Pasar Beringharjo Jogja, Menikmati Berwisata Sekaligus Berbelanja Oleh-Oleh

Ide Wisata7 Dilihat


Yang suka bersantai di Jogja mungkin sudah tidak asing lagi dengan Pasar Beringharjo. Pasar tertua berdasarkan nilai cerita dan filosofis Ini menawarkan berbagai kebutuhan terutama pakaian dan souvenir.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 08:30-21:00, Alamat: Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Kech. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Jika berkunjung ke Gudeg Jogja, jangan hanya sekedar mengunjungi keratonnya saja, tapi juga membawa pulang oleh-oleh khasnya. Anda dapat dengan mudah membeli berbagai macam makanan, jajanan, kain batik, pakaian batik dan aksesoris dari berbagai toko dan pasar yang tersebar di seluruh kota budaya dan pelajar ini.

Salah satu pasar tertua dan terlengkap tempat Anda bisa membeli berbagai oleh-oleh unik khas Yogyakarta adalah Pasar Beringharjo. Di sini Anda bisa menemukan berbagai oleh-oleh dan kuliner. Mulai dari bumbu penyehat untuk minuman tradisional hingga aksesoris dengan aksen batik khas Jawa.

Pasar Beringharjo merupakan pasar yang menjadi pusat oleh-oleh terbesar dan telah lama menjadi pusat perekonomian masyarakat Yogyakarta. Hal ini menjadikan pasar ini sebagai tempat yang cocok untuk mencari barang dan kuliner yang identik dengan Yogyakarta. Di bawah ini adalah informasi lebih lanjut mengenai Pasar Beringharjo sebelum mengunjungi pasar ini.

➥ Cek hotel murah di Jogya

Objek Wisata Pasar Beringharjo

Shutterstock Objek Wisata Pasar Beringharjo
Foto oleh Yesya Rakhmadil di Shutterstock

Wisata belanja dan kuliner

Berkunjung ke Jogja tidak bisa dihindari sambil berbelanja dan membeli oleh-oleh. Berkunjung ke Pasar Beringharjo Jogja ibarat mengunjungi surga belanja. Sensasi cuci mata bisa Anda rasakan saat melihat produk yang ditampilkan dengan cantik dan bernuansa etnik Jawa.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Sesampainya di pasar tradisional ini, Anda akan disambut oleh penjual makanan dan jajanan yang siap memanjakan lidah Anda. Anda bisa mencoba minuman khas seperti minuman penghangat atau minuman herbal sehat. Jika Anda menginginkan sesuatu yang dingin dan menyegarkan, cobalah es dauette.

Jika lapar, Anda bisa memesan urap petsel beserta kue tradisional seperti kue bakpia, legomoro, dan kue quipo. Soal harga jangan khawatir karena Anda bisa menawar hingga menemukan harga yang cocok. Namun jangan sampai tawaran kita terlalu murah dan merugikan penjual.

Koleksi batik terlengkap

Batik identik dengan Jogya. Karena beragamnya motif yang khas, batik Jogya menjadi barang koleksi yang digemari banyak orang. Beberapa yang terkenal antara lain batik parang rusak, batik kawung, batik sidomukti dan batik tsiptoning. Motif-motif ini tidak hanya diterapkan pada kain, tetapi juga pada berbagai produk. mode.

Berburu batik di Pasar Beringharjo adalah pilihan yang tepat. Pasalnya di sini Anda bisa membeli berbagai jenis batik dengan harga berbeda-beda, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan. Di sini Anda juga bisa membeli kain, baju, celana panjang, tas, blancon, sandal, sepatu dengan motif batik khas Jogya.

Baca Juga  Pantai Kukup, Pantai Cantik Andalan Gunung Kidul Jogja

Jika jeli tentunya bisa mendapatkan batik kualitas terbaik dengan harga murah dengan sedikit tawar menawar. Berbeda dengan berburu batik di toko yang mungkin harganya lebih mahal. Jadi jika Anda memutuskan untuk membeli batik sebagai oleh-oleh, pastikan pasar tertua ini menjadi tujuan berburu batik Anda.

Pusat kain batik dan fesyen serta aksesoris batik bisa Anda temukan di gedung sebelah barat Pasar Beringharjo Jogja. Bangunan bagian barat ini memiliki 2 lantai dengan pemandangan batik khas jawa dan batik jogya.

Dikelilingi oleh tempat wisata lainnya

Pasar Beringharjo yang terletak di tengah kawasan wisata Yogya tentunya dikelilingi oleh banyak tempat wisata menarik lainnya. Nah, jika sudah puas berwisata ke beberapa tempat wisata, Anda bisa mengakhiri perjalanan dengan berbelanja di pasar tertua ini.

Beberapa tempat wisata yang dekat dengan pasar ini antara lain jalan-jalan Jogja yang wajib dikunjungi, yaitu Jl. Malioboro, Museum Benteng Fredeburg, Yogyakarta Smart Park, Museum Sonobudoyo, Museum Anak Kolong Tanga, Toko Cokelat nDalem, Malioboro Mall dan tentunya Keraton Yogyakarta.

➥ Tiket sendratari Ramayana Puravisata Jogja

Pemandangan kawasan Pecinan

Jika Anda menuju ke utara Pasar Beringharjo Jogja, Anda akan melihat gerbang berwarna merah dengan patung naga khas Tiongkok. Daerah tersebut bernama Desa Ketandan dan mayoritas penduduknya adalah etnis Tionghoa.

Berbeda dengan desain arsitektur Jogya yang erat kaitannya dengan suku Jawa, gapura desa ini menonjol dengan atap melengkung khas Tionghoa. Bangunan-bangunan yang ada di kawasan Chinatown ini bukanlah tipikal bangunan khas Tionghoa. Sebab, sudah beberapa kali direstorasi.

Penduduk Desa Ketandan sebagian besar berprofesi sebagai pedagang. Para pedagang yang ada di kawasan Pecinan ini biasanya adalah toko kelontong yang menjual bahan-bahan sembako serta jamu dan obat-obatan tradisional. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, banyak di antaranya yang beralih menjadi toko emas dan permata.

Alamat, lokasi, rute dan biaya masuk

Alamat Pasar Shutterstock Beringhardjo
Foto oleh Herukru di Shutterstock

Pasar Beringharjo terletak di pusat kawasan wisata Yogya. Berlokasi di Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan. Untuk mencapai lokasi pasar tradisional, Anda dapat menggunakan angkutan umum seperti becak, mobil van, bus atau mobil pribadi.

Jalan kaki juga bisa menjadi pilihan sambil menikmati indahnya jalanan Jogja. Jalan yang Anda lalui adalah Jl. Malioboro populer karena pasar ini terletak di sebelah selatan Jl. Malioboro.

Di bawah ini adalah rute yang bisa Anda ambil untuk menuju Pasar Beringharjo dari terminal, stasiun kereta, dan bandara terdekat.

  • Dari Stasiun Tugu Yogyakarta turun di halte Malioboro 1 naik bus KOR 10, berhenti di halte Malioboro 3, lalu jalan kaki dan belok kanan menuju Jl. Memasangkan 6 menit.
  • Jika berjalan kaki dari Stasiun Tugu Yogyakarta, Anda bisa berjalan langsung menuju Jl. Malioboro berlanjut ke Jl. Margo Mulyo, lalu belok kanan ke Jl. Pabrik. Perjalanan dengan berjalan kaki memakan waktu 22 menit.
  • Dari Terminal Giwangan lanjut ke Terminal Giwangan naik bus KOR 3B, berhenti di tpb Suryotomo Barat, lalu jalan kaki kanan ke jl. Sandiloto selama 3 menit.
  • Dari Bandara Adisutjipto jalan kaki ke halte Mall Sahid J-Walk naik bus KOR 1B, berhenti di halte Senopati 1, lalu jalan kaki kiri menuju Jl. Srivedani selama 6 menit.
Baca Juga  Sate Kere Beringharjo, Menu Favorit Wisatawan dan Warga Lokal

Anda tidak perlu membayar biaya masuk untuk memasuki Pasar Beringharjo di Jogya. Namun jika Anda datang dengan mobil pribadi, Anda perlu membayar parkir. Rp 2.000 untuk roda 2 dan Rp 5.000 untuk roda empat.

➥ Paket Tour Jogja selama 4 hari 3 malam ke destinasi wisata populer

Kegiatan yang menarik

Shutterstock Aktivitas Pasar Beringharjo
Foto oleh Anya Fatudin di Shutterstock

1. Beli bahan makanan, hasil bumi, dan rempah-rempah.

Memang berwisata belum lengkap rasanya tanpa mencicipi berbagai masakan daerah. Begitu pula saat berkunjung ke Jogja. Pasar khas ini menjual berbagai macam makanan dan kue tradisional dengan harga murah namun rasanya mahal.

Gerbang utama Pasar Beringharjo dipenuhi penjual makanan dengan aroma lezat yang akan membuat perut Anda keroncongan. Anda bisa melihat tumpukan lauk gudeg, baseman, dan pechel urap khas Jogya. Ditambah lagi penjual kue dan jajanan seperti bakpia, krasikan, ting-ting dan lain-lain yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Jika Anda pergi ke gedung sebelah timur, Anda akan menemukan toko kelontong sederhana di lantai 1. Di sana Anda bisa menemukan bahan dasar masakan tradisional, seperti cincau, topping, dan gula merah. Nah, jika Anda ingin belajar cara membuat minuman khas Jogya, disinilah tempatnya untuk membeli bahan-bahannya.

Naik ke lantai 2 gedung timur, hidung Anda akan digelitik dengan aroma khas rempah-rempah khas Jawa. Berbagai jenis bumbu atau empon-empon tertata rapi dan siap dibeli. Jika Anda ingin membuat sendiri jamu atau minuman sehat seperti wedhang uwuh, luangkan waktu untuk memilih bahan-bahannya di sini.

Di jamuan makan Anda juga tidak hanya bisa membeli bahan-bahan herbal mentah, tetapi juga jamu yang diolah oleh tangan-tangan berpengalaman. Beberapa jenis obat herbal bisa Anda bawa pulang atau diminum langsung di tempat. Jamu yang dipadukan dengan es batu tentu menyegarkan minuman setelah penat berbelanja. Sehat juga.

Baca Juga  Omah Kayu, Menikmati Panorama Alam Kota Batu dari Atas Rumah Pohon

2. Cari oleh-oleh khas Yogya.

Daftar makanan khas Jogja satu persatu tidak ada habisnya. Banyak sekali pilihannya mulai dari makanan, gantungan kunci, aksesoris, pakaian, tas hingga perhiasan. Anda bisa menghabiskan waktu berbelanja oleh-oleh di Pasar Beringharjo Jogja tanpa menguras kantong.

Oleh-oleh dan oleh-oleh yang dijual di sini tidak hanya bisa ditawar, tapi ada juga yang dijual dalam jumlah besar. Harga grosir tentunya jauh lebih murah dibandingkan harga satuan. Jadi, jika Anda ingin membeli oleh-oleh dalam jumlah banyak, Anda tidak perlu lagi khawatir soal harganya.

3. Cari barang antik dan antik di Pasar Beringharjo.

Apakah Anda pecinta barang-barang vintage dan antik? Atau apakah Anda suka mengoleksinya? Saat Anda naik ke lantai 3 gedung timur pasar Beringharjo, Anda akan dipuaskan dengan pilihan barang antik yang diinginkan. Di sini Anda bisa menemukan mesin ketik antik, telepon antik, televisi antik, setrika antik, bahkan koin dan uang kertas antik.

Anda juga sering dapat menemukan barang langka di sini jika Anda perhatikan lebih dekat. Seperti patung dan arca, uang Jepang dan uang Belanda. Tentunya harga yang harus Anda bayar tergantung dari kelangkaan dan kualitas barang antik yang Anda pilih.

4. Belilah pakaian adat Jawa.

Pasar Beringharjo merupakan tempat dimana Anda bisa membeli pakaian tradisional Jawa dengan harga yang tidak terlalu mahal. Baik itu pernikahan, real estate atau sekedar souvenir. Tersedia berbagai pilihan blancon, surjan, bescap dan sandal tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Toko yang menjual pakaian tradisional ini bisa Anda temukan di gedung pasar barat. Jika Anda ingin menambahkan keris pada pakaian adat Anda, Anda bisa menemukannya di Pusat Barang Antik di Gedung Timur.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Pasar Beringharjo
Foto oleh Anya Fatudin di Shutterstock

Menjadi destinasi wisata belanja dan kuliner terlengkap dan terbesar, tentunya memiliki segala kebutuhan yang akan membuat pengalaman berbelanja Anda semakin nyaman. Di bawah ini adalah pelayanan yang diberikan oleh Pasar Beringharjo.

  • Parkir
  • Toilet
  • Tempat makan
  • Sampah
  • Petugas dan papan pengumuman
  • Pusat penjualan batik
  • Pusat Penjualan Mode
  • Pusat penjualan aksesoris dan souvenir
  • Pusat penjualan makanan
  • Pusat penjualan rempah-rempah
  • Pusat penjualan barang antik

Demikianlah informasi mengenai Objek Wisata, Lokasi, Rute dan Fasilitas Pasar Beringharjo Jogja. Pastikan membawa uang secukupnya untuk berbelanja di surga belanja ini karena semua barang yang dijual di pasar ini sangat menarik untuk dibawa pulang. Terutama sebagai oleh-oleh untuk keluarga, teman atau tetangga.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *