Jungwok Blue Ocean, Destinasi Wisata ala Santorini di Gunung Kidul

Ide Wisata135 Dilihat


Jungwok Blue Ocean merupakan destinasi wisata di Gunung Kidul, Jogja yang memiliki konsep mirip dengan Santorini di Yunani.

Kabupaten Gunung Kidul dikenal sebagai salah satu daerah dengan garis pantai terpanjang di DI Yogyakarta. Di sini, setiap tempat menawarkan ciri khas dan keindahan bebatuan karangnya masing-masing.

Apalagi destinasi wisata buatan kini semakin banyak bermunculan. Jungwok Blue Ocean salah satunya yang terletak di kawasan Pantai Jungwok.

Destinasi yang konsepnya mirip dengan Santorini di Yunani ini menambah keunikan baru wisata pantai di sisi timur.

Jungwok Blue Ocean, konsepnya mirip Santorini.

Jungwok Blue Ocean, konsepnya mirip Santorini.
Foto oleh Lutfi Ihsan di Google Maps

Jungwok Blue Ocean menampilkan desain yang terinspirasi dari Santorini, Yunani, dengan kombinasi warna putih dan biru yang mendominasi beberapa bangunan.

Terletak tepat di atas Pantai Jungwok, tempat ini memungkinkan pengunjung menikmati pemandangan indahnya pantai berpasir putih khas Gunung Kidul.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas seperti spot foto menarik, area bernama “Santorini Center”, area bermain, dan kolam rendam. Bahkan, masakan khas Santorini juga ditawarkan di sini.

Manajemen merancang kawasan tersebut seperti perkampungan Santorini, dengan pertokoan dan butik yang menjadi wadah bagi UMKM lokal.

Selain itu, mereka juga bermitra dengan UMKM lokal dengan menyediakan lokasi di Santorini Centre.

Biaya masuk dan jam buka

Jungwok Blue Ocean dikenakan biaya Rp 25.000 per orang. Dengan harga tersebut, pengunjung bisa mendapatkan akses ke seluruh kawasan, termasuk berbagai fasilitas seperti spot foto dan pusat kota Santorini.

Destinasi wisata ini buka setiap hari dengan jam buka berbeda-beda: mulai pukul 09.00 hingga 20.00 pada hari kerja dan hingga pukul 21.00 pada akhir pekan.

Rute menuju Pantai Jungwok

Jungwok Blue Ocean terletak persis di atas Pantai Jungwok, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Baca Juga  Pantai Watu Lumbung, Pesona Pantai Indah & Batu Karang Eksotis di Gunung Kidul

Pantai Jungwok sendiri terletak sekitar 75 kilometer dari kota Yogyakarta, perkiraan waktu tempuh sekitar dua jam.

Pantai ini dekat dengan pantai Vediombo, Ngusalan dan Greveng. Bisa ditempuh melalui jalur khusus bagi yang akrab dengan pantai-pantai di selatan kota Yogyakarta, seperti Pantai Vediombo.

Dari kota Yogyakarta perjalanan dimulai dari arah timur melalui Jalan KH. Ahmad Dahlan kemudian berlanjut ke Jalan Panembahan Senopati 9.

Sesampainya di pertigaan tersebut, ikuti jalur ke selatan melalui Jalan Brigjen Katamso, lalu lanjutkan ke timur melalui Jalan Kolonel Sugiyono. Di pertigaan berikutnya, belok selatan ke Jalan Sisingamangaraja dan terus ke Jalan Imogiri Barat.

Setelah itu, di pertigaan, menuju ke timur menyusuri Jalan Bakulan Imogiri hingga mencapai pertigaan, Anda harus berbelok ke barat menuju Jalan Imogiri Siluk yang berlanjut ke Jalan Siluk Pangang.

Setelah sampai di pertigaan berikutnya, belok timur menuju Jalan Raya Panggang Wonosari yang akan membawa Anda ke Jalur Pantai Selatan.

Terakhir di pertigaan berikutnya, belok selatan menuju Jalan Wediombo Jungwok. Ikuti jalan ini untuk mencapai Pantai Jungwok.

Asal Nama Pantai Jungwok.

Asal Nama Pantai Jungwok.
Foto Apa Aja di Google Maps

Nama Pantai Jungwok berkaitan dengan sejarah Gunung Manjung di Gunung Kidul. Gunung ini baru meletus satu kali, sekitar 400 juta tahun lalu.

Letusan tersebut menyebabkan sekitar sepertiga gunung tersebut terlepas dan membentuk sebuah pulau yang dikenal dengan nama Pulau Ka Long yang terletak di dekat Pantai Jung Wok.

Nama “Chungwok” sendiri merupakan gabungan dari kata “Jung” (mengacu pada Gunung Manjung) dan “Wok” yang berasal dari bahasa Jawa “Darah” yang berarti lubang atau celah.

Sekianlah hikmah dari Jungwok Blue Ocean yang lagi hits di Gunung Kidul. Berkunjung ke tempat ini pasti akan memberikan pengalaman unik dan menyenangkan.

Baca Juga  Columbus Waterpark, Destinasi Wisata Air di Bekasi yang Bertema Kepulauan Karibia


databaru.my.id