Intip Pesona Air Terjun Putuk Truno, Air Terjun yang Sarat Legenda di Pasuruan

Ide Wisata71 Dilihat


Jelajahi Air Terjun Putuk Truno di Pasuruan, air terjun penuh legenda di tengah keindahan alam, menawarkan berbagai spot foto Instagrammable untuk mengenang petualangan Anda.

Harga tiket: Rp15.000, Jam kerja: 07.00-16.30 WIB, Alamat: Jl. Putuk Truno, Prigen, Kab. Prigen, Cab. Pasuruan, Jawa Timur; Map: Periksa lokasi

Pasuruan memiliki berbagai tempat wisata alam yang menarik, salah satunya adalah Air Terjun Putuk Truno. Meski tak terlalu jauh dari hiruk pikuk kota, objek wisata alam ini menawarkan perlindungan dari kebisingan kota. Alasan utama?

Curug Putuk Truno menawarkan pemandangan alam yang hijau dan segar. Di kawasan air terjun eksotis ini, Anda akan disambut dengan deretan pepohonan hijau yang menyejukkan mata dan menjadikannya tempat ideal untuk bersantai.

Setelah mengunjunginya, Anda pasti akan merasakan tubuh dan pikiran menjadi lebih segar dan tenang.

Sunrise Day Tour ke Bromo, Air Terjun Koban dan Candi Jago

Objek wisata air terjun Putuk Truno

Objek wisata air terjun Putuk Truno
Foto Sarahlux di Google Maps

1. Suasana alam yang indah

Bisa dikatakan suasana alam yang masih asri menjadi daya tarik tersendiri dari air terjun ini. Terletak di kaki Gunung Arjuno dan Gunung Welirang, air terjun ini dipenuhi pepohonan lebat.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Sejauh mata memandang, Anda akan disuguhi panorama alam yang sangat menyegarkan mata.

Bahkan dalam perjalanan menuju air terjun, pengunjung juga disuguhi pemandangan yang luar biasa. Pemandangan indah yang menyegarkan pikiran ini seakan mampu menghilangkan segala rasa penat selama perjalanan.

2. Legenda Dua Sejoli

Saat berkunjung ke air terjun eksotik ini, tak heran jika banyak bertemu pasangan di sini. Karena menurut mitos, sejoli yang datang kesini akan langgeng hubungannya dan dikaruniai cinta.

Mitos ini berawal dari legenda masyarakat sekitar mengenai air terjun ini.

Adipati Madura Raden Arya Virarajah konon menyembunyikan Sri Gading Lestari, putrinya, di Koban Baung karena tak merestui perselingkuhannya dengan Joko Taruno.

Hal ini disebabkan karena status Joko Taruno sebagai anak selir dan bukan berasal dari keluarga bangsawan. Namun berkat kegigihannya, Joko Taruno bisa bertemu kembali dengan Sri Gading Lestari di Air Terjun Putuk Truno, tempat ia sering bertapa.

Baca Juga  Goa Kiskendo, Goa Bersejarah di Kulon Progo yang Menampilkan Budaya Sendratari Sugriwa Subali

Tour Sunrise 4D3N ke Air Terjun Bromo, Ijen dan Tumpak Sewu

3. Keindahan air terjun

Menariknya bukan hanya alamnya yang bisa dilihat, tapi air terjunnya sendiri sangat indah. Dari ketinggian 45 meter, air mengalir di antara bebatuan tinggi dan jatuh ke kolam alami yang terbentuk di bawahnya.

Kolamnya kira-kira sedalam kaviar orang dewasa, sehingga cukup aman bagi anak-anak jika ingin berenang.

Arusnya tidak terlalu deras, sehingga Anda bisa merasakan kesegarannya tepat di bawah air terjun. Airnya sangat jernih dan terasa menyegarkan saat menyentuh kulit.

4. Banyak tempat untuk foto Instagrammable.

Keindahan alamnya yang masih alami memang bisa dijadikan spot foto asyik untuk mencerahkan feed Instagram Anda. Namun lebih dari itu, Air Terjun Putuk Truno memiliki spot foto buatan yang sengaja diberikan pihak pengelola kepada wisatawan.

Ada dua spot foto populer yang biasa digunakan pengunjung untuk berpose. Yang pertama adalah panggung panjang yang terbuat dari papan bambu tepat di depan air terjun.

Spot foto ini berpagar sehingga Anda bisa dengan aman mengambil foto dengan latar belakang aliran air terjun.

Tempat berfoto lainnya adalah di sebelah air terjun yang letaknya sedikit lebih tinggi. Tempat foto yang kedua adalah gazebo yang didesain untuk bersantai dan menikmati air terjun.

Karena air terjun terlihat jelas dari sini, banyak orang yang mengantri untuk mengambil foto.

Hotel Murah Pasuruan

5. Kafe “Hutan Truno”

Air Terjun Putuk Truno tidak hanya menawarkan pesona air terjun tetapi juga merupakan tempat yang cocok untuk bersantai. Namanya Forest Truno Cafe dan biasanya dipenuhi orang-orang yang ingin membeli makanan dan minuman.

Letak kafenya berada di sebelah kanan loket pembayaran. Anda bisa datang ke sini setelah bermain di air terjun untuk mengisi perut.

Baca Juga  Pantai Tiga Warna, Pesona Pantai Indah Nan Bersih di Malang

Tersedia menu bervariasi dengan harga terjangkau. Tempat ini cukup Instagrammable jika Anda masih ingin berburu foto.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat air terjun Putuk Truno
Foto oleh Nicky Handcraft Diy_Chanel di Google Maps

Kuru Putuk Truno terletak di Tretes, Desa Pekalukan, Kecamatan Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Lokasinya dekat dengan air terjun Kakek Bodo, hanya berjarak 2 km. Sedangkan jaraknya kurang lebih 45 kilometer dari pusat kota.

Jika berangkat dari Surabaya bisa melewati Masjid Cheng Ho dan sampai di Air Terjun Putuk Truno. Di pertigaan tersebut Anda bisa belok kanan menuju Tretes dan belok kiri saat sudah sampai di pertigaan tersebut.

Dari Taman Chandra Vilvatikta Anda dapat mengikuti jalan yang menanjak hingga tiba di sebuah gerbang yang bertuliskan “Selamat Datang di Kawasan Wisata Prigena”. Tak jauh dari sini Anda bisa menemukan jalan menuju air terjun.

Biaya masuk dan jam buka

Biaya masuk Air Terjun Putuk Truno adalah Rs. 15.000 pada hari kerja dan Rs. 20.000 untuk akhir pekan dan hari libur. Harga berlaku untuk semua wisatawan domestik, sedangkan wisatawan asing dikenakan mata uang Rupiah. 25.000.

Harga di atas belum termasuk biaya parkir sebesar Rp. 2000 untuk sepeda motor dan Rs. 5000 per mobil. Bagi Anda yang datang menjelang pernikahan, pastikan untuk meminta izin terlebih dahulu. Nantinya, Anda akan dikenakan biaya sekitar Rs. 250.000.

Kegiatan yang menarik

Peristiwa menarik Air Terjun Putuk Truno
Foto Akhil 27 di Google Maps

Pelacakan ke air terjun

Dari tempat parkir, Anda harus berjalan kaki terlebih dahulu untuk sampai ke Air Terjun Putuk Truno. Jaraknya sekitar 300 meter dan untuk mencapai air terjun ini cukup mudah karena harus melalui jalan kaki.

Saat tracking, Anda akan melihat pemandangan yang begitu indah hingga tak terasa 10 menit telah berlalu.

Saat mendekati air terjun, Anda akan langsung disambut aliran air yang mengalir dari ketinggian batu. Sangat indah dan enak dipandang mata dan pikiran.

Baca Juga  Pesona Kamodjan Fillage, Objek Wisata Alam Hits di Garut

Bermain air di air terjun Putuk Truno

Air Terjun Putuk Truno memiliki kolam alami yang kedalamannya hanya sebetis orang dewasa. Kolam ini aman untuk bermain air, jadi pastikan untuk membawa pakaian ganti.

Apalagi sensasi aliran air terjun yang berada tepat di bawah bebatuan akan sangat menyegarkan saat sampai ke tubuh. Kesegaran air murni ini pasti akan menyehatkan tubuh dan membuat pikiran lebih segar.

Kunjungi Kafe Forest Truno

Sebelum pulang, pastikan untuk mampir ke Forest Truno Café yang terletak di sebelah kanan loket pembayaran. Kafe ini mengusung tema hutan, sehingga Anda bisa menikmati santapan sambil menyatu dengan alam.

Kafe ini memiliki banyak tempat duduk sehingga Anda tidak perlu khawatir mencari tempat duduk. Namun yang paling populer untuk bersantai di kafe ini adalah gazebo bersila yang dilapisi banyak bantal.

Menariknya lagi, Kafe Air Terjun Putuk Truno ini banyak sekali spot fotonya. Seperti sepeda antik, istana cinta, jalanan dengan payung warna-warni yang tergantung di atasnya dan masih banyak lagi.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Air Terjun Putuk Truno
Foto oleh Linamario6 di Google Maps

Fasilitas wisata di tempat ini lengkap dan memenuhi kebutuhan pengunjung. Semua fasilitas utama wisata seperti parkir, toilet dan restoran terletak di sini. Bahkan terdapat kafe dengan banyak pilihan menu yang siap mengisi perut Anda.

Bagi pengunjung yang beragama Islam, terdapat musala di depan Air Terjun Putuk Truno jika ingin melaksanakan ibadah sendiri.

Dan tidak lupa beberapa spot foto telah dibangun khusus untuk membuat tamasya pengunjung semakin menyenangkan. Hal ini tentunya memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin puas saat berlibur.

Itulah beberapa tempat wisata dan fasilitas yang akan Anda temukan yang sangat cocok dijadikan destinasi liburan untuk melepas kepenatan Anda. Jadi tunggu apa lagi? Kami akan segera merencanakan perjalanan ke air terjun Putuk Truno.


databaru.my.id