Embung Batara Sriten, Pesona Alam Eksotis yang Memukau di Gunung Kidul

Ide Wisata14 Dilihat


Embung Batara Sriten merupakan tempat wisata alam eksotik yang menakjubkan di Gunung Kidul dengan ketinggian 859 meter.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 05.00-18.00 WIB, Alamat: Sriten, Pilangregio, Kec. Nglipar, Kab. Gunung Kidul, Inspektur Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Batara Sriten Embung telah dibuka sejak tahun 2014 dan juga telah mengalami sejumlah pembenahan. Keindahannya yang memukau dapat dinikmati oleh seluruh wisatawan yang berkunjung ke Embung. Wisatawan bisa melihat danau buatan dengan latar belakang Gunung Batur Agung.

Pesonanya memang mampu membuat hati wisatawan semakin manis. Waduk tertinggi ini juga menawarkan spot foto dengan beragam pilihan background. Setiap mengambil foto, wisatawan pasti akan menyukai latar belakang danau, pemandangan perbukitan, gunung, dan perkebunan di Embung Batare.

Hal ini membuat tempat wisata menarik ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Di kawasan tujuan, wisatawan diperbolehkan berkemah sehingga bisa menyaksikan perubahan langit yang diwakili oleh Embung Batara Sriten. Wisata alam di Gunung Kidul memang selalu menarik minat banyak orang.

➥ Cek promosi hotel di Gunung Kidul

Objek Wisata Batara Sriten Embung

Shutterstock Daya Tarik Batara Sriten Embung
Foto oleh Akmal.Sarimbit di Shutterstock

Ketinggiannya mencapai 859 meter.

Batara Embung mempunyai ketinggian hingga 859 m di atas permukaan laut. Tempat wisata ini merupakan perairan tertinggi di kawasan tersebut.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Objek wisata ini diciptakan untuk mencegah banjir dan juga menjaga kualitas tanah dari intrusi air hujan. Wisatawan pasti akan senang melihat objek wisata ini, karena di sejumlah tempat lain terdapat waduk yang tidak begitu tinggi.

Alam yang indah

Tempat wisata menawan ini memiliki lebih dari sekedar perairan yang tinggi. Masih ada keindahan alam lainnya seperti kebun kelengkeng atau kebun manggis. Bahkan, dari puncak Embung Batara Sriten, wisatawan bisa melihat ketinggian Gunung Batur dan jajaran perbukitannya.

Dengan demikian, liburan di tempat wisata pasti akan menyenangkan karena banyaknya wisata alam yang tampak terpancar indah. Anda dijamin akan terkagum-kagum dengan keindahan alam tempat ini.

Baca Juga  Pulau Panjang, Pulau Eksotis di Jepara yang Menawarkan Sejuta Pesona

Tersedia ruang selfie

Tempat wisata yang menawan dan indah ini tentunya sangat cocok untuk olahraga selfie. Apalagi di kawasan ini Anda bisa melihat pegunungan, danau, dan perkebunan yang semuanya sangat indah. Berfoto sambil berjalan-jalan di sekitar tempat wisata alam ini bisa memberikan Anda banyak koleksi foto.

Tak hanya itu, wisatawan juga bisa menunggu hingga momen indah senja untuk mengambil foto dengan efek siluet. Untuk itu wisatawan perlu selalu menyiapkan kamera atau smartphone untuk mengabadikan berbagai objek dan momen.

➥ Paket Tour Yogya 2 Hari 1 Malam (Gua Pindul, Heha Sky View dan tempat lainnya)

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Embung Batara Sriten
Foto oleh Alfiyan Naji di Shutterstock

Batara Embung terletak tepatnya di Desa Sriten, Gunung Kidul, Yogyakarta, dimana wisatawan perlu berjalan sedikit menanjak untuk mencapainya. Tempat wisata dataran tinggi ini memiliki jalan yang sedikit berkelok-kelok dan masih tertutup lumpur di beberapa tempat.

Namun, pergi ke sana pasti menyenangkan karena setiap sudut pusat kota penuh dengan keindahan. Wisatawan bisa menuju Embung dengan berjalan kaki melewati pusat hingga Jalan Bausasran. Terus lurus menuju Jalan Kenari dan belok ke Jalan Wonosari.

Beberapa kilometer jauhnya, wisatawan akan melintasi Jalan Nglipara Ngawen dan terus berjalan lurus hingga mudah mencapai Desa Srithen. Ketinggian objek wisata ini membuat wisatawan harus berjalan kaki jika ada tanjakan. Namun biasanya ada juga masyarakat yang menuju ke Embung dengan menggunakan sepeda. Perjalanan juga dapat diakses menggunakan navigasi agar tidak tersesat.

➥ Tur satu hari ke Yogya: arung jeram di Sungai Oya, Sri Getuk dan Lintang Sewu

Biaya masuk dan jam buka

Embung Batara Sriten buka mulai pukul 05.00 hingga 18.00. Buka selama berjam-jam dan tidak pernah tutup dari Senin hingga Minggu. Mengunjungi tempat ini pasti menjadi dambaan semua orang, apalagi harga tiket masuknya hanya 4 ribu saja.

Baca Juga  Pohon Pelangi Bondowoso, Pohon Unik dengan Gradasi Warna Pelangi yang Dikelilingi Jenis Tanaman Indah

Dari saat Anda tiba hingga berangkat pada sore hari, harga tiket masuknya tetap sama. Setiap kendaraan yang menempati tempat parkir akan dikenakan biaya terpisah. Biaya parkir hanya 10 ribu dan ditetapkan mulai saat kedatangan hingga keberangkatan tur. Sedangkan tarif sepeda motor hanya 2 ribu.

Jangan khawatir, harga parkir di kawasan ini hampir tidak pernah berubah. Jadi, Anda bisa menyiapkan dana yang cukup jika ingin mengikuti tur ini.

Kegiatan yang menarik

Shutterstock Aksi Batara Sriten Embung
Foto oleh Umi Solih di Shutterstock

1. Menyaksikan matahari terbenam

Embung Batara Sriten merupakan tempat atau tempat yang bagus untuk menunggu matahari terbenam. Wisatawan kerap mencari momen saat siang berganti malam. Bahkan, pemandangan matahari terbenam di sini kerap dijadikan latar untuk berfoto.

Ketinggian Embung inilah yang membuat tempat ini semakin yakin untuk menemukan pemandangan matahari terbenam terbaik. Namun jika memang ingin menikmati pemandangan matahari terbenam di sini, sebaiknya bersiaplah untuk pulang dengan berjalan kaki karena jalanan yang gelap dan sulit. Jika belum siap, sebaiknya bermalam saja di kawasan wisata ini.

2. Temukan foto untuk Instagram di Embung Batara Sriten.

Anda yang berada di puncak Embung Batara akan bisa menyaksikan sebagian keindahan alamnya. Daerah tersebut memiliki taman dan pegunungan tinggi. Bahkan, wisatawan bisa melihat pemandangan kolam yang sangat menawan dari atas.

Tentunya Anda juga memiliki keinginan untuk memotret semua objek alam yang ada. Jadi jangan lupa siapkan aksesoris yang akan membantu Anda mencari foto untuk Instagram.

3. Istirahat dan piknik

Melihat pesona alam Embung tak lengkap bila hanya berdiam diri. Wisatawan biasanya menimbun makanan yang disiapkan di rumah, memilih tempat duduk dan menikmati keindahan.

Piknik di sini sangat digemari banyak wisatawan karena suasana alamnya terkesan sangat segar. Apalagi kebersihan di lokasi wisata sangat mendukung kegiatan semacam ini.

Baca Juga  Pesona Pantai Sigurgur, Spot Terbaik Menikmati Panorama Lautan Sembari Kulineran di Samosir

4. Berkemah

Batara Sriten Embung dikelilingi keindahan alam dan sangat menarik untuk dijadikan tempat berkemah. Di area tersebut terdapat area camping yang selalu ditempati dan digunakan untuk mendirikan tenda. Jangan lupa membawa perlengkapan hiking jika memang ingin mencoba aktivitas ini.

Berkemah sendiri merupakan salah satu kegiatan seru dan seru yang hampir tidak pernah ditolak oleh wisatawan di Embung. Jadi, trekking ini bisa Anda lakukan dengan mengajak orang-orang terdekat seperti teman atau saudara sambil menunggu indahnya matahari terbit.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Objek Batara Sriten Embung
Foto oleh Alfiyan Naji di Shutterstock

Embung Batara telah menyiapkan fasilitas umum yang memadai di kawasan wisata ini. Di kawasan ini terdapat pendopo yang terlihat kuno dan terletak di dekat pusat Embunga. Spot foto pemandangan mampu memikat semua wisatawan dengan alam yang cukup beragam dan indah.

Toilet yang biasa dicari wisatawan juga tersedia di sejumlah ruangan. Loket pemesanan tiket masuk terletak tepat di luar gerbang masuk Embung. Kemudian, hanya beberapa meter jauhnya, terdapat tempat parkir mobil. Pihak manajemen telah menyiapkan tempat parkir yang luas.

Tempat wisata ini terdapat musala sehingga wisatawan tidak perlu keluar rumah jika ingin beribadah. Kawasan Embunga juga memiliki tempat berburu kuliner yang cukup mudah untuk Anda kunjungi. Bahkan ada juga pedagang keliling yang menjual kopi atau teh hangat.

Sekian ulasan mengenai Embung Batara Sriten sebagai tempat menginap yang cocok. Jika Anda berada di Embunga, ada banyak hal yang bisa Anda jelajahi. Berkunjung ke Embung yang menawan tentu akan menyenangkan jika Anda mengajak rombongan keluarga.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *