Kedung Tolok, Air Terjun Alami dengan Keindahan Alam yang Menakjubkan di Bantul

Ide Wisata66 Dilihat


Kedung Tolok di Bantul terkenal dengan air terjunnya yang masih asli dan keindahan alam yang memukau, menjadikannya destinasi ideal bagi para pecinta alam dan pecinta petualangan.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Imogiri Siluk, Kajor Kulon, Selopamioro, Kecamatan. Imogiri, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Indonesia mempunyai berbagai destinasi wisata menarik yang sering dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara, salah satunya adalah Kedung Tolok. Destinasi wisata ini terletak di kawasan Yogyakarta dan sangat dikenal oleh penduduk setempat. Wisata air terjun ini tidak hanya menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa, namun juga udara segar yang menyegarkan.

Oleh karena itu, tidak heran jika objek wisata alam ini sering dikunjungi banyak orang dan menjadi tempat wisata favorit mereka. Salah satu keunikan wisata air terjun ini adalah kemiringan batunya yang mencapai hingga 60 derajat. Banyak orang mengunjungi tempat ini hanya untuk melihat keunikannya. Lantas dimanakah alamat lengkap tempat wisata alam ini?

Hotel Murah di Bantul

Objek Wisata Kedung Toloka

Objek Wisata Kedung Toloka
Foto oleh Adi Riadinoo Hi8oo di Google Maps

Setiap destinasi wisata mempunyai daya tarik tersendiri yang menarik hati banyak wisatawan. Sedangkan daya tarik objek wisata alam ini tidak hanya terletak pada keindahan alamnya saja, namun juga sejarahnya. Untuk mengetahui apa saja tempat wisata yang dimiliki tempat ini, simak daftarnya berikut ini:

1. Air terjunnya masih alami

Salah satu alasan mengapa udara di Kedung Tolok Bantul masih sangat sejuk dan suasananya masih sangat asri adalah karena air terjun ini berasal dari Gua Cherme, sehingga kejernihan airnya pasti akan menarik perhatian banyak orang. Ketinggian batu di air terjun ini kurang lebih mencapai 15 meter.

Selain itu, karena air terjun di sini masih sangat alami, membuat bentuknya lebih unik dibandingkan wisata air terjun lainnya. Bentuk air terjun di sini lebar dan sesuai dengan kontur dasar sungai. Bahkan di puncak air terjun ini juga terdapat saluran kecil bertingkat.

2. Keindahan alam yang menakjubkan

Saat berkunjung ke Kedung Tolok, Anda tidak hanya bisa menikmati indahnya pemandangan air terjun, namun juga menikmati beragam keindahan alam sekitar. Di sekitar air terjun terdapat pepohonan rindang yang melindunginya dari sinar matahari langsung.

Tour 1 Hari ke Jogja (Heha Ocean View, Bukit Becici, Hutan Pinus Pengger)

Tak hanya itu, di sekitar objek wisata alam ini juga terdapat air terjun kecil yang dilengkapi dengan kedung-kedung bagi pengunjung yang ingin bermain air di sini. Tentunya dengan adanya jilbab ini dapat membantu wisatawan betah berada di tempat wisata tersebut. Jadi, ketika datang ke sini, Anda tidak perlu khawatir.

3. Sejarah Nama Air Terjun Kedung Tolok.

Seperti yang sudah kami sampaikan, daya tarik tempat ini tidak hanya terletak pada keindahan alam di sekitarnya saja. Namun daya tarik wisata air terjun ini juga terletak pada sejarah namanya yang mempunyai arti khusus. Jadi anda sebagai pengunjung tempat ini perlu mengetahuinya juga.

Menurut pimpinan tempat wisata, nama air terjun ini didapat dari kolam tempat air dibuang ke dalamnya. Bahkan, kolam tersebut tetap mengeluarkan air ketika musim kemarau tiba. Oleh karena itu, dahulu kala landmark ini sering digunakan oleh para sesepuh untuk memasak dan mandi.

Tour 1 Hari Jokja (Tumpeng Menorah, Kebun Teh Nglinggo dan lain-lain)

Baca Juga  Pantai Krui, Surganya Peselancar di Bandar Lampung yang Lagi Hits

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Kedung Tolok
Foto oleh Vaone Rakarvan di Google Maps

Sebelum mengunjungi suatu destinasi wisata tertentu, sebaiknya wisatawan mengetahui terlebih dahulu alamat lengkapnya agar tidak tersesat. Hal ini juga berlaku bagi wisatawan yang ingin mengunjungi wisata alam di Yogyakarta. Kedung Tolok terletak di kawasan yang mudah dijangkau yaitu: Pedukuhan Godan RT 6, Siluk I, Selopamioro, Kapanewon Imogiri, Bantul, Yogyakarta.

Karena kondisi jalan di sekitar objek wisata alam ini cukup baik, wisatawan bisa datang ke sini dengan kendaraan pribadi. Namun bagi wisatawan yang datang dari luar kota atau dari luar negeri akan disarankan menggunakan transportasi umum seperti angkutan umum, bus, atau taksi.

Untuk mencapai lokasi, ikuti jalan menuju Imogiri Timur dan terus menuju Jembatan Siluk. Selanjutnya Anda harus menyeberangi Sungai Oyo dan nantinya akan ada pertigaan jalan. Pastikan untuk mengikuti rute menuju Selopamioro dan segera setelah itu Anda akan melihat pos patroli dan petunjuk arah menuju wisata air terjun.

Biaya masuk dan jam buka

Jika beberapa tempat wisata alam di Indonesia lainnya menerapkan tarif masuk bagi pengunjungnya, Kedung Tolok di Bantul tidak menerapkan sistem tarif masuk seperti itu. Pengunjung hanya perlu memasukkan uang kebersihan ke dalam kotak yang disediakan pihak administrasi dengan setulus mungkin.

Namun karena tidak ada biaya tetap yang ditentukan oleh pengelola wisata, maka besaran biaya yang dikeluarkan pengunjung akan berbeda-beda. Nantinya, uang hasil pembersihan ini akan digunakan pengelola untuk menjaga kebersihan dan keasrian air terjun serta lingkungan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pelayanan Kedung Tolok
Foto oleh Wahyu Riyadi Erhito di Google Maps

Semakin canggih fasilitas suatu destinasi wisata maka semakin besar pula kemungkinan wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjunginya. Sedangkan Kedung Tolok sendiri dilengkapi dengan berbagai fasilitas terkait seperti:

  • Parkir luas (mobil dan motor)
  • Toilet
  • Ruang sholat
  • Warung makan dengan menu lezat
  • Penyewaan ban karet
  • Zona istirahat
Baca Juga  Air Panas Pincara, Kolam Pemandian Air Panas Alami di Luwu Utara yang Lagi Hits

Tips berkunjung ke Kedung Tolok Yogyakarta

Tips berkunjung ke Kedung Tolok Yogyakarta
Foto oleh Rida Octavian di Google Maps

Beberapa tips yang akan kami sebutkan di sini dapat dimanfaatkan oleh wisatawan agar perjalanannya semakin nyaman dan aman. Meski tidak ada aturan khusus yang mengharuskan wisatawan mengikuti tips tersebut, namun tidak ada salahnya mengikuti beberapa tips di bawah ini:

Perhatikan cuaca di lokasi

Jika berlibur ke Kedung Tolok Bantul, tidak disarankan datang saat hujan. Masyarakat diimbau datang saat cuaca bagus, yaitu tidak terlalu panas, namun juga tidak hujan. Jika Anda datang saat hujan, dikhawatirkan Anda tidak bisa lebih leluasa bermain air di sini.

Persiapkan semua yang Anda butuhkan

Meski objek wisata alam ini memiliki warung makan yang menawarkan beragam menu lezat, namun akan lebih baik jika Anda membawa bekal sendiri dari rumah. Dengan mengikuti tips berikut ini, Anda bisa lebih berhemat karena tidak perlu lagi membeli makanan dan minuman di kawasan wisata yang biasanya menawarkan harga lebih mahal.

Jangan lupa membawa kamera Anda

Untuk mengabadikan momen liburan berharga tersebut, wisatawan disarankan untuk membawa kamera. Namun saat ini kualitas kamera ponsel sudah bagus sehingga Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengabadikan momen berharga liburan Anda.

Kedung Tolok sangat terkenal di kalangan wisatawan lokal. Pasalnya, keindahan alam disekitarnya sangat berbeda dengan jenis wisata air terjun lain yang ada di Indonesia. Jadi, Anda tidak perlu menunggu lama lagi untuk berlibur ke objek wisata menakjubkan ini.


databaru.my.id