Pantai Barombong, Pesona Keindahan Alam, Ombak Tenang & Matahari Tenggelam Memukau di Makassar

Ide Wisata134 Dilihat


Nikmati keajaiban Pantai Barombong di Makassar dengan keindahan alamnya. ombak yang menakjubkan, tenang, dan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Selat, Barombong, Makassar, Sulawesi Selatan; Map: Periksa lokasi

Pantai tersebut kini masih menjadi tempat wisata favorit banyak orang. Hampir setiap wilayah di Indonesia mempunyai garis pantai, termasuk Makassar. Pantai Barombong menjadi salah satu yang ramai diperbincangkan belakangan ini. Tak heran jika daya tariknya menarik setiap wisatawan yang mengunjunginya.

Mengunjungi wisata bahari ini selalu menyenangkan karena banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini. Pada umumnya mereka yang datang ke pantai indah ini menghabiskan waktu seharian penuh di sini. Ada yang berjemur, bermain air, berenang, dan juga bermain pasir. Semuanya menarik, terutama bagi pengunjung dari kalangan anak-anak.

Pantai ini memiliki pasir hitam lembut yang kalah menarik dibandingkan pasir putih. Hanya karena kelembutannya yang hampir tidak terasa saat diinjak, banyak pengunjung yang merasa senang dan memanfaatkannya untuk bermain. Ombaknya relatif tenang, meski ada kalanya terjadi gelombang tinggi dan angin kencang.

Objek Wisata Pantai Barombong

Objek Wisata Pantai Barombong Makassar
Foto oleh Irvan Joyanto/Google Maps

Pantai Barombong di Makassar selalu dikunjungi wisatawan setiap harinya. Tak hanya warga lokal dan wisatawan luar kota saja yang menyempatkan diri untuk mampir. Tak heran jika pantai eksotik ini memiliki daya tarik yang beragam. Dari sekian banyak atraksi yang dibahas, berikut beberapa yang mampu kami rangkum!

1. Keindahan lingkungan

Secara keseluruhan pantai ini mempunyai pemandangan alam yang indah. Air laut di tengahnya relatif jernih, kadang hijau, kadang biru. Perbedaan warna ini biasanya disebabkan oleh arus laut. Jika arusnya kuat, air biasanya berubah warna menjadi coklat. Sebaliknya jika arusnya tenang, air tampak lebih jernih dan berwarna kehijauan.

Pantai Barombong menawarkan lebih dari sekedar pemandangan laut. Di sebelah kiri pantai terdapat dermaga yang digunakan sebagai tempat tambatan perahu nelayan. Sedangkan di sisi kanannya terdapat jalan yang terbuat dari bebatuan karang yang menjorok ke laut. Pantai ini merupakan tempat para nelayan mencari ikan.

Baca Juga  Pantai Widodaren, Pesona Pantai Indah Nan Bersih di Gunung Kidul

Jadi, selain pemandangan pantai, Anda juga bisa melihat aktivitas para nelayan setempat. Ikan ditangkap dengan jaring, dan jenis ikannya bermacam-macam. Di sisi lain, keindahan juga datang dari pasir hitam yang terhampar luas. Pada siang hari, butiran pasir ini sedikit berkilau karena mengandung garam yang terkena sinar matahari.

2. Pantai dengan ombak yang tenang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ombak di Pantai Barombong tergolong tenang. Kebanyakan ombaknya tidak terlalu tinggi, hanya ombak kecil yang mendekati bibir pantai. Meski terkadang terjadi ombak besar, namun hal ini sangat jarang terjadi. Biasanya ombak besar disertai angin kencang.

Karena sifat ombaknya yang tenang, aktivitas di pantai tidak terlalu mengganggu. Anda bisa bermain air atau bahkan berenang di tepiannya. Selain itu, Anda juga bisa bermain di pasir yang lembut. Namun bagi yang ingin berenang harus berhati-hati, karena beberapa waktu lalu sempat terjadi kasus wisatawan tenggelam.

3. Tempat pemancingan yang mudah diakses.

Pantai Barombong Makassar dengan bebatuan yang menjadi akses jalan menuju tengah laut sangat cocok untuk memancing. Ikan biasanya bersembunyi di bebatuan tersebut untuk mencari dan menunggu mangsa. Beberapa jenis ikan yang menjadi incaran para pemancing adalah ikan kakap merah, ikan kakap putih, serta ikan kerapu.

Selain jalannya berbatu, area bawah dermaga juga sering dijadikan tempat pemancingan. Hal ini tentu tidak mengherankan, karena di sinilah biasanya ikan-ikan berkumpul. Namun, karena tidak ada persewaan alat pancing di kawasan tersebut, Anda harus membawa sendiri dari rumah beserta umpan jika perlu.

4. Pemandangan matahari terbenam

Pantai Barombong tidak jauh berbeda dengan pantai-pantai di Makassar pada umumnya. Ini juga menawarkan pemandangan matahari terbenam alami yang menakjubkan. Penduduk setempat biasanya datang ke sini pada sore hari untuk melihat pemandangan alam yang indah tersebut. Sore harinya kami bergabung dengan banyak pengunjung dari luar kota.

Baca Juga  Curug Sidoharjo, Perpaduan Panorama Hijau dengan Cawang Embung yang Mempesona di Kulon Progo

Mereka biasanya tiba pada siang atau sore hari. Keindahan matahari terbenam atau terbenamnya matahari memang tidak ada duanya. Warna oranyenya berpadu dengan cerahnya langit biru di sore hari. Perpaduan kedua warna ini menciptakan gradasi yang begitu indah. Belum lagi awan putih yang menggantung, panoramanya pun terlihat semakin sempurna.

Alamat, lokasi, rute dan biaya masuk

Alamat Pantai Barombong Makassar
Foto oleh Irvan Joyanto/Google Maps

Mengunjungi Pantai Barombong Makassar sangatlah mudah karena letaknya yang strategis. Jarak dari pusat kota diperkirakan hanya 15 kilometer. Jarak tersebut biasanya dapat ditempuh dalam waktu 40 menit dengan kendaraan bermotor. Tentu saja waktu tersebut tergantung kondisi jalan, serta kecepatan rata-rata kendaraan.

Mengenai rute, Anda dapat memilih beragam dan tentu saja tergantung dari arah mana Anda datang. Jika Anda datang dari pusat kota atau alun-alun, sebaiknya menuju Jalan Thodopuli Raya lalu ke Jalan AP Pettarani. Lanjutkan perjalanan ke Jalan Sultan Alauddin, lalu ke Jalan Baji Minas dan Jalan Manunggal 22.

Jarak Pantai Barombong dari titik ini masih sekitar 6 kilometer, silahkan ikuti rute menuju Jalan Danau Tanjung Bunga. Dari sini Anda akan melewati banyak pantai seperti Pantai Akbekouz dan Pantai Tanjung Bayan. Sesampainya di Jalan Permandian Alam, ikuti rambu sekitar hingga mencapai tempat wisata.

Setibanya di sana, silakan langsung menuju tempat parkir jika Anda datang dengan kendaraan pribadi. Pantai cantik di Makassar ini tidak dipungut biaya masuk alias gratis. Anda tinggal menukarkan sewa tanah tersebut dengan tempat parkir. Bagi yang datang dengan sepeda motor siapkan biaya sebesar 2.000 rupee, dan untuk mobil sebesar 5.000 rupee.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas pantai di Barombong Makassar
Foto oleh Irvan Joyanto/Google Maps

Pantai Barombong Makassar tidak hanya menarik, namun juga menawarkan beragam aktivitas. Memang dalam hal ini tidak jauh berbeda dengan pantai pada umumnya. Anda bisa berenang, bermain air, bermain pasir, memancing dan lain sebagainya.

Baca Juga  Indahnya Kawah Darajat, Objek Wisata Alam Eksotis di Garut

Menikmati pemandangan alam

Pantai di Makassar ini sangat indah dan sangat layak untuk dinikmati. Anda bisa menikmati semua panorama sambil bersantai di pinggirnya. Anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti berjalan menyusuri bibir pantai atau menuju ke ujung dermaga. Deburan ombak, pasir hitam, dan hembusan angin selalu menemani pantai ini.

Cobalah spot mancing di Pantai Barombong

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Pantai Barombong mempunyai tempat-tempat yang menarik minat para pemancing. Tak hanya dari daerah sekitar, ada juga yang sengaja datang dari luar kota. Jika Anda hobi memancing, tak ada salahnya mencoba spot baru. Coba gunakan umpan hidup karena biasanya lebih disukai ikan yang lebih besar.

Berenang dan bermain air

Memang tidak semua pantai bisa dijadikan tempat berenang. Ada pula yang justru dilarang karena dianggap berbahaya. Pantai eksotis ini tidak memiliki hal seperti itu: Anda bisa berenang dan bermain air dengan bebas. Namun demi keamanan, sebaiknya jangan melangkah terlalu jauh di tengah, dan perhatikan juga ombak yang mendekat.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pantai Barombong Makassar
Foto oleh Irvan Joyanto/Google Maps

Meski Pantai Barombong di Makassar saat ini gratis untuk dikunjungi, namun fasilitas di Pantai Barombong Makassar tidak kalah dengan pantai berbayar lainnya. Terdapat fasilitas penting antara lain tempat parkir, toilet, dan musala. Di dekat tempat wisata terdapat warung-warung yang menawarkan beragam menu makanan dan minuman, terutama seafood.

Berikut yang bisa disampaikan tentang salah satu tempat wisata pantai Makassar ini. Tentunya banyak pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum mengunjungi tempat wisata. Setelah membaca review yang kami berikan, kemungkinan besar Anda akan setuju bahwa Pantai Barombong masih layak untuk dikunjungi di akhir pekan atau liburan.


databaru.my.id