Alun-Alun Kota Malang, Tempat Rekreasi Favorit untuk Liburan Keluarga

Ide Wisata290 Dilihat


Malang Town Square yang menjadi destinasi favorit keluarga, menampilkan bangunan ikonik berbentuk apel dan stroberi sebagai daya tarik utamanya.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Jl. Merdeka Selatan, Kiduldalem, Kab. Klozhen, Kota Malang, Jawa Timur; Map: Periksa lokasi

Malang Town Square merupakan tempat yang sering ditemui masyarakat baik saat musim liburan maupun setiap hari kerja. Merupakan tempat wisata yang sangat ramai karena mudah dijumpai warung makan, pedagang kaki lima, kendaraan, masjid dan pasar. Sebab, alun-alun merupakan lokasi utama kota Malang.

Pada hari Minggu orang akan datang ke alun-alun, tempat banyak orang berjalan-jalan dan berfoto. Uniknya, pemerintah setempat membangun alun-alun ini dengan desain menarik yang mengingatkan pada taman anak-anak. Banyak orang meluangkan waktu untuk datang ke sana saat liburan. Berwisata sambil berwisata kuliner juga akan menyenangkan.

Di alun-alun ini Anda bisa menghilangkan rasa penat dan bosan dari aktivitas sehari-hari. Tempat wisata akan terlihat semakin indah jika dikunjungi pada malam hari. Anda bisa menaiki bianglala raksasa atau melihat keindahan air mancur. Lampu-lampu yang ada di taman akan menambah indahnya suasana kota di malam hari.

➥ Hotel murah di Malang

Objek Wisata Alun-Alun Kota Malang

Objek Wisata Alun-Alun Kota Malang
Foto oleh Aswin Rizka Vardhan di Shutterstock

Bianglala raksasa untuk melihat kota Malang

Malang Square mempunyai konsep pembangunan yang berbeda dari biasanya. Tempat ini memiliki bianglala raksasa yang bisa dinaiki semua pengunjung. Saat roda mulai menanjak, Anda akan melihat seluruh kawasan kota Malang dari atas. Keindahan kota akan terlihat semakin sempurna jika Anda berkendara pada malam hari.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Bangunan berbentuk apel dan stroberi

Perlu diketahui bahwa kota Malang sangat terkenal dengan buah apelnya sehingga menjadikannya sebagai simbol daerah. Alun-alun berisi bangunan unik berbentuk apel dan stroberi. Kedua bangunan tersebut memiliki fungsi yang berbeda: gambar apel sebagai kamar mandi, dan gambar strawberry sebagai Pusat Informasi Kota Malang.

Ada rumah ibadah bersejarah di sini.

Tak hanya di bagian tengah alun-alun, wisatawan mengunjungi tempat ini untuk melihat beberapa bangunan bersejarah. Kota Malang memiliki banyak monumen bersejarah, termasuk rumah ibadah. Anda bisa berdoa, berfoto, dan mendapatkan informasi sejarah di Masjid Raya Malang yang dibangun pada abad ke-18.

Baca Juga  Sumber Maron Malang, Pemandian Alami yang Dilengkapi Wahana Seru

Selain rumah ibadah umat Islam, terdapat dua gereja di sekitar alun-alun yang telah berdiri lebih dari 100 tahun. Kedua tempat ibadah tersebut bernama Gereja Kayutangan dan GPIB Immanuel. Seperti halnya Masjid Raya Malang, kedua gereja ini memiliki dua fungsi: sebagai tempat ibadah dan pembelajaran sejarah pada masa penjajahan.

Adanya bangunan yang estetis

Malang Town Square memiliki beberapa bangunan estetis yang menjadi daya tarik wisatawan kesini. Di sini terdapat patung Chairil Anwar yang biasa dijadikan spot favorit wisatawan untuk berfoto. Bahkan, ada pula pengunjung yang berfoto di depan Bank Indonesia yang terlihat estetis dan keren.

Wisatawan selanjutnya akan mengunjungi Toko Oen yang telah berdiri sejak tahun 1922. Selain sejarahnya, toko ini sangat unik, menawarkan oleh-oleh yang sangat enak dan populer di kalangan wisatawan. Sebagian besar wisatawan sangat tertarik untuk mencoba makanan di toko ini karena mereka menawarkan jajanan lokal selain makanan panggang ala Barat.

➥ Biaya masuk agrowisata di Wonosari Malang

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Alun-Alun Kota Malang
Foto oleh Syaradin di Shutterstock

Malang Town Square terletak di Jalan Merdeka Selatan, Kelurahan Kidul Dalem. Kawasan ini merupakan bagian dari Kecamatan Klozhen, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Karena alun-alun ini terletak di pusat kota, pengunjung hanya memerlukan waktu beberapa menit untuk mencapai objek wisata ini.

Bagi Anda yang datang dari luar daerah, bisa naik kereta api menuju Stasiun Malang Kotabaru atau bus menuju halte Terminal Arjosari. Selain itu, Malang juga memiliki Bandara Abdul Rahman Saleh sehingga memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke luar pulau.

Dari Terminal Arjosari, Anda bisa naik angkutan umum berwarna biru menuju Jalan Teluk Pasitan, Jalan Sunandar Priyo Sudarmo, dan Jalan Kokroaminoto. Lanjutkan perjalanan Anda menuju Jalan Suropati yang letaknya dekat Alun-Alun Kota Malang.

Dari terminal ke alun-alun utama Anda akan menempuh perjalanan sekitar setengah jam. Sebaiknya gunakan mobil pribadi atau taksi online agar cepat mencapai tujuan.

➥ Tour Sunrise Murah 2 Hari 1 Malam ke Bromo dan Kota Malang

Biaya masuk dan jam buka

Anda bisa mengunjungi alun-alun kota Malang dengan biaya yang sangat murah karena tidak dipungut biaya masuk alias gratis. Anda dapat bermain di area ini sepuasnya dalam waktu 24 jam. Hal ini tentunya menjadi alasan utama mengapa banyak wisatawan yang berkunjung ke kota Malang. Anda dapat mengambil foto atau berjalan-jalan tanpa mengeluarkan uang.

Baca Juga  Suraloka Zoo, Wisata Edukasi Favorit dengan Beragam Wahana Seru di Sleman

Anda hanya perlu menyiapkan biaya akomodasi, makan dan transportasi. Meski gratis, wisatawan harus membayar Rp 15.000 jika ingin menaiki bianglala raksasa yang ada di alun-alun. Dengan harga standar saja, Anda bisa melihat menawannya kota Malang di malam hari.

Kegiatan yang menarik

Hiburan di Alun-Alun Kota Malang
Foto oleh Syaradin di Shutterstock

1. Berfoto di alun-alun kota Malang.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Malang Town Square adalah berfoto di sekitarnya. Anda bisa mengambil foto di beberapa spot terbaik seperti di tengah taman atau di depan bangunan bersejarah. Foto yang dihasilkan akan terlihat cantik dan estetis sehingga bisa Anda bagikan ke jejaring sosial.

Namun ada dua tempat menarik yang sering dijadikan spot foto: Air Mancur dan Taman. Foto di sekitar air mancur sebaiknya diambil pada malam hari, akan semakin indah. Pasalnya, saat kegelapan turun, air mancur akan bersinar dengan cahaya warna-warni.

Selain itu, foto di taman dengan burung merpati akan terlihat tidak biasa, seolah-olah Anda sedang berlibur ke luar negeri. Wisatawan akan mencoba mengejar banyak burung merpati dan mengambil beberapa foto keren. Namun, jangan coba-coba mengganggu merpati untuk menjaga populasinya.

2. Jalan-jalan dan naik bianglala.

Selain berfoto, Anda juga bisa berjalan-jalan menyusuri taman yang dipenuhi pepohonan hijau asri. Kebersihan tempat wisata yang indah ini membuat pengunjung tetap nyaman. Tanaman bunga yang ditempatkan dengan hati-hati juga menambah keindahan taman yang sering digunakan untuk fotografi.

Setelah jalan-jalan siang atau sore hari, Anda bisa menaiki bianglala. Berkendara menuju pabrik, mengagumi taman yang penuh lampu dan keindahan seluruh kota Malang akan membuat liburan Anda sangat menyenangkan. Bahkan, kenyamanan liburan ini bisa Anda nikmati sepenuhnya secara gratis.

3. Jajanan di bangku taman dan gazebo mini.

Anda bisa membeli jajanan dan duduk-duduk di bangku taman yang ada di Malang Town Square. Akan lebih menarik jika Anda duduk bersama teman atau keluarga yang sedang berlibur bersama. Anda bisa duduk di bangku taman dan mengagumi keindahan payung yang diletakkan di antara pepohonan.

Baca Juga  Tempat Wisata di Kamboja 9 yang Paling Populer, Unik dan Tak Terlupakan

Payung akan bersinar sepanjang hari karena pantulan sinar matahari. Faktanya, payung jauh lebih indah jika disinari dari lentera di malam hari. Selain itu, Anda juga bisa bersantai dengan duduk di lantai di gazebo mini. Tempat ini sangat cocok untuk makan siang keluarga saat liburan.

4. Permainan geser

Merencanakan pesta di alun-alun ini akan menyenangkan jika Anda mengajak anak-anak. Terdapat arena bermain atau arena bermain khusus anak yang dilengkapi dengan beberapa perosotan. Anak-anak mungkin akan senang jika Anda mengajak mereka bermain di sana.

Taman bermain ini menjadi tempat favorit anak-anak yang tinggal di sekitar alun-alun. Anak-anak juga dapat leluasa menikmati seluncuran tanpa batasan biaya dan waktu. Hanya dengan mengunjungi alun-alun, Anda dan keluarga bisa menikmati liburan yang menyenangkan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Alun-Alun Kota Malang
Foto oleh Qis2020 di Shutterstock

Malang Town Square memiliki fasilitas yang memadai seperti tempat parkir, musala dan toilet. Anda dapat dengan aman beribadah dan menyimpan mobil Anda saat berada di alun-alun. Di sekitar alun-alun juga terdapat beberapa restoran yang menyajikan berbagai menu lezat khas kota Malang. Saat mengunjunginya, Anda juga bisa berwisata kuliner.

Fasilitas lainnya adalah Playground yang merupakan tempat utama untuk bermain. Saat liburan, anak-anak akan betah berada di alun-alun ini karena bisa berfoto, bermain dengan merpati, dan menikmati taman bermain di dalamnya. Bahkan, Anda bisa bermain di alun-alun hingga malam hari dan menaiki bianglala bersama anak-anak Anda.

Selain itu, pemerintah setempat memberikan pelayanan terbaik kepada pengunjung dengan sistem Wi-Fi gratis. Hal ini tentu saja mengakibatkan alun-alun banyak dikunjungi anak muda yang ingin berlibur, berfoto selfie, dan langsung membagikannya secara online. Objek ini paling diminati oleh seluruh wisatawan saat berlibur.

Demikian informasi Alun-alun Malang dengan berbagai aktivitas menariknya. Tempat ini patut menjadi tempat pertama yang Anda kunjungi saat berlibur di kota Malang. Taman ini memiliki pemandangan yang indah, bersih dan mudah diakses. Siapa pun yang mengunjungi alun-alun ini pasti merasa nyaman dan ingin menikmatinya selama beberapa hari.


databaru.my.id