Cantiknya Air Terjun Juwuk Manis, Air Terjun Kembar di Jembrana yang Lagi Hits

Ide Wisata10 Dilihat


Jelajahi keindahan tersembunyi Air Terjun Juwuk Manis di Jembrana, dua air terjun yang menawarkan pesona alam menakjubkan dan menjadi destinasi populer para pecinta alam.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 08.00-20.00 VITA, Alamat: Mangissari, Kecamatan. Pekutatan, Kab. Jembrana, Bali; Map: Periksa lokasi

Selain terkenal memiliki pantai yang indah, Bali juga memiliki beberapa tempat wisata berupa air terjun indah di Jembrana. Keindahannya bahkan bisa menggantikan pantai jika bosan memandangi lautan.

Contohnya Air Terjun Juvuk Manis, tempat ini mempunyai pesona alam yang menakjubkan dan banyak atraksi menarik.

Pengunjungnya tidak banyak karena lokasinya terpencil. Untuk menuju tempat ini memerlukan perjuangan dan perjalanan yang cukup panjang.

Namun, Anda akan selalu disuguhi panorama menakjubkan selama perjalanan. Air terjun ini dikelilingi hutan alam yang terlihat asri, seolah jauh dari peradaban manusia.

Memang tidak terlalu tinggi, tapi itu menambah keindahannya. Bukan hanya satu air yang mengalir, melainkan dua.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Hal ini membuatnya terlihat seperti dua air terjun yang sangat indah. Seperti tempat lainnya, Air Terjun Juvuk Manis juga memiliki kolam alami yang cukup luas. Airnya jernih dan sangat menyegarkan.

Objek wisata air terjun Juvuk Manis

Objek wisata air terjun Juvuk Manis
Foto oleh Tony (Bali Explorer) di Google Maps

Daya tarik utama dari air terjun eksotik ini terletak pada pesona alamnya yang indah. Selain itu ciri khasnya juga sedikit berbeda dengan air terjun Bali pada umumnya.

Penting untuk mengetahui beberapa hal menarik sebelum berkunjung, yang telah kami rangkum di bawah ini!

Pesona indah air terjun Juvuk Manis

Sungguh menakjubkan perasaan saat pertama kali melangkah ke sini. Bagaimana tidak, pesonanya tidak bisa ditemukan di tempat lain. Dua aliran air yang mengalir menjadi keindahan utama.

Tidak terlalu berat, sehingga terlihat tenang dan damai. Jarak kedua aliran sungai ini kecil, hanya sekitar 1 meter.

Pesona wisata Air Terjun Juvuk Manis semakin kentara karena bentuknya yang unik. Batuan tempat air mengalir tidak curam dengan sudut 90 derajat, melainkan miring. Kondisi ini menyebabkan air mengalir sepanjang kontur batuan.

Baca Juga  Pantai Watu Leter, Pantai Indah dengan View Sunset yang Memukau di Malang

Pemandangan alamnya terlihat semakin eksotik, guratan-guratan bebatuan terlihat sangat jelas, karena setiap hari terhanyut oleh aliran air.

Suasana indah dan menenangkan

Kawasan ini terletak di tengah hutan, sehingga untuk mencapainya perlu usaha yang tidak sedikit. Namun, apa yang Anda dapatkan akan sebanding, bahkan jauh lebih menguntungkan. Suasana di sini begitu asri hingga lebatnya hutan seolah menghalangi masuknya hangatnya sinar matahari.

Rona hijau yang berasal dari berbagai jenis pepohonan yang tumbuh subur memberikan kesan segar. Pemandangan tersebut tidak hanya bisa disaksikan selama perjalanan, tapi juga di air terjun Juvuk Manis di Jembrana.

Anda dapat melihat tanaman tumbuh di antara bebatuan tanpa ragu-ragu. Disekitarnya juga terdapat semak-semak yang menutupi sebagian lokasi. Suara air mengalir yang tidak terlalu deras menimbulkan suasana damai dan menenangkan.

Kolam alami yang menyegarkan

Tak berbeda dengan indahnya air terjun Bali pada umumnya, di sini juga terdapat kolam alami. Perbedaannya mungkin pada bentuk dan ukurannya, disini cukup lebar dan bentuknya memanjang.

Kolam ini memiliki air yang sangat jernih, terkadang berwarna kebiruan. Terlihat dasar kolam yang berbatu-batu menandakan kejernihan airnya. Eksotisme air terjun Juwuk Manis di Jembrana semakin terlihat ketika kolamnya dihiasi batu-batu dengan ukuran berbeda-beda.

Batu ini juga memisahkan kolam dari sungai. Beragam aktivitas bisa dilakukan pengunjung di sini, mulai dari berenang hingga sekadar bermain air. Namun tidak disarankan untuk pergi ke pusatnya, karena terkadang aliran airnya cukup deras dan kedalamannya cukup signifikan.

Alamat, lokasi, rute dan biaya masuk

Alamat air terjun Juvuk Manis
Foto Clement di Google Maps

Tadinya dikatakan bahwa untuk sampai ke air terjun indah ini, Anda perlu bersiap melewati perjalanan yang sulit. Jalan yang perlu dilalui sedikit menanjak, terjal dan berkelok-kelok.

Anda juga tidak bisa langsung menuju lokasi menggunakan kendaraan. Wisatawan harus berjalan kaki dari tempat parkir mobil untuk menikmati segala pesonanya.

Baca Juga  Intip Pesona Seganing Waterfall, Air Terjun Eksotis di Perbukitan Tandus Nusa Penida

Kawasan Wisata Air Terjun Juwuk Manis terletak di Mangissari, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali.

Objek wisata ini bisa dijangkau dari mana saja, tergantung dari mana anda berasal. Bagi yang bepergian dari pusat kota, gunakan Alun-alun Kota Negara sebagai landmark utama Anda. Jaraknya sekitar 34 kilometer, bisa ditempuh dalam waktu lebih dari 1 jam.

Untuk lebih cepat sampai di sana, Anda bisa menggunakan jalur Denpasar – Gilimanuk. Pengunjung dari Denpasar juga bisa menggunakan jalur ini.

Namun waktu yang dibutuhkan jauh lebih lama karena jaraknya mencapai 74 kilometer. Pesona dan keindahan air terjun ini hanya bisa dicapai dengan kendaraan pribadi khususnya sepeda motor.

Tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkan semua kelezatannya, karena harga tiket masuk Air Terjun Juvuk Manis di Jembrana masih gratis.

Jika Anda ingin memberikan donasi, silakan masukkan pada kolom yang sesuai. Biaya yang perlu dikeluarkan adalah untuk parkir mobil, tidak terlalu mahal karena umumnya sama dengan tempat wisata di Bali.

Kegiatan yang menarik

Hiburan di air terjun Juvuk Manis
Foto oleh Sean Mokrika di Google Maps

Objek wisata populer ini layak dikunjungi lebih dari sekedar daya tariknya. Bukan karena gratis dan tidak memerlukan biaya banyak.

Apalagi alasan lainnya adalah banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan. Beberapa di antaranya sudah kami rangkum, simak dibawah ini sebagai referensinya!

1. Jalur sulit menuju air terjun Juvuk Manis

Dari tempat parkir mobil Anda harus menempuh perjalanan yang cukup jauh untuk mencapai Air Terjun Juvuk Manis di Jembrana. Sekitar 1 kilometer melewati perkebunan kopi dan teh.

Meski berjauhan, keindahan alam selalu menemani setiap langkah. Jalan berkelok-kelok, turunan dan tanjakan terjal tak terasa karena suasana asri dan hijau.

2. Menikmati keindahan alam yang masih alami.

Beberapa wisatawan menganggap perjalanan panjang ke depan cukup mengasyikkan. Bukan itu saja: Anda akan merasakan keindahan luar biasa saat berada di Air Terjun Juvuk Manis.

Meski berukuran besar, pesona alam air terjun ini patut untuk dinikmati. Suasananya begitu asri dan menyegarkan berkat beragam vegetasi yang tumbuh melimpah.

Baca Juga  Pantai Widodaren, Pesona Pantai Indah Nan Bersih di Gunung Kidul

3. Berenang dan bermain air.

Aktivitas menarik selanjutnya di air terjun Juvuk Manis adalah berenang. Air di kolam tersebut sangat jernih sehingga siapapun ingin merasakan kesegarannya. Cukup seru, apalagi jika datang bersama rombongan.

Namun tetap harus hati-hati karena licin. Jika Anda belum bisa berenang, bermain air di tepi kolam pun tak kalah menariknya.

4. Bersantai di tepi kolam renang

Anda bisa melakukan apa pun yang Anda inginkan untuk menikmati keindahan alam selama berada di sini. Misalnya saat bersantai, gunakan batu-batu yang berserakan di sepanjang tepian kolam.

Batu ini cukup besar, jadi sangat mungkin untuk duduk di atasnya dengan tenang. Ditemani suara air dan tempi yang menyegarkan, pengalaman ini semakin menenangkan.

5. Temukan spot panorama alam untuk foto.

Jangan lupa abadikan momen liburan anda dengan mengunjungi objek wisata Air Terjun Juvuk Manis. Dan untuk alasan yang bagus, karena semua yang Anda lakukan di sini bisa bermakna.

Apalagi keindahan alamnya membuatnya cocok dijadikan tempat berfoto. Anda tidak memerlukan banyak pose untuk mengambil bidikan terbaik, karena lanskap sebagai latar belakang sudah lebih dari cukup.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Air terjun Juvuk-Manis
Foto oleh Jovicson Custodio di Google Maps

Dari segi fasilitas, di kawasan air terjun praktis tidak ada. Fasilitas hanya terdapat di area parkir, mulai dari toilet hingga warung makan.

Terdapat juga kamar mandi bagi wisatawan yang berenang atau bermain air. Sebelum berangkat bertamasya, sebaiknya bawalah perbekalan secukupnya, termasuk pakaian hangat.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai salah satu tempat wisata alam Bali ini. Berdasarkan ulasan di atas, Air Terjun Juwuk Manis di Jembrana nampaknya masih layak menjadi top pick.

Kecantikannya tidak bisa ditemukan di tempat lain, mengingat masing-masing memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Fasilitas juga tersedia meski letaknya jauh dari lokasi utama.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *