Taman Rekreasi Selecta, Taman Hiburan Hits Bernuansa Alam di Kota Batu

Ide Wisata52 Dilihat


Selecta Holiday Park, taman hiburan populer dengan suasana alami di Batu, menampilkan keindahan alam yang memukau dan atraksi tak terlupakan “Selecta Flower Princess”.

Harga tiket: 40.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 06.00–18.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Selecta No.1, Tulungreyo, Kech. Bumiagi, Kota Batu, Jawa Timur; Map: Periksa lokasi

Selecta Holiday Park dibangun pada tahun 1950 dan telah mengalami berbagai perubahan. Awalnya, taman ini hanya diperuntukkan bagi bangsawan Belanda yang tinggal di Indonesia. Tempat wisata ini menawarkan taman bunga terbaik bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu. Tamannya sejuk sekali sehingga Anda bisa menghirup udara segar.

Destinasi wisata ini tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya saja, namun juga populer di kalangan wisatawan karena memiliki banyak objek wisata yang menarik. Anda bisa merasakan sensasi melayang di udara menggunakan Sky Bike atau Flying Fox yang menegangkan. Bahkan, tamasya ini menghadirkan atraksi air sehingga semua wisatawan bisa berenang atau bermain seluncuran di sana.

Anda bahkan bisa menunggang kuda melintasi hamparan bunga di kawasan wisata. Tempat ini mampu menjernihkan mata dan pikiran dengan berbagai keindahannya. Selain itu, Anda juga diperbolehkan membeli bibit bunga di kawasan wisata untuk ditanam di rumah.

➥ Cek tiket Selecta Batu Malang Holiday Park

Atraksi taman liburan Selecta

Atraksi Shutterstock Selecta Holiday Park
Foto oleh Dhsirirui di Shutterstock

Layanan wisata penuh

Taman rekreasi Selecta menawarkan wisata alam dan air yang lengkap. Anda bisa berkeliling taman terlebih dahulu dan berfoto bersama teman atau keluarga di pagi hari. Setelahnya, Anda akan merasakan kesegaran kolam sepanjang hari. Kolam tersebut memiliki air yang bersih dan jernih sehingga disukai wisatawan.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Namun, Anda tidak bisa berenang terlalu lama di kolam tersebut karena airnya sangat dingin. Segera setelah berenang di kolam sebaiknya minum air hangat. Banyak wisatawan yang datang ke tempat wisata ini karena ingin menikmati sejuknya air di kolam.

Sejak dahulu kala, kawasan wisata ini banyak dikunjungi oleh bangsawan Belanda untuk ketenangan pikiran. Kini, berbagai kalangan bisa menikmati seluruh tempat wisata yang mampu melepas penat dari kepenatan beraktivitas.

Ada Putri Bunga Selecta.

Banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini karena tempat menariknya yaitu Bunga Putri Selecta. Taman tercinta ini sering mengadakan acara jika Anda berkunjung saat musim liburan. Di tempat ini Anda bisa melihat keindahan bunga, serta beberapa model manusia yang mengenakan pakaian menyerupai tumbuhan.

Baca Juga  Batu Tumpang, Keindahan Alam Tebing Batu Raksasa & Perkebunan Teh di Garut

Anda bisa berfoto di taman bunga atau bersama model Flower Princess Selecta. Saat musim liburan, sebaiknya Anda datang pagi-pagi sekali untuk menikmati keindahan taman ini. Pasalnya, banyak wisatawan yang datang ke sini dan tidak menutup kemungkinan Anda akan kehabisan tiket masuk.

Suasana taman yang sejuk

Selecta Holiday Park terletak di dataran tinggi kota Batu, sehingga udara di sini selalu sejuk. Udara dingin akan Anda rasakan saat mengunjunginya di pagi hari. Objek wisata ini masih menjadi bagian dari Jatim Park yang menjadi destinasi liburan favorit dan terbaik di Jawa Timur.

Meski terlihat indah, ada beberapa aturan ketat yang harus dipatuhi saat mengunjunginya. Anda hanya diperbolehkan melihat bunga dan mengambil foto di sekitarnya. Bunga tidak boleh dipetik, atau bahkan hanya disentuh saja. Anda akan menerima denda jika melanggar aturan yang ada.

➥ Cek tiket Taman Kelinci Batu Malang

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat taman liburan Shutterstock Selecta
Foto oleh Yoga Kukuh Jivangga di Shutterstock

Selecta Holiday Park terletak di Kecamatan Bumiagi, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Lebih tepatnya terletak di Jalan Raya Selecta, Desa Tulungreyo. Anda dapat mengunjungi taman ini dengan kendaraan umum atau pribadi. Bagi Anda yang datang dari luar kota, Anda bisa memulai perjalanan dari Bandara Abdul Rahman Saleh atau Terminal Arjosari.

Jika Anda berangkat dari Terminal Arjosari, naiklah Angkot menuju Terminal Landungsari. Anda kemudian naik Angkot kembali ke Terminal Batu dan tujuan akhir Anda adalah Taman Selecta. Alternatifnya, Anda bisa naik taksi dari bandara menuju terminal Arjosari dengan rute yang sama seperti sebelumnya.

Biaya angkutan umum menuju Taman Selecta relatif murah yaitu sekitar 5000 rupee. Anda bisa mengetahui terlebih dahulu angkutan umum mana yang akan menuju arah tersebut ketika Anda tiba di terminal Arjosari. Anda bisa menggunakan mobil pribadi atau mobil online jika ingin mencapai suatu tempat wisata dengan cepat dan aman.

➥ Promo hotel di Batu Malang

Biaya masuk dan jam buka

Untuk memasuki Selecta Holiday Park, Anda perlu membeli tiket masuk seharga Rp 40 ribu per pengunjung. Biaya ini hanya berlaku bagi Anda yang ingin berjalan-jalan atau sekedar berfoto di kawasan wisata. Jika Anda ingin mencoba berbagai atraksi di taman, Anda akan dikenakan biaya tambahan.

Baca Juga  Buffalo Hill, Panorama Alam Eksotis dengan Hamparan Rumput Hijau di Garut

Anda harus membayar tiket seharga sekitar 5000 rupee jika ingin pergi ke objek wisata anak-anak dan pemandian air panas. Ada juga bioskop 4D dan atraksi Kora-Kora, harga tiketnya Rp 10 ribu. Sedangkan untuk mendirikan studio foto, menunggang kuda, atau bermain roller coaster keluarga dikenakan biaya sebesar Rp 15 ribu.

Wahana termahal adalah Water Bike, Sky Bike, dan Flying Fox dengan harga tiket antara 20 hingga 25 ribu rupee. Meski merupakan pilihan termahal, Anda akan mendapatkan pengalaman yang benar-benar berbeda dengan mencoba wahana ini. Taman ini memiliki jam buka pada pukul 06.00 dan tutup pada pukul 18.00.

Kegiatan yang menarik

Acara Taman Liburan Shutterstock Selecta
Foto oleh Sore Seña di Shutterstock

1. Berfoto di Taman Bunga.

Di Selecta Holiday Park Anda bisa berfoto di beberapa tempat favorit yang indah dan modern. Fotografi di taman bunga menjadi aktivitas utama yang sering dilakukan wisatawan. Namun ada juga wisatawan yang berfoto sambil berenang atau bermain di objek wisata agar liburannya terkesan lebih menarik.

2. Mainkan “Kora-Kora” dan “Family Coaster” bersama seluruh keluarga.

Anda dapat memainkan Kora Kora bersama sekelompok teman atau keluarga karena dapat digunakan oleh banyak orang. Ayunan berbentuk perahu ini menjadi wahana yang memacu adrenalin karena ayunannya yang sangat kencang saat menaikinya. Berteriak ikut tentu bisa menambah keseruan perjalanan Anda.

Selain itu, ada wahana khusus keluarga bernama Family Coaster yang menghadirkan kecepatan luar biasa. Anda akan menaiki roller coaster mini yang mengelilingi taman bunga sepanjang 500 meter. Hal ini tentunya akan membuat liburan Anda bersama keluarga semakin menyenangkan karena kekompakan.

3. Menikmati wisata air di Selecta Holiday Park.

Tidak hanya atraksi di darat, tetapi juga kolam kecil tempat seluruh keluarga bisa bermain perahu kayuh. Perahu kayuh ini dapat digunakan oleh dua orang dewasa dan satu anak-anak. Jet ski ini akan membawa Anda pada rute yang cukup luas. Anak-anak menyukai atraksi ini karena kolamnya memiliki desain yang unik dan lucu.

Selain itu, tempat ini memiliki kolam yang cukup besar dengan perosotan, ember, dan desain yang keren dan berwarna-warni. Kolam ini biasanya ramai pengunjung setiap harinya, apalagi jika Anda berkunjung di akhir pekan. Air di kolam tersebut sangat jernih sehingga siapapun ingin segera merasakan kesegarannya.

Baca Juga  Pantai Sendiki, Pantai Tersembunyi yang Kaya Pesona di Malang

4. Nikmati menunggang kuda dan sky bike.

Aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan di Selecta Holiday Park adalah menjelajahi kawasan wisata populer ini dengan menunggang kuda. Kuda-kuda yang ditunggangi tergolong jinak dan aman bagi wisatawan. Ada juga Sky Bike yang bisa Anda naiki bersama teman atau pasangan sambil berkeliling taman bunga.

5. Tonton di Bioskop 4D.

Anda dapat menonton cuplikan film kehidupan nyata bersama anak Anda di Cinema 4D. Mobil dengan teknologi terbaik ini pastinya sangat keren dan Anda harus antri panjang untuk menikmati filmnya.

6. Berpartisipasi dalam retret dan acara Flying Fox.

Anak-anak dapat menikmati aktivitas outdoor yang tersedia di tempat wisata ini untuk melatih kekuatan motorik dan kecerdasan otaknya. Anak-anak akan memanjat jaring dengan menggunakan helm dan tali pengaman. Orang dewasa juga dapat mencoba wahana Flying Fox, di mana Anda akan meluncur dari ketinggian yang menakjubkan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Objek Taman Liburan Shutterstock Selecta
Foto oleh Melli Eka Syahputri di Shutterstock

Beberapa fasilitas yang ada di Selecta Holiday Park antara lain hotel, tempat parkir, toilet umum, dan musala yang sangat dibutuhkan oleh wisatawan. Terdapat juga food court atau restoran yang menyajikan beragam hidangan sehingga Anda tidak perlu mengemas banyak makanan atau memasak saat berlibur.

Bagi Anda yang suka membeli oleh-oleh, ada Pasar Selecta yang menjual berbagai jajanan khas kota Malang. Anda dapat membeli berbagai jenis oleh-oleh seperti oleh-oleh, keripik, apel, dan sayuran.

Fasilitas selanjutnya adalah Pasar Bunga dimana Anda dapat dengan mudah membeli tanaman favorit Anda. Anda tidak hanya bisa melihat keindahan bunga di taman saja, Anda bahkan bisa membeli dan menanamnya sendiri di rumah untuk mempercantik halaman rumah Anda.

Demikian beberapa informasi dari Selecta Holiday Park yang telah menjelaskan kepada Anda secara detail sebagai tempat menginap terbaik. Cobalah untuk mengunjunginya saat berada di Kota Batu untuk menikmati keindahan taman dan berbagai atraksi yang ditawarkannya.


databaru.my.id