Curug Tonjong, Surga Alam Tersembunyi Nan Eksotis di Majalengka

Ide Wisata36 Dilihat


Terletak di Mahalengka, Kurug Tongjong merupakan surga alam eksotis yang menakjubkan dengan gazebo yang menawarkan pengunjung tempat yang nyaman untuk bersantai di tengah keindahan alam yang mempesona.

Harga tiket: Rp15.000, Jam kerja: 07.00–17.00 WIB, Alamat: Teja, Kecamatan. Rajagalukh, Kab. Mahalengka, Jawa Barat; Map: Periksa lokasi

Air Terjun Tongjong merupakan destinasi wisata alam Mahalengka di Jawa Barat yaitu Desa Teja Kecamatan Rajagaluh. Bagi yang belum pernah ke kawasan ini, jangan khawatir. Pengunjung dapat menggunakan aplikasi di ponsel pintarnya untuk menemukan tempat wisata ini.

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa tempat wisata ini sangat menarik dan tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Dulunya ditutup untuk wisatawan karena kawasannya mudah rawan longsor, namun akhirnya dibuka kembali pada tahun 2015 untuk siapa saja yang ingin menikmati keindahan alam di tempat tersebut.

Pesona keindahan alamnya menggoda siapa pun yang berkunjung, dilengkapi dengan pemandangan Kurug Tongjong yang jernih dan sejuk. Terdapat sebuah jembatan kayu yang dulunya terbuat dari bambu dimana wisatawan dapat berjalan sambil menikmati pemandangan di sekitar air terjun ini.

Atraksi Air Terjun Tongjong

Atraksi Air Terjun Dongjong
Foto oleh Sony Abiseka di Google Maps

1. Pesona air terjun

Kurug Tongjong, bagian dari Taman Nasional Gunung Chermay, memanjakan mata pengunjung dengan keindahan alamnya. Bebatuan di sepanjang sungai juga mempercantik penampilannya.

Letaknya di ketinggian sekitar 4 meter dengan derasnya aliran air yang jatuh dari ketinggian, menimbulkan suara menderu-deru dan terlihat sangat indah. Rimbunnya pepohonan dan letaknya yang berada di antara bebatuan membuat air terjun ini semakin mempesona.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Suhu dingin di sekitar air terjun membuat banyak pengunjung ingin merasakan kesejukan airnya. Tempat ini sangat populer di kalangan pengunjung, sehingga Anda bisa langsung mengambil foto.

2. Jembatan bambu

Jembatan ini dijadikan akses bagi pengunjung yang ingin leluasa menikmati keindahan Kurug Dongjong. Jembatan tersebut kini telah diganti dengan jembatan kayu untuk menghindari risiko penggunaan bambu sebagai material jembatan.

Banyak pengunjung yang sering memanfaatkan jembatan ini sebagai tempat mengabadikan keindahan alam yang ada. Berjalan melintasi jembatan, ngobrol dan menikmati keindahan alam menjadi momen tak terlupakan bagi siapapun yang pernah mengunjungi objek wisata ini.

Baca Juga  Desa Wisata Tinalah, Menyaksikan Pesona Alam & Kekayaan Budaya Berpadu di Kulon Progo

3. Aliran sungai

Air yang dingin, bersih, dan tidak tercemar, didukung aliran air yang tidak secepat air terjun di pegunungan lainnya menjadi keunggulan Kurug Dongjong. Aliran sungai ini kerap menggoda pengunjung untuk memanjakan tubuh dengan sekadar berenang atau bermain air.

Banyaknya bebatuan yang terdapat di sepanjang aliran sungai menambah sentuhan eksotis pada aliran sungai. Ditambah lagi aliran airnya yang begitu jernih membuat pengunjung bisa melihat hingga ke permukaan tanah.

4. Saung gazebo

Bagi pengunjung yang kesulitan mengakses air terjun, disediakan gazebo sebagai tempat bersantai sambil menikmati keindahan alam di lokasi wisata ini. Jajanan dan makanan berat yang dibawa pengunjung dapat dinikmati seluruh keluarga di pondok gazebo yang terletak di sekitar Air Terjun Tongjong.

5. Pemandangan alam yang indah

Pengunjung akan merasakan rasa takjub dan kagum terhadap ciptaan Tuhan saat memasuki objek wisata ini. Banyaknya tanaman hijau subur serta bebatuan dengan berbagai bentuk memberikan keunikan tersendiri pada air terjun ini. Bebatuan yang terdapat di sepanjang sungai menambah pesona air terjun.

Gemericik air berpadu dengan sejuknya udara pegunungan membuat pengunjung betah berlama-lama berada di tempat ini hingga terkadang lupa untuk pulang ke rumah. Keindahan alam air terjun inilah yang sungguh memanjakan mata siapa pun yang datang berkunjung.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Tongjong
Foto Emmed di Google Maps

Terletak di Kota Mahalengka, Provinsi Jawa Barat, Air Terjun Tongjong sangat mudah dijangkau oleh siapapun yang ingin mengunjunginya. Jaraknya sekitar 18 km dengan waktu tempuh 35 menit dengan mobil. Ambil jalan Rajagalukh-Teja hingga sampai di jembatan bernama Tanjakan Pokek.

Setelah mencapai lereng, pengunjung akan belok kiri dan Anda akan melihat spanduk. Spanduk ini akan mengarahkan pengunjung ke tempat yang tepat. Di kawasan ini pengunjung harus sedikit lebih berhati-hati, terutama pengendara mobil, karena jalan menuju lokasi air terjun banyak berlubang dan tidak lebar.

Pengemudi mobil yang ingin mencapai lokasi sebaiknya memarkir mobilnya di pemukiman penduduk dan melanjutkan dengan berjalan kaki, atau bisa juga dengan naik ojek yang tersedia kapan saja untuk mengantarkan Anda ke tempat tujuan.

Baca Juga  Pantai Mirota, Pantai Indah di Batam yang Menyuguhkan Suasana Asri Khas Perbukitan

Keistimewaan lainnya bagi pengguna sepeda motor adalah dapat memanfaatkan tempat parkir yang tersedia. Dari tempat parkir ini jalan mendekati lokasi, bahkan terdengar suara gemuruh air terjun.

Biaya masuk dan jam buka

Keindahan alam Air Terjun Dongjong dapat dinikmati setelah membayar biaya masuk sebesar 15.000, dengan biaya tersebut seseorang dapat menikmati seluruh keindahan alam yang ada disini.

Tempat wisata menawan ini dibuka oleh pengelolanya setiap hari dan pengunjung dapat menikmati keindahan alam tempat tersebut mulai pukul 7 pagi hingga pukul 5 sore.

Pihak pengelola menyediakan waktu 10 jam bagi seluruh pengunjung yang ingin memanjakan mata dan pikiran dengan keindahan alam yang dipajang di sini. Harga tiket yang murah dan tentunya ramah di kantong membuat kawasan wisata ini ramai dan tidak pernah sepi, apalagi saat hari libur.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Air Terjun Tongjong
Foto Endang Tirtan di Google Maps

Dokumentasi

Siapapun yang berkunjung ke objek wisata ini pasti akan memanfaatkan tempat-tempat menarik tersebut untuk mengabadikan momen liburannya. Air terjun yang dilengkapi dengan suara air terjun dan arus yang deras membuat tempat ini menjadi tempat menarik yang selalu menjadi incaran pengunjung.

Tempat-tempat menarik bisa diakses mulai dari memasuki kawasan wisata hingga langsung berada di bawah Air Terjun Kurug Tongjong. Siapa pun yang sedang berlibur dapat menikmati pengambilan foto instan untuk menambah koleksi foto pribadinya.

Menyelam, berenang, dan permainan air

Dinginnya air dan suara gemuruh air terjun menggoda siapa pun untuk merasakan air di sini. Namun anak-anak tidak disarankan untuk berenang di dekat air terjun karena arusnya cukup deras. Seluruh keluarga bisa bermain air dekat batu.

Suara air terjun menyegarkan pikiran kita. Pengunjung dewasa yang bisa berenang dan menyelam bisa memanfaatkan aliran sungai di sekitar air terjun. Namun pengunjung harus tetap waspada karena bebatuan yang licin dapat membahayakan pengunjung.

Nikmati keindahan alam di Kurug Dongjong

Bagi pengunjung yang tidak dapat mengakses air terjun karena kondisi tertentu, seperti pengunjung lanjut usia atau kondisi lainnya, disediakan gazebo di lokasi Kurug Tongjong. Di sini pengunjung bisa menikmati pemandangan alam sambil bersantai.

Anda juga bisa bersantap di pondok gazebo ini sekeluarga. Suasananya yang sejuk dan alami akan membuat momen makan bersama semakin seru dan menciptakan kenangan tak terlupakan. Suara gemericik air terjun terdengar meskipun kita tidak langsung berada di bawah air terjun.

Baca Juga  Intip Pesona Seganing Waterfall, Air Terjun Eksotis di Perbukitan Tandus Nusa Penida

Di jembatan kayu

Jembatan kayu yang sebelumnya terbuat dari bambu ini membentang di sepanjang lokasi hingga ke titik utama air terjun Kurug Tongjong. Menyusuri jembatan sambil menikmati gemericik air dan udara sejuk akan membuat momen liburan Anda tak terlupakan. Banyak pengunjung juga yang ingat untuk membawa dokumen saat berjalan melintasi jembatan ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Struktur Air Terjun Tongjong
Foto oleh relawan jaringan Karna Sobaha di Facebook.

Meski terbilang baru, objek wisata ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang bisa digunakan pengunjung. Fasilitas yang tersedia antara lain musala, area parkir, warung dan gubuk kecil, toilet dan tempat tinggal. Objek wisata ini memiliki semuanya.

Spot favorit pengunjung lainnya adalah banyaknya spot foto menarik yang dimulai saat pertama kali memasuki lokasi dan berakhir di Air Terjun Dongjong. Bagi umat Islam yang ingin menikmati keindahan alam, tanpa melupakan kewajiban shalat, disediakan musala. Penting untuk mengambil cuti tanpa meninggalkan kewajiban agama Anda.

Tersedia akomodasi di lokasi bagi pengunjung yang ingin bermalam. Perumahan yang terjangkau hadir dengan fasilitas yang sama dengan perumahan biasa. Tentunya dengan harga yang murah dan terjangkau. Tempat parkir mobil cukup luas dan mampu menampung mobil pengunjung.

Pengendara mobil hanya diperbolehkan memarkir kendaraannya di kawasan pemukiman, setelah itu pengunjung dapat berjalan kaki atau menggunakan ojek yang tersedia di kawasan sekitar. Namun, pengendara sepeda motor dapat memarkir kendaraannya di dekat Air Terjun Dongjong.

Pengunjung tidak perlu khawatir atau khawatir akan kelaparan karena di tempat ini pengunjung dapat menikmati kuliner khas daerah Jawa Barat khususnya Mhalengka. Terdapat kios dan warung kecil yang siap memanjakan lidah Anda dengan keunikan makanan yang dihidangkan.

Kurug Dongjong, tempat yang sangat indah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, pasti menjadi destinasi bagi siapa saja yang ingin berlibur. Letaknya yang strategis di kota Mahalengka, akses yang mudah serta pemandangan alam yang indah menjadikannya destinasi liburan yang digemari.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *