Air Terjun Putuk Truno, Air Terjun Tersembunyi di Pasuruan yang Sarat Legenda

Ide Wisata11 Dilihat


Temukan keindahan tersembunyi Air Terjun Putuk Truno di Pasuruan, air terjun mempesona yang tak hanya menyuguhkan pemandangan menakjubkan namun juga kaya akan cerita legendaris.

Harga tiket: Rp15.000, Jam kerja: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Putuk Truno, Prigen, Kab. Prigen, Cab. Pasuruan, Jawa Timur; Map: Periksa lokasi

Pasuruan merupakan salah satu daerah di Indonesia yang mempunyai banyak wisata alam yang menakjubkan, salah satunya adalah Air Terjun Putuk Truno.

Banyak wisatawan dari luar kota yang tertarik untuk berlibur bersama keluarga dan sahabatnya, karena objek wisata alam ini memiliki banyak daya tarik yang unik.

Wisata air terjun setinggi 45 meter ini mengambil lokasi di kaki Gunung Welirang dan Gunung Arjuno. Dengan demikian, udara di sini tetap terasa segar dan jauh dari berbagai jenis polusi seperti yang terdapat di perkotaan.

Berkat segarnya udara dan jernihnya air di tempat wisata ini, masyarakat semakin tertarik untuk menenangkan pikiran sejenak. Sebelum kesini, sebaiknya ketahui dulu informasi lengkap tentang objek wisata Pasuruan ini!

Objek wisata air terjun Putuk Truno

Objek wisata air terjun Putuk Truno
Foto oleh Sheila Tiara di Google Maps

Sebelum mengunjungi suatu destinasi wisata tertentu, wisatawan harus mengetahui terlebih dahulu tentang pesonanya. Meski begitu, wisata air terjun di kawasan Pasuruan ini memiliki berbagai daya tarik menarik seperti:

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

1. Suasana luar biasa dan udara sejuk.

Salah satu alasan Air Terjun Putuk Truno Pasuruan selalu ramai pengunjung adalah karena suasana di sekitar air terjun ini masih sangat asri dan terjaga oleh udara yang sangat sejuk.

Oleh karena itu, banyak orang datang ke sini untuk bersantai dan melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

2. Legenda air terjun Putuk Truno

Masih banyak yang belum mengetahui kalau wisata air terjun ini memuat kisah cinta yang sangat kental antara Joko Taruno dan Sri Gading Lestari.

Baca Juga  Indahnya Pantai Indrayanti, Surga Bahari yang Eksotis di Jogja

Saat itu cinta Joko Taruno terhadap Sri Gading Lestari sangat besar, namun kisah cinta di antara mereka tidak disetujui oleh ayah Sri Gading Lestari.

Oleh karena itu, Sri Gading Lestari akhirnya disembunyikan di Koban Baung oleh ayahnya. Namun tak lama kemudian, takdir mempertemukan Joko Taruno dan Sri Gadinga Lestari kembali di Air Terjun Putuk Truno.

3. Banyak tempat menarik untuk foto-foto.

Tempat wisata yang mempunyai banyak spot foto menarik lebih menarik perhatian wisatawan dibandingkan tempat sepi yang tidak ada spot foto.

Oleh karena itu, berbagai spot foto menarik seperti air terjun, pepohonan rindang dan bebatuan indah di tempat wisata ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat air terjun Putuk Truno
Foto oleh Josoph Soestiono di Google Maps

Wisata Air Terjun Putuk Truno terletak di Jl. Putuk Truno, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur dan memiliki rute yang tidak terlalu sulit.

Wisatawan yang datang dari Surabaya bisa mengakses Masjid Cheng Ho melalui kawasan Tretes.

Saat Anda mencapai Persimpangan Tretes, belok kiri dan terus berkendara hingga Anda mencapai Taman Chandra Vilvatikta.

Setelah itu Anda tinggal mengikuti jalan disana dan belok kiri di perempatan berikutnya. Tak lama kemudian, pintu masuk objek wisata air terjun ini akan terlihat.

Biaya masuk dan jam buka

Untuk menikmati indahnya keindahan alam Air Terjun Putuk Truno, Anda harus membayar biaya masuk sebesar Rp 15.000 (hari kerja) dan 20.000 rupee,- (akhir pekan).

Jadi, wisatawan yang datang pada Senin-Jumat dan Sabtu-Minggu harus membayar harga tiket masuk yang berbeda.

Selain itu, wisatawan yang datang dengan kendaraan pribadi juga harus membayar biaya parkir sebesar Rp5.000 (untuk sepeda motor) dan Rp10.000 (untuk mobil).

Baca Juga  Pulau Sempu, Surga Bahari Tersembunyi & Terlarang di Malang

Anda bisa berkunjung ke sini kapan saja karena wisata air terjun ini buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 16:00 WIB.

Kegiatan yang menarik

Hiburan di Air Terjun Putuk Truno
Foto oleh Aziz Shidkul di Google Maps

Semakin beragamnya kegiatan yang dapat dilakukan pada suatu kawasan wisata, maka semakin tinggi pula minat wisatawan untuk mengunjungi kawasan wisata tersebut. Berikut beberapa aktivitas menarik yang bisa dinikmati pengunjung selama wisata air terjun ini:

Bermain di air

Bermain air merupakan kegiatan yang wajib dilakukan ketika mengunjungi tempat wisata alam seperti pantai, air terjun, dan sungai.

Oleh karena itu, pengunjung Air Terjun Putuk Truno Pasuruan bisa bermain air di area bawah air terjun bersama keluarga dan teman-temannya.

Kami mengambil foto-foto lucu di air terjun Putuk Truno.

Saat berkunjung ke Air Terjun Putuk Truno, selain bisa bermain air, wisatawan juga bisa mencari spot foto menarik yang akan membuat momen liburan semakin menyenangkan.

Nantinya foto-foto tersebut bisa diunggah ke media sosial dan menarik banyak perhatian, karena beberapa spot foto di sini sangat estetis.

Bersantai sambil menikmati keindahan alam yang menakjubkan

Hal berikutnya yang bisa Anda lakukan di sini adalah bersantai sambil menikmati keindahan alam yang menakjubkan.

Biasanya masyarakat dari luar kota rela datang kesini untuk menenangkan pikiran sejenak dengan berbaring di bebatuan sungai sambil memandangi pepohonan rindang disekitarnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Air Terjun Putuk Truno
Foto oleh Oka Shakatto di Google Maps

Tak jauh berbeda dengan tempat wisata alam lain di Indonesia, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas terkait seperti toilet, tempat parkir yang luas, musala, dan warung makan.

Dengan demikian, wisatawan yang lupa membawa bekal bisa membeli makanan dan minuman lezat di kawasan wisata ini.

Baca Juga  Danau Tamblingan, Wisata Alam di Buleleng yang Pesonanya Memiliki Tiga Danau Kembar

Karena banyaknya daya tarik Wisata Air Terjun Putuk Truno, selalu dikunjungi wisatawan pada saat hari libur maupun hari biasa.

Selama berkunjung ke sini, sebaiknya selalu menjaga kebersihan lingkungan agar keindahan alam di sini selalu terjaga.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *