Pulau Wisata Lakkang, Pulau Eksotis di Makassar yang Diapit Tiga Sungai

Ide Wisata18 Dilihat


Pulau Wisata Lakkang di Makassar merupakan sebuah pulau eksotik unik yang dikelilingi tiga sungai yang menjanjikan pengalaman wisata unik dan mempesona.

Harga tiket: 3000 rupee Indonesia, Jam kerja: 07.00-18.00 VITA, Alamat: Kecamatan Lakkang. Tallo, Makassar, Sulawesi Selatan; Map: Periksa lokasi

Pulau wisata Lakkang mungkin masih sedikit diketahui wisatawan. Pasalnya destinasi wisata di Makassar ini cukup tersembunyi dan dikelilingi oleh tiga sungai sekaligus.

Sungai Pampanga, Tallo dan Unhas membuat pulau ini tidak terlihat. Namun keindahan alamnya cukup indah dan menakjubkan.

Selain keindahan alamnya, tempat ini juga menyimpan jejak sejarah masa lalu. Terdapat tiga bunker peninggalan Jepang yang saat ini terkubur di dalam tanah.

Bunker ini dimanfaatkan warga sekitar untuk keperluan tertentu. Mayoritas penduduk setempat berprofesi sebagai petani dan nelayan, hal ini cukup unik karena kedua profesi tersebut biasanya dipisahkan.

Mengunjungi tempat wisata memang memerlukan banyak perhitungan, apalagi jika melihat atraksi yang dimilikinya. Sebagai tempat wisata alam dan sejarah, kali ini memiliki banyak keistimewaan unik yang patut Anda waspadai.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Untuk itu kali ini kami akan membahas lebih detail mengenai objek wisata, lokasi, harga tiket dan layanan yang diberikan.

Atraksi Pulau Wisata Lakkang

Atraksi Pulau Wisata Lakkang
Foto oleh Oei Herman di Google Maps

Pulau adalah daratan yang dikelilingi oleh air, laut, atau danau. Pulau Wisata Lakkang yang dikelilingi tiga sungai, kondisinya sama.

Untuk mengunjungi objek wisata ini, pengunjung harus menggunakan transportasi air. Saat Anda berada di sini, Anda akan menemukan banyak hal menarik untuk dilakukan.

Keindahan alam pulau wisata Lakkang

Daya tarik utama yang menjadikan objek wisata ini layak untuk dikunjungi adalah keindahan alamnya.

Terbentuk oleh segmentasi sungai, pulau ini dikelilingi oleh berbagai jenis tumbuhan yang tumbuh subur di sekitarnya. Kebanyakan berupa pohon bambu dengan daun tipis dan lebat yang memberi keteduhan.

Pulau wisata Lakkang di Makassar terlihat semakin indah karena jarangnya pengunjung yang datang ke sini. Hal ini menimbulkan rasa kealamian dan keindahan, cocok sebagai tempat penyembuhan.

Baca Juga  21 Wisata Kuliner di Semarang yang Enak & Wajib Anda Coba

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pulau ini dikelilingi oleh tiga sungai. Pemandangan pun semakin menawan seiring aliran air sungai yang tenang dan menyejukkan hati.

Uniknya, menuju pulau ini tidak ada akses darat berupa jembatan atau semacamnya. Wisatawan yang tertarik dengan keindahan dan suasana alam sebaiknya memanfaatkan transportasi air.

Namun tak perlu khawatir karena tersedia cukup banyak perahu yang siap menerima pengunjung. Anda hanya perlu menyiapkan biaya penyeberangan saja.

Seperti wisata sejarah

Bunker peninggalan Jepang masih banyak ditemukan di berbagai lokasi, termasuk di pulau wisata Lakkang di Makassar. Bahkan Anda bisa menemukan tiga bunker sekaligus yang jaraknya tidak terlalu jauh.

Silo memiliki fungsi yang berbeda-beda tergantung tujuan pembangunan dan letak geografis atau lokasi pembangunannya.

Selama Perang Dunia II, Jepang banyak membangun bunker sebagai bagian dari sistem pertahanannya di berbagai wilayah yang dikuasainya.

Beberapa di antaranya dibangun dengan tujuan untuk menyimpan berbagai senjata atau bisa dikatakan gudang senjata. Saat Anda berada di sini, Anda dapat melihat seperti apa dan setiap bagiannya.

Suasana indah dan alami

Suasana kawasan wisata Pulau Wisata Lak Cang masih terkesan alami dan asri karena jarang diketahui wisatawan. Setidaknya sejauh ini Anda bisa menikmati keindahan dan suasana sejuk selama berkunjung.

Pohon yang masih alami tumbuh dengan sendirinya melalui proses alami. Warna hijau juga didapat karena banyaknya vegetasi di sekitarnya.

Meski berada di kawasan perkotaan, namun nuansa pedesaan tetap ada. Jika beruntung, akan ada beberapa perahu nelayan yang melakukan aktivitas sehari-hari.

Mereka memancing dengan jaring, ada juga yang memancing di tepian sungai. Pada waktu-waktu tertentu, masyarakat setempat akan mengadakan festival tradisional.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau Wisata Lakkang
Foto Slamet Apriyanto di Google Maps

Bagi yang berminat dan ingin berkunjung ke pulau wisata Lakkang sebaiknya bersiap naik perahu. Tak perlu khawatir, karena perjalanan dijamin aman.

Baca Juga  Cagar Alam Leuweung Sancang, Destinasi Wisata Hits yang Sarat Mitos di Garut

Tidak ada ombak di sini seperti di lautan, arusnya terkadang cukup kuat. Ada tiga dermaga di pos pemeriksaan itu sendiri.

Anda bisa memilih dermaga di kawasan Talo, Pampanga, dan dermaga dekat tol IR Sutami. Sementara itu, akses ke setiap dermaga tergantung dari mana Anda berangkat.

Pulau cantik ini terletak di Lakkang, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan dan sangat mudah dijangkau.

Pulau wisata Lakkang terletak di dekat pusat kota dan alun-alun kota Makassar dapat dijadikan landmark utama.

Anda juga bisa menggunakan Stasiun Sultan Hasanudin karena letaknya di sebelahnya. Jika Anda masih bingung atau ragu, Anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps atau peta digital lainnya.

Biaya masuk dan jam buka

Pulau eksotik ini memiliki luas sekitar 195 hektar, sehingga membutuhkan banyak waktu untuk mengelilinginya. Kawasan ini dihuni sekitar 300 kepala keluarga yang hidup dan bekerja sebagai petani dan nelayan.

Mengunjungi objek wisata alternatif ini tidak memerlukan tiket masuk alias gratis, Anda bisa langsung masuk ke lokasinya.

Namun karena tidak ada jalur darat menuju Pulau Wisata Lakkang di Makassar, Anda harus melakukan perjalanan dengan menggunakan perahu. Tidak terlalu mahal, cukup bayar 3000 rupee per orang.

Jika Anda datang dengan mobil, biaya penyeberangannya adalah 5.000 rupee. Anda bisa berkunjung kapan saja, namun peralihannya dimulai pada pukul 07.00 – 18.00 WITA.

Kegiatan yang menarik

Pariwisata di Pulau Lakkang
Foto oleh Oei Herman di Google Maps

Keindahan pulau yang eksotis dan masih alami menjadi daya tarik destinasi wisata alternatif di Makassar ini. Tak heran jika banyak yang penasaran dan ingin berkunjung. Apalagi selama berada di lokasi, banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan.

1. Wisata pulau

Aktivitas menarik yang pertama di Pulau Wisata Lakkang Makassar adalah jalan-jalan. Pulau ini sangat besar sehingga menjelajahi seluruh lokasinya akan memakan banyak waktu.

Anda bisa memilih tempat-tempat penting, salah satunya adalah Bunker Peninggalan Jepang. Kegiatan ini sangat seru terutama bagi anda yang ingin menyegarkan pikiran dari kepenatan sehari-hari.

Baca Juga  Menoreh Sky Bridge, Tempat Nonkrong Favorit di Kulon Progo yang Lagi Hits

2. Menikmati keindahan alam dan indahnya pemandangan pulau wisata Lakkang.

Anda tidak hanya bisa berjalan-jalan saja, tapi juga menikmati semua keindahan yang ditawarkan. Pulau cantik ini masih alami dan dihiasi banyak tumbuh-tumbuhan hijau.

Telah disebutkan sebelumnya bahwa sebagian besar merupakan pohon bambu. Selain itu, masih banyak pohon-pohon besar disekitarnya, bahkan ada yang berumur hingga ratusan tahun jika dilihat dari atas.

3. Memancing di tepi sungai

Aktivitas lain yang tidak boleh dilewatkan di pulau wisata Lac Cang adalah memancing. Objek wisata ini dikelilingi oleh tiga buah sungai, sehingga mencari tempat yang cocok pastinya tidak akan sulit.

Selain itu, sungai di sini menjadi rumah bagi banyak jenis ikan, antara lain ikan nila, ikan gabus, lele, nila, dan ada juga ikan mas.

4. Serunya Berperahu

Naik perahu adalah aktivitas yang wajib dilakukan di sini mengingat Anda harus naik kapal feri untuk menyeberang ke pulau. Anda bisa berjalan-jalan saja menyusuri sungai agar lebih menarik.

Terdapat perahu nelayan di dermaga yang siap menemani aktivitas ini. Anda dapat menegosiasikan harga kontrak terlebih dahulu.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Infrastruktur pulau wisata Lakkang
Foto oleh Oei Herman di Google Maps

Meski saat ini pengunjungnya masih sedikit, namun kondisi di Pulau Wisata Lakkang Makassar sudah cukup memadai. Akses ke tempat penyeberangan perahu sederhana, diikuti dengan tempat parkir dan toilet.

Bagi yang ingin beribadah dapat menggunakan musala yang berada di dekat dermaga. Ada juga tempat berteduh dan warung makan yang nyaman.

Salah satu daerah di Indonesia yang mempunyai potensi wisata yang beragam adalah Makassar. Semua kategori wisata terwakili di sini, mulai dari wisata alam, religi, budaya, pendidikan, dan permainan.

Contohnya adalah Pulau Wisata Lakkang yang kali ini kita bahas termasuk wisata alam dengan potensi keindahan alam yang menakjubkan.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *