Bendungan Kayangan, Tempat Pertemuan Dua Sungai Eksotis yang Sarat Sejarah di Kulon Progo

Ide Wisata50 Dilihat


Temukan pertemuan dua sungai eksotis di Bendungan Kayangan Kulon Progo, sebuah simfoni alam yang menakjubkan. Dan juga menyaksikan jejak sejarah Kerajaan Majapahit.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Kepek, Pendovorejo, Kecamatan. Girimulyo, Kab. Liontin Progo, Inspektur Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Bendungan Kayangan yang terletak di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, merupakan sebuah bangunan rekayasa yang memancarkan kemegahan peradaban masa lalu. Bendungan ini dikenal tidak hanya sebagai sebuah karya rekayasa yang mengesankan, namun juga sebagai peninggalan sejarah yang mencolok pada masa kejayaan Majapahit.

Dibangun pada masa lalu, Bendungan Air Kayangan adalah contoh nyata bagaimana kecerdasan dan pengetahuan budaya dapat terjalin erat dalam sebuah struktur monumental. Baca artikel berikut untuk mengetahui lebih jauh tentang objek wisata eksotik ini!

Tour Jogja 1 Hari: Candi Borobudur, Swargabhumi, Sungai Mudal dan Phule Payung

Objek Wisata Bendungan Kayangan

Objek Wisata Bendungan Kayangan
Foto oleh Alfad Noor Ihsan di Google Maps

1. Pertemuan dua sungai yang eksotis

Salah satu daya tarik utama Bendungan Kayangan adalah pertemuan dua sungai indah: Ngiwa dan Gunturan. Pertemuan kedua sungai ini menciptakan pemandangan menakjubkan dan menawarkan pengalaman alam yang unik. Suara gemericik air, pemandangan lembah yang hijau dan segarnya udara di sekitar sungai akan membuat kunjungan Anda menjadi menenangkan.

2. Tujuan wisata yang tersembunyi

Waduk Kayangan merupakan salah satu tempat wisata yang masih jarang dieksplorasi di Kulon Progo. Meski memiliki keindahan yang memukau, namun tempat ini belum sepenuhnya diketahui banyak orang, sehingga di sini Anda bisa menikmati suasana tenang dan damai tanpa kerumunan wisatawan.

3. Keindahan alam yang menawan

Bendungan Kayangan menawarkan pemandangan alam yang indah dan mempesona. Dikelilingi oleh hutan hijau dan lereng bukit yang hijau, tempat ini menciptakan rasa keindahan yang memukau.

Anda bisa berjalan-jalan santai di sekitar bendungan, menikmati pemandangan matahari terbenam yang mempesona atau bahkan menghabiskan momen indah di tengah alam yang menakjubkan.

Baca Juga  Palembang Bird Park, Taman Indah yang Menjadi Rumah Berbagai Jenis Satwa

Tour 1 Hari Jokja (Tumpeng Menorah, Kebun Teh Nglinggo dan lain-lain)

4. Jejak sejarah kerajaan Majapahit.

Bendungan Kayangan di Kulon Progo tidak hanya memukau keindahan alamnya, tetapi juga memiliki nilai sejarah yang erat kaitannya dengan kerajaan Majapahit. Dalam catatan sejarah, kerajaan Majapahit dikenal sebagai salah satu kerajaan terbesar di nusantara yang berdiri pada abad ke-14 dan awal abad ke-15.

Meski bukan fokus utama, keberadaan bendungan ini mencerminkan kecerdasan dan pengetahuan teknologi yang menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat saat itu.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Bendungan Kayangan
Foto oleh Diana Al-Bashra di Google Maps

Alamat lengkap Bendungan Kayangan berada di Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Tempat ini mudah dijangkau dari berbagai tempat di Yogyakarta dan sekitarnya, menjadikannya destinasi favorit para wisatawan.

Ada beberapa rute yang bisa Anda tempuh untuk mencapai Bendungan Kayangan. Jika Anda dari Kota Yogyakarta, Anda bisa mengambil jalur arah barat daya menuju Jalan Panembahan Senopati, lalu terus ke Jalan Palagan Tentara Pelajar dan terakhir ikuti Jalan Goden.

Hotel Promosi di Gunung Kidul

Selanjutnya Anda akan melintasi beberapa desa dan lingkungan, termasuk Desa Girimulyo. Sesampainya di Desa Girimulyo, petunjuk arah yang jelas akan membawa Anda menuju Bendungan Air Kayangan.

Alternatif pilihan lainnya adalah rute dari Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. Dari bandara, menuju barat daya menuju Jalan Solo. Ikuti Jalan Solo hingga sampai di pertigaan Jalan Palagan Pelajar Tentara, lalu belok kanan ke Jalan Palagan Pelajar Tentara.

Lanjutkan perjalanan hingga mencapai Jalan Godan dan akhirnya sampai di desa Girimulyo. Di Desa Girimulyo Anda akan menemukan papan petunjuk Bendungan Kayangan yang akan membawa Anda langsung ke tempat tujuan.

Biaya masuk dan jam buka

Ingin menikmati keindahan alam yang memukau tanpa menguras dompet? Siapa Takut! Waduk Kayangan di Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta menawarkan pengalaman wisata yang mengesankan dengan harga tiket masuk yang terjangkau hanya Rp 5.000.

Baca Juga  Go! Wet Waterpark Grand Wisata, Tempat Favorit Menikmati Berbagai Wahana Seru di Bekasi

Meski tiket masuknya tergolong murah, namun pengalaman yang akan Anda dapatkan di Waduk Kayangan jauh dari kesan biasa. Anda bisa menjelajahi kawasan sekitar bendungan, menikmati pemandangan sungai dan alam yang tenang, serta mengambil foto-foto indah sebagai kenang-kenangan.

Dengan harga tiket yang terjangkau, Anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga, teman atau bahkan sendirian sambil menjelajahi pesona alam yang tiada duanya. Anda hanya perlu membayar biaya lain untuk membayar parkir.

Kegiatan yang menarik

Peristiwa menarik Bendungan Kayangan
Foto oleh Violet Nessa di Google Maps

Saksikan upacara adat setiap hari Rabu di Pungkasan

Salah satu daya tarik Bendungan Kayangan Kulon Progo adalah upacara adat yang diadakan setiap hari Rabu Pungkasan menurut penanggalan Jawa. Acara ini merupakan bagian integral dari budaya masyarakat sekitar dan telah berlangsung selama bertahun-tahun.

Menghadiri upacara ini akan memberi Anda wawasan mendalam tentang kehidupan dan adat istiadat setempat. Dengan mengikuti upacara adat, Anda bisa merasakan kehangatan dan keunikan budaya masyarakat setempat.

Nikmati memancing di Bendungan Kayangan.

Jika memancing adalah hobi Anda, Bendungan Air Kayangan adalah tempat yang tepat untuk mengembangkan keterampilan memancing Anda. Aliran sungai di dekat bendungan memberikan peluang yang menggiurkan bagi para penggila memancing.

Untuk pecinta jejaring sosial. Anda bisa duduk-duduk di tepian sungai yang teduh, mengatur joran, dan bersenang-senang menunggu ikan ditangkap. Rasakan serunya menangkap ikan segar di udara terbuka yang akan menciptakan kenangan tak terlupakan.

Nikmati udara segar dan pemandangan indah

Salah satu aktivitas paling sederhana sekaligus menyegarkan yang bisa Anda lakukan di Waduk Kayangan adalah menikmati udara segar dan pemandangan indah. Luangkan waktu untuk berjalan-jalan santai di sekitar bendungan, kagumi indahnya panorama alam, dan rasakan kehidupan desa yang damai.

Membuat foto dan video di TikTok

Bendungan Kayangan di Kulon Progo juga menjadi surganya para pecinta fotografi dan konten kreator. Pemandangan alam yang menakjubkan dan suasananya yang tenang menjadikannya lokasi yang sempurna untuk mengabadikan foto dan video yang menakjubkan.

Baca Juga  Lembang Park & Zoo, Kebun Binatang Mini yang Dilengkapi Beragam Wahana Seru

Para pecinta media sosial bisa membuat konten menarik di TikTok yang akan mengejutkan teman-teman Anda. Jadikan keindahan alam Bendungan Kayangan sebagai backdrop sempurna untuk karya kreatif Anda.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Struktur Bendungan Kayangan
Foto oleh Joko Yulianto di Google Maps

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika tiba di suatu objek wisata adalah tersedianya tempat parkir yang memadai. Bendungan Air Kayangan menyediakan tempat parkir yang luas dan terorganisir untuk kendaraan pengunjung. Dengan tersedianya lahan parkir yang cukup luas, pengunjung dapat dengan mudah datang dan pergi tanpa perlu khawatir akan parkir.

Bendungan Kayangan juga sangat mengutamakan toilet yang bersih dan nyaman. Toilet umum yang tersedia di kawasan ini dirawat dengan baik dan rapi sehingga pengunjung bisa merasa nyaman dan segar di sini. Memiliki toilet yang baik merupakan hal penting yang membantu menciptakan pengalaman wisata yang positif.

Bendungan Kayangan juga memiliki fasilitas ibadah berupa musala. Bagi pengunjung yang ingin beribadah, musala yang nyaman dan terawat menjadi tempat yang cocok untuk berdoa dan merenung. Memiliki musala menunjukkan perhatian terhadap beragam kebutuhan pengunjung, menjadikan ruangan lebih inklusif untuk semua orang.

Tidak perlu khawatir kelaparan saat berada di Bendungan Kayangan. Terdapat tempat makan atau warung makan di kawasan wisata. Usai acara, pengunjung dapat menikmati makanan lezat dan minuman menyegarkan atau sekadar menghabiskan waktu bersantai sambil mengagumi keindahan alam yang mempesona.

Fasilitas yang ada di Bendungan Kayangan menjadi bukti nyata bahwa pengelola objek wisata telah berupaya semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan dan kenyamanan pengunjung. Tempat parkir yang luas, toilet yang terawat, musala, dan kafe semuanya dirancang untuk menjamin pengalaman yang menyenangkan dan berkesan bagi setiap pengunjung.


databaru.my.id