan biksu yang menjaga kuil. Anda juga dapat berkomunikasi dengan para biksu dengan meminta doa. Disarankan ketika meminta doa kepada para biksu, Anda menyisihkan sejumlah uang jajan untuk mereka ya, rekan-rekan musafir!

Rute ke Angkor Wat

Angkor Wat (piring untuk dua orang)
Angkor Wat (piring untuk dua orang)

Untuk mengunjungi tempat wisata bersejarah di Kamboja ini, perjalanan bisa dimulai dari ibu kota Kamboja, Phnom Penh, hingga Siem Reap, tempat Angkor Wat berdiri sejak abad ke-12.

Baca Juga  Tempat Wisata Bangkok Beberapa Pasti Kamu Belum Ketahui

Anda dapat memilih transportasi bus ke Pub Street mulai dari $7,00. Dari Pub Street, perjalanan dapat dilanjutkan dengan dua cara: menyewa tuk-tuk atau naik sepeda. Jika Anda mencari biaya transportasi yang murah, Anda bisa pergi ke Angkor dengan menggunakan sepeda.

Biaya sewa sepeda hanya $3,00. Namun cara ini tidak disarankan karena jarak Pub Street dan Angkor Wat kurang lebih 50 km. Pastinya sesampainya di Angkor anda akan sangat lelah dan tidak bisa menikmati liburan anda.

Tuk Tuk Kamboja (pinterest)
Tuk Tuk Kamboja (pinterest)

Pilihan terbaik adalah menyewa tuk-tuk, yang dimulai dari $20. Tuk-tuk ini merupakan alat transportasi di Kamboja, dimana Anda dapat berkeliling wilayah Angkor yang luas sepuasnya.

Oh iya, buat kamu yang belum pernah naik tuk tuk, jangan kira tuk tuk yang ada di Kamboja sama dengan tuk tuk yang ada di Thailand. Di Thailand, tuk-tuk lebih mirip bajaj, dan di Kamboja, desain tuk-tuk lebih mirip becak otomatis. Jadi, angin sepoi-sepoi akan menjadi teman Anda dalam perjalanan tuk-tuk Anda.

Karena Kamboja dekat dengan Thailand, banyak tradisi dan budaya Kamboja yang sekilas tampak mirip dengan Thailand. Bila perlu, selain berkeliling Kamboja dan masih punya waktu bersantai, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Thailand dengan menggunakan pesawat. Membaca : Tips dan cara membeli tiket pesawat murah sehingga anda bisa mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah.

Cari tahu juga berbagai rekomendasi tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Thailand agar perjalanan Anda menyenangkan. Membaca : 10 Tempat Wisata Thailand Yang Wajib Dikunjungi

Membaca : 10 Tempat Wisata Instagrammable di Thailand

Tiket masuk ke Angkor Wat

Kembali ke topik, hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk memasuki kawasan Angkor adalah membeli tiket masuk. Di kawasan Angkor seluas 163 hektar ini, Anda bisa memilih beberapa pilihan paket tiket. Tersedia paket tiket harian mulai dari 3 tiket harian hingga tiket 7 hari untuk menjelajah Angkor. Tiket manakah yang ingin kamu pilih, sobat traveller?

Baca Juga  Wisata di Korea Selatan - 8 Lokasi yang Paling Diminati Orang-Orang

Harga tiketnya cukup mahal. Paket tiket 1 hari berharga $37, paket harian berharga $62, dan paket tiket 7 hari berharga $72. Namun, anak-anak di bawah 12 tahun tidak perlu membayar tiket apapun karena tiket masuk Angkor gratis. Anak-anak di bawah 12 tahun perlu menunjukkan paspor untuk memasuki Angkor.

Setelah membayar pembelian tiket Anda di loket, tiket yang dibeli akan difoto oleh staf dan kemudian dicetak dengan foto Anda. Setelah membeli tiket, Anda bisa berkeliling kawasan Angkor sepuasnya dengan sepeda, tuk-tuk atau jalan kaki hingga lelah.

Fasilitas Angkor Wat

Di kota tua Angkor Anda akan melihat kuil Budha yang megah dengan akses jalan dan sistem irigasi kanal. Semua sistem tata kota, desain arsitektur, dan sistem irigasi berupa kanal merupakan teknologi canggih pada masanya.

Tarian Khmer (perjalanan budaya)
Tarian Khmer (perjalanan budaya)

Saat memasuki kuil utama Angkor Wat, Anda akan melihat halaman luas yang biasa digunakan sebagai tempat berlangsungnya tarian tradisional Khmer. Para penarinya menggunakan aksesoris yang mirip dengan penari Thailand. Semua wisatawan bisa menikmati tontonan ini secara gratis jika berkesempatan menontonnya, karena pertunjukan tari tradisional ini tidak dipentaskan setiap hari.

Terdapat sebuah kawasan di kompleks Candi Angkor yang bangunannya terdapat pohon-pohon raksasa dengan akar yang sangat besar. Akar pohonnya bahkan terlihat seperti tangan raksasa yang mencengkeram bangunan candi karena ukurannya yang begitu besar.

Ta Prohm (petualangan super)
Ta Prohm (petualangan super)

Kawasan bernama Ta Prohm ini sering difoto oleh wisatawan karena kesan unik yang diberikannya. Beberapa waktu lalu, tempat ini pernah menjadi lokasi syuting film yang dibintangi Angelina Jolie. Filmnya berjudul Tomb Raider.

Di dalam candi terdapat kolam yang sudah tidak terisi air lagi. Kolam kering ini sering dijadikan tempat pengunjung duduk bersantai setelah penat menjelajahi pelataran candi Angkor yang luas. Saat berkeliling candi, Anda juga akan menemukan prasasti berukir berbahasa Sansekerta yang menceritakan kisah kemenangan Suryavarman II pada masa perang.

Makna dari prasasti tersebut adalah Raja Suryavarman II memenangkan perang dengan melompat ke punggung gajah perang musuh dan membunuh musuhnya seperti garuda membunuh ular-naga.

Matahari terbit di Angkor Wat (indonews)
Matahari terbit di Angkor Wat (indonews)

Kompleks Angkor Wat memiliki sebuah danau besar yang menghadap ke kuil megah yang sering menjadi tempat berburu foto para fotografer. Pesona telaga ini semakin memukau seiring menjelang terbenamnya matahari di sore hari. Danau yang awalnya berwarna hijau, lama kelamaan akan memudar seiring dengan gemerlapnya matahari terbenam yang akan datang, meninggalkan pesona indah berwarna jingga kemerahan. Abadikan momen menakjubkan selama Anda menginap di Angkor Wat.

Baca Juga  Working Holiday Visa Australia, Cara Apply dan Syarat

Apa lagi?

Kuil Bayon (atraksi di Kamboja)
Kuil Bayon (atraksi di Kamboja)

Selain Angkor Wat, objek wisata di Kamboja yang juga bisa menjadi destinasi wisata Angkor Anda adalah Kuil Bayon atau Kuil Seribu Wajah. Candi ini istimewa, dengan relief wajah berukuran raksasa di atas bangunannya.

Wajah yang diukir adalah wajah Avalokitesvara. Avalokitesvara adalah perwujudan belas kasih Buddha. Itu sebabnya senyuman muncul di wajahnya. Jumlah ukiran wajah Avalokiteshvara mencapai 216 ukiran dan menghiasi 54 menara di Candi Bayon.

Angkor menawarkan beragam wisata kuliner. Jadi kamu tidak akan mati kelaparan. Banyak sekali jajanan pinggir jalan yang bisa dibeli dengan harga murah, mulai dari es café au lait, acar buah, hingga kue bawang yang fenomenal.

Kamboja adalah negara tropis, jadi Anda bisa datang ke sini kapan pun Anda mau. Namun, untuk hasil yang maksimal, disarankan untuk mengunjungi Kamboja pada musim kemarau karena memungkinkan Anda menjelajahi berbagai tempat di Kamboja tanpa khawatir kehujanan.

Namun, jika Anda ingin menikmati festival air populer yang berlangsung saat musim hujan, Anda bisa mengunjungi Kamboja pada bulan November. Namun, jika Anda tidak punya cukup uang untuk berlibur ke Kamboja, liburan di Indonesia cukup cocok. Indonesia mempunyai banyak tempat wisata yang tidak kalah menariknya dengan wisata luar negeri. Membaca : 11 Tempat Wisata Terbaik di Indonesia dan Luar Negeri

Jadi, dimanapun Anda berada, ingatlah untuk selalu berbahagia dan luangkan waktu untuk mengambil foto-foto seru untuk mengabadikan berbagai momen kenangan yang Anda alami selama liburan. Selamat berlibur!


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *