Taman Sabda Alam, Wisata Air Favorit dengan Beragam Wahana Menarik di Garut

Ide Wisata6 Dilihat


Jelajahi keunikan Taman Sabda Alam di Gharut yang populer di kalangan pengunjung dengan berbagai atraksi menariknya, termasuk kolam renang bertema dinosaurus yang akan memberikan petualangan tak terlupakan bagi para penggemar zaman prasejarah.

Harga tiket: Rp 45.000, Jam kerja: 07.00–21.00 WIB, Alamat: Ranbranco, Dist. Tarogong Kaler, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Periksa lokasi

Taman Sabda Alam Garut kini semakin terkenal di kalangan pecinta wisata. Bagaimana tidak, karena banyak hal, atraksi, dan acara hiburan menarik di sini.

Tempat wisata ini cocok untuk orang dewasa maupun anak-anak. Apalagi lokasinya yang strategis sehingga menjangkau destinasi wisata kali ini tidak akan sulit.

Objek wisata Garuta yang menjadi topik pembahasan utama kali ini berupa wisata air seperti kolam renang. Namun karena banyaknya tempat wisata, pengunjung kesini selalu banyak, baik di hari biasa maupun di akhir pekan. Selain itu, tidak hanya tamu lokal yang datang ke sini, namun juga tamu dari luar Kota Garut.

Kabupaten Garut terkenal dengan cuacanya yang dingin karena letaknya yang berada di pegunungan. Hal ini pula yang menjadi alasan wisatawan untuk berkunjung, terutama yang tinggal di perkotaan.

Saat berlibur pasti akan merasakan cuaca dingin dan udara sejuk. Bagi yang tidak tahan dingin, sebaiknya memakai pakaian tebal atau jaket.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Atraksi Taman Sabda Alam

Atraksi Taman Sabda Alam
Foto Redi Rama di Google Maps

Setiap objek wisata mempunyai daya tarik tersendiri yang dijadikan alasan wisatawan untuk berkunjung, termasuk Taman Sabda Alam. Berbagai atraksi kali ini masih berkaitan dengan wahana air, berikut ulasan lengkapnya!

Kolam bertema dinosaurus

Tak hanya sekedar kolam yang dijadikan tempat berenang, objek wisata Taman Sabda Alam mempunyai tema yang berbeda dibandingkan tempat lainnya.

Tema yang dimaksud adalah dinosaurus untuk memberikan pengunjung sensasi hidup pada zaman dahulu. Kolam ini dihiasi berbagai patung dinosaurus dengan ukuran berbeda-beda.

Tak hanya itu, layanan yang diberikan juga lengkap. Diantaranya adalah perosotan sepanjang 12 meter dengan kecepatan penuh dan air mengalir.

Dekorasi lain yang melengkapi tema yang dimaksud adalah air terjun buatan. Meski tidak terlalu besar, namun pengunjung mendapatkan pengalaman berenang yang seru.

Kolam Ombak

Selain temanya yang unik, Taman Sabda Alam juga memiliki kolam ombak yang pastinya akan memberikan banyak keseruan. Memang hanya ombak buatan, namun berenang di dalamnya bisa membuat Anda serasa terapung di laut. Ada enam level gelombang dengan waktu kemunculan acak.

Gelombang tertinggi bisa berbahaya bagi anak-anak. Jadi selalu temani mereka saat memasuki kolam ombak itu. Demi keselamatan, disarankan untuk menggunakan ban sebagai alat bantu agar tetap bertahan meski dihantam ombak yang kuat.

Baca Juga  Goa Pindul Yogyakarta, Menyusuri Sungai Bawah Tanah yang Menakjubkan

Terletak di kaki gunung Guntur.

Tak bisa dimungkiri, lokasi Taman Sabda Alam yang berada di kaki Gunung Guntur menjadikannya daya tarik tersendiri.

Cuaca sejuk dan nyaman serta hiasan pohon Natal yang rindang di sekitar lokasi membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Apalagi jika dalam perjalanan menuju lokasi terdapat pemandangan perbukitan.

Selain pemandangan Gunung Guntur, ada juga Gunung Papandayan dan Gunung Chikurai yang menyuguhkan pemandangan indah.

Meski cuacanya dingin, banyak pengunjung yang tetap hangat saat berenang di tempat ini. Pasalnya, sumber air untuk pengisian kolam tersebut adalah air hangat Gunung Guntur.

Seluncuran air

Hampir setiap kolam renang dilengkapi dengan seluncuran air sebagai daya tariknya. Hal tersebut juga dilakukan oleh pimpinan Taman Sabda Alam Garut, bahkan tidak sendirian.

Untuk menggunakan permainan ini harus sesuai usia. Pasalnya, seluncuran air bisa tergolong atraksi berbahaya bagi anak-anak pada usia tertentu.

Kolam busa

Bagi yang bosan bermain air atau berenang, objek wisata ramah keluarga ini dilengkapi dengan kolam busa. Sesuai dengan namanya, isi utama kolam bukanlah air, melainkan busa.

Tak sedikit pengunjung yang asyik bermain dan menyemprot temannya dengan busa. Jika Anda membawa serta anak-anak Anda, bisa dipastikan liburan mereka akan semakin seru di objek wisata busa ini.

Sayangnya objek wisata ini hanya akan dibuka pada tanggal merah saja. Jadi bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman mandi busa bersama rombongan, ada baiknya Anda menentukan hari sebelum berkunjung. Kolamnya juga tidak terlalu luas sehingga bisa ramai jika banyak orang yang datang.

Alamat dan rute menuju lokasi

Harga tiket Taman Sabda Alam
Foto oleh Sugiarto K. Sarip di Google Maps

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, lokasi Taman Sabda Alam cukup strategis yaitu di Ranbranco, Tarogong Kaler, Garut, Jawa Barat. Berkat posisinya yang strategis, ada banyak rute yang bisa dipilih. Misalnya jika Anda datang dari Bandung, gunakan jalan tol menuju kawasan Ranchaekek.

Dari tempat ini lanjutkan perjalanan hingga mencapai Nagrek. Jika Anda menemui pertigaan menuju Tasikmalaya, ambillah jalur yang benar menuju Garut.

Tak jauh dari titik ini terdapat pertigaan menuju kawasan Tarogong. Silakan ikuti rambu di seberang jalan dari tempat ini hingga Anda mencapai tempat wisata.

Biaya masuk dan jam buka

Sesampainya di Taman Sabda Alam, jangan lupa menyiapkan sejumlah uang untuk membeli tiket masuk. Terdapat perbedaan harga jika datang pada hari aktif dan hari libur. Pada hari aktif atau hari kerja, tiket yang valid berharga Rp 45.000. Sedangkan jika datang berlibur siapkan uang 60.000 untuk tiket masuknya.

Mohon diperhatikan: tiket masuk hanya berlaku untuk orang dengan tinggi badan di atas 80cm, jika membawa anak dengan tinggi badan di bawah 80cm, mereka dapat masuk secara gratis tanpa perlu membeli tiket.

Baca Juga  Goa Selarong, Goa Bersejarah dengan Panorama Air Terjun Memukau di Bantul

Harga tersebut sebenarnya terbilang kecil mengingat atraksi yang disediakan cukup lengkap dan bisa Anda nikmati hanya dengan sekali pembayaran.

Kegiatan yang menarik

Acara di Taman Sabda Alam
Foto oleh Saepudin Saepudin di Google Maps

Baik anak-anak maupun orang dewasa akan menemukan banyak hal seru untuk dilakukan saat mengunjungi Taman Sabda Alam. Anda mungkin mengira semua aktivitas berhubungan dengan air, padahal tidak demikian.

Ada beberapa kegiatan yang tidak melibatkan air sama sekali. Di bawah ini ulasan lengkap aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan!

1. Bersenang-senang berenang dan bermain air.

Tentu saja aktivitas menarik yang pertama adalah berenang. Tujuan utama pengunjung berkunjung tentu ingin merasakan serunya berenang di tempat wisata ramah keluarga Taman Sabda Alam.

Apalagi jika kolam yang disediakan sudah siap. Untuk anak-anak, gunakan kolam khusus air dangkal.

Untuk orang dewasa atau orang dengan tinggi badan cukup, gunakan kolam dewasa yang lebih dalam. Setiap kolam dilengkapi dengan peralatannya masing-masing.

Misalnya saja kolam renang anak yang memiliki seluncuran mini dan ember untuk mengalirkan air. Ada lagi mandi yang dijamin menjadi pengalaman seru dan menyenangkan bagi banyak anak.

2. Rasakan sensasi kolam ombak

Kegiatan selanjutnya di Taman Sabda Alam adalah menjawab tantangan kolam ombak. Keunikan objek wisata air ini terletak pada desainnya yang mengingatkan pada pantai.

Pengunjung yang memasukinya akan merasakan sensasi berenang di pantai dengan bebatuan karang di tepinya sebagai hiasan.

Meski kolamnya tidak terlalu dalam, namun ombak yang datang menciptakan ombak besar yang mampu menerbangkan orang dewasa.

Oleh karena itu sebelumnya dikatakan sebaiknya menemani anak-anak saat bermain di kolam ombak. Selain itu, tidak disarankan untuk berada di tepian, jika tidak, Anda dapat menabrak penghalang.

3. Terapi kolam ikan

Taman Sabda Alam Garut tidak hanya sekedar wahana air yang menyenangkan tetapi juga baik untuk kesehatan. Hal ini dibuktikan dengan adanya kolam terapi di dekat kolam utama. Anda bisa melakukan terapi ikan dengan menempatkan kaki Anda di kolam khusus yang berisi ikan-ikan kecil.

Ikan tersebut menggigit sela-sela kaki dan beberapa bagian yang dianggap kotor. Secara keseluruhan, hewan air ini memakan sel kulit mati, yang pada akhirnya menghasilkan kaki yang lebih sehat. Terapi ini dipercaya dapat melancarkan sirkulasi darah dan memberikan relaksasi pada tubuh, terutama kaki.

4. Nikmati dunia hiburan

Selain menikmati pemandangan alam dan keceriaan anak-anak, Anda juga bisa menikmati hiburan musik dari panggung khusus.

Letaknya dekat dengan kolam sehingga terlihat jelas saat berenang. Hiburan musiknya terutama dangdut, namun ada juga musik pop meski jarang.

Baca Juga  Puncak Sawiyah, Menikmati Panorama Alam Eksotis dari Ketinggian di Majalengka

5. Melihat keunikan air mancur menari

Saat ini banyak terdapat air mancur menari di beberapa tempat, seperti alun-alun kota atau tempat wisata lainnya. Tak perlu jauh-jauh karena Taman Sabda Alam juga menawarkan pemandangan unik tersebut. Keunikan air mancur ini adalah aliran airnya mengikuti irama musik yang dimainkan.

Menjadi lebih unik karena letaknya yang dekat dengan dunia hiburan. Jadi musik yang keluar dari panggung seolah memberikan ritme air mancur yang menari. Bentuknya sederhana berbentuk lingkaran, tidak terlalu besar, Anda bisa memasukinya dan menikmati alunan musik dari air mancur.

6. Rasakan keseruan Flying Fox di Sabda Alam Park.

Seperti disebutkan di atas, Taman Sabda Alam tidak hanya menawarkan wisata air saja. Buktinya adalah keberadaan Flying Fox yang bergelantungan dari satu titik tinggi ke titik tinggi lainnya.

Berbeda dengan Flying Fox di kawasan lain yang sebagian besar menyuguhkan pemandangan pepohonan, kali ini Anda serasa melintasi kolam dengan kecepatan cukup tinggi.

7. Pacu adrenalin Anda dengan Sasak Ravayan

Dalam bahasa setempat, Sasak berarti jembatan. Jadi, Sasak Ravayan adalah jembatan Ravayan atau lebih tepatnya jembatan gantung. Panjang lintasan sepanjang 35 meter membuat objek wisata ini digemari semua kalangan.

Apalagi kegiatan ini cukup seru dan mampu memacu pelepasan adrenalin. Untuk melintasi jembatan ini diperlukan keseimbangan karena jembatan ini sepenuhnya ditangguhkan.

Bagian dasar jembatan terbuat dari anyaman bambu. Tidak ada railing pada jembatan ini karena ujung-ujungnya hanya berupa tali-tali kecil seperti pagar.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Taman Sabda Alam
Foto oleh Shufi Salafi di Google Maps

Tidak akan menjadi objek wisata yang spektakuler jika tidak mempunyai fasilitas yang menunjang wisatawan yang berkunjung. Hal inilah yang menjadi fokus pengelolaan Taman Sabda Alam. Untuk itu mereka menyediakan berbagai fasilitas penting yang dijamin bermanfaat bagi pengunjung yang berkunjung.

Parkir yang luas dan aman disediakan untuk fasilitas penting karena selalu dijaga oleh petugas. Toilet merupakan fasilitas yang harusnya ada pada setiap objek wisata.

Bagi yang ingin menunaikan kewajiban agama, silakan menggunakan musala. Fasilitas lain yang dapat digunakan adalah ruang bilas dan ruang ganti yang terletak dalam satu ruangan.

Selain fasilitas yang telah disebutkan, terdapat juga restoran dan hotel yang terbuka lebar bagi siapa saja yang menginginkan makanan enak atau tempat menginap.

Terdapat juga ruang konferensi yang mampu menampung maksimal 125 orang. Semua fasilitas ini membuat Taman Sabda Alam di Gharut semakin menarik untuk dikunjungi.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *