21 Wisata Kuliner di Semarang yang Enak & Wajib Anda Coba

Ide Wisata176 Dilihat


Wisata kuliner akhir-akhir ini menjadi kegiatan yang digemari. Semarang, salah satu kota pesisir terbesar di Indonesia dengan aktivitas bisnis yang padat, memiliki beragam destinasi wisata yang sangat banyak dan lengkap, termasuk jika Anda tidak “menyukai” wisata kuliner. Mengintegrasikan destinasi wisata di Semarang dengan wisata kuliner nampaknya semakin lengkap.

beberapa makanan khas yang bisa dijadikan tempat wisata kuliner di kota semarang. Jenis wisata kuliner yang ada di Kota Semarang sangatlah banyak, karena Kota Semarang sebagian besar terdiri dari berbagai negara. Setiap suku bangsa tentunya mempunyai selera masing-masing sehingga tidak heran jika hal ini menjadi awal munculnya berbagai jenis wisata kuliner.

Selain keberagaman suku bangsa di semarang, wisata kuliner di semarang juga banyak karena secara geografis semarang bisa disebut holistik. Wilayah utaranya berbatasan dengan laut, wilayah selatannya bergunung-gunung dan tentunya menghasilkan sumber daya alam yang melimpah sehingga menciptakan banyak destinasi wisata kuliner di kota semarang.

Mengikuti Daftar kemungkinan wisata kuliner di semarang Apakah kamu menikmati dirimu sendiri?.

1. Es Puter Kong Jilat

Jilat Es Puter Kong
foto Rokok di Twitter

Siang hari di Semarang sangat panas. Restoran Kuliner Es Puter Cong Lik merupakan tempat yang sangat nyaman untuk dikunjungi pada siang hari. Nama unik Kong Lik sendiri merupakan akronim dari “kakun kecil” atau “pembantu kecil”, kisah sang pemilik Sukimin. Saat ini Es Puter Cong Lik sudah bisa didapatkan di 4 cabang di Semarang.

Es Cong Lik bisa kamu nikmati dengan harga antara Rp10.000 hingga Rp12.000 per porsi. Setiap porsi terdiri dari 2 scoop es krim. Varian rasa yang bisa kamu pilih dengan harga Rp 10.000 antara lain coklat, kacang ijo, kelengkeng, leci, sirsak, koper. Dua pilihan rasa terpopuler adalah Rasa Alpukat dan Rasa Durian yang dibanderol dengan harga Rp 12.000. Cukup murah untuk melepas dahaga di hari yang panas di Semarang.

2. Warung Semawis

Warung Semawis
foto Ron Nysa di Twitter

Warung Semawis adalah sebutan untuk pasar malam di kawasan Pecinan Semarang. Pasar Malam Warung Semawis memiliki beragam kios. Uniknya, pasar malam ini hanya buka pada malam hari, yaitu mulai pukul 21.00.

Bagi Anda yang menyukai wisata kuliner di malam hari, Warung Semawis sayang untuk dilewatkan. Berbagai menu kuliner bisa Anda temukan. Anda tidak perlu khawatir untuk makan tanpa tahu harus duduk di mana karena setiap warung memiliki tempat duduk di depan warungnya masing-masing. Selain makanan, Anda akan menemukan toko-toko yang menjual pernak-pernik dan suvenir.

3. Mie Makan Malam Ki

Mie Makan Malam Ki
Foto oleh Lelya Setiawan di Instagram

Mee San Kiye menjadi salah satu menu yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Semarang. Harga mie Sankie tergantung jenis topping yang disertakan dan berkisar antara Rp 14.000 hingga Rp 17.000. Mengingat rasanya yang luar biasa, sepertinya harganya masih cukup terjangkau.

Baca Juga  Cantiknya Puncak Wanagiri, Destinasi Berkonsep Wana Wisata Selfie di Buleleng

4.Paimo Leker

Paimo Leker
Foto oleh Tyasindayanti di Envato Elements

Lekker Paimo terbilang istimewa dibandingkan lekker lain di berbagai daerah yang pernah Anda temui. Lekker paimo tidak hanya diisi dengan isian manis tetapi juga gurih. Anda bahkan bisa mencampurkan semua topping termasuk keju, coklat, sosis bahkan telur. Lekker ini merupakan lekker favorit di kota semarang jadi pastikan untuk mencobanya.

Harga setiap lekernya berbeda-beda, tergantung isian apa yang diinginkan. Harga termurah Rp 1.000 untuk isian coklat dan termahal Rp 16.000 untuk isian sosis keju mozzarella. Masih sangat terjangkau dengan lekker yang bisa dikatakan mewah.

5. Babat Gonso

Babat gongso
foto Maria. di Twitter

Babat Gonso karya Pak Carmina merupakan salah satu wisata kuliner babat Gonso yang cukup populer. Warung babat gonzo Pak Carmina sendiri sudah dibuka sejak tahun 1971. Tak heran jika warung babat gonso Pak Carmina dianggap sebagai warung bebek gonso yang melegenda.

6. Kari Kambing Bustaman (Pak Sabar)

Kari Kambing Bustaman (Pak Sabar)
Foto oleh Adam Prabhaswara Harianto di Google Maps

Kambing Gulau ini bisa Anda temukan di kawasan pelabuhan Tanjung Emas. Kari kambing Bustaman merupakan salah satu kuliner khas Semarang yang sangat melegenda. Perusahaan Gula Kambing Bustaman Pak Sabar didirikan pada tahun 1969 hingga saat ini. Meski kari kambing sudah ada sejak lama, namun tetap populer di kalangan pengunjung.

Kari Kambing Bustaman Pak Sabar dibandrol dengan harga Rp 25.000 per porsi, masih terjangkau untuk gulai kambing. Sensasi rasa yang melegenda dari gulai kambing ini adalah kuah dagingnya yang tidak terlalu kental, dibumbui hingga meresap sehingga terasa nikmat. Restoran legendaris Bustaman Pak Sabar Kambing Gulai buka mulai pukul 09.00.

7. Geng Lumpia Lombok

Lumpia Gang Lombok
foto Sam Wahls di Twitter

Rasanya hampir semua orang mengetahui kalau lumpia merupakan makanan khas kota semarang. Isian lumpia khas dari semarang adalah rebung. Gulungan. Salah satu lumpia yang terkenal di Semarang adalah Lumpia Gang Lombok.

Anda bisa menikmati lumpia ini dengan cara digoreng kering atau digoreng basah. Biasanya lumpia ini dibawa tidak hanya untuk disantap di tempat, namun juga sebagai oleh-oleh khas dari Semarang.

8. Nasi Gandul Pak Memet

Nasi Gandul Pak Memet
Foto Bhr di Google Maps

Nasi Gandul banyak ditemukan di Semarang dan aslinya merupakan makanan khas Pati, Jawa Tengah. Salah satu nasi gandul yang populer di kota semarang adalah Nasi Gandul Pak Mamet.

Baca Juga  Pantai Sawarna, Pantai yang Sarat Mitos di Lebak yang Dikelilingi Pegunungan Eksotis

Nasi gandul memiliki keunikan karena disajikan di atas dasar daun pisang. Setiap porsinya terdiri dari nasi hangat dengan kuah santan. Lauk pauk yang khas adalah daging sapi dan babat.

9. Mie Kopek (bihun yang bisa dimakan) Pak Dhuwur

Mie Kopek (bihun yang bisa dimakan) Pak Dhuwur
Foto oleh Mie Kopek Pak Dhuwur di Google Maps

Mie kopek (Mee Lontong) Pak Dhuwur – menu kuliner berupa mie kuning. Anda bisa menyajikan mie kopek dengan menambahkan tauge yang dilumuri saus bawang.

Selanjutnya mie kopek ditaburi daun bawang. Harganya murah yakni 7000 rupiah. Menu mudah untuk mulai menjelajahi Semarang.

10. Soto Bangkong

Soto Bangkong
Foto oleh Lolingboy Faresi di Google Maps

Soto Bangkong merupakan salah satu destinasi wisata kuliner yang ada di Semarang. Namanya sendiri terinspirasi dari lokasi kios yang sebelumnya banyak ditemukan katak Bang Kong secara regional.

Soto Bangkong mempunyai cita rasa yang khas dan autentik karena menggunakan kecap yang diproduksi sendiri oleh pemilik warung.

11. Ketahui rambut gimbalnya, Pak H.Edie

Tahu rambut gimbalnya Pak H. Edie
Foto oleh Krystal Sukma di Google Maps

Tahu Gimbal merupakan salah satu jenis kuliner yang banyak ditemukan di Semarang, namun salah satu yang paling populer adalah Tahu Gimbal Pak H.Edy. Warung ini buka mulai pukul 17.00 WIB.

Tahu gimbal sendiri merupakan makanan yang setiap porsinya terdiri dari potongan tahu, dengan ciri khas udang gimbal dan potongan kembang kol. Selanjutnya masakan yang sudah dipotong-potong tersebut disiram dengan saus kacang, yang pedasnya bisa disesuaikan dengan keinginan.

12. Tahu Vedang

Vedang Tahu
Foto oleh Ikadapurhangus di Envato Elements

Tahu vedang merupakan salah satu menu wisata kuliner di kota semarang yang berbentuk minuman. Mirip dengan wisata kuliner di Surabaya yang bernama tahwa. Tahu Vedang disajikan dengan cara memasukkan bunga tahu ke dalam kuah jahe.

Tahu Vedang sering dijumpai pada malam hari. Bagi Anda yang ingin berwisata kuliner yang menyegarkan tubuh, Tahu Vedang adalah tempatnya.

13. Babat Vinko

babat Vingko
Foto oleh Ikadapurhangus di Envato Elements

Babat winko merupakan salah satu wisata kuliner khas kota semarang. Vinko dibuat dengan mencampurkan beras ketan dengan kelapa.

Babat vinko memiliki rasa yang gurih karena setelah adonan jadi gosong. Berkat proses ini, babat vinko bisa awet hingga 3-4 hari sehingga biasa dijadikan menu oleh-oleh bagi para pelancong.

14. Presto Bandeng

Bandeng Presto
Foto oleh Ikadapurhangus di Envato Elements

Ibarat lumpia rebung, bandeng presto menjadi andalan wisata kuliner Semarang. Semarang merupakan kota pesisir, sehingga tentunya terdapat menu wisata kuliner yang berbahan dasar makanan laut yaitu ikan bandeng. Proses pengemasan yang steril, menggunakan plastik kedap udara, membuat bandeng dapat bertahan hingga beberapa hari.

15. Bebek Panggang Pak Tori

Bebek Panggang Pak Tori
Foto oleh Khorur Rozikin di Google Maps

Bebek Panggang Pak Tori merupakan bebek panggang yang bisa disebut paling populer di kota semarang. Bebek Tori yang terkenal dan melegenda ini dikenal memiliki daging yang empuk dan kaya akan bumbu.

Baca Juga  Pantai Watu Lawang Menyuguhkan Keindahan Alam Yang Memesona

Bebek tori panggang dibanderol dengan harga Rp 25.000 per porsi dan buka mulai pukul 08:30 hingga 24:00. Karena buka hingga larut malam, Anda tidak perlu khawatir toko akan tutup.

16. Pesta Keboen

Pesta Keboen
Foto oleh Yuslian Nafia di Google Maps

Partai Kebun adalah restoran bergaya vintage pertama di Semarang. Menu yang tersedia bermacam-macam, antara lain udang daun bawang, sop bola jamur dan masih banyak lagi. Setiap menu makanan dibandrol dengan harga antara Rp 5.000 hingga Rp 20.000 per porsi tergantung menu yang dipilih.

17. Ayam Goreng Pak Ne Hesna

Ayam Goreng Pak Ne Hesna
Foto oleh Hardy S di Google Maps

Ayam Goreng Pak Ne Hesna merupakan menu ayam goreng dengan daging yang empuk, bumbu yang gurih dan beraroma harum. Seperti menu Kremes lainnya, ayam goreng sambal kobek sangat cocok di sini.

18.Ko Lien Asem-Asem

Ko Lien asam jawa
Foto Herjani Susanto di Google Maps

Asem-asem Koh Lien – Menu restoran Koh Liem. Asem-asem Koh Lien merupakan makanan khas Cina tersendiri.

Asem Asem Ko Lien bisa Anda sajikan dengan cara memotong daging sapi dan menuangkan saus asam manis di atasnya.

19. Nasi Goreng Babat Pak Tamana

Nasi Goreng Babat Pak Tamana
Foto oleh Rudianto A. Wibisono di Google Maps

Nasi Goreng Babat Pak Taman memiliki keunikan dibandingkan nasi goreng lainnya. Nasi goreng babat Pak Taman dibuat dengan menambahkan telur asin selama proses memasaknya.

Telur asinnya menambah rasa amis. Sesuai dengan namanya, nasi goreng ini disajikan dengan potongan babat di dalam nasi gorengnya. Kedai nasi goreng ini buka dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore.

20. Bakmi Jowo Pak Gareng

Bakmi Jowo Pak Gareng
Foto oleh Astrid Ghani di Google Maps

Warung Bakmi Jowo Pak Gareng merupakan warung legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1970. Harga per porsi Bakmi Jowo Rp 14.000, jam buka mulai pukul 11.00 hingga 23.00 malam.

21. Pisang plenet

Planet Pisang
foto Berita Sendana di Twitter

Pisang planet memiliki keunikan dibandingkan menu olahan pisang lainnya. Pisang planet dibuat dengan cara membakar pisang hingga lunak dan berwarna coklat. Selanjutnya setelah matang, pisang akan menjadi mengi.

Harga sebungkus pisang Planet adalah Rp 10.000. Harga Planet Banana sendiri ditentukan tergantung dari jenis isian yang Anda pilih. Warung pisang “Planet” buka mulai pukul 13.00 hingga 19.00.

Itulah macam-macam wisata kuliner yang ada di kota semarang. Ada sebanyak 21 pilihan wisata kuliner yang bisa dipilih saat berkunjung ke Semarang. Jadi pastikan untuk mengecek tempat kuliner yang disebutkan di atas ya.




databaru.my.id