Pantai Wediombo, Pantai Pasir Putih yang Menawan di Gunung Kidul

Ide Wisata5 Dilihat


Pantai Vediombo merupakan salah satu pantai menawan di Gunung Kidul, Jogya yang menawarkan pengalaman liburan tak terlupakan. Pantai eksotik ini dikelilingi pegunungan karang, hamparan pasir putih yang membentang dan menjadi salah satu spot terbaik untuk berselancar.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Pendovo, Jepitu, Kab. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, Inspektur Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Yogya selalu menawarkan keindahan alam dan ratusan tempat wisata. Salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah wisata pantai di Jogja. Bagi Anda yang membutuhkan lautan vitamin, Anda bisa mengunjungi Pantai Vediombo yang sedang populer saat ini.

Wisata Pantai Vediombo kini menjadi salah satu tempat yang sangat memikat untuk dikunjungi. Karena memiliki pemandangan bebatuan karang yang sangat indah akan membuat siapapun datang ke objek wisata ini.

Karena merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang banyak terdapat bebatuan karang, tak heran jika pantai ini sering dikunjungi oleh pasangan yang ingin mengabadikan momen. Atau sering dijadikan backdrop acara prewedding.

➥ Cek promosi hotel di Gunung Kidul

Atraksi Pantai Vediombo

Shutterstock Atraksi Pantai Vediombo
Foto oleh Dwi Prayoga di Shutterstock

Destinasi wisata yang satu ini tentunya memiliki keunikan tersendiri sehingga membuat banyak wisatawan ingin datang ke sini. Meski pantai ini sudah lama dibuka, namun buktinya pantai ini masih menjadi destinasi wisata yang menarik.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

1. Rasakan sensasi berenang di kolam alami.

Di Pantai Vediombo terdapat salah satu objek wisata yang paling populer di kalangan wisatawan yaitu kolam renang alami. Kolam alaminya sendiri terbentuk dari cekungan yang mengelilingi bebatuan saat air surut, sehingga Anda bisa berenang leluasa di kolam alami ini.

Selain itu, Anda juga bisa melihat langsung ikan-ikan kecil yang berenang karena terbawa air laut saat air pasang. Jika berada di depan karang, Anda akan merasakan sensasi deburan ombak dan terbentuknya buih di balik karang.

2. Menikmati panorama matahari terbenam di Vediombo.

Pantai ini juga menyuguhkan pemandangan indah, serta sunset terbaik dibandingkan beberapa pantai lainnya di Gunung Kidul. Kenapa ini? Karena letak pantai ini hampir di sebelah barat, sehingga matahari terbenam sudah di ufuk. Di pantai ini Anda juga bisa melihat matahari terbenam dengan memanjat batu karang.

Waktu terbaik untuk menikmati panorama matahari terbenam di Pantai Vediombo adalah pada bulan November hingga Mei. Karena pada bulan-bulan tersebut matahari akan condong lebih ke selatan.

Baca Juga  Pantai Watu Lumbung, Pesona Pantai Indah & Batu Karang Eksotis di Gunung Kidul

➥ One day tour ke Wisata Bahari Jogja

3. Dianggap sebagai pantai perawan.

Dibandingkan beberapa tempat wisata di Yogyakarta lainnya, pantai ini terbilang masih asli karena letaknya yang sangat jauh dari pusat kota. Oleh karena itu, wisatawan tidak terlalu sering mengunjungi pantai ini.

Meski begitu, pantai ini masih sering dikunjungi wisatawan yang ingin berada di destinasi wisata yang jauh dari hiruk pikuk kota.

Alamat, lokasi, rute dan biaya masuk

Alamat Pantai Shutterstock Vediombo
Foto: Gambar Naufal di Shutterstock

Pantai ini terletak di Gunung Kidul dan dekat dengan pantai lainnya seperti Pantai Indrayanti, Pantai Baron dan masih banyak lagi. Tempatnya sendiri terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Yogyakarta.

Mengenai rute untuk mencapai tempat wisata tersebut, dari pusat kota Yogyakarta jarak tempuhnya adalah 2 jam 20 menit dengan jarak tempuh sekitar 73,4 km. Sebenarnya ada banyak rute yang bisa Anda ambil. Jika Anda berada di luar Yogyakarta, Anda bisa naik bus umum tujuan Yogyakarta.

Baru setelah itu Anda bisa berpindah ke bus jurusan Yogyakarta-Wonosari. Dan pada perjalanan selanjutnya anda bisa naik bus lagi jurusan Wonosari menuju Jepitu.

Setiap pengunjung yang ingin memasuki Pantai Wediombo akan dikenakan biaya masuk, per orang hanya perlu membayar Rp 5.000 saja. Namun, ada biaya tambahan lain yang terkait dengan parkir kendaraan. Sedangkan untuk biaya parkir roda dua hanya Rp 2000 namun jika menginap akan dikenakan biaya Rp 4000.

Namun untuk parkir kendaraan roda empat akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 dan jika menginap akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000. Ada biaya lain jika ingin melakukan berbagai aktivitas karena ada beberapa layanan yang menyediakan perlengkapan snorkeling, selancar, dan lainnya.

➥ One Day Tour ke Yogya : Pantai Timang, Pantai Indrayanti dan Pantai Drini

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Pantai Shutterstock di Vediombo
Foto: Gambar Naufal di Shutterstock

1. Berselancar

Anda yang berkunjung ke Pantai Vediombo tidak hanya menikmati keindahan pantainya saja, namun juga melakukan aktivitas yang memacu adrenalin. Yaitu berselancar.

Bagi Anda yang baru mengenal dunia selancar dan belum memiliki keterampilan yang diperlukan, jangan khawatir karena Anda akan diajari oleh komunitas selancar di pantai tersebut. Aktivitas ini akan membantu Anda berselancar dengan nyaman di pantai indah ini.

2. Anda bisa menikmati keindahan pantai sambil bersantai.

Saat ke pantai pasti ingin bersantai sambil menikmati deburan ombak laut. Anda bisa bersantai di hammock sendiri dan merasakan semilir angin pantai sambil menikmati segarnya es kelapa.

Baca Juga  Forest Walk, Wisata Alam dengan Suasana Hutan yang Sejuk di Bandung

3. Pergi menyelam

Snorkeling merupakan salah satu aktivitas yang paling banyak dilakukan wisatawan saat datang ke pantai. Sembari snorkeling, Anda akan bisa menikmati pemandangan bawah laut yang dipenuhi biota laut yang mempesona.

Di pantai ini Anda akan menemukan dua spot snorkeling. Untuk perjalanan snorkeling pertama Anda akan melakukannya di kawasan pantai. Namun untuk perjalanan snorkeling yang kedua jaraknya cukup jauh karena harus menggunakan perahu.

4. Berenang di kolam alami yang mirip dengan milik Anda.

Inilah salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan saat datang ke Pantai Vediombo. Seperti yang sudah disebutkan di atas, pantai ini memiliki kolam alami sehingga Anda bisa merasakan sensasi berenang di kolam renang pribadi.

5. Nikmati matahari terbenam bersama orang yang Anda cintai.

Momen inilah yang paling ditunggu-tunggu dan tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan. Menikmati betapa indahnya awan yang diselimuti cahaya jingga keemasan pasti akan membuat Anda merasa jauh lebih tenang. Letak pantai yang berada di sebelah barat pastinya akan memudahkan Anda dalam menikmati matahari terbenam.

6. Berfoto di pantai Vediombo.

Mengabadikan momen dengan foto tentunya menjadi hal yang sangat penting, apalagi di pantai ini anda akan mendapatkan background yang indah dan sejuk. Dengan begini, fotomu akan terlihat keren dengan pose ala selebritis.

Para pecinta fotografi bisa mengasah kemampuan fotografinya dengan memotret panorama alam Pantai Vediombo. Dan dijamin kamu akan mendapatkan banyak foto dengan hasil menarik yang pastinya tidak kalah dengan pemandangan di luar negeri.

7. Memancing yang menyenangkan

Anda yang suka memancing bisa memanfaatkan keahlian memancing Anda di perairan pantai. Pantai ini tidak hanya menjadi surganya para peselancar saja, namun juga sangat cocok bagi para pemancing.

Di pantai ini Anda bisa menikmati sensasi serunya pukulan putt yang menantang. Toh di pantai ini Anda bisa menemukan ikan-ikan yang berukuran panjang dan berukuran cukup besar.

Akomodasi murah dekat pantai

1. Pondok dan Restoran Joglo Wediombo

Pertama, ini adalah salah satu hotel terpopuler di kawasan pantai Vediombo. Desain ruangannya mengingatkan pada joglo sehingga seluruh pengunjung akan betah. Hotel ini terletak di Desa Pendovo, Kecamatan Jepitu, sangat dekat dengan kawasan pantai. Untuk kamar, Anda bisa memesan kamar berukuran sedang atau kamar besar.

Baca Juga  Curug Leuwi Hejo, Air Terjun Eksotis di Bogor yang Pesonanya Mirip Green Canyon

2. Hotel Sundak Indraprastha dengan pemandangan laut

Yang kedua adalah akomodasi dengan peringkat terbaik di Pula Gundesh II. Akomodasi ini memiliki pemandangan yang menarik dan sangat indah, apalagi memiliki dinding kaca sehingga Anda bisa melihat langsung keindahan pantai.

Fasilitas yang disediakan tempat ini bercirikan pelayanan prima, apalagi para tamu hotel ini disuguhi sarapan gratis. Lokasinya cukup strategis sehingga kami sangat merekomendasikan akomodasi ini.

3. Hotel Joko Samudro

Akomodasi ini juga sangat terkenal karena memiliki harga yang sangat terjangkau. Parkir tersedia gratis dan luas, sehingga wisatawan tidak perlu khawatir mencari tempat. Penginapan ini juga sangat dekat dengan beberapa pantai di Gunung Kidul, salah satunya adalah Pantai Vediombo.

4. Hotel Royal Joglo

Akomodasi ini memiliki fasilitas yang memadai. Harga terjangkau, free Wi-Fi di setiap kamar. Terdapat kamar mandi pribadi sehingga privasi Anda tetap terjaga.

Selain itu, terdapat tempat parkir yang sangat luas. Maka layanan resepsionis 24 jam siap membantu Anda.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Fitur Pantai Vediombo
Foto: Gambar Naufal di Shutterstock

1. Toilet umum

Pasalnya pantai ini merupakan destinasi wisata yang cukup ramai setiap tahunnya. Oleh karena itu, tidak heran jika terdapat toilet umum untuk pengunjung.

Karena Allah telah menciptakan keindahan alam yang demikian, maka janganlah kamu mengotorinya. Untuk itu, toilet umum disediakan demi kenyamanan wisatawan.

2. Tempat Ibadah (Mazmur)

Tidak perlu khawatir jika mengetahui Anda beragama Islam karena Pantai Vediombo memiliki musala yang akan memudahkan Anda dalam menjalankan ibadah. Musholla ini cukup bersih dan terdapat muken serta sarung.

3. Terdapat warung makan

Usai beraktivitas yang menguras tenaga, tak ada salahnya mengisi kembali tenaga dengan mencoba berbagai menu di warung makan. Harga warung makan yang terletak di sekitar pantai ini cukup terjangkau.

Dan soal rasa sudah tidak perlu diragukan lagi. Menu ikan lautnya pasti bikin ketagihan.

4. Tempat parkir yang luas.

Jika Anda datang membawa mobil sendiri, tidak perlu khawatir karena tersedia tempat parkir yang sangat luas. Meski letaknya cukup jauh dari pantai, setidaknya Anda tidak akan sembarangan memarkir mobil.

Nah itulah sekilas informasi yang diberikan kepada anda mengenai Destinasi Wisata Pantai Vediombo yang merupakan destinasi wisata bahari untuk keluarga. Bagi Anda yang ingin datang ke pantai ini pastikan untuk menyiapkan tenaga ekstra karena merupakan kegiatan yang mengasyikkan.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *