Visa Taiwan – Cara Mengurus dan Biayanya. Ternyata Gampang Loh!


Taiwan merupakan salah satu negara di kawasan Asia yang memiliki banyak tempat wisata menarik. Wisata sejarah, wisata alam, pendidikan, wisata kuliner dan berbagai jenis wisata dapat diselenggarakan di Taiwan. Hanya saja banyak orang yang mengurungkan niatnya untuk ke Taiwan, salah satu alasannya adalah biasanya sulit mendapatkan visa Taiwan.

Ini benar?

Sebenarnya, mengajukan visa Taiwan tidak sesulit yang Anda bayangkan. Jika Anda sudah mengetahui persyaratan pengajuan visa dan memahami prosedur pengajuannya, maka tentu saja mendapatkan visa Taiwan tidak akan sesulit yang Anda bayangkan. Sekadar informasi, berikut ulasan selengkapnya yang perlu Anda simak!

Jenis dan Persyaratan Visa Taiwan

Terdapat 8 jenis visa di Taiwan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Kedelapan jenis visa Taiwan tersebut antara lain:

  • Visa turis, visa relatif atau visa pengunjung sosial dengan kode P
  • Visa bisnis dengan kode B
  • Visa liburan atau kerja jangka pendek dengan kode A
  • Visa magang atau pelatihan karyawan dengan kode FT
  • Visa untuk seminar atau pameran internasional dengan kode IM
  • Visa keagamaan atau keagamaan dengan kode R.
  • Visa untuk studi bahasa dan sekolah agama dengan kode FR
  • Visa berobat dengan kode M
Visa Taiwan (path2usa)
Visa Taiwan (path2usa)

Jika Anda sudah mengetahui jenis visa apa yang Anda butuhkan, kini Anda juga memahami persyaratan yang perlu Anda sediakan untuk mengajukan visa. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi saat mengajukan visa antara lain:

Bukti tempat tinggal atau bukti tempat tinggal

Berkas mengenai bukti domisili atau bukti tinggal seseorang yang akan melakukan perjalanan ke Taiwan selama berada di Taiwan nantinya.

Misalnya saja bukti domisili atau bukti domisili yang perlu dilampirkan adalah surat undangan atau surat resmi dari pengundang atau sanak saudaranya di Taiwan yang akan dikunjungi jika memang diperlukan ke Taiwan untuk berkunjung. Sedangkan bila bepergian untuk tujuan wisata atau bisnis, Anda dapat menunjukkan bukti tempat tinggal atau reservasi hotel Anda di Taiwan.

Baca Juga  Wisata Hong Kong Gratis - 12 Tempat yang Nggak Bikin Kantong Jebol

Bukti keuangan pribadi atau relatif di Taiwan

Bukti keuangan berupa fotokopi rekening koran pemohon atau kerabat pemohon di Taiwan selama 3 bulan terakhir harus dilampirkan pada persyaratan visa atau permohonan.

Bukti keuangan terlampir berguna untuk membuktikan bahwa pemohon dapat menanggung biaya hidupnya selama berada di Taiwan. Apabila selama pemohon tinggal di Taiwan menginap di rumah saudara, maka dilampirkan fotokopi rekening koran saudara tersebut untuk mengetahui kesanggupannya dalam melayani tamu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Di rekening giro pemohon atau kerabatnya yang ditentukan dalam persyaratan permohonan visa, mereka harus menunjukkan saldo rekening giro dengan nilai nominal minimal Rs 30 juta.

Cetak tiket pesawat Anda

Pastikan Anda memesan tiket pesawat terlebih dahulu karena selain bisa mendapatkan tiket pesawat murah, Anda juga memerlukan print out tiket pesawat yang Anda terima sebagai syarat pendaftaran atau pengajuan visa.

Fotokopi paspor, STNK dan/atau Surat Izin Mengemudi

Lampirkan halaman utama paspor yang Anda fotokopi pada berkas pendaftaran. Lampirkan juga fotokopi KTP atau SIM Card sebagai data diri lengkap pemohon.

foto paspor 4 x 6.

Untuk melengkapi data pribadi pemohon, Anda perlu mencetak foto berukuran 4 x 6 sebagai berkas pendaftaran visa yang lengkap. Lampirkan 2 foto diri Anda ke file pendaftaran.

Persyaratan pengajuan visa Taiwan di atas pada umumnya sama dengan persyaratan pengajuan visa Jepang. Jika Anda akan bepergian ke negara Asia lainnya yaitu Jepang, Anda bisa membaca cara mengajukan visa: Visa Jepang, cara mengajukan dan ketentuannya!

Ada berbagai tempat wisata menarik yang bisa ditemukan di Jepang. Bagi anda yang belum memiliki panduan tempat wisata di Jepang, bacalah: 12 Tempat Wisata Jepang Paling Keren!

Baca Juga  Review Menu Terbaik dan Lokasi Resto

Membaca : 10 Tempat Wisata Jepang yang Wajib Dikunjungi

Cara Mengajukan Visa Taiwan

Setelah Anda melengkapi semua persyaratan di atas, kini Anda dapat mengajukan permohonan visa dengan datang langsung ke kantor atau mengajukan permohonan secara online melalui situs web ini (klik pada link).

Visa Taiwan - Cara Mengajukan Visa Taiwan (Klemchuk)
Cara Mengajukan Visa Taiwan (Klemchuk)

Setelah itu, cukup isi visa Taiwan Anda melalui website. Di situs ini Anda perlu mengisi sekitar 4 formulir. Ada beberapa informasi yang harus Anda berikan saat mengisi formulir pendaftaran visa, antara lain:

Jenis visa yang Anda pilih

Karena ada banyak jenis visa Taiwan, Anda perlu menjelaskan jenis visa yang Anda perlukan. Sedangkan mengenai lokasi atau wilayah visa, bagi Anda yang berdomisili di Indonesia, Anda perlu memilih Taipei Economic or Trade Administration di Indonesia sebagai lokasi pengajuan Anda.

Visa Taiwan ada beberapa jenis yaitu visa single entry dan multiple entry. Jadi, Anda bisa memilih jenis visa mana yang Anda perlukan untuk bepergian. Keduanya tentu saja memiliki harga aplikasi yang berbeda.

Sertakan informasi pribadi

Pada Formulir Pendaftaran Visa Taiwan, Anda harus melengkapi semua pertanyaan yang diajukan. Pertanyaan yang diajukan berkaitan dengan data pribadi Anda seperti nama lengkap, nama panggilan, nomor CTP atau nomor identifikasi, tempat dan tanggal lahir, nama orang tua, pekerjaan, alamat tempat tinggal, nomor kontak, alamat email dan lain sebagainya. Anda harus mengisi informasi yang benar-benar sesuai dengan data pribadi Anda.

Detail paspor pemohon

Seperti visa lainnya, saat mengisi permohonan visa, Anda juga perlu memberikan informasi yang sesuai dengan rincian sebenarnya yang tertera di paspor Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda mengisi semua informasi dengan benar.

Beritahu kami tentang rencana perjalanan Anda

Setelah mengisi biodata atau data pribadi, Anda juga perlu menginformasikan formulir tentang rencana perjalanan Anda selama berada di Taiwan. Pada bagian ini Anda perlu memberikan informasi mengenai tujuan perjalanan Anda, tempat-tempat yang akan Anda kunjungi, tempat tinggal Anda di Taiwan dan kapan Anda akan kembali ke Indonesia.

Baca Juga  Tempat Wisata Bangkok Beberapa Pasti Kamu Belum Ketahui

Biaya Visa Taiwan

Visa Taiwan - Biaya Visa Taiwan (shutterstock)
Biaya visa Taiwan (shutterstock)

Dari segi biaya pemrosesan visa Taiwan, visa single entry dan multiple entry tentunya memiliki biaya pemrosesan yang berbeda. Biaya visa sekali masuk hanya Rp 650.000. Sedangkan untuk pembuatan dan pengurusan visa multiple entry dikenakan biaya sebesar Rp 1.300.000.

Visa sekali masuk dan visa masuk ganda adalah jenis visa yang berbeda, sehingga biaya pengajuannya pun berbeda. Visa single entry adalah visa yang dikeluarkan hanya satu kali untuk kunjungan singkat.

Sedangkan visa multiple entry merupakan jenis visa yang diajukan dengan 3 masa berlaku, yaitu:

  • Berlaku selama 1 tahun
  • Berlaku selama 3 tahun
  • Berlaku selama 5 tahun

Oleh karena itu, visa multiple entry ini merupakan jenis visa jangka panjang yang memungkinkan pemohonnya melakukan perjalanan bolak-balik Indonesia ke Taiwan bolak-balik berkali-kali sesuai jangka waktu yang ditentukan. Sementara itu, durasi tinggal di Taiwan dengan visa multiple-entry adalah sekitar 90 – 180 hari untuk setiap kunjungan.

Bagi Anda yang bepergian ke Taiwan, perlu diingat bahwa saat memesan tiket pesawat, usahakan untuk memesan tiket pesawat pada masa promosi. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan tiket pesawat murah.
Baca tipsnya: Tips dan cara membeli tiket pesawat murah

Baca juga: 12 tips rahasia untuk menemukan penerbangan murah

Jadi tunggu apa lagi? Bagi Anda yang berencana mengunjungi Taiwan, pastikan Anda memesan tiket terlebih dahulu dan mengajukan permohonan visa sesuai dengan prosedur permohonan yang disebutkan di atas. Semoga perjalanan Anda menyenangkan.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *