Pantai Nglambor, Wisata Pantai yang Menawan di Gunung Kidul Jogja

Ide Wisata103 Dilihat


Pantai Nglambor salah satu pantai eksotik di Gunung Kidul Jogya dengan panorama alam yang mempesona. Pantai ini cocok untuk berenang dan snorkeling melihat pemandangan bawah laut.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 06.30-17.00 WIB, Alamat: Purvodadi, Kecamatan. Tepus, Taksi. Gunung Kidul, Inspektur Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Pantai Nglambor merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Kabupaten Gunung Kidul. Laut di sini yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ini memiliki ombak yang kencang.

Salah satu kelebihan pantai ini adalah kekuatan alam bawah lautnya yang menakjubkan. Laut di sini menjadi rumah bagi berbagai jenis biota laut yang bisa dinikmati dengan snorkeling.

Tak hanya pesona bawah lautnya saja, Pantai Nglambor mempunyai pesona yang terpancar dari pemandangan sekitar pantainya. Gugusan pegunungan karang, laut dangkal dan dalam berwarna biru serta pulau-pulau karang yang berdiri megah di lepas pantai mampu menimbulkan kesan yang sangat eksotis.

➥ Hotel murah di Gunung Kidul

Objek Wisata Pantai Nglambor Jogya

Shutterstock Atraksi Pantai Nglambor
Foto oleh Tofikrozak di Shutterstock

1. Pesona bawah air

Keunggulan pantai ini adalah pesona kehidupan bawah lautnya. Laut di sini adalah rumah bagi ribuan biota laut dan terumbu karang yang tertata indah. Di sini Anda bisa menemukan berbagai jenis ikan, serta gugusan karang dengan warna berbeda.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Tak ada salahnya menjadikan scuba diving sebagai aktivitas yang wajib dilakukan di perjalanan Anda. Wisatawan akan diajak menikmati biota laut ditemani ikan-ikan yang aktif berenang di sekitarnya. Air lautnya juga sangat jernih.

2. Pemandangan alam yang menakjubkan

Gugusan bebatuan karang menghiasi sekitar Pantai Nglambor. Tumbuh berbagai jenis tanaman hijau yang indah dipandang. Pasir pantainya agak kasar karena tersusun dari sisa-sisa biota laut, yang merupakan keunikan dari apa pun yang ditemukan di pantai ini.

Jika cerah, langit akan berwarna kebiruan dengan sedikit awan menghiasinya. Cuaca cerah memudahkan wisatawan melihat kehidupan bawah laut.

3. Tidak ada sinyal

Saat hendak berlibur ke pantai ini, wisatawan harus bersiap untuk lepas dari dunia maya. Zona pesisir merupakan wilayah sinyal yang kompleks dimana mungkin tidak ada sinyal sama sekali.

Sangat cocok bagi wisatawan yang mendambakan ketenangan dari hiruk pikuk pekerjaan dan media sosial yang sering menguras pikiran. Kedamaian akan Anda temukan ketika bisa rehat sejenak dari hiruk pikuk internet dan sekadar menikmati keindahan yang ada di depan mata.

Sebaliknya, Anda harus bersabar untuk mengunggah foto selama ini. Anda harus menunggu sampai Anda meninggalkan area tersebut.

Baca Juga  Wisata Hong Kong Gratis - 12 Tempat yang Nggak Bikin Kantong Jebol

➥ One Day Tour ke Yogya : Pantai Timang, Pantai Indrayanti dan Pantai Drini

4. Dua kura-kura raksasa

Pantai Nglambor merupakan tempat yang sangat cocok untuk snorkeling. Namun wilayah laut di pantai ini merupakan bagian dari Samudera Hindia dengan ombak yang kuat. Oleh karena itu, wisatawan yang ingin snorkeling mungkin akan merasa khawatir.

Kekhawatiran tersebut nampaknya sedikit tertolong dengan hadirnya dua ekor penyu raksasa di pantai ini. Penyu yang dimaksud adalah dua pulau karang besar yang membantu memecah gelombang laut. Di pulau ini ombak di area snorkeling lebih tenang.

Apalagi keindahan kedua pulau karang ini tidak bisa diabaikan begitu saja. Berdiri gagah di lepas pantai dan menantang kerasnya ombak Samudera Hindia, kedua pulau ini menjadi daya tarik tersendiri untuk dinikmati sembari menyusuri pantai indah ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Pantai Nglambor
Foto oleh Dimas Satriaa di Shutterstock

Ada beberapa hal yang patut diperhatikan wisatawan saat berkunjung ke Pantai Ngalambor. Pantai ini tidak memiliki akses angkutan umum sehingga wisatawan harus menggunakan angkutan pribadi. Jika Anda wisatawan dari luar Yogyakarta, Anda bisa menyewa mobil sebelum menuju ke pantai.

Wisatawan yang membawa kendaraan roda empat juga tidak akan bisa mengakses area parkir di dekat pantai. Anda hanya bisa memarkir mobil Anda di pinggir jalan.

Untuk mencapai kawasan Pantai Nglambor, wisatawan dapat terus berjalan kaki sejauh 1 km atau menumpang ojek warga setempat. Sementara itu, wisatawan kendaraan roda dua bisa langsung menuju tempat parkir bawah yang terletak di dekat pantai.

Pantai ini berjarak 71 kilometer dari kota Yogyakarta sehingga perjalanan memakan waktu 2 jam. Perjalanan dimulai dari Yogyakarta dan wisatawan perlu mengarahkan kendaraannya menuju Jalan Wonosari untuk sampai di Piyungan. Dari Piyungan menuju ke Pemda Wonosari. Tidak jauh dari sini adalah desa Purvodadi.

➥ One day tour ke Wisata Bahari Jogja

Biaya masuk dan jam buka

Pernahkah Anda mendengar pepatah bahwa Anda bisa melintasi dua atau tiga pulau dengan satu dayung? Jika ya, maka pepatah ini akan terasa ketika Anda berkunjung ke Pantai Nglembor. Pantai ini berada dalam satu kawasan dengan pantai lainnya dan hanya diperlukan satu tiket masuk untuk menikmati keindahannya.

Wisatawan hanya perlu merogoh kocek antara 5.000 hingga 10.000 saja untuk mengunjungi tiga pantai yaitu pantai Nglambor, Jogang, dan Siung. Selain biaya masuk, wisatawan dikenakan biaya parkir sebesar lima ribu rupee untuk kendaraan roda empat dan dua ribu rupee untuk kendaraan roda dua.

Baca Juga  Negeri Suah, Melihat Lebih Dekat Destinasi Wisata Alam dengan Sejuta Pesona di Deli Serdang

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Pantai Shutterstock di Nglambore
Foto oleh Hafidmukriyanto di Shutterstock

Snorkeling dan menikmati kehidupan bawah laut

Kehidupan bawah laut Gunung Kidul memberikan panorama luar biasa yang menyenangkan untuk dijelajahi. Kami mengundang semua orang untuk menikmatinya dari dekat. Scuba diving merupakan kegiatan yang sangat cocok untuk menikmati kehidupan bawah laut.

Pesona kehidupan bawah laut Pantai Nglambor, salah satu pantai di Gunung Kidul, tak boleh dilewatkan. Di sini terdapat terumbu karang yang indah dan berwarna-warni yang menjadi rumah bagi berbagai jenis ikan yang aktif berenang di lautan.

Wisatawan yang ingin snorkeling harus memperhatikan cuaca, karena pantai ini merupakan bagian dari Laut Selatan yang terkadang ombaknya bisa cukup tinggi. Pantai eksotik ini juga terletak di zona pasang surut, sehingga mengatur waktu snorkeling adalah suatu keharusan.

Waktu ini dipilih untuk menentukan apakah kondisi laut cocok untuk scuba diving. Sebab saat laut sedang surut, wisatawan tidak bisa melakukan snorkeling. Sedangkan wisatawan yang melakukan snorkeling akan berbahaya jika permukaan air laut sedang tinggi.

Wisatawan yang tidak memiliki peralatan snorkeling bisa menyewanya di pinggir pantai. Biaya sekali sewa 50 ribu per orang. Jika Anda berencana berkunjung pada musim liburan, disarankan agar Anda melakukan konfirmasi terlebih dahulu melalui akun media sosial pantai tersebut.

Masakan khas seafood

Bosan menyelami kehidupan bawah laut, wisatawan bisa mengisi perut dengan hidangan khas seafood. Wisatawan bisa menikmati ikan goreng atau bakar, serta beragam menu restoran lainnya.

Jika Anda menyukai tantangan, Anda bisa menangkap dan mengolah sendiri hasil laut yang Anda perlukan. Jika wisatawan beruntung, mereka bisa menemukan lobster, berbagai jenis kerang, bahkan gurita. Wisatawan akan menemui mereka jika datang pada musim yang tepat.

Foto bawah air

Sayang sekali jika tidak mengabadikan keindahan bawah laut dan aktivitas scuba diving. Saat menyelam Anda juga bisa mengabadikan momen ini. Alangkah baiknya jika Anda bisa membawa pulang foto diri Anda di bawah air, bukan?

Trekking di Pantai Nglambor

Meski garis pantai Nglambora kecil, namun kawasan di sekitar pantai menanti untuk Anda jelajahi. Tak hanya dari bibir pantai, wisatawan bisa menikmati keindahan pantai dan laut dari atas bebatuan yang ada di sekitar pantai.

Menikmati pantai dari atas tentu akan sangat menyenangkan. Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan adalah naik kapal feri menuju pulau dekat pantai ini. Untuk menuju ke sana, wisatawan hanya perlu melintasi jembatan penghubung yang ada.

Akomodasi murah dekat Pantai Nglambor

1. Hotel Griya Limasan

Hotel ini terletak di Wonosari, Gunung Kidul. Terletak persis di Jl. Kecubung. Fasilitas umum yang tersedia bagi pengunjung antara lain tempat parkir, kafe, restoran, dan Wi-Fi. Hotel ini memiliki area khusus merokok dan bebas rokok.

Baca Juga  Pantai Viovio, Pantai Pasir Putih di Batam yang Dihiasi Gugusan Pulau Eksotis

Setiap kamar memiliki meja, shower, dan TV. Terdapat juga ruang untuk bisnis, pertemuan, dan proyektor. Biaya sewa kamar per malam mulai dari Rp 500 ribu.

2. Hotel Tsika Raya

Hotel ini terletak di Jalan KRT Judodiningrat di Wonosari. Setiap kamar memiliki TV kabel, meja, dan shower. Fasilitas lainnya termasuk parkir, Wi-Fi, laundry dan layanan antar-jemput ke dan dari akomodasi Anda.

Hotel ini memiliki meja depan 24 jam dan keamanan 24 jam. Harga yang dipatok untuk menginap satu malam mulai dari 300 ribu. Hotel ini memiliki beberapa tipe kamar: kamar deluxe, suite, dan kamar keluarga.

3. Griya Birovo Syariah

Dengan harga mulai dari 200 ribu, pengunjung bisa nyaman menginap di hotel ini. Setiap kamar di Griya Birowo memiliki meja, shower, TV, dan AC. Hotel ini juga memiliki akses internet dan parkir pengunjung.

Pengunjung yang merokok dapat melakukan aktivitasnya di area khusus merokok. Sementara bagi yang tidak tahan dengan asap rokok, hotel ini juga memiliki area bebas rokok. Bagi anda yang ingin bermalam bisa datang ke Jl. Baron No.34.

4. Hotel Anggrek Vonosari

Selain menyediakan fasilitas yang memadai, hotel ini juga menawarkan berbagai alternatif kegiatan olahraga dan hiburan. Pengunjung dapat menikmati aktivitas seperti naik banana boat, voli pantai, memancing, tenis, snorkeling, menyelam, selancar, dan tenis meja.

Setiap kamar memiliki TV kabel, meja, pengering rambut, shower, dan kulkas. Biaya menginap semalam di hotel ini berkisar Rp 400 ribu. Pelanggan dapat memilih tiga tipe kamar: Superior Gold, Luxury Diamond, dan VIP Suite.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Fitur Pantai Nglambor
Foto: Gambar Naufal di Shutterstock

Menjadi salah satu tempat favorit di Yogyakarta, pantai ini memiliki infrastruktur yang cukup berkembang. Terdapat toilet, ruang bilas, musala atau musala, ruang penyimpanan dan gazebo. Wisatawan juga tidak perlu khawatir kelaparan karena di sini terdapat restoran yang menawarkan beragam hidangan à la carte.

Pantai Nglambor merupakan tempat yang memiliki keindahan yang lengkap. Keindahannya yang terhampar dari dasar laut hingga ke tengah laut membuat kawasan ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berbagai acara pribadi maupun keluarga. Fasilitas yang tersedia juga sangat menunjang kegiatan pariwisata.


databaru.my.id