Goa Pindul Yogyakarta, Menyusuri Sungai Bawah Tanah yang Menakjubkan

Ide Wisata30 Dilihat


Gua Pindul Jogya merupakan salah satu tempat wisata alam di Yogyakarta yang populer dan penuh dengan petualangan seru. Sensasi menuruni sungai bawah tanah yang dikelilingi stalaktit dan stalagmit yang menakjubkan.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 07.00–16.00 WIB, Alamat: Judul 2, Bejihardjo, Kecamatan. Karangmojo, Kab. Gunung Kidul, Inspektur Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Gua Pindul, destinasi wisata terkenal yang berasal dari Gunungkidul, Yogyakarta. Gua yang sungainya memiliki panjang 350 meter ini sering digunakan untuk pipa bawah air. Cave tubing sendiri merupakan kegiatan menyusuri sungai bawah tanah yang dilengkapi dengan helm, ban, dan pelampung. Peralatan telah disiapkan oleh manajemen.

Gua ini terletak di perbukitan tipe karst dengan lebar lubang sekitar 5 meter. Sungai bawah tanah di gua ini memiliki kedalaman 5 hingga 12 meter tergantung intensitas curah hujan, ketinggian dari atap gua hingga permukaan air hanya 4 meter. Berkat gemerlap airnya yang hijau, Anda akan menyaksikan betapa indahnya sungai bawah tanah yang ada di gua ini.

Pemandangan di sini masih tergolong alami dan indah, karena Gua Pindul sendiri terletak di atas perbukitan di tengah hutan. Jika Anda berkunjung ke sini, Anda akan menemukan keindahan yang akan membuat Anda rileks sejenak dari kesibukan pekerjaan. Kesejukan di sini sangat direkomendasikan bagi pecinta alam.

➥ Cek tiket Gua Jogya Pindul

Objek Wisata Goa Pindul Jogya

Shutterstock Daya Tarik Gua Pindul
Foto oleh Bayu Rahardjo di Shutterstock

Objek wisata ini berupa gua yang terletak di perbukitan. Aktivitas yang paling terkenal di kawasan ini adalah cave tubing, yaitu aktivitas menyusuri sungai bawah tanah gua. Gua ini terletak di tengah hutan sehingga keindahan alamnya tentu saja tetap terjaga. Pemandangan di dalam gua pun tak kalah menakjubkan.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

1. Memiliki stalaktit terbesar ke-4 di dunia.

Stalaktit merupakan bagian gua yang terbentuk dari endapan kalsium karbonat dan mineral lain yang mengendap dalam air mineral. Benda ini berada di langit-langit gua. Sedangkan stalaktit di Gua Pindul dianggap sebagai stalaktit terbesar keempat di dunia. Dibutuhkan lima orang dewasa untuk membungkus benda ini.

Keindahan tempat ini tidak bisa digambarkan dengan kata-kata. Berjalan menyusuri sungai bawah tanah, Anda akan melihat banyak stalaktit dan stalagmit yang tersusun indah, dari mana air yang mengandung mineral menetes.

Ada mitos yang terkenal di kalangan warga, tamu, dan pengelola tempat wisata. Mitos yang umum adalah jika setetes batu tertentu mengenai Anda, Anda akan menjadi kuat bagi pria dan awet muda bagi wanita.

Dalam bentuk aslinya, stalaktit ini merupakan gabungan stalagmit yang tercipta dan terus berkembang selama ribuan tahun. Beberapa stalaktit di sini berukuran besar dan panjang, membuktikan bahwa gua ini sudah ada jutaan tahun yang lalu.

Baca Juga  Pura Tanah Lot, Keindahan Pura yang Terapung di Tengah Laut Tabanan

2. Memiliki tiga zona di sepanjang jalur sungai.

Kawasan yang disebutkan di sini adalah jalur yang Anda ikuti sambil menyusuri sungai bawah tanah di Goa Pindul. Zona tersebut terbagi menjadi tiga: zona terang, zona redup, dan zona gelap.

Yang berbeda dari ketiga zona tersebut adalah pencahayaan di dalam gua. Jika Anda melewati zona terang, Anda tidak akan menemukan sesuatu yang aneh. Di dalam gua ini Anda dapat melihat dengan jelas keadaan sekitar dan ukiran alam yang indah. Sedangkan sebaliknya jika melewati zona gelap, tidak ada yang terlihat di sini.

Pada area yang gelap masih akan terlihat karena sinar matahari akan sedikit menerangi area tersebut. Keberadaan ketiga zona tersebut membuktikan wisata alam di Gua Pindul sangat kaya karena perbedaan intensitas cahaya di setiap sudut gua.

Singkatnya, zona terang masih aman untuk berenang dan menangkap ikan-ikan kecil. Sementara itu, area yang redup adalah tempat di mana sinar matahari lebih banyak terpantul dari kilauan air.

Dan yang terakhir adalah zona hitam. Anda tidak akan menemukan apa pun di kawasan ini karena suasananya terlalu suram. Jangan khawatir, biasanya pemandu akan menjelaskan dan menemani Anda hingga mencapai pintu keluar.

➥ Paket Arung Jeram Gua Jogya Pindul

3. Membalikkan Mantra Sumur

Sumur terbalik inilah yang oleh masyarakat Goa Pindul disebut sebagai lubang besar di langit gua yang mengeluarkan sinar matahari yang terang benderang. Pantulan cahaya di permukaan air sungai yang hijau menciptakan cipratan indah di dinding.

Lubang tersebut berada di dalam gua dan akan terlihat jika mengikuti sungai yang berada di tengahnya. Titik ini biasanya digunakan sebagai tempat istirahat sejenak, dan juga termasuk dalam zona terang.

Keindahan di sini tentu sangat menarik. Airnya yang berwarna hijau berkilauan akan memantulkan sinar matahari, membentuk cahaya indah pada dinding gua, memancarkan pancaran cahaya yang indah. Sumur terbalik juga sering digunakan oleh tim penyelamat untuk berlatih mengevakuasi masyarakat.

Alamat dan rute menuju tempat wisata

Alamat Gua Pindul Shutterstock
Foto oleh Setyo Adhi Pamungkas di Shutterstock

Gua yang terletak di Gunungkidul ini merupakan salah satu dari tujuh gua di Yogyakarta yang memiliki sungai bawah tanah. Ketujuh gua tersebut mempunyai sumber air yang sama yaitu air Gedong Tuju. Destinasi wisata yang terletak di Desa Gelaran 1 ini sangat terkenal di sekitar Desa Bejiharjo Kecamatan Karangmodjo. Rencananya, gua ini terletak 7 kilometer dari Vonosari.

Baca Juga  Angkringan Timbangan Tebu - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta

Gua Pindul dapat diakses dari beberapa tempat, salah satunya dari pusat kota Yogyakarta. Perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam dan menempuh jarak sekitar 43 kilometer. Perjalanan akan nyaman karena jalanannya sangat bagus. Meski banyak jalur menuju gua tersebut, namun ada satu jalur tercepat yaitu melalui kota Vonosari.

Dengan mengarahkan mobil Anda menuju Kilometer Nol di Yogyakarta, Anda akan berjalan lurus dari Panembahan Senopati menuju dua jalan berikutnya yaitu Jalan Sultan Agung dan Jalan Kusumanegara. Anda hanya perlu mengendarai mobil sampai ke kawasan Gedukuning dan sepanjang jalan ini Anda akan sampai di perempatan PLN Gedukuning.

➥ Promosi hotel di Gunung Kidul

Dari sana langsung menuju Vonosari. Sesampainya di Kantor Pos Sambipithu. Anda harus terus berjalan menuju pertigaan Pasar Gading. Lanjutkan perjalanan hingga Anda melihat area parkir Goa Pindul di sebelah kiri.

Atau jika tidak ingin repot, Anda bisa mengikuti salah satu paket perjalanan dan tur yang tersedia di sana. Mereka biasanya akan menawarkan untuk mengantar Anda dari titik pertemuan hingga Anda kembali ke rumah. Jenis layanan lain dari paket ini adalah menyediakan perjalanan Anda dan menemani Anda selama berlibur di gua eksotis ini.

Biaya masuk dan jam buka

Gua ini merupakan tempat yang terkenal baik dalam negeri maupun luar negeri. Karena keindahannya yang eksotis, Gua Pindul juga memiliki harga yang murah. Harga yang murah berarti semua orang bisa menikmati keindahan alam gua dan menjelajahi sungai bawah tanah.

Jika ingin berkunjung ke tempat ini, Anda harus membayar biaya standar untuk melihat keindahan Gua Pindul. Misalnya, Anda perlu membayar Rp10.000 saat memasuki gua. Sebelumnya dikenakan tarif parkir sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan bermotor dan Rp 5.000 untuk mobil penumpang. Sebesar Rp 15.000 disediakan untuk kendaraan besar seperti bus.

Berbeda dengan tiket masuk untuk lokal yang dibanderol Rp10.000, harga untuk turis asing sedikit lebih mahal yakni Rp25.000 per orang. Pada saat yang sama, biaya untuk anak-anak akan dua kali lebih rendah dibandingkan biaya orang dewasa.

Pepohonan di sekitar gua sangat hijau dan rindang. Setelah memasuki Gua Pindul, Anda perlu membayar Rp 40.000 untuk masuk ke dalam gua ini. Mohon diingat bahwa biaya sebelumnya belum termasuk perlengkapan Cave Tubing. Biaya sewa perlengkapan seperti ban, sepatu karet, helm dan jaket pelampung sekitar Rp 60.000.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Seru Shutterstock di Gua Pindul
Foto oleh Shriyan di Shutterstock

Cave tubing, menjelajahi keindahan sungai

Ikuti sungai bawah tanah, yang akan membawa Anda ke pintu gua lainnya. Perjalanan tubing memakan waktu 40 menit. Selama ini wisatawan akan disuguhi pemandangan tak kalah indah di dalam gua. Apalagi di dinding gua terdapat lukisan alam yang tercipta ribuan tahun lalu.

Baca Juga  Pantai Sejarah Batubara, Keindahan Tersembunyi dengan Cerita Masa Lalu di Sumatera Utara

Air di tempat ini berkilau berwarna hijau tua. Meski hujan dan air naik, pengunjung di sini tetap ramai. Selain cave tubing, masih banyak hutan dan gua indah yang bisa dinikmati.

Namun jika debit air sungai meningkat, pihak pengelola akan menghentikan sementara pemasangan pipa di dalam gua hingga air sungai kembali normal dan dapat digunakan dengan aman.

Arung Jeram di Sungai Oyo

Objek wisata alam indah ini bisa Anda kunjungi langsung setelah keluar dari Cave Tubing. Kali ini panjangnya 1500 meter, Anda akan menyusuri sungai dengan cara yang sama seperti sebelumnya, menggunakan ban dalam. Pada tur ini Anda akan berjalan menyusuri arus air di udara segar. Pemandangannya segar, indah, dan tidak mudah terlupakan saat berlibur di tempat ini.

Abadikan momen spesial

Wisatawan wajib mengabadikan momen liburannya. Di Gua Pindul Anda akan menemukan banyak spot foto menarik dan indah. Misalnya saja sumur terbalik yang akan terlihat sangat eksotis jika difoto, atau stalaktit raksasa yang menakjubkan. Banyak orang yang ingin menjadikan tempat ini sebagai latar belakang fotonya.

Pemandangan disini sangat indah dan asri. Hutan di sekitar Gua Pindul masih asri dan hijau. Sesampainya di sini, jangan lupa membawa kamera ponsel atau kamera digital untuk diri sendiri, teman, dan keluarga. Sayang sekali kalau kita melewatkan keindahan di sini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Struktur Gua Pindul
Foto oleh Sarawut Konganantdek di Shutterstock

Gua ini merupakan salah satu tempat wisata favorit Yogyakarta. Meski baru beroperasi sejak tahun 2010, ketenaran Gua Pindul sudah dikenal hingga wisatawan mancanegara. Seiring berjalannya waktu, semakin banyaknya pengunjung tidak menutup kemungkinan untuk memperluas fasilitas di sini.

Fasilitas yang tersedia antara lain warung makan, musala, kamar mandi, penitipan bagasi, dan tempat parkir yang semuanya dapat menunjang wisatawan datang ke sini. Terdapat fasilitas rekreasi seperti perlengkapan tubing dan rafting, serta pemandu yang menemani Anda menyeberangi sungai.

Berikut beberapa penjelasan mengenai objek wisata, rute, lokasi dan fasilitas Tempat Wisata Alam Gua Pindul di Jogja. Fasilitas di sini lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan rekreasi pengunjung. Dengan adanya pengembangan dan penambahan fasilitas, wisatawan akan merasa nyaman mengunjungi gua-gua Jogja yang menakjubkan.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *