Telaga Pancar, Objek Wisata Alam dengan Panorama Hutan Pinus di Majalengka

Ide Wisata49 Dilihat


Telaga Panchar di Mahalengka memiliki panorama hutan pinus yang mempesona dan pemandangan seperti gunung candi menambah pesona alamnya yang mempesona.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 08.00–17.00 WIB, Alamat: Kecamatan Lengkong Kulon. Sindangwangi, Kab. Mahalengka, Jawa Barat; Map: Periksa lokasi

Salah satu tempat wisata di Mahalengka yang sangat recomended untuk anda dan keluarga kunjungi adalah Telaga Panchar. Talaga terletak di desa Lengkong kecamatan Sindangwangi. Saat hari libur, tempat wisata ini sangat ramai dikunjungi wisatawan.

Hal ini cukup alami karena terdapat panorama yang indah dari danau dan udara yang sejuk. Pemandangan alam tempat ini tidak akan Anda temukan di tempat wisata lainnya. Pastinya ketika Anda berlibur ke danau ini, Anda dan rombongan akan betah berlama-lama disana.

Danau Panchar yang menawan dipenuhi dengan pepohonan pinus. Oleh karena itu sangat cocok digunakan sebagai tempat camping. Menjelang liburan, jangan lewatkan kesempatan untuk segera menuju Kabupaten Majalengka untuk menikmati keindahan telaga.

Pemandangan Danau Pankar

Pemandangan Danau Panchar
Foto oleh Aisa Istarra di Google Maps

Lingkungan masih asri

Telaga Panchar menawarkan banyak atraksi bagi pengunjungnya. Salah satu daya tariknya adalah lingkungan wisata yang masih sangat asri. Kabupaten Majalengka selain dikenal sebagai kota hasil pertanian seperti durian, lokasi tempat wisata ini juga terkenal dengan keindahan alamnya.

Salah satu tempat wisata yang mampu menarik perhatian pengunjung adalah danau ini. Setiap harinya tempat ini hampir selalu ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Hal ini wajar saja, karena tidak banyak tempat wisata yang bisa memadukan hobi dalam satu tempat.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Jika Anda gemar memanah namun sekaligus ingin menikmati keindahan alam, maka telaga ini sangat direkomendasikan. Tak hanya itu, Anda yang ingin berwisata bersama keluarga juga sangat direkomendasikan untuk mengunjungi tempat ini.

Danau Panchar sengaja dirancang pihak pengelola untuk dijadikan tempat rekreasi. Namun meski begitu, keindahan tempat tersebut harus tetap dijaga agar fungsi hutan tidak hilang di kemudian hari. Suasana alam di tempat ini sungguh sejuk dan berkelas.

Baca Juga  Tebing Keraton, Spot Terbaik Menikmati Panorama Sunset di Bandung

Di tempat ini Anda akan menemukan deretan pohon pinus yang tinggi. Pepohonan pinus yang tumbuh lurus dan berdiri rapi membuat pemandangan alam disekitarnya tampak memukau.

Daerah panahan

Daya tarik selanjutnya yang tak kalah menarik dan membuat pengunjung tertarik untuk berkunjung ke Danau Panchar adalah area panahan. Selain berkesempatan melihat ikan-ikan berenang hilir mudik di air danau yang jernih, tempat ini juga menjadi tempat menarik bagi Anda yang gemar memanah.

Luas objek wisata alam ini kurang lebih mencapai 125 hektar. Namun luas yang dikelola masih 4 hektare.

Pemandangan gunung yang mirip candi

Jika Anda datang ke danau ini, Anda akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan. Pemandangannya berupa gunung yang sekilas terlihat seperti candi. Pemandangan ini tentu tidak akan Anda temukan di antara tempat wisata alam lainnya.

Anda akan melihat dengan jelas gunung tersebut dimana bebatuan pada gunung tersebut membentuk struktur yang rapi sehingga terlihat seperti sebuah candi. Tak sedikit wisatawan yang berkunjung akan memotret pegunungan mirip candi tersebut sebagai backdrop fotonya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Harga tiket ke Danau Pankar
Foto oleh Irfan Fauzi Rahmat di Google Maps

Anda tidak perlu khawatir jika berencana datang ke objek wisata Telaga Pankar di Mahalengka Jawa Barat karena akses jalannya cukup baik dan mudah untuk dilalui. Oleh karena itu, perjalanan yang perlu Anda tempuh hingga akhirnya mencapai objek wisata tersebut relatif mudah. Selain itu, Anda dapat menemukan tempat-tempat wisata menggunakan navigasi di ponsel cerdas Anda.

Di sini Anda bisa berangkat dari pusat kota Cirebon untuk menuju ke danau. Anda bisa mencapai kawasan danau ini dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik roda empat maupun roda dua.

Jika Anda datang ke sini melalui Kota Cirebon, Anda akan menempuh jarak 23 km atau kurang lebih 1 jam perjalanan. Rute yang harus Anda lalui akan mengarah ke Jalan Raya Sumber.

Sesampainya di Jalan Imam Bonjol, Anda perlu belok kiri menuju Jalan Lengkong. Anda kemudian akan terus berjalan lurus sejauh kurang lebih 1,3 km hingga mencapai danau.

Baca Juga  Goa Selarong, Goa Bersejarah dengan Panorama Air Terjun Memukau di Bantul

Biaya masuk dan jam buka

Seperti halnya tempat wisata lainnya, untuk menikmati keindahan Telaga Panchar Anda harus membayar biaya masuk. Biaya masuknya sendiri cukup terjangkau. Nantinya, Anda perlu membayar biaya sebesar Rp 5.000 per orang.

Sedangkan bagi Anda yang datang dengan kendaraan pribadi perlu memarkir kendaraannya di sini. Biaya parkir adalah Rp 2000. Biaya tersebut cukup terjangkau dibandingkan tempat wisata lainnya di Kabupaten Mahalengka.

Jadi bagi anda yang sedang mencari tempat wisata yang bagus, mengunjungi danau ini adalah ide yang tepat.

Acara-acara menarik digelar

Kegiatan di Danau Pankar
Foto oleh Franciscus Aprianto di Google Maps

1. Nikmati udara sejuk

Selama berada di Telaga Panchar, Anda bisa menikmati berbagai aktivitas menarik. Salah satu kegiatan tersebut adalah menikmati sejuknya udara tempat wisata. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, danau ini memiliki udara yang sangat nyaman dan sejuk karena kawasan wisatanya terletak di kaki Gunung Chiremay.

Namun tak hanya itu, danau yang dipenuhi pepohonan pinus membuat kawasan wisata ini nyaris tak tersentuh sinar matahari. Area yang paling banyak terkena sinar matahari biasanya berada di area lapangan yang digunakan untuk berkemah atau aktivitas lainnya.

Tidak hanya udaranya yang sejuk, air di dalam pipa pun terasa sangat dingin. Anda mungkin merasakan air dingin saat berada di toilet atau musala. Bagi Anda yang berasal dari perkotaan dan bosan dengan polusi, saat datang ke danau ini Anda benar-benar bisa merasakan udara bersih tanpa polusi.

Anda dan keluarga akan bisa menikmati kesejukan alam pegunungan sambil menikmati gemerisik dedaunan pinus yang tertiup angin. Bagi Anda yang memiliki anak, tidak ada salahnya untuk mengajaknya ke sini. Telaga Pancar memiliki ayunan yang bisa dinaiki anak Anda.

Jika Anda ingin menikmati objek wisata alam tercinta yang semakin indah ini, maka tak ada salahnya Anda mendaki ke puncak bukit yang di puncaknya akan terhampar pemandangan eksotis Kabupaten Majalengka di depan mata Anda.

2. Makan nasi hidup

Aktivitas menarik berikutnya adalah menyantap nasi rendam. Pengunjung berkesempatan mencicipi nasi tuang yang bisa dipesan di Telaga Panchar. Menu Nasi Liwet cukup bervariasi, sehingga pecinta kuliner tidak boleh melewatkan kegiatan ini.

Baca Juga  Bukit Bengkaung, Menyaksikan Pesona Alam dari Atas Ketinggian Sembari Kulineran di Lombok Barat

Ada nasi liveet bungkus yang berisi menu ikan peda yang kemudian digoreng atau dicelup, chengkol muda, daun singkong atau pepaya, sayur leunka segar, tahu tempe, kurap dan nanti bisa juga ditambah ayam goreng.

3. Berkemah di Danau Pankar

Kegiatan ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang saat ini sedang aktif beraktivitas di luar ruangan. Atau bisa juga bagi Anda yang berencana bermalam di danau. Bagi anda yang ingin berkemah akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 per orang.

Biaya ini dimaksudkan untuk menutupi biaya sewa dan pembersihan. Selain itu, Anda perlu membayar biaya penerangan listrik yang disediakan oleh pihak pengelola Telaga Pancar.

4. Berburu foto

Pelajaran terakhir ini jangan sampai terlewatkan. Panorama alam yang tersaji di kawasan wisata danau ini sungguh luar biasa indahnya. Untuk itu jangan sia-siakan pemandangan indah ini dengan tidak mengabadikannya dengan kamera.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Danau Pankar
Foto oleh Deden Zaenudin Al-Shirazi di Google Maps

Telaga Pankar merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Mahalengka dan dikelola dengan sangat profesional. Untuk itu fasilitas yang ada di lokasi ini sudah cukup memadai.

Di tempat ini Anda tidak akan kesulitan mencari toilet atau ruang ganti. Bagi Anda yang beragama Islam dan ingin salat di sana, tersedia juga musala. Tak hanya itu, lahan parkir yang tersedia juga cukup luas dan aman.

Jika ingin duduk bersantai, Anda bisa melakukannya di gazebo yang dibangun pengelola lokasi wisata. Alternatifnya, Anda juga bisa menyewa tempat tidur gantung berukuran penuh.

Telaga Panchar yang populer di kawasan Mahalengka menawarkan keseruan dan keindahan alam yang tidak akan Anda temukan di tempat wisata lainnya. Oleh karena itu, ketika hari raya tiba, Anda perlu segera berangkat ke tempat ini bersama keluarga dan anak.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *