Embung Kleco, Spot Terbaik Menikmati Panorama Sunset & Sunrise yang Mempesona di Kulon Progo

Ide Wisata62 Dilihat


Nikmati panorama perbukitan yang menakjubkan di Embung Kleco Kulon Progo, tempat ideal untuk menyaksikan keajaiban panorama matahari terbenam dan matahari terbit yang mempesona.

Harga tiket: 3000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 29.05-19.00 WIB, Alamat: Ngesong, Kecamatan Giripurwo. Girimulyo, Kab. Liontin Progo, Inspektur Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Embung Kleko merupakan kolam buatan cantik di Kulon Progo, Yogyakarta yang wajib dikunjungi saat liburan. Saking indahnya, wisata tersebut sontak menjadi viral dan menarik banyak pengunjung dari berbagai daerah yang tertarik dengan keindahannya. Oleh karena itu, perairan populer ini patut dijadikan tempat wisata untuk dikunjungi rombongan.

Menariknya, Waduk Kleko merupakan waduk buatan yang dimanfaatkan sebagai sumber irigasi pertanian dan perkebunan lokal. Dengan tampilannya yang apik dan panoramanya yang indah, waduk ini akhirnya menjadi tujuan wisata banyak orang. Untuk mengetahui hal keren lainnya dari tank keren ini, simak penjelasannya di bawah ini.

Paket Tour Yogya 4 Hari 3 Malam ke Destinasi Wisata Populer

Objek Wisata Kleko Embung

Objek Wisata Kleko Embung
Foto oleh Nomeri Tahalea di Google Maps

1. Berbagai jenis matahari terbenam dan matahari terbit

Hampir semua orang menikmati indahnya pemandangan langit saat matahari terbit dan terbenam. Di Embung Kleco Kulon Progo Anda bisa melihat keduanya dalam satu hari karena berada di puncak Bukit Menorah. Di sini pemandangan langit jingga setiap detiknya terlihat sangat detail.

Seberkas cahaya menembus langit yang gelap dan kemudian berubah menjadi kuning keemasan cerah. Jadi siapa pun yang memandangnya akan terkagum-kagum dengan panorama langit ini. Bahkan keindahannya bisa menyaingi wisata alam lainnya.

2. Suasana tenang

Ketenarannya masih belum sebanding dengan sebagian besar tempat wisata di Malioboro. Jadi suasana pengunjung masih cukup tenang. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta suasana tenang. Sebab tubuh akan bisa rileks dan pikiran menjadi segar kembali.

3. Cerita yang menarik

Waduk seluas 20 hektar ini menjadi sumber irigasi ratusan hektar lahan pertanian dan perkebunan milik warga sekitar. Airnya sendiri berasal dari air hujan yang mengalir langsung ke waduk dan sungai-sungai di sekitarnya. Waduk unik ini pertama kali dioperasikan pada tahun 2017 dan dibuka oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Baca Juga  Pohon Pelangi Bondowoso, Pohon Unik dengan Gradasi Warna Pelangi yang Dikelilingi Jenis Tanaman Indah

Hotel Murah di Kulon Progo

Lokasinya yang indah membuat waduk ini sering dikunjungi wisatawan lokal. Berkat viralnya wisata buatan di media sosial, Embung Kleko akhirnya mulai tenar dan dikenal banyak orang. Melihat potensi wisata tersebut, pemerintah daerah dan masyarakat menciptakan waduk tersebut sebagai objek wisata baru yang diharapkan mampu bersaing dengan tempat wisata lainnya.

4. Pemandangan perbukitan

Terletak di puncak bukit, Hotel Embung Kleco di Kulon Progo menawarkan keindahan bukit yang menakjubkan. Keindahannya bisa dilihat dari berbagai sudut. Sederet perbukitan hijau berpadu dengan langit biru yang indah. Apalagi, pada siang hari panorama Gunung Merapi terlihat semakin jelas berdiri gagah di sisi timur.

5. Medan yang memacu adrenalin

Karena letaknya yang berada di puncak bukit, maka memerlukan usaha lebih untuk mencapai kawasan wisata tersebut. Oleh karena itu, pengunjung harus melewati jalan pedesaan yang berkelok-kelok, sempit, dan menanjak. Sangat disarankan untuk membawa sepeda motor karena jalannya tidak terlalu lebar sehingga perjalanan akan lebih nyaman dan mudah.

Medan yang menantang ini cukup menarik bagi para pecinta medan yang menantang. Jangan khawatir, Anda tidak akan bosan selama perjalanan berkat pemandangan alam sekitar yang menakjubkan dengan sawah bertingkat, perbukitan, dan perkebunan. Durasi perjalanan tidak akan melelahkan.

Tour 1 Hari Jokja (Tumpeng Menorah, Kebun Teh Nglinggo dan lain-lain)

Alamat, lokasi, rute dan biaya masuk

Alamat Embung Kleko
Foto oleh Andan Dante di Google Maps

Waduk Kleko terletak di Desa Ngesong, Desa Giripurwo, Kecamatan. Girimulyo, Kab. Liontin Progo, dibuat dengan tangan. Akses jalan menuju objek wisata ini banyak tanjakan dan tikungan tajam sehingga pengunjung harus mengecek terlebih dahulu mesin mobilnya untuk dapat melakukan perjalanan.

Ada banyak rute yang bisa ditempuh untuk mencapai tempat wisata, termasuk dari pusat kota Yogya. Anda dapat mengendarai mobil Anda ke arah barat menuju Jalan Kyai Moto. Kemudian berjalan lurus hingga mencapai pertigaan dengan Jalan Lingkar Barat Demak Ijo. Lanjutkan lurus sepanjang Jalan Godan menuju Pasar Godan.

Baca Juga  Pantai Jatimalang, Pantai Menawan yang Menampilkan Patung Dewa Ruci yang ikonik di Purworejo

Sesampainya di Persimpangan Nanggulan, belok kanan ke Jalan Girimulyo hingga sampai di pertigaan yang ditumbuhi pohon beringin. Anda bisa berjalan lurus menuju Pasar Sribit hingga menemukan pertigaan Terminal Sribit. Lanjutkan ke Polsek Girimulyo lalu ke Puskesmas Girimulyo. Berjalanlah di tengah jalan untuk mencapai kawasan wisata.

Karena masih dikelola oleh warga sekitar, biasanya tarif masuk bagi wisatawan sangat murah, yakni hanya Rp 3.000. Dengan harga tersebut, Anda bisa menikmati keindahan kolam, bukit, dan perkebunan saat liburan keluarga tanpa mengeluarkan banyak uang.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas menarik di Kleko Embung
Foto oleh Aditya Vikaksono di Google Maps

Menikmati indahnya matahari terbenam di sore hari

Seperti yang Anda ketahui, daya tarik utama Embung Kleko adalah panorama langit matahari terbenam di sore hari. Saat berlibur ke sini, hal ini tidak boleh dilewatkan karena mungkin akan melukai mata Anda. Anda bisa menikmati pemandangan alam sambil duduk-duduk di dekat objek wisata mempesona ini bersama rombongan keluarga atau orang tercinta.

Camping di kawasan Embung Kleko

Apakah Anda suka rekreasi luar ruangan? Kleko Embung merupakan salah satu wisata alam yang layak dikunjungi untuk berkemah. Karena suasana alam yang masih alami mendukung hiburan malam. Apalagi di malam hari Anda akan menemukan keindahan kerlap-kerlip lampu kota Kulon Progo dengan ratusan bintang bersinar di langit.

Nikmati durian segar yang lezat

Makan durian memang sangat nikmat bagi pecinta buah aromatik ini. Lebih nikmat lagi jika dicoba langsung dari kebunnya, seperti di Waduk Kleko. Sebab, di kawasan tersebut banyak terdapat pohon durian jenis kuning, potong, dan jambon. Di tengah musim panen, Anda bisa langsung menikmatinya dan dijadikan oleh-oleh.

Ambil foto sebanyak yang Anda suka

Liburan seakan tidak ada relevansinya jika Anda melewatkan momen-momen kebersamaan. Apalagi Embung Kleco di Kulon Progo menawarkan berbagai spot foto yang estetik dan Instagrammable. Pemandangan alam yang dihadirkan dari berbagai sudut bisa dijadikan latar belakang foto. Pastikan membawa kamera dengan ruang penyimpanan yang memadai.

Baca Juga  Pulau Pisang, Wisata Bahari Tersembunyi di Pesisir Barat yang Kaya Pesona

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Waduk Kleko
Foto oleh Septi Rianto di Google Maps

Meski masih tergolong sebagai objek wisata baru Jogja, namun pihak pengelola telah menyediakan berbagai fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan pengunjung. Tak heran jika wisatawan merasa nyaman berlama-lama di sini dan kembali lagi tanpa ragu.

Setibanya di Embung Kleco, pengunjung dapat memarkir kendaraan pribadinya di area parkir yang tersedia. Tempat parkirnya cukup luas untuk menampung beberapa mobil pengunjung sekaligus. Toilet secara umum juga terlihat terawat dan bersih karena terdapat petugas yang menjamin kebersihan dan kenyamanan penggunaan toilet.

Pengunjung yang merasa lapar dan haus dapat mengunjungi warung makan sederhana yang dikelola oleh ibu-ibu di kawasan wisata. Berbagai menunya lezat dan akan memanjakan lidah. Selain itu, terdapat musala khusus bagi pengunjung muslim yang ingin melaksanakan salat. Anda juga dapat menggunakan bangunan berupa tempat rekreasi dan pos pengamatan.

Demikian penjelasan Embung Kleco dengan beberapa hal menariknya. Perlu diketahui bahwa sebelum berkunjung, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal, mulai dari kendaraan, kamera, hingga dana untuk tiket masuk. Acara liburan yang memungkinkan Anda menikmati keindahan alam akan semakin seru jika mengundang rombongan keluarga.


databaru.my.id