Pantai Klayar, Permata Tersembunyi di Pacitan dengan Panorama Alam yang Memesona

Ide Wisata38 Dilihat


Jelajahi Pantai Clayar di Pacitan, sebuah permata tersembunyi menakjubkan yang mengajak Anda menikmati keindahan panorama alam yang mempesona.

Harga tiket: Rp15.000, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Jl. Pantai Clayar, Kendal, Sendang, Kab. Donoroho, Kab. Pacitan, Jawa Timur; Map: Periksa lokasi

Salah satu tempat wisata pantai di Kabupaten Pacitan yang selalu ramai dikunjungi wisatawan adalah Pantai Clayar. Pasalnya selain indah, akses menuju pantai ini juga cukup nyaman untuk segala jenis kendaraan.

Harga tiket masuk pantai ini juga sangat terjangkau untuk semua kalangan. Maka tak heran jika banyak orang yang mempertimbangkan untuk menghabiskan liburannya di pantai mempesona ini.

Jika Anda berencana mengunjungi pantai ini untuk berlibur, tentunya Anda perlu mengetahui beberapa informasi agar tidak kecewa. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan anda informasi mengenai Pantai Clayar di Pacitan.

Atraksi Pantai Clayar

Atraksi Pantai Clayar
Foto oleh Tommy Tjahjono di Google Maps

Wisata pantai Clajar menawarkan pesona dan keunikan tersendiri yang tidak akan anda temukan di pantai lain. Berikut daya tarik dan keunikan pantai cantik ini yang membedakannya dengan pantai lainnya:

Sumber

Menurut cerita warga setempat, ada dua versi berbeda mengenai asal usul nama pantai ini dengan nama Pantai Clayar. Versi pertama menyebutkan bahwa pada suatu ketika di pantai ini terdapat sebuah perahu yang dihantam ombak dan kandas.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Penduduk setempat menyebut keadaan kapal sebelum mencapai pantai dengan sebutan “Glayar” yang artinya “mengambang mengikuti arus”. Kemudian kata tersebut diubah menjadi “Klayar” karena lebih mudah diucapkan.

Sedangkan pada versi kedua, nama asli pantai ini adalah “Klayar” karena pada zaman dahulu sering dikunjungi warga untuk jalan-jalan pagi dan sore. Dalam bahasa Jawa “Berjalan” disebut dengan “Klayar-Kluyur”.

Baca Juga  Lembang Park & Zoo, Kebun Binatang Mini yang Dilengkapi Beragam Wahana Seru

Dari kalimat tersebut diambil singkatan “Klayar” untuk nama pantai yang sering digunakan warga sekitar sebagai tempat jalan-jalan. Adapun versi cerita mana yang benar, tergantung keyakinan masing-masing orang.

Keindahan pantai

Pantai Clayar dikenal sebagai pantai dengan pemandangan indah di Kabupaten Pacitan. Karena keindahannya, pantai ini hampir selalu ramai pengunjung setiap harinya, terutama saat hari libur.

Pantai ini tidak hanya memiliki air laut yang biru dan pasir putih saja, namun juga tanjung yang luas. Karang yang ada di pantai ini juga istimewa karena berlubang-lubang seperti alur namun mampu memuntahkan air.

Bentuk karang ini juga sangat unik karena hampir menyerupai patung Sphinx yang terdapat di Mesir. Terlepas dari semua keindahan alam yang dimiliki pantai ini, pantai ini merupakan salah satu tempat yang patut untuk dilihat. matahari terbenam.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pantai Clayar
Foto oleh Wahyu Ningsih di Google Maps

Wisata Pantai Clayar merupakan salah satu objek wisata yang terletak di dekat Kota Pacitan yang hanya berjarak 35 km saja. Sedangkan dari Alun-alun Pacitan Anda bisa mencapai pantai hanya dalam waktu 58 menit saja.

Lokasi sebenarnya dari pantai menawan ini adalah Ds. Kecamatan Sendang. Donoroho, Kab. Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Anda bisa menggunakan jalan setapak sebagai jalur alternatif untuk menuju pantai terindah.

Jalur ini berasal dari Yogyakarta dan mengarah ke Wonogiri, setelah itu jalan berlanjut kurang lebih 110 km hingga mencapai Wonogiri. Perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke pantai sepanjang jalur ini adalah 3-4 jam.

Jalur ini cukup aman sehingga tidak ada salahnya jika Anda ingin menggunakan kendaraan pribadi untuk mengunjungi pantai ini.

Namun jika ingin menggunakan angkutan umum, hal ini tidak menjadi masalah karena saat ini banyak sekali angkutan umum yang melintasi pantai ini.

Baca Juga  Tugu Rimau, Landmark Ikonik Kota Pagar Alam di Kaki Gunung Dempo

Biaya masuk dan jam buka

Harga tiket wisata pantai ini sangat murah, hanya Rp 15.000 untuk dewasa dan anak-anak cukup membayar Rp 10.000 saja. Biaya ini merupakan biaya resmi yang disepakati antara pihak manajemen dan pemerintah setempat.

Sedangkan jam buka Pantai Clayar adalah 24 jam yakni satu hari penuh. Oleh karena itu, setiap kali pengunjung ingin datang ke pantai indah ini, tidak ada yang berani menghentikannya sama sekali.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas menarik di pantai Clayar
Foto oleh Agus Sugiyono di Google Maps

Pengunjung Pantai Clayar Pacitan setidaknya bisa menikmati beberapa aktivitas menarik. Sementara itu, pengunjung dapat menikmati beberapa aktivitas menarik:

1. Berenang

Aktivitas menyenangkan pertama yang bisa dilakukan pengunjung adalah berenang di pantai. Jika Anda hendak berenang di pantai, berhati-hatilah agar tidak terbawa arus ombak.

2. Bermain pasir di Pantai Clayar.

Berkunjung ke pantai rasanya kurang lengkap tanpa bermain pasir, seperti membangun istana pasir. Pantai ini sangat cocok untuk kegiatan ini karena pasirnya sangat lembut.

3. Bepergian dengan ATV

Aktivitas terakhir yang bisa dilakukan pengunjung saat berkunjung ke pantai ini adalah mengendarai ATV. Jika tertarik, Anda harus membayar biaya sewa kepada pengelola yaitu Rp 25.000 sekali jalan.

Jika Anda ingin bepergian dengan ATV lebih lama, Anda bisa menyewa ATV secara pribadi. Biaya yang dikenakan kepada pengunjung sebesar Rp 150.000 per jam.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Clayar
Foto oleh Tommy Tjahjono di Google Maps

Wisata Pantai Klayar menyediakan berbagai fasilitas untuk membuat pengunjung merasa nyaman.

Beberapa fasilitas yang ada di pantai ini adalah tempat parkir yang cukup luas, musala, tempat makan, dan gazebo untuk bersantai setelah lelah bermain.

Pantai ini juga memiliki kamar mandi yang cukup bersih untuk digunakan pengunjung. Tempat ini bahkan menyediakan ruang berkemah bagi pengunjung yang ingin bermalam di tepi pantai.

Baca Juga  Pantai Legon Pari, Pantai Pasir Putih di Lebak yang Kaya Pesona

Berikut informasi yang perlu Anda ketahui tentang Pantai Clayar Pacitan. Semoga informasi singkat tentang pantai indah ini bermanfaat terutama bagi anda yang baru pertama kali mengunjungi pantai ini.


databaru.my.id