Air Terjun Luweng Sampang, Air Terjun Cantik yang Super Jernih di Gunung Kidul

Ide Wisata31 Dilihat


Air Terjun Luweng Sampang merupakan air terjun eksotis di Gunung Kidul yang memikat hati dengan airnya yang sangat murni mengalir di atas rangkaian bebatuan hijau yang mempesona.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Juminahan, Kayen, Sampang, Kab. Gedang Sari, Kab. Gunung Kidul, Inspektur Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Air Terjun Luweng Sampang merupakan objek wisata yang tidak pernah sepi. Keindahan alam sekitar selalu memukau wisatawan. Keindahan air terjun ini berbeda dengan tempat lain karena hampir menyerupai ngarai. Para tamu bisa melihat sebuah batu berukuran cukup besar yang seolah-olah sedang meremas kolam.

Warna aliran sungai yang masih biru kehijauan menunjukkan bahwa air terjun populer ini belum tercampur dengan berbagai kontaminan. Lingkungan tampak bersih, bebas sampah dan dikelilingi hamparan ilalang. Wisatawan tak pernah bosan menikmati liburan keluarga dengan bermain air.

Anda yang ingin mengabadikan momen ini bisa naik ke puncak tebing. Di sana Anda akan melihat pemandangan alam mulai dari tebing, kolam dengan air terjun dan keindahan alam lainnya. Wisatawan juga bisa sekadar duduk-duduk di dekat bebatuan kokoh dan melihat air terjun.

➥ Paket Tour Jogja selama 4 hari 3 malam ke destinasi wisata populer

Objek Wisata Air Terjun Luweng Sampang

Objek wisata Air Terjun Luweng Sampang
Foto: Gambar Naufal di Shutterstock

Nama air terjun

Air Terjun Luweng Sampang memang dikenal memiliki nama yang unik. Situs alam ini mendapatkan namanya dari bahasa Jawa luweng yang artinya lubang. Keindahan air terjun ini adalah melewati beberapa tebing batu. Aliran sungai tersebut kemudian mengarah ke sebuah bukaan berbentuk luveng, dan ini memukau mata semua orang.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Sedangkan nama Sampang diambil dari kawasan wisata populer ini. Pengunjung yang memasuki kawasan air terjun bisa melakukan lebih dari sekedar bermain. Namun Anda juga bisa mengetahui sejarah di balik nama tempat menawan ini. Namanya yang unik dan tempatnya yang indah pasti membuat setiap traveler ingin datang ke sini bersama seluruh keluarga.

Baca Juga  Kampung Purbayan Jogja, Desa Wisata yang Menyimpan Peninggalan Kerajaan Mataram Islam

Batuan yang indah

Area air terjun terlihat memiliki beberapa tebing yang menakjubkan. Anda bisa melihat tebing-tebing yang cukup tinggi dengan aliran air dari mata air pegunungan. Terdapat juga tanaman liar yang tumbuh di bebatuan yang masih hijau, menjadikan air terjun ini sebagai latar belakang yang indah untuk berfoto. Wisatawan yang bermain air pasti akan senang melihat bebatuan yang kuat.

Kemurnian air

Air Terjun Luweng Sampang memiliki kolam renang di bagian bawahnya. Air yang mengalir mengarah ke kolam dan melewati batu. Tempat indah ini memiliki ketinggian sekitar 5 meter dan arus yang sangat jernih. Konsumsi air juga dipengaruhi oleh cuaca, seperti saat hujan air tampak deras dan pada musim kemarau air berkurang.

Para tamu dapat bermain di kolam renang dengan air terjun berwarna biru kehijauan. Wisatawan bahkan bisa berburu foto di bawah air terjun. Keindahannya yang luar biasa selalu memikat hati, apalagi saat cuaca cerah, warna air terjunnya pasti akan semakin indah. Anda juga bisa menjelajahi sudut lainnya, karena sudah ada 2 aliran disana.

➥ Tur satu hari ke Yogya: arung jeram di Sungai Oya, Sri Getuk dan Lintang Sewu

Alamat dan rute menuju lokasi air terjun

Alamat Air Terjun Luweng Sampang
Foto oleh Dimas Satriaa di Shutterstock

Air Terjun Luweng Sampang terletak di Jalan Juminahan, Sampang, Yogyakarta. Wisatawan yang berwisata ke destinasi populer ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama jauh dari Jogja. Letak air terjun yang berada di tengah desa juga memerlukan pengeluaran tenaga tambahan. Selain itu, Anda juga memerlukan kendaraan pribadi yang dapat digunakan dengan aman melintasi berbagai rute.

Wisatawan bisa menemukan Jalan Mas Suharto Jambu di pusat kota Jogja. Jalan lurus hingga memasuki Jalan Tukangan yang jaraknya tidak terlalu jauh. Setelah itu, cukup belok ke arah Jalan Krasak Timur dan terus lurus hingga menemukan Jalan Munggur. Pengunjung bisa berkendara ke Jalan Laksda Adisucipto yang berdekatan dengan jalur selanjutnya, Jalan Somopuro.

Wisatawan yang mulai mengunjungi desa ini akan memiliki akses jalan yang mudah. Tenang saja, aspal jalan terlihat mulus, hampir tidak ada jalan tanah. Bahkan rute menuju lokasi air terjun diketahui cukup mudah jika dijangkau melalui Google Maps. Jadi Anda tidak perlu takut meski baru pertama kali berlibur ke air terjun cantik ini.

Baca Juga  Goa Pinus, Goa Jepang dengan View Alam Eksotis Nan Memukau di Kota Batu

➥ Hotel murah di Gunung Kidul

Harga tiket masuk wisata alam

Air Terjun Luweng Sampang dibuka secara gratis oleh pengelola setempat. Pengunjung lokal maupun internasional tidak perlu mengeluarkan budget besar saat berlibur. Harga tiket masuknya memang membuat semua orang senang memilih tempat alami ini sebagai tujuan liburannya. Lahan yang luas juga cocok dijadikan tempat bersantai bersama sanak saudara.

Saat makan siang, biasanya para pelancong berburu kuliner. Hidangan utama, minuman, dan makanan ringan berharga antara Rp5.000 hingga Rp30.000. Bahkan porsi makanannya banyak dengan harga terjangkau dan murah. Sementara itu, biaya sewa pelampung atau ban untuk bermain air tidak diperlukan karena di kawasan tersebut tidak ada.

Pemerintah juga telah menetapkan biaya parkir mobil. Harga mobil Rp 5.000 dan bus biasanya sedikit lebih mahal, sekitar Rp 10.000. Namun pengendara sepeda motor hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000. Jika Anda ingin naik ojek dari pusat kota menuju tempat wisata alam juga bisa karena biaya transportasinya tidak terlalu mahal.

Kegiatan yang menarik

Hiburan di Air Terjun Luweng Sampang
Foto: Gambar Naufal di Shutterstock

1. Santai

Air Terjun Luweng Sampang memiliki tebing bebatuan yang menarik untuk disaksikan. Wisatawan bisa bersantai sambil memandangi tebing-tebing bertingkat mirip ngarai di Arizona. Duduk saja di atas batu besar dan rasakan ketenangan di sana.

2. Cari foto keren Air Terjun Luweng Sampang.

Pengunjung yang selalu berfoto saat berlibur pasti tidak akan kesulitan menemukan tempat-tempat indah di sini. Anda pasti bisa memilih air terjun sebagai backdrop dengan aliran yang begitu jernih dan kolam berwarna biru kehijauan. Tak hanya itu, di kawasan ini Anda juga bisa melihat bebatuan yang cukup besar untuk dijadikan tempat berpose.

Baca Juga  Goa Pindul Yogyakarta, Menyusuri Sungai Bawah Tanah yang Menakjubkan

3. Berenang di kolam alami.

Kolam Air Terjun Luweng Sampang tidak begitu dalam dan deras. Para tamu bisa berenang untuk merasakan sejuknya air. Namun bagi Anda yang kurang pandai bermain air, siapkan saja pelampung atau ban. Wisatawan juga bisa mengajak teman dekat atau keluarga untuk berenang di bawah air terjun.

4. Menikmati kuliner yang nikmat

Air terjun ini sering dijadikan destinasi kuliner. Aneka menu yang ditawarkan masih lengkap dengan bumbu khas Jogya. Pengunjung bisa memanjakan perut sejenak setelah puas bermain air dan menikmati keindahan alam sekitar. Makanan lezat pasti akan menyenangkan siapa pun.

Lokasi wisata yang tersedia

Struktur Air Terjun Luweng Sampang
Foto: Gambar Naufal di Shutterstock

Air Terjun Luweng Sampang mempunyai struktur pendukung yang cukup minim. Kendaraan seperti mobil dan sepeda motor diparkir di dekat pintu masuk. Namun tempat parkir ini tidak memiliki lahan yang luas. Maka toilet umum tidak akan sulit ditemukan oleh setiap pengunjung, meski jumlahnya tidak banyak.

Wisatawan yang beribadah kepada Tuhan bisa mencari musholla di sekitar desa sebelum menuju ke air terjun. Belum ada tempatnya, namun wisatawan bisa bersantai di atas bebatuan. Kemudian setiap wisatawan akan bisa menemukan objek-objek fotografi yang bertemakan alam. Objek untuk mengabadikan momen ini adalah objek yang menjadi perhatian pengunjung.

Di kawasan wisata di kawasan air terjun juga terdapat warung makan. Namun, masih ada beberapa warung makan yang pilihan menunya minim. Di sana belum terdapat lokasi tenda, bagi anda yang ingin bermalam bisa mendirikan tenda di kawasan ilalang. Sementara itu, fasilitas penitipan bagasi di kawasan tersebut belum tersedia.

Air Terjun Luweng Sampang bisa Anda pilih sebagai salah satu destinasi liburan Anda selama berada di Chokye. Pengunjung dipersilakan membawa peralatan bermain air sendiri. Keindahannya yang tak tertandingi pasti akan membuat para tamu merasa seperti di rumah sendiri. Apalagi, latar belakang fotonya cukup luas dan menarik saat wisatawan memotretnya dengan kamera.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *